Makanan yang Akan Membuat Si Kucing lebih Pintar!
29/09/2016 3552 Views

Makanan yang Akan Membuat Si Kucing lebih Pintar!

Hi catlovers! Kali ini cattery.co.id mengemas satu informasi yang pasti akan catlovers sesali jika tidak dibaca! Bahasan cattery.co.id kali ini adalah tentang makanan kucing yang akan membantu dan merangsang perkembangan otak si kucing menjadi lebih pesat dan membuat si kucing menjadi lebih pintar! Wah, pastinya catlovers penasaran kan perihal apa-apa saja yang harus diberikan sebagai makanan kepada si kucing? Maka dari itu, baca artikel cattery.co.id kali ini!

affordable-cat-foodTernyata makanan kucing memang merupakan faktor X terpenting untuk perkembangan otak si kucing!

Merangsang mental, fisik dan juga menyediakan mainan  yang bersifat interaktif di dalam ruangan tempat si kucing berada seperti pohon-pohonan, tempat memanjat yang terbuat dari kayu dan tongkat bulu sudah pasti akan memanfaatkan bakat berburu bawaan si kucing. Akan tetapi ada esensi terpenting yang menjadi faktor x dalam perkembangan otak si kucing untuk menjadi lebih tangkas dan pintar, yakni asupan makanannya. Apakah kita telah memberikan makanan yang cocok untuk meningkatkan kepintaran si kucing?

23687_pets_vertical_store_cats_1._CB313630080_

calico-250-250 kotak-250x250

Pilihan yang terbaik untuk makanan si kucing memang worth it untuk kita lakukan.

Membuat pilihan yang bijaksana saat memberikan makanan si kucing sangatlah penting, hal itu meliputi pemilihan; jenis makanan, perlakuan kita kepada si kucing pada saat diberi makan, dan pemberian suplemen tambahan kepada si kucing akan sangat mempengaruhi kecerdasan si kucing dan meningkatkan tingkat kesehatan mereka dari segala aspek (fisik dan mental). Dalam hal ini ada seorang pakar kesehatan holistik dan gizi kucing yang bernama Dr. Jean Hofve, D.V.M. juga angkat bicara perihal nutrisi yang cukup dan penting sebagai asupan untuk si kucing. Pensiunan dokter hewan holistik ini tetap memiliki kegiatan dan posisi yang penting sebagai konsultan makanan kucing di bigcat.com dan baru saja  meluncurkan e-book ilmiah terbaru-nya yang berjudul “What Cats Should Eat: How To Keep Your Cat Healthy With Good Food”. Dr. Hofve mengatakan, “Nutrisi yang baik dan juga  interaksi didalam ruangan adalah hal terpenting untuk otak dan kesehatan tubuh si kucing.” “Nutrisi yang optimal untuk kucing sebenarnya adalah tikus, tapi itu tidak praktis untuk didapat sekarang ini. Jadi, apa yang kita coba lakukan sekarang adalah untuk memberikan ‘tikus’ yang lebih baik juga sehat untuk si kucing.”

maxresdefaultguGood food for Good cat!

Menyajikan Makanan yang Mengandung Omega-3

maxresdefaultsdgJangan lupakan Omega-3 untuk si kucing!

DHA (asam docosahexaenoic) dan EPA (asam eicosapentaneoic) adalah dua asam lemak yang penting di dalam omega-3 yang dapat meringankan peradangan otak dan mendorong perkembangan kognitif (membantu meningkatkan memori dan mempercepat kegiatan belajar). DHA adalah lemak utama yang terdiri dari struktur otak, dan EPA yang ditemukan dalam membran sel otak bertugas menjaga membran sel otak yang fleksibel dan memastikan bahwa pesan yang terdapat di dalam neuron segera ditransmisikan. Sumber yang terbaik dari omega-3 terdapat di dalam minyak krill, minyak sarden dan minyak ikan teri. Jadi mulailah memberikan asupan ini kepada si kucing!

Tingkatkan Prebiotik dan Probiotik

inflammatory_bowel_disease-1Masalah pencernaan merupakan hal utama yang mudah terserang kepada si kucing dan ini dipengaruhi besar oleh makanan.

Memang cukup membingungkan ya catlovers untuk membedakan apa tugas dari prebiotic dan juga probiotik. Sebenarnya prebiotik adalah zat aditif berserat yang memakan mikroorganisme di dalam usus yang baik dan ditemukan di beberapa makanan untuk hewan peliharaan. Probiotik bertugas untuk menghidupkan mikroorganisme usus menjadi lebih sensitif terhadap panas dan kelembaban, biasanya probiotik ini lebih sering dikemas dalam bentuk kapsul. Probiotik adalah suplemen gizi yang digunakan untuk mengobati diare, sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Kualitas dan khasiatnya juga bervariasi, sehingga berkonsultasi kepada dokter hewan catlovers untuk merekomendasikan apa yang dibtuhkan si kucing dalam hal ini merupakan hal yang juga sangat penting!

Membaca / Mengatakan Sesuatu dengan Keras di Hadapan si Kucing

book-wormInteraksi langsung seperti membaca didepan si kucing akan membuat otak si kucing terangsang untuk mengenali suara kita secara berulang.

