Membawa Kucing ke Rumah
13/04/2015 4118 Views

Membawa Kucing ke Rumah

 

Saat membawa kucing ke rumah adalah hal yang paling menyenangkan bagi kita, namun hal tersebut dapat menjadi saat yang menakutkan bagi kucing untuk beradaptasi. Kucing akan menghadapi suasana, suara dan bau yang asing bagi kucing. Untuk itu lah cattery.co.id akan membantu bagi catlovers semua memberikan informasi apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menyambut keluarga baru.

calico-250-250 kotak-250x250

Memilih dokter hewan

Hal penting pertama adalah melakukan check up awal kucing untuk memperoleh informasi kesehatan kucing, jadi memilih dokter hewan sebelum kucing datang dapat menghemat waktu. Jika kamu tidak memiliki dokter hewan, teman atau keluarga yang memiliki hewan peliharaan dapat memberikan rekomendasi yang baik.

Dokter Hewan

 

Berikut adalah tips untuk membantu para catlovers memilih dokter hewan

Preferensi

  Temui dokter hewan kamu dan lihat fasilitasnya. Staf dokter hewan harus ramah dan membantu. Dokter hewah harus lah dapat dipercaya dan memiliki keahlian dalam menangani kucing

Jarak

  Pilih lah dokter hewan yang dekat dengan rumah mu. Hal tersebut bukan hanya masalah kenyamanan, tetapi memungkinkan kamu cepat sampai ke sana jika kucing kamu dalam keadaan darurat.

Jam Kerja

  Dalam beberapa bulan pertama, kamu akan sering datang ke dokter hewan, jadi sangat penting untuk memastikan jam operasional dokter hewan dengan jadwal kamu.

Keadaan Darurat

  Banyak dokter hewan yang merujuk pada klinik setelah jam operasional. Tanyakan apakah dokter hwan dapat menjawab panggilan darurat setelah jam operasional. Jika dokter hewan merujuk pada klinik untuk panggilan darurat setelah jam operasional, pastikan untuk bertanya dimana klinik darurat berada.

Rumah yang Aman

Tanpa kamu sadari, ada banyak hal berbahaya di dalam rumah mu, kelalaian dapat membahayakan keselamatan kucing kamu. Kebiasaan baru dan pengaturan tertentu akan membantu kamu untuk melindungi kucing dari kemungkinan kecelakaan. Sama seperti bayi, kamu perlu memastikan seluruh rumah aman dari sesuatu yang berbahaya bagi kucing.

– Sembunyikan kabel listrik yang terbuka dan halangi stop kontak yang tidak terpakai

– Letakkan semua pestisida, gulma, dan racun tikus dan semua obat dari jangkauan kucing

– Singkirkan semua barang-barang kecil seperti karet gelang, tali, pulpen, pensil, jarum dll.

– Jangan meninggalkan tas plastik atau barang-barang yang terbuat dari busa tergeletak di sekitar

– Tutup lah penutup tempat sampah dan penutup toilet duduk

– Hati-hati dengan setrika

– Pindahkan semua tanaman indoor yang berada di jangkauan kucing, karena banyak tanaman rumah tangga yang beracun bagi kucing.

Kucing memiliki kecenderungan untuk mengintai dalam lemari, laci dan keranjang cucian, dan sangat sering masuk ke dalam mesin cuci dan pengering. Carilah kemungkinan tempat persembunyian bagi kucing untuk meminimalkan resika kecelakaan.

 

Peralatan penting untuk kucing

Sangat dianjurkan untuk memiliki semua branga-barang yang diperlukan sebelum membawa kucing ke rumah. Daftar yang kamu perlukan seperti makanan, tempat makan, bak pasir, tempat tidur, dan mainan. Semua aksesoris ini tersedia di pet shop (seperti calico petshop)

Mangkuk makanan dan air
Pilih mangkuk kecil untuk anak kucing (kucing dewasa hanya makan 110-170gr per hari) dan mangkuk berisi air yang harus tersedia setiap saat.

Pasir dan Bak Pasir
Pilih wadah yang cukup dalam dan serokan untuk membuang kotoran. Ada beberapa jenis bak pasir, termasuk bak pasir dengan penutup. Kamu perlu menemukan jenis bak pasir yang cocok untuk kucing kamu. (lihat Memilih Pasir Kucing Terbaik)

Tempat tidur
Kucing akan memilih sendiri tempat untuk tidur, tetapi untuk para catlovers untuk memberikan tempat yang hangat dan nyaman dimana kucing merasa aman untuk tidur.

Tempat menggaruk (scratching post)
Menyediakan tempat yang tepat untuk tempat menggaruk akan membantuk menghindari kerusakan barang-barang di dalam rumah kamu.

Panjatan kucing (Cat Tree)
Kucing suka memanjat ketinggian. Menyediakan panjatan membantu membatasi kucing untuk melompat pada berbagai furnitur di rumah kamu.

Mainan
Mainan kucing dapat dibeli maupun dibuat sendiri. Mainan akan mendorong kucing untuk berinteraksi dan bermain. Bagi kucing, bermain akan membuat ia terhibur sehingga dapat menghindari berbagai masalah yang berasal dari kebosanan.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Pemula

Bagaimana Caranya Agar Kucing Kita Berteman Satu Sama Lain?

Kucing. Mamalia menggemaskan berkaki empat dan berbulu ini memang tidak mungkin membuat kita bosan bermain dengannya atau sekedar memandangnya. Manja-nya si kucing tentu menjadi salah satu alasan mengapa kita tidak

Pemula

7 Persiapan Wajib Sebelum Memutuskan Adopsi Kucing

Mungkin sebagian diantara kita sudah lama memelihara kucing. Namun tidak sedikit catlovers yang baru ingin memulai adopsi kucing. Ada beberapa faktor penting yang patut kita perhatikan sebelum terburu-buru mulai mengadopsi

Pemula

Pro dan Kontra Memelihara Kucing

Kucing memang hewan yang sangat menggemaskan. Seorang catlovers pasti Sulit rasanya untuk menolak seekor kucing yang sangat lucu ini. Namun sayangnya tidak semua orang menyukai kucing, entah karena takut rumahnya

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!