Kucing Siam (Kucing Siamese) | Jenis Kucing
04/01/2016 7915 Views

Kucing Siam (Kucing Siamese) | Jenis Kucing

Sejarah dari kucing Siam lebih banyak berisi mitos dan legenda dibandingkan dengan fakta. Jenis kucing Siam merupakan salah satu ras kucing tertua, yang berdasarkan manuskrip telah dikenal sejak abad ke-14. Seperti namanya, kucing ini berasal dari Thailand (dahulu dikenal sebagai Siam). Penampilan dan sikapnya yang menarik menyebabkan kucing ini banyak dikagumi oleh para bangsawan. Ketika seorang anggota kerajaan meninggal dunia, banyak yang percaya bahwa kucing ini akan menerima jiwa orang tersebut. Selanjutnya kucing ini akan dipindahkan ke kuil, selanjutnya kucing ini akan menghabiskan sisa hidupnya dalam kemewahan, dengan biarawan dan pendeta sebagai pelayannya.

Kucing Siam

Kucing Siam berasal dari Thailand

Beberapa mitos juga menceritakan bahwa kucing Siam memiliki tugas sebagai penjaga vas bunga kerajaan atau penjaga cincin milik seorang putri kerajaan. Banyak mitos yang menceritakan bahwa kucing ini memiliki ikatan khusus dengan kerajaan Siam.

Kucing Siam kemudian mulai dibawa ke Eropa pada akhir abad kesembilan belas, ketika diadakan Cat Show di Crystal Palace di London. Pada awalnya, kucing ini tidak begitu mendapatkan sambutan yang baik dari para cat fanciers di sana, namun perlahan kucing Siam mulai digemari menjadi hewan peliharaan. Pada tahun 1878, Presiden Amerika Serikat Rutherford B. Hayes menerima kucing Siam yang dikirimkan oleh konsulat mereka di Thailand, yang menandakan kucing ini mulai masuk ke Amerika Serikat. Selanjutnya kucing ini tetap tinggal dan bermain di White House pada pemerintahan Presiden Gerald Ford dan Jimmy Carter.

Kucing Siam

calico-250-250 kotak-250x250

Pada tahun 1900an, Kucing Siam ini mulai berpartisipasi dalam berbagai cat show. Ketiga asosiasi kucing terbesar seperti TICA (The International Cat Association), CFA (Cat Fanciers’ Association) dan FIFe (Fédération Internationale Féline) telah mengakui ras kucing siam ini. Dan hingga saat ini kucing ini begitu populer dan selalu menjadi peringkat teratas dalam kategori kucing shorthair. Karena popularitasnyaa, kucing ras ini telah digunakan untuk membentuk berbagai kucing ras modern termasuk Kucing Ocicat, Kucing Himalaya (Kucing Persia Colorpoint), Kucing Burmese, Kucing Tonkinese, Kucing Snowshoe, dan berbagai Kucing Ras Oriental (Oriental Shorthair, Oriental Longhair, Colorpoint Shorthair, Colorpoint Longhair, Balinese dan Javanese).

Karakter Fisik Kucing Siam

siamese3

Kucing siam sangat dikenali dari matanya yang berbentuk almond dan berwarna biru. Matanya yang unik berbentuk almond yang ekspresif, serta telinga yang lebar membuat kesan “oriental” pada kucing ini.

kucing siam

Kucing Siam memiliki mata biru berbentuk almond dan telinga yang besar

kepala Kucing Siam berbentuk baji (seperti segitiga), bertubuh ramping dan telinga runcing besar membuat kucing ini terkesan sangat elegan. Tubuh Kucing Siam berotot namun halus. Kucing ini memiliki bulu pendek dan berpola colorpoint dengan empat warna, yaitu seal point, chocolate point, blue point dan lilac point — warna tubuh pucat dengan kontras warna gelap di bagian wajah, telinga, kaki dan ekor. (lihat: Pola Warna Colorpoint atau Himalaya pada Kucing).

kucing siam

Kucing Siam memiliki pola color point

Berat kucing betina antara 3-5 kg dan kucing jantan 4-6 kg. Kucing jenis ini dikategorikan kucing sehat secara genetika, namun ada beberapa penyakit yang sering menyerang seperti gingivitis dan penyakit hati yang disebut amyloidosis.

Karakter Sifat Kucing Siam

Hal penting yang harus catlovers ketahui tentang kucing ini adalah mereka cenderung cerewet dan keras kepala. Kucing Siam akan memberitahu kita apa yang sedang mereka pikirkan dengan suara yang parau dan keras. Mereka akan terus mengeong hingga kita memperhatikannya dan bertindak berdasarkan saran mereka. Kucing Siam yangat menyukai orang-orang yang menyayanginya. Kucing ini ingin sekali menjadi “bermanfaat” bagi orang yang disayanginya, jadi jangan kaget jika kucing ini akan mengikuti dan mengawasi kita kemanapun kita pergi. Ketika kita duduk, Kucing Siam akan berada di pangkuan kita, ketika malam hari ia akan berada di tempat tidur bersama kita, atau di bawah selimut dengan kepalanya diatas bantal.

Siamese-cats-have-one-longest-life-expectancies-domestic

Jadi, jangan memelihara kucing Siam jika catlovers tidak ingin memiliki teman yang cerewet. Namun jika catlovers sangat menikmati memiliki teman yang bisa diajak bicara sepanjang hari, kucing ini sangat cocok menjadi teman terbaik kita. Pastikan juga kita memiliki waktu untuk dihabiskan bersama kucing yang suka bersosialisasi dan penuntut ini. Kucing Siam tidak suka ditinggal sendirian dalam waktu yang lama. Jadi jika kita bekerja dalam waktu lama, pastikan untuk memelihara dua ekor kucing Siam, agar mereka bisa saling menemani dan tidak stres.

anak kucing siam

Seperti kucing berpola colorpoint, kucing siam lahir dengan warna putih

Kucing Siam sangat cerdas, tangkas, atletis dan suka bermain. Ia sangat senang bermain dengan cat teaser untuk dikejar, selain itu jika kita memiliki cat tree yang besar maka kucing ini akan senang memanjatnya. Karena sangat aktif dan senang bermain, maka jangan heran jika kotak tisu atau kertas-kertas kita menjadi berantakan ketika kita pulang ke rumah. Hihihi. Jadi pilih lah kucing ini jika catlovers ingin menghabiskan waktu berinteraksi dengan kucing. Mereka adalah jenis kucing yang setia dan penuh kasih sayang. Tertarik memelihara kucing Siam yang elegan ini?

Video Kucing Siam di Animal Planet

(rbb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Jenis Kucing

Kucing Abyssinian | Jenis Kucing

Kucing Abyssinian terlihat seperti kucing suci yang tergambar pada makam-makam Mesir Kuno. Nama Abyssinian sendiri berasal dari wilayah tenggara dari Mesir, yang sekarang bernama Ethiopia. Berdasarkan cerita, jenis kucing ini

Jenis Kucing

Kucing Norwegian Forest | Jenis Kucing

Kucing Norwegian Forest adalah jenis kucing domestik yang berasal dari Eropa bagian Utara. Kucing asli Eropa Utara ini mampu beradaptasi dengan cuaca yang sangat dingin, dengan bulunya yang sangat lebat.

Jenis Kucing

Kucing American Curl

Jenis Kucing American Curl pada awalnya merupakan kucing liar. Pada bulan Juni 1981 dua kucing dengan  telinga melengkung ke belakang datang ke rumah catlovers bernama Grace dan Joe Ruga di

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!