Mata Kucing: Ciri Khas, Keunikan dan Fungsi
23/06/2015 34769 Views

Mata Kucing: Ciri Khas, Keunikan dan Fungsi

Pada kali ini Cattery.co.id akan membahas mengenai mata pada kucing, keunikan serta berbagai bentuk dan warnanya. Pembahasan ini bertujuan agar catlovers lebih memahami tentang mata kucing yang memiliki ciri khas tersendiri.

Kucing adalah Hewan Malam

Kucing memiliki pandangan yang lebih luas – sekitar 200 derajat, dibandingkan dengan pandangan manusia yang hanya 180 derajat. Kucing juga memiliki penglihatan periferal dengan jangkauan yang lebih luas, semua itu berfungsi untuk menemukan tikus (atau mainan) yang bergerak di sudut.

Cat-In-The-Night

calico-250-250 kotak-250x250

Kucing adalah crepuscular, yang berarti mereka aktif pada saat fajar dan senja. Itu lah sebabnya kucing memerlukan penglihatan yang baik pada malam hari. Mata mereka memiliki sel batang, yang lebih sensitif terhadap cahaya rendah, enam sampai delapan kali lebih banyak dibandingkan manusia.

Selain itu, bentu mata kucing yang elips, kornea dan tapetum (lapisan jaringan yang dapat memantulkan cahaya kembali ke retina) yang lebih besar, akan membantu mata kucing mengumpulkan lebih banyak cahaya. Tapetum juga dapat menggeser panjang gelombang cahaya yang kucing lihat, sehingga membuat mangsa atau benda lainnya menjadi lebih terlihat diantara siluet malam. Sel batang ekstra kucing juga memungkinkan kucing untuk merasakan gerakan dalam gelap jauh lebih baik dari manusia.

Contoh penglihatan kucing pada malam hari
night-sight

 Penglihatan Warna

Namun kucing tidak memiliki penglihatan warna yang baik. Retina kucing memiliki sel kerucut, reseptor cahaya yang berfungsi optimal dalam cahaya terang, sekitar 10 kali lebih sedikit dibandingkan dengan mata manusia. Dengan kata lain, manusia mampu mendeteksi gerakan 10 hingga 12 kali lebih baik dalam cahaya terang dibandingkan dengan kucing, karena fungsi sel kerucut membantu penglihatan mata dalam kondisi terang.

Manusia juga memiliki tiga jenis sel kerucut, yang memungkinkan kita untuk melihat spektrum warna yang lebih luas, dengan puncak sensitivitas pada warna merah, hijau dan biru. Sementara kucing mungkin memiliki tiga jenis sel kerucut ini, dengan jumlah dan distribusi yang bervariasi diantara mereka. Dalam tes perilaku, kucing tampaknya tidak melihat berbagai warna yang dapat dilihat manusia.

Beberapa ahli percaya bahwa penglihatan kucing terbatas pada warna biru dan abu-abu, sementara yang lain percaya bahwa penglihatan mata kucing mirip dengan anjing, tetapi dengan corak dan saturasi warna yang kurang kaya. Sebagai perbandingan, anjing melihat dunia ini dengan sedikit warna dibandingkan manusia, anjing tidak bisa membedakan antara warna merah, kucing, hijau dan oranye. Sebaliknya, ikan dapat melihat panjang gelombang ultraviolet yang tidak bisa dilihat oleh manusia.

Contoh penglihatan warna pada kucing
alps-view

Penglihatan Kucing Rabun Jauh

Mata manusia normal dapat melihat dengan resolusi yang lebih besar dan dengan rentang warna yang lebih besar berkat banyaknya sel kerucut di mata kita.

Manusia bisa melihat benda dengan jelas pada jarak 30 hingga 60 meter jauhnya, namun kucing baru bisa melihat dengan lebih jelas pada jarak kurang dari 6 meter, karena kucing tidak memiliki otot yang diperlukan untuk mengubah bentuk lensa mata mereka.

Kucing memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mendeteksi benda yang bergerak cepat, seperti tikus. Namun kucing tidak bisa mendeteksi benda yang bergerak lambat seperti yang bisa dideteksi oleh mata manusia, kucing cenderung melihat benda yang bergerak lambat seperti tidak bergerak.

