Memilih Cat Litter yang Tepat
17/12/2016 4000 Views

Memilih Cat Litter yang Tepat

Media tempat kucing membuang kotorannya, atau cat litter, diperkenalkan pertama kali dengan nama “kitty litter” oleh penemunya Edward Lowe pada tahun 1947. Kitty litter pada saat itu sebenarnya bukan merujuk ke produk tertentu. Semua bisa menjadi kitty litter asalkan bisa digunakan kucing untuk buang air. Saat ini, litter box telah dikembangkan dengan berbagai pilihan litter. Banyak produk yang  menggunakan bahan tanah liat dan mineral, gandum, kulit jagung, kulit kelapa, tanaman singkong, kertas koran, gel silica, potongan kayu, kulit kacang dan kulit jeruk. Hmm… pilih yang mana ya catlovers? Kali ini kita cari tahu pilihan litter yang tepat untuk kebutuhan kamu dan si mpus yuk!

Tahukah kamu 89% kucing di Amerika memiliki litter box?

Cara mudah untuk memilih litter yang tepat, biasanya cukup dengan membaca keunggulan produk di bungkusnya, setidaknya akan jadi pedoman yang sangat bagus untuk mempersempit pilihan. Biasanya keunggulan litter adalah ringan (lightweight), dapat disekup (scoopable), mudah menyerap cairan (absorbent), ramah lingkungan, bebas debu, dapat disiram, beraroma, tanpa aroma, untuk kucing dalam perawatan (health-alert), dan bebas bau. Setelah kamu menemukan keunggulan yang kamu perlukan, selanjutnya kamu perhatikan bahan yang digunakan lalu ingat bahan itu. Dapat disimpulkan, bahan litter yang baru kamu pilih, misalnya gel, akan memiliki keunggulan yang kamu perlukan, misalnya “mudah menyerap cairan”. Ke depannya, apabila kamu ingin membeli litter dengan keunggulan yang sama, kamu cukup memilih bahan litter tersebut, walau berbeda merek. Jangan lupa untuk mencobanya dengan kucingmu. Bisa jadi, walaupun produk litter punya keunggulan yang hebat, tapi si mpus tidak suka menggunakannya. Kalau demikian berarti saatnya mencoba produk lainnya.

Berbagai Macam Jenis Cat Litter

Berbagai Macam Jenis Cat Litter

Litter Ramah Lingkungan

Tren saat ini adalah litter yang ramah lingkungan yang dapat membantu mengurangi jejak karbon karena dapat terurai dan tidak menyumbat tanah. Litter alami pada hakikatnya bebas debu dan tidak mengandung bau kimia. Bahan perekayasa bau (odor-masking agents) dan wewangian dipercaya dapat menyebabkan asma dan masalah pernapasan lainnya kepada kucing dan juga manusia.

Litter ramah lingkungan biasanya terbuat dari bahan alami, misalnya potongan kayu.

Litter ramah lingkungan biasanya terbuat dari bahan alami, misalnya potongan kayu.

Mengendalikan Bau

Mengendalikan bau sudah lama menjadi prioritas nomor satu bagi pemelihara kucing. Saat memilih yang berbahan dasar tanah liat, pilihlah komposisi yang dapat menyerap bau dan tidak mengandung racun. Penggunaan filter pada litter box akan sangat membantu untuk menghilangkan bau secara keseluruhan.

calico-250-250 kotak-250x250

Bahan Litter yang Ringan

Pilihan lainnya ada pada pertimbangan berat litter . Produk yang berbahan dasar tanah liat yang biasanya berat dan tidak praktis untuk penggunaan sehari hari. Walau begitu, saat ini telah beredar litter berbahan dasar tanah liat yang beratnya setengah dari berat biasanya. Produsen kontainer litter juga telah berinovasi. Beberapa kontainer saat ini beralih dari yang berat menjadi ringan dan memiliki “moncong” seperti teko sehingga mudah dibawa dan mudah untuk mengeluarkan kotorannya.

