Kucing Shorthair atau Kucing Longhair?
24/09/2015 8778 Views

Kucing Shorthair atau Kucing Longhair?

Ketika kita memutuskan untuk memelihara kucing, pasti hal yang pertama dipikirkan adalah apakah kita ingin memelihara kucing shorthair (berbulu pendek) atau kucing longhair (berbulu panjang). Kali ini cattery.co.id akan mencoba membahas tentang bulu kucing. Silakan disimak catlovers!

Tentang Bulu Kucing

Bulu kucing sangat bergantung pada jenis kucing, ada jenis kucing yang bisa memiliki hingga tiga lapisan tipe rambut (atau bulu). Tiga jenis bulu tersebut yaitu “guard hairs“, “awn hairs” dan “down hairs“. Guard hairs bentuknya panjang dan kaku, itu adalah lapisan terluar dari mantel kucing, berfungsi untuk menjaga kucing agar tetap kering dan hangat. Awn hairs dan down hairs jumlahnya lebih banyak, mereka adalah pembentuk lapisan bulu sekunder pada kucing. Bentuknya lembut dan terletak di bagian terbawah dari lapisan mantel kucing, fungsinya sebagai pelindung termal pada kucing. Perbedaan kedua bulu tersebut adalah, jika awn hairs memiliki ujung bulu yang lancip, sedangkan down hairs lebih pendek namun sangat lembut dan memiliki tekstur yang bergelombang.

47651a6216ffe571795615f5783b7310

calico-250-250 kotak-250x250

Kerontokan Bulu Kucing

Semua kucing pasti akan melepaskan bulu mereka secara rutin. Sebagai catlovers, tentu ini adalah hal yang harus diperhatikan. Bahkan ketika kita sedang mengelus-elus kucing, atau ketika kucing tidur di tempat favoritnya, bulu kucing tetap akan lepas. Jumlah bulu yang lepas pada kucing longhair maupun kucing shorthair sebenarnya sama saja, namun bulu kucing longhair akan lebih mudah terlihat oleh kita jejaknya.

Tidak seperti rambut manusia, bulu kucing akan terus tumbuh mengikuti siklus. Kucing yang hidup alaminya berada di daerah yang dingin, biasanya akan merontokkan bulu tebalnya ketika musim semi berakhir.  Kerontokan ini bersifat alamiah. Namun jika bulu kucing rontok hingga terjadi kebotakan, catlovers harus mewaspadai hal ini. Ini merupakan tanda adanya gangguan pada kucing, seperti alergi, ringworm, infeksi bakteri, kutu, pola makan yang buruk, stres dan sebagainya. Coba konsultasikan hal ini dengan dokter hewan ya catlovers.

(lihat: Alasan Mengapa Bulu Kucing Rontok?)

Kucing dan Alergi

Ada beberapa kesalahpahaman tentang penyebab reaksi alergi terhadap kucing. Alergen (penyebab alergi) bukanlah pada bulu si kucing, namun zat yang disebut dengan “dander”. Dander adalah protein mikroskopis yang berasal dari air liur kucing. Biasanya dander ini akan berada di bulu kucing ketika si kucing sedang melakukan self-grooming. Dander yang terkumpul pada bulu kucing longhair akan lebih banyak dibandingkan dengan bulu kucing shorthair. Ini lah sebabnya mengapa reaksi alergi terhadap kucing longhair akan lebih sering terjadi dibandingkan dengan reaksi alergi pada kucing shorthair.

cat-allergies-120726

Air liur beberapa jenis kucing menghasilkan lebih sedikit dander dibandingkan yang lainnya. Si longhair Kucing Siberia, si shorthair kucing Russian Blue dan Kucing Bengal atau si hairless Kucing Sphynx, mereka berempat adalah beberapa jenis kucing yang diketahui secara alami menghasilkan lebih sedikit dander. Oleh karena itu, jika ada sahabat atau keluarga yang ingin sekali memelihara kucing namun terkena alergi, bisa rekomendasikan jenis kucing ini untuk mereka.

Grooming Kucing

Walaupun kucing sering grooming badannya sendiri secara teliti, namun kita juga perlu untuk membantu grooming si kucing secara teratur, demi kebaikan kucing dan diri kita sebagai pemiliknya. Dengan menyisir bulu kucing secara teratur, bukan hanya membantu mengurangi jumlah bulu kucing yang tercecer di rumah kita, namun kita juga bisa mencegah terjadinya hairballs pada kucing. Hairballs bukan hanya tidak enak dilihat oleh kita, namun kucing juga sangat tidak nyaman ketika memuntahkan hairballs.

bgProdCatGrooming1-1300x900

(lihat 8 Alasan Penting Mengapa Catlovers Harus Grooming Kucing Secara Rutin)

Untuk mengurangi jumlah dander dalam bulu kucing, kita bisa membersihkannya secara teratur dengan menggunakan handuk lembut dan basah, atau dengan memandikannya. Jenis kucing yang aman dipelihara oleh orang yang alergi kucing seperti yang telah disebutkan, bukan berarti tidak memiliki dander. Jika kita tidak sering memandikannya, jumlah dander yang terakumulasi juga akan membuat orang tersebut menjadi alergi pada kucing tersebut.

Vitamin Bulu Kucing

Beberapa penelitian mengatakan bahwa beberapa vitamin dan mineral sangat berguna bagi pertumbuhan bulu kucing. Mengganti jenis makanan kucing ke merk yang telah terbukti bagus bisa menjadi pilihan bagi catlovers, karena makanan kucing yang baik memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih lengkap. Pemberian minyak salmon, yang mengandung omega 3 dan omega 6 juga terbukti berfungsi untuk memperbaiki bulu kucing yang bermasalah. Kandungannya membantu menjaga bulu kucing tetap sehat dan berkilau. Penting berkonsultasi dahulu pada dokter hewan dan orang yang sudah ahli dalam kucing untuk mengganti jenis pakan kucing.

cat-pill

Jadi Kita Memilih Kucing Shorthair atau Kucing Longhair?

Masalah jumlah bulu yang rontok dan alergi tentu jadi pertimbangan utama bagi kita untuk memilih kucing longhair atau shorthair, namun tentu sulit bagi kita untuk menolak kecantikan kucing persia atau kucing anggora yang memiliki bulu panjang, bukan? Faktor selanjutnya yang menjadi pertimbangan adalah waktu dan biaya perawatan kucing longhair tentu lebih besar dibandingkan dengan kucing shorthair. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi catlovers dalam menentukan pilihan jenis kucing. Jadi siapakah yang catlovers pilih, kucing shorthair atau kucing longhair?

(rbb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Pemula

Adopsi Anak Kucing? Adopsi lah 2 Kucing!

Mengadopsi anak kucing adalah momen yang spesial dalam hidup kita. Jika catlovers berencana untuk mengadopsi anak kucing, adopsi lah dua kucing sekaligus! Ya, dua anak kucing sekaligus, bukan satu. Jika

Pemula

Quiz : Jenis Ras Kucing Apa yang Cocok untuk Kamu Pelihara?

Jenis kucing apa yang cocok untuk kamu? Lakukan tes dibawah ini untuk mencari tahu. Bagaimana kamu menggambarkan diri kamu sendiri? a. Ramah b. Riang c. Berhati-hati d. Kesemuanya Kemana kamu suka menghabiskan

Pemula

Membawa Kucing ke Rumah

  Saat membawa kucing ke rumah adalah hal yang paling menyenangkan bagi kita, namun hal tersebut dapat menjadi saat yang menakutkan bagi kucing untuk beradaptasi. Kucing akan menghadapi suasana, suara

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!