Kegiatan dalam rangka membangun kekuatan otak disebut ‘neurobics. Salah satu cara mudahnya adalah dengan membaca atau mengatakan sesuatu dengan keras di hadapan si kucing. “Suara dari kata-kata catlovers kepada si kucing mengaktifkan dan memperluas jalur neuron di otak si kucing,” tukas Dale Anderson, M.D, seorang pensiunan ahli bedah, penulis, dan pendiri acthappy.com. “Sementara kegiatan ini mungkin tampak sederhana untuk dilakukan, tetapi sebenarnya si kucing benar-benar membantu otak catlovers membuat jalur baru dengan mengekspos catlovers dan si kucing untuk adanya sensasi baru. Menjaga otak tetap hidup adalah satu-satunya cara untuk membuat dan memperkuat koneksi baru dan bercabang antara kita dan juga lawan bicara kita,” dimana di dalam hal ini adalah interaksi kita sebagai pemelihara dan si kucing sebagai hewan yang dipelihara.

Asupan Antioksidan

iStock_000013736207_FullBodyguard si kucing yang terbaik adalah antioksidan!

Jadikanlah antioksidan sebagai bodyguard untuk si kucing karena antioksidan dapat melucuti radikal bebas yang pastinya beracun sebelum dapat merusak sel-sel dan mengobarkan jaringan di dalam tubuh dan otak si kucing. “Radikal bebas menyebabkan penyakit penuaan dan penyakit jantung.” Tukas Dr. Hofve. Dr. Hofve juga mengatakan bahwa Vitamin A, C dan E adalah pilihan terbaik untuk melindungi dan memperbaiki sel-sel otak.

Untuk Kucing Senior: Carilah Suplemen Makanan yang Baik!

health-issues-common-to-older-cats-535a22b793fe5Suplemen makanan untuk si kucing dewasa (senior) sangat berpengaruh untuk menjaga kesehatan dan kondisi si kucing dalam keadaan prima.

Cynthia Rigoni, D.V.M, yang merupakan seorang dokter hewan yang beroperasi di All Cats Veterinary Clinic  di Houston telah sukses dalam meningkatkan fungsi otak kucing senior yang berjuang untuk lepas dari penyakit dementia (penyakit kerusakan memori) ketika diberi produk yang disebut Senilife yang diproduksi oleh Ceva. Suplemen makanan ini mengandung ginko biloba, vitamin B6, vitamin A, ekstrak anggur, dan phosophatidylserine.

Ikan untuk Asupan si Kucing

7019160-cat-fishYakinkah ikan yang kita berikan kepada si kucing (ikan utuh atau ikan dalam kemasan kaleng sebagai makanan kucing) benar-benar ikan yang alami dan sehat?

Menganggap ikan sebagai makanan kucing yang paling alami merupakan kesalahpahaman yang cukup fatal. Beberapa jenis ikan (seperti ikan salmon ternakan) sebenarnya tidak aman untuk diberikan sebagai makanan untuk kucing kata Dr Hofve. Dr. Hofve juga mengatakan bahwa beberapa ikan yang terkandung dalam makanan kucing kalengan sebenarnya adalah ikan sisa yang telah membusuk dari industri makanan laut di seluruh dunia. “Ini campuran yang tinggi antara fosfor dan magnesium yang dapat menjadi masalah serius pada kucing dengan riwayat gangguan saluran kemih hingga penyakit ginjal yang fatal”. Beberapa ikan juga mengandung bahan kimia berbahaya seperti histamin dan polutan beracun seperti merkuri, PCB, dan BPA. Masih menganggap ikan sebagai makanan paling alami untuk si kucing?

Makanan Ikan dan Kaitannya dengan Minyak Ikan.

cover-fish-oil-sept-oct-2015Pemberian minyak ikan sebagai suplemen si kucing juga dapat merangsang perkembangan otak si kucing!

“Secara umum, sejumlah kecil tepung ikan dimasukkan sebagai penyedap atau sumber omega-3 (asam lemak) dalam makanan kucing tidak akan menjadi masalah,” kata Dr. Hofve. “Serpihan bonito, merupakan makanan kucing yang paling populer dalam dunia kucing. Makanan yang mengandung serpihan bonito ini dilansir dapat mempercepat pertumbuhan dan mereka menumpuk racun lebih sedikit sehingga dapat diterima di moderasi tubuh si kucing.” Kualitas minyak ikan bervariasi, tetapi utamakan mencari produk minyak ikan yang mengandung ikan tangkapan langsung dari alam seperti ikan herring, ikan teri, sarden, atau bahkan kerang.

Woman feeding hungry pet catSejak dini, mulailah kita memilah makanan terbaik untuk si kucing!

Pemilihan makanan guna meningkatkan kinerja otak si kucing dan juga suplemen untuk si kucing dapat merubah si kucing menjadi benar-benar mencapai tingkat kepintaran yang maksimal. Tetapi tetap saja, jangan mengharapkan kepintaran si kucing hingga dapat memecahkan soal fisika tingkat sekolah menengah ya catlovers! 😀

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Nutrisi dan Makanan Kucing

Apakah Cara Kita Memberi Makan Kucing Sudah Benar? Perhatikan 7 Hal Berikut

Memberi makan kucing memang susah-susah gampang. Terkadang teman kucing kita sedikit pemilih makanan dan mungkin juga ia memiliki kebiasaan makan yang aneh. Atau mungkin sebaliknya, kucing kita sangat rakus makannya

Nutrisi dan Makanan Kucing

Apa yang Harus Kita Lakukan Ketika Kucing Sulit Makan?

Beberapa orang kadang sering bercanda tentang kebiasaan kucing mereka yang sangat pemilih dalam hal makanan, namun hal ini menjadi masalah serius jika kucing kita tidak mau makan. Meskipun tidak mau

Nutrisi dan Makanan Kucing

Berapa Banyak Air Putih yang Seharusnya Diminum Kucing?

Apakah kucing catlovers cukup minum air? Berapa banyak kucing seharusnya minum air? Kucing sangat jarang terlihat minum air, kecuali jika ia sedang bermain dengan keran atau air yang sedang mengalir,

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!