Memilih Dokter Hewan
23/10/2016 685 Views

Memilih Dokter Hewan

cat-at-vet

Jangan menunggu keadaan darurat untuk membawa kucing kamu pergi ke dokter hewan. Sebaiknya persiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu sebelum membawa kucing sebagai peliharaan baru (tips persiapannya cattery.co.id ulas disini). Jika kamu mendapatkan kucing dari lingkungan sekitar atau kenal, kamu bisa tanyakan sejarah kesehatannya kepada pemilik sebelumnya. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter hewan yang biasa dikunjungi oleh pemilik sebelumnya untuk pemeriksaan awal atau untuk inokulasi. Jika anak kucing kamu dapat dari lingkungan yang jauh atau asing, kamu bisa minta rekomendasi dari teman atau tetangga yang memiliki pengalaman memelihara kucing atau bahkan kamu bisa tanya juga ke klub kucing.

calico-250-250 kotak-250x250

 

Memilih Dokter Hewan
bigstock-Group-Of-Pets-29519924

Memilih dokter hewan yang tepat sangat penting seperti hal nya memilih dokter yang tepat untuk keluarga, tetapi ada perbedaan signifikan yang Catlovers perlu pahami. Dokter biasanya hanya berhadapan dengan satu jenis spesies, yaitu manusia, sementara dokter hewan harus menangani rentang yang luas untuk jenis spesiesnya dari binatang yang berbeda, dari burung unggas sampai sapi pemamahbiak. Mereka biasanya tidak menguasai semuanya, dan tidak semua dokter hewan mengetahui hal-hal baru tentang dunia kucing. Ini akan menjadi masalah kalau kamu tinggal di area pedesaan dimana dokter hewan hanya terbiasa menangani hewan-hewan besar untuk kebutuhan ternak seperti lembu atau kuda. Sedangkan di perkotaan kebanyakan dokter bedah terbiasa menangani hewan kecil, dan ada yang mengabdi untuk merawat kucing, anjing dan hewan domestic kecil lainnya.

Jika ada waktu hubungi beberapa tempat praktek, telepon terlebih dahulu sebelum datang. Tanyakan biaya konsultasi, dan biaya perawatan rutin seperti vaksin, steril, bedah kecil, obat-obatan untuk mengatasi kutu dan cacing.

Pertanyaan yang harus ditanyakan

cat-with-vet-1

Sebelum memutuskan bertemu dengan dokter hewan, pertimbangkan apa yang kamu ingin dapatkan dari kunjungan tersebut. Jika kamu memiliki kucing yang telah dikebiri dan jarang keluar rumah, mungkin kamu hanya perlu menemui dokter hewan setahun sekali saja untuk suntik vitamin, dan mintalah untuk pemeriksaan rutin juga. Jika tujuan kamu untuk show, kamu harus lebih teliti mencari dokter hewan yang tertarik pada breeding kucing ras atau yang memiliki pengetahuan tentang kucing pedigree. Biasanya lebih mudah di perkotaan dibandingkan dengan pedesaan.

Jika kamu sudah mendapatkan dokter hewan yang ramah kucing, buatlah ceklis pertanyaan tentang apapun yang ingin kamu ketahui.

operation hour

Menanyakan jam praktek. Apakah harus membuat janji terlebih dahulu, atau bisa datang langsung tanpa membuat janji terlebih dahulu. Jika kamu pegawai, kamu membutuhkan kombinasi keduanya untuk fleksibilitas maksimum. Juga pastikan apakah mereka siap untuk pembedahan saat hari libur atau malam.

Tanyakan juga apakah ada layanan gawat darurat. Jika ada, apakah kucing kamu akan diperiksa oleh dokter hewan atau staf unit gawat darurat. Ini sangat penting jika kamu memiliki kucing pedigree yang membutuhkan perhatian khusus. Juga tanyakan kebijaksanaan untuk kunjungan ke rumah, ini sangat penting jika kamu berniat ternak kucing dan membutuhkan bantuan saat kucing melahirkan. Apakah para tenaga medis rumah sakit hewan berpengalaman juga dalam pembedahan dan pengobatan kucing, atau terbatas hanya dokter saja?

nutmeg-684226

Tanyakan juga tentang perawatan tambahan seperti kiropraktik atau akupuntur. Carilah tenaga medis yang melakukan pendekatan secara positif dan holistic sebagai perlakuan tambahan dari perawatan, ini menjadi sangat penting untuk kucing yang lebih tua.

Itu lah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan catlovers ketika memilih dokter untuk kesayangan kita si kucing. Mudah-mudahan selalu sehat terus ya Catlovers baik kamu maupun kucing kamu. Selalu sayangi kucing ya catlovers semua!

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cara Merawat Kucing

Pada Usia Berapakah si Kucing Seharusnya di Sterilisasi? Adakah Pengaruhnya?

Kucing yang terlantar di jalanan memang banyak sekali jumlahnya ya catlovers. Kita setiap kali melihat kucing yang terlantar dijalan pasti seringkali terbersit untuk menampung mereka dirumah. Namun pastinya banyak sekali

Cara Merawat Kucing

Cara Membuat Kucing Tetap Bahagia ketika Kita Tinggal Pergi

Ceritanya kita mau berpergian lama, jangan-jangan kucing kita cuma bersembunyi dibawah karpet rumah seharian, bahkan pup disana… Mitos lama bahwa kucing adalah hewan penyendiri memang masih ada, padahal faktanya adalah

Cara Merawat Kucing

Temperatur Sebagai Pengukur Kesehatan Kucing

Semua fungsi tubuh kita (seperti pencernaan, gerakan, otak, syaraf dan lainnya) merupakan hasil dari reaksi kimia yang dikendalikan oleh enzim. Untuk bekerja dengan baik, enzim harus berada pada suhu tubuh.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!