Memilih Kucing yang Tepat
17/10/2016 2638 Views

Memilih Kucing yang Tepat

List Of Cat Breeds A Z With Pictures - Widescreen HD Wallpapers-729846

Kucing mana yang tepat untuk kamu?

Kucing memiliki bentuk dan ukuran tubuh yang sama untuk berbagai jenis, tetapi sebenarnya mereka memiliki temperamen, minat dan kebutuhan yang berbeda lho. Sebelum membeli kucing, sebaiknya sesuaikan dengan rumah dan gaya hidup kamu dulu. Yuk simak panduannya di sini.

Mengapa Kucing?

calico-250-250 kotak-250x250

 

Kemampuan untuk beradaptasi dan kemandirian kucing membuatnya menjadi hewan peliharaan yang praktis di dalam rumah. Kucing tidak harus diajak jalan-jalan, mereka dapat membersihkan diri sendiri, begitu juga mereka dapat berlatih secara mandiri. Beberapa kucing dapat hidup senang dan bahagia berada dalam ruangan/ indoor seperti apartemen. Tergantung dari karakter si mpus (tipe ras, kalau mereka termasuk purebreed), mereka juga dapat hidup bersama hewan peliharaan lainnya.

Untuk sebagian orang, kucing dapat menyihir dan memikat dengan kecantikannya. Bahkan tidak hanya cantik, karakter dan sifat mereka yang anggun, contohnya mengawasi pemiliknya dibalik jendela, bermain di taman, berburu sesuatu, bahkan saat mereka tertidur dapat memberikan kepuasan tersendiri. Lagipula kucing merupakan hewan berharga dengan perawatan yang mudah untuk keluarga di rumah.

Kucing yang tepat

considerations-when-buying-a-breed-of-cat

Kamu mau pilih apa Catlovers?

Pilihan kucing sangat tergantung dari selera pribadi seperti tipe, jenis bulu (panjang atau pendek), warna hingga pola khusus pada bulunya. Faktor yang paling menentukan adalah berapa budget yang kamu miliki. Rentang harga tertinggi adalah kucing yang induknya dapat diketahui melalui silsilah yang panjang, dan bahkan hingga asal-usulnya dari tahun 1800-an. Untuk rentang harga terendah adalah hasil seperindukan dari non-pedigree. Jenis lainnya yang berada diantara dua rentang tersebut adalah peranakan silang-mengawinkan jenis yang berbeda. Kucing-kucing di rentang ini juga termasuk yang hasil perkawinan antara pedigree dan non-pedigree dengan harga yang jauh lebih murah dari pedigree asli, tetapi kamu tetap dapat memiliki kucing yang berkualitas baik.

Ukuran tubuh tidak menjadi masalah. Tidak seperti anjing, kucing peliharaan memiliki ukuran tidak terlalu besar seperti anjing Great Dane atau sebaliknya seperti Cihuahua yang mungil. Keterbatasan ruangan pun tidak terlalu menjadi kendala untuk kucing karena umumnya mereka mudah beradaptasi. Ruangan yang cukup luas biasanya diperlukan untuk jenis kucing yang aktif seperti kucing bengal, tetapi kebanyakan kucing dapat tinggal bahagia baik itu di apartemen kecil atau rumah yang besar.

Pilihan Pedigree

Beberapa dekade ini minat untuk kucing pedigree mulai bermunculan. Hingga 30 tahun yang lalu, terjadi kelangkaan Breeders kecuali jenis Blue Persian dan Siam. Penyedia kucing pedigree saat itu belum banyak tersedia. Situasi ini diperbaiki oleh Cat Fancy (Asosiasi Dunia kucing Pedigree) yang secara aktif memperkenalkan ke kalangan umum. Kontes dan pembiakan kucing yang memiliki silsilah jelas terus digiatkan bahkan menjadi hobi yang popular dimasa ini.

Memang disarankan membeli kucing pedigree dari breeder yang memiliki reputasi baik dan telah lama teruji. Keuntungan membeli kucing pedegree dari breeder adalah adanya rasa aman dan nyaman pada saat kamu memutuskan mengadopsi dari mereka. Para breeder ini pun tidak segan untuk berbagi cerita dan saran tentang kucing dengan kamu, terutama jika mereka tahu kucing mereka disayang oleh kamu.

Kucing Jalanan

Beberapa kucing yang ditelantarkan oleh pemiliknya atau yang dilahirkan di jalanan akan menjadi kembali liar. Mereka membentuk koloni dengan kucing lain dan dapat dengan mudah berkembang biak. Kamu dapat mengadopsi kucing liar yang kamu temukan di jalan. Bagaimanapun, Catlovers perlu menjaga diri karena mereka mungkin telah terekspos infeksi dan penyakit. Jadi sangat penting untuk memeriksakan kesehatannya secara menyeluruh ke dokter hewan. Kamu juga membutuhkan lebih banyak waktu bersamanya untuk membantunya lebih akrab dan beradaptasi dengan baik dengan keluarga di rumah.