Warna dan Bentuk Mata Kucing

Kucing domestik memiliki warna mata yang bervariasi mulai dari warna oranye, hijau, dan biru.  Beberapa kucing memiliki warna odd-eye, biasanya satu mata berwarna biru dan mata lainnya berwarna hijau atau oranye. Bentuk mata kucing juga bervariasi berdasarkan jenis ras. Beberapa ras kucing seperti Chartreux dan Persian memiliki mata bundar, sedangkan ras kucing lainnya seperti Maine Coon memiliki bentuk mata yang sedikit miring. Beberapa ras seperti kucing Oriental, termasuk kucing Siamese, kemiringan bentuk matanya lebih jelas, sehingga menyerupai bentuk almond.

cat eye shape

Sampai saat ini genetika pewarisan sifat warna mata masih belum sepenuhnya dapat dijelaskan dengan pasti. Secara umum, perbedaan warna mata ditentukan oleh konsentrasi, granulasi dan endapan melanin. Warna mata ditentukan oleh tingkat intensitas melanin di depan atau di belakang iris mata.

Warna biru pada mata merupakan akibat tidak adanya pigmen di depan iris mata dan adanya melanin kecokelatan yang tersebar di belakang iris mata. Warna biru merupakan refleksi dan dispersi cahaya yang melaluinya.

Warna hijau pada mata merupakan dilusi warna pigmen cokelat atau kuning di depan iris mata dan adanya melanin kecokelatan yang tersebar di belakang iris. Pigmen kuning tertutupi oleh latar belakang warna biru dan menghasilkan efek kehijauan. Intensitas warna hijau tergantung pada kualitas dan kuantitas melanin yang berada di depan iris.

Warna mata hazel dihasilkan dari penambahan pigmen di depan dan di belakang iris mata yang menghasilkan efek kuning keperakan atau kuning dengan efek hijau.

Warna mata cooper, gold, atau oranye terjadi apabila bagian depan iris mata dipengaruhi oleh pigmen sehingga tidak ada refelksi cahaya yang melaluinya.

eyes

Pigmen juga dipengaruhi oleh gen lain yang menyebabkan warna bulu pada kucing. Misalnya gen yang menghasilkan warna spot putih dan pointed akan menghasilkan pengaruh warna mata kebiruan. Gen mink mencegah kemunculan pigmenasi penuh dan penyebaran granul pigmen yang menghasilkan efek warna mata biru kehijauan. Gen sepia akan mencegah terjadinya pigmentasi penuh dan menghasilkan efek mata gold.

Ada juga kucing yang matanya memiliki warna berbeda, atau yang disebut dengan odd eye. Biasanya hal tersebut terjadi pada kucing yang berbulu putih atau bicolor yang dominan putih. Odd eye juga bisa disebabkan oleh kelainan genetik.

Berikut penjelasan Cattery.co.id mengenai mata kucing. Semoga menjadi pengetahuan yang berguna bagi catlovers untuk lebih memahami kucing.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Anatomi Kucing

4 Indra Super Milik Kucing yang Diwarisi Leluhur Mereka

Kucing adalah makhluk yang luar biasa dengan refleks yang secepat kilat, leluhur kucing catlovers telah menggunakan refleks ini untuk berburu dan tetap aman dari predator. Walaupun kucing milik kita telah

Anatomi Kucing

Bentuk Muka Kucing Berpengaruh pada Sifatnya?

Kucing memang hewan yang lucu. Apakah catlovers sering memperhatikan bentuk muka pada berbagai jenis kucing? Secara umum bentuk muka pada kucing terbagi menjadi tiga, yaitu berbentuk bulat, persegi, dan segitiga.

Anatomi Kucing

Ekor Kucing: Bentuk, Fungsi dan Penunjuk Emosi

Ekor kucing merupakan salah satu anatomi yang unik pada kucing. Selain menjadi fungsi vital dalam menjaga keseimbangan tubuh, ekor juga bisa menunjukkan emosi pada kucing – apakah ia sedang takut,

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!