Makanan Kucing yang Terlarang
09/07/2015 14444 Views

Makanan Kucing yang Terlarang

Pemberian makanan kucing yang baik dan bernutrisi adalah hal penting karena merupakan sumber energi yang digunakan untuk aktivitas hariannya. Sering kali kita beranggapan bahwa makanan yang baik dikonsumsi oleh manusia, baik juga untuk dimakan oleh kucing kesayangan kita. Anggapan tersebut keliru, ada beberapa makanan yang merupakan pantangan dan harus dihindari oleh kucing. Termasuk kucing persia kita. Apa saja sih… ? Berikut ini adalah daftar makanan yang terlarang untuk kucing kesayangan

Bawang dan bawang putih

Bawang Merah dan Putih

Bawang merah dan bawang putih jangan sampai termakan oleh kucing, karena akan menyebabkan anemia.

calico-250-250 kotak-250x250

Tomat hijau dan kentang (mentah)

potato_tomato

Tomat hijau dan kentang yang masih mentah, terutama bagian daunnya mengandung alkaloid yang beracun bagi kucing. Dan berbahaya bagi pencernaan kucing.

Anggur dan raisins

raisin-grape

Anggur dan kismis berbahaya untuk kesehatan ginjal kucing

Cokelat

chocolate-002

Walaupun sangat kita senangi, ternyata cokelat berpengaruh buruk terhadap kucing. Pemberian cokelat akan menyempitkan pembuluh darah sehingga dapat mengakibatkan serangan jantung pada kucing.

Alpukat

avocado-sliced-in-half

Daun pohon alpukat, buah dan kulit batang tanaman nya cenderung semua beracun. Alpukat mengandung persin yang bisa merusak otot jantung binatang. Gejala klinis keracunan biasanya ditandai dengan muntah, diare, lesu dan kesulitan bernafas.

Susu dan cream

maxresdefault

Hati-hati memberikan susu pada kucing. Susu dan cream (mengandung susu) mengandung enzim yang berbahaya bagi kucing. Beberapa kucing tidak tahan diberikan susu dan mengakibatkan diare. Hal ini disebabkan si kucing laktosa intoleran.
Saran penyajian : Sebagai solusi berikanlah susu khusus kucing sebagai contoh KMR/ Royal Canin baby milk cat yang pernah digunakan oleh PrabuCattery.com. Susu khusus kucing ini sudah diformulasi khusus untuk kucing bebas laktosa dan aman dikonsumsi untuk kucing.

Ikan mentah

3252761-chiose-of-fresh-raw-fish-isolated-on-white-background

Pemberian ikan mentah dalam waktu yang lama dalam jumlah yang banyak dapat mengakibatkan defisiensi vitamin B1 (thiamin) pada kucing. Vitamin B1 sangat diperlukan untuk fungsi normal otot dan saraf, juga berperan penting untuk regenerasi saraf.
Saran penyajian : Cara untuk menyajikan ikan sebagai pakan kucing adalah dengan dimasak terlebih dulu. Jika ikan dipanaskan maka enzim thiaminase akan rusak

Putih telur mentah

Egg-Whites

Pemberian putih telur mentah pada kucing akan mengakibatkan defisiensi biotin. Karena putih telur mengandung senyawa avidin yang dapat mengurangi keterdediaan vitamin B biotin. Biotin adalah kelompok vitamin B kompleks yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan kucing. Biotin bersifat memelihar kesehatan kulit dan rambut, sangat diperlukan untuk pertumbuhan pencernaan dan agar otot berfungsi dengan baik. Vitamin ini pada beberapa hewan mempengaruhi jumlah anak per kelahiran.
Saran penyajian : jika ingin menyajikan telur utuh untuk kucing, lebih baik direbus terlebih dulu. Karena dapat mengurangi avidin, namun sayang nya juga mengurangi nilai zat makanannya. Pemberian Kuning telur lebih baik, akan tetapi yang perlu diingat, kandungan lemak kuning telur relatif tinggi. Pemberian yang terlalu banyak dapat menyebabkan kegemukan.

Hati mentah

liver-1

Hati mentah mengandung sangat banyak vitamin A. Sedangan bagi kucing ada batas jumlah maksimum vitamin A yang dibolehkan.
Saran penyajian : Memasak hati sebelum disajikan untuk kucing dapat menurunkan kadar vitamin A dan mematikan bibit penyakit yang mungkin terdapat dalam hati tersebut.

Tulang

4170bone

Tulang mengandung 30% kalsium dan 15% fosfor, magnesium dan protein . Jenis makanan ini kekurangan lemak, asam lemak esensial, dan vitamin. Pemberian tulang khawatir menyebkan tersangkut di tenggorokan kucing,. Terlalu banyak tulang dapat menyebabkan sembelit.
Saran penyajian : Masak tulang terlebih dulu dengan menggunakan panci khusus (presto) hingga tulang lunak. Dan tanyakan ke pada dokter hewan mengenai jumlah yang tepat untuk diberikan.

Xylitol

xylitol

Xylitol merupakan pemanis buatan. Biasa ditemukan dalam produk makanan seperti permen, pasta gigi dan obat kumur. Jauhkan produk yang mengandung xylitol dari jangkauan kucing., karena jika tertelan akan dapat menyebabkan kerusakan hati, gula darah rendah dan meningkatkan sekresi urin. Toksisitas xylitol dapat menunjukan gejala penyakit kuning pada kucing.

Minuman beralkohol

 

various type of alcoholic drinks isolated on white

various type of alcoholic drinks isolated on white

Minuman beralkohol akan berdampak buruk bagi saraf kucing. Gejala keracunan bisa terjadi jika kucing meminumnya.

So, buat kucing jangan coba-coba deh..
bukan karena harga kucing yang mahal, tapi karena kucing sangat berharga untuk kita :)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Nutrisi dan Makanan Kucing

Bolehkah Diet Vegetarian pada Kucing?

Mungkin banyak diantara catlovers yang memberi makan kucingnya dari sayuran dan turunannya, seperti tempe, tahu, nasi, kentang dan sebagainya. Apakah kucing benar-benar hewan karnivora? Atau omnivora seperti anjing, dimana anjing

Nutrisi dan Makanan Kucing

Berapa Banyak Air Putih yang Seharusnya Diminum Kucing?

Apakah kucing catlovers cukup minum air? Berapa banyak kucing seharusnya minum air? Kucing sangat jarang terlihat minum air, kecuali jika ia sedang bermain dengan keran atau air yang sedang mengalir,

Nutrisi dan Makanan Kucing

8 Tips Penting Memberi Makan Kucing Persia

Kucing yang gemuk dan sehat adalah idaman bagi catlover, akan tetapi tidak jarang kita dihadapkan pada kondisi si kucing mogok makan. Hal ini tentu merupakan masalah yang serius, terlebih lagi

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!