Bulu panjang (longhair) atau pendek (shorthair)?

macam-macam-kucing

Memiliki kucing berbulu panjang mengharuskan kamu meluangkan lebih banyak waktu untuk perawatan bulunya, agar tidak kusut. Begitu juga sebaliknya, kucing Sphynx yang hampir tanpa bulu membutuhkan perawatan ekstra karena sangat rentan dengan perubahan suhu dan masalah kulit.

Jika kamu tinggal di iklim yang panas dan lembab, seekor kucing berbulu panjang bukan pilihan yang bijak kecuali hidup didalam ruangan yang memiliki AC. Begitu juga kucing Sphynx, pelindung tubuhnya tidak dapat beradaptasi dengan cepat pada perubahan iklim, dan dia harus diletakkan di pusat penghangat pada saat musim dingin atau penghujan.

Jika kamu alergi terhadap kucing, tidak akan ada perbedaan pada kucing berbulu panjang atau  pendek. Pada umumnya alergi terhadap kucing disebabkan oleh kandungan protein dalam ketombe atau liur kering yang melekat pada bulu.

Berikut ini beberapa variasi bulu dan postur tubuh kucing.

Tipe Bulu:

  • Longhair: Bulu halus panjangnya sampai 12.5cm (5 inci)
  • Semi-longhair: bulu halus panjangnya bervariasi antara 5cm (2 inci) dan 10cm (4 inci)
  • Shorthair: panjang maksimum 5cm (4 inci)
  • Hairless: suede-seperti coat tanpa bulu
  • Curly hair: pendek, halus, lebih sering bulu lembut dan berombak
  • Wirehair: pendek, tipis

Tipe Tubuh

  • Cobby: kaki pendek, tubuh pendek dan gemuk, bulat, berwajah datar dengan kuping kecil, seperti kucing Persia.
  • Muscular: tegap, gemuk sedang, panjang kaki dan ekor sedang, berwajah bulat, ukuran kuping sedang seperti American Shorthair.
  • Oriental: panjang, tubuh lentur, kaki dan ekor yang panjang dan kecil, wajah berbentuk wedges, kuping yang besar dan lancip seperti kucing Siam.

Jenis Kelamin

aid516890-728px-Determine-the-Sex-of-a-Cat-Step-5-Version-5

Apabila kucing telah disteril, terdapat sedikit perbedaan antara kucing jantan dan betina. Kucing jantan yang telah disteril akan menjadi lebih lamban dibanding kucing betina. Jika kamu telah memiliki seekor kucing dirumah, akan lebih baik menambah kucing baru dengan jenis kelamin yang berbeda. Kucing lama akan cenderung agresif menandai wilayah teritorinya kepada kucing baru yang memiliki jenis kelamin sama.

Saat hasrat seksual dipadamkan dengan cara sterilisasi, kucing biasanya akan memperlihatkan karakter asli sesuai jenisnya. Kucing Siam akan lebih menyukai kedekatan dengan pemiliknya, kucing Persia menjadi lebih tenang.

Kucing jantan biasanya lebih besar daripada kucing betina. Rata-rata kucing jantan sehat yang telah dikebiri lebih berat dibanding kucing jantan yang tidak dikebiri, dengan rata-rata berat antara 5 dan 7,5 kg (10-15 lb). Kucing betina biasanya sekitar 1 kg (2,2 lb) lebih ringan. Varietas pedigree terbesar adalah kucing Maine Coon dari Amerika. Kucing Maine Coon jantan dapat mencapai berat 10-12,5 kg (20-25 lb). Jenis yang paling mungil adalah Kucing Singapura (the “drain cat” of Singapore) sekitar 2,7 kg (6 lb), tetapi para breeder menjaga kucingnya pada berat minimum untuk memastikan pembiakan yang sukses.

Kucing Dewasa atau Kitten?

Akan lebih mudah memberikan rumah baru kepada kucing dewasa daripada anak kucing, terutama untuk kucing yang diperoleh dari tempat dengan kesejahteraan tinggi dan telah melalui pemeriksaan kesehatan yang teliti. Hewan yang lebih tua memiliki temperamen yang lebih tenang, tetapi jika temperamennya buruk bisa saja disebabkan oleh kehidupan sebelumnya yang tidak bahagia. Ini dapat diperbaiki melalui perubahan keadaan.

So catlovers, kamu makin berminatkan untuk memelihara kucing?

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Jenis Kucing

Susah mana, breeeding ras Persia atau Exotic

Hai Catlovers bagi kamu yang masih penasaran mengenai pengetahuan ataupun yang mau melakukan breeding kucing, nah kali ini cattery.co.id akan berikan artikel yang bisa menjadi referensi kamu. Ibu Paramita Suri

Pemula

Membawa Kucing ke Rumah

  Saat membawa kucing ke rumah adalah hal yang paling menyenangkan bagi kita, namun hal tersebut dapat menjadi saat yang menakutkan bagi kucing untuk beradaptasi. Kucing akan menghadapi suasana, suara

Pemula

Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemelihara Kucing Pemula

Kucing merupakan hewan yang paling cocok untuk dijadikan peliharaan oleh setiap orang. Sikap kucing yang setia, bersahabat dan juga mudah bersosialisasi menjadi alasan utama bagi orang-orang yang pada akhirnya menjadikan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!