Litter yang Mempermudah dalam Mendeteksi Penyakit (Diagnostic Litter)

Mungkin terobosan terbaru saat ini adalah diagnostic litter yang dapat memberikan “sinyal” kepada pemilik kucing tentang masalah kesehatan kucing, seperti penyakit ginjal, infeksi saluran kemih, dan diabetes. Sebagai contoh kegunaannya, penyakit saluran kemih bagian bawah pada kucing seringkali tidak terdeteksi karena kucing terkenal ahli dalam menutupi gejala sakit. Ketika kucing membuang kotorannya, produk ini biasanya akan berubah warna apabila ada bahan tertentu yang terkandung di kotoran itu yang mana bahan ini adalah indikasi adanya penyakit pada kucing. Produk litter ini dapat membantu catlovers dalam memantau kondisi kucingnya dan hasil penggunaan produk litter ini bisa digunakan sebagai informasi yang dibutuhkan saat konsultasi dengan dokter hewan. Litter ini sangat bermanfaat untuk kesehatan kucing dan dapat menyelamatkan kucing karena masalah kesehatan yang tidak terdeteksi sebelumnya, yang seringkali diduga hanya sebuah peyimpangan penggunaan litter box.

Perbedaan Warna Diagnostic Litter Setelah Terpapar Kotoran Kucing

Perbedaan Warna Diagnostic Litter Setelah Terpapar Kotoran Kucing

Cara kerja diagnostic litter biasanya menggunakan bermacam-macam indicator keasaman yang dapat bereaksi terhadap urin dengan berubah warna untuk mengindikasikan suatu penyakit. Produk ini dapat digunakan secara permanen oleh kucing yang telah didiagnosis sebelumnya untuk memantau tingkat keseriusan penyakit yang bisa dilakukan dirumah.

Jangan Lupakan Litter Box

Ada banyak style dan bentuk litter box saat ini yang dapat disesuaikan dengan dekorasi rumah. Penampilan litter box menjadi sangat menarik daripada hanya sekedar closet. Pilihlah litter box yang terbuka. Alasannya, pertama, karena keunggulannya dalam hal menghilangkan bau. Kedua, beberapa ahli tingkah laku kucing percaya bahwa jika terdapat beberapa ekor kucing dalam rumah, litter box yang terbuka dapat memberikan pandangan 360-derajat di sekeliling si kucing. Dengan ini kucing dapat melihat kucing lain yang mendekat dan akan menyerang box. Selain itu jenis ini juga dapat membuatnya tetap waspada dengan keadaan sekitar.

littermat

Liiter Mat – Melindungi Lantai dari Litter yang Tercecer

Bersamaan dengan perkembangan tren saat ini, ada juga litter mat yang dengan berbagai warna dan desain yang secara efektif dapat mencegah pasir berserakan dilantai. Saat inipun sudah ada litter box yang dapat menyekop dan bahkan menyiram secara otomatis. Dengan berbagai macam pilihan litter yang tersedia saat ini, mungkin kedepannya akan ada terobosan baru berupa robot berbentuk kucing kecil yang dapat mengisi ulang litter saat habis ya catlovers? 😀 … dan akan sangat bagus jika robot tersebut juga dapat membersihkan litter mat juga! 😀

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Perlengkapan Kucing

Memilih Pasir Kucing Terbaik

Tidak seperti anjing dan burung, kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang sangat menjaga kebersihan. Kucing merupakan hewan yang mengerti bagaimana menggunakan fasilitas kamar mandi (bak pasir). Tidak mengherankan bahwa

Perlengkapan Kucing

Catio: Patio Tempat Kucing Indoor Bertualang

Kucing merupakan teman terbaik bagi seluruh pemeliharanya, tentu karena itupun kita selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk si kucing. Dari mulai memberikan makanan dengan nutrisi yang cukup, mainan yang

Perlengkapan Kucing

Kandang Kucing

Kucing adalah hewan yang menyenangkan, sehabat manusia. Perawatan, makanan, perhatian, tentunya berpengaruh besar terhadap kesehatan kucing. Termasuk dalam hal kandang. Kandang kucing yang tidak sesuai standar kesehatan, tentunya berbahaya untuk

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!