Kucing Senior dan Perawatannya
27/10/2016 662 Views

Kucing Senior dan Perawatannya

Kucing yang kita pelihara dirumah pasti sudah menjadi salah satu alasan utama kita untuk selalu merasa kangen dengan rumah dan rasanya ingin segera cepat-cepat pulang kerumah apalagi untuk melepas penat setelah lelah bekerja. Tentu, jika kita telah memelihara si kucing semenjak ia kecil, telah banyak sekali kenangan yang terjadi dan tersimpan diantara kita dan si kucing. Namun, layaknya juga manusia. Kucing juga memiliki usia yang terus berjalan hari demi hari, dan juga semakin tua si kucing biasanya mereka akan lebih tenang, berdiam diri, menghabiskan waktunya dengan tidur dan tidak lagi aktif seperti sewaktu mereka masih kecil atau puber. Akan tetapi dengan pasif-nya kucing senior seperti ini tidak bisa kita jadikan alasan untuk mengurangi rasa sayang kita kepada mereka. Justru pada masa-masa senja inilah si kucing sangat membutuhkan kita karena nyatanya mereka juga akan menderita beberapa penyakit dalam jika tidak berhati-hati dalam hal makan, minum hingga perawatan. Nah, kali ini kita akan membahas apa saja ya kira-kira yang bisa kita lakukan dalam merawat kucing senior? Apakah ada beberapa hal khusus yang harus dilakukan? Daripada menebak-nebak, ayo kita bahas sekarang hanya di artikel cattery.co.id kali ini!

SeniorCatSlider3Kita akan membahas kucing senior dan perawatan wajar untuk mereka!

calico-250-250 kotak-250x250

Kucing kita dirumah tidak akan memperlihatkan atau sedikitpun menunjukkan isu-isu buruknya kesehatan di dalam diri mereka karena mereka memang tidak terbiasa seperti itu. Bahkan, mereka terkadang sengaja menyembunyikannya agar mangsa dan juga ‘rival’ mereka tidak menemukan kelemahan dari si kucing, dan ini merupakan antisipasi wajar bagi si kucing jika kita mengingat bahwa mereka merupakan termasuk ke dalam hewan pemburu. Itu juga yang menjadikan alasan bagi kita untuk peka sekaligus jeli dengan keadaan si kucing di rumah dan juga terus memiliki jadwal rutin agar si kucing tidak melewatkan kunjungannya ke dokter hewan. Dengan perawatan dan check-up rutin ke dokter hewan yang teratur, kita dapat membantu mewujudkan masa-masa senja (tua) si kucing lebih bahagia dan tetap dalam keadaan sehat. Tentu kita juga menginginkan si kucing tetap sehat bukan?

Ketahuilah Klasifikasi Masa si Kucing melalui Usianya!

senior-cats-health-care-grooming-training-tipsKucing juga memiliki fase usianya sendiri jika sudah menginjak usia remaja.

Tentu banyak sekali kucing disekitar kita yang hidup hingga sepuluh hingga 20 tahun kan catlovers? Jadi wajar saja jika ada tanda tanya besar yang sama di dalam benak para pecinta kucing bahwasannya: ‘kapan ya si kucing benar-benar dapat dikatakan telah memasuki masa senior mereka?’. Ya, banyak yang mengambil kesimpulan bahwa si kucing hanya dapat dikatakan tua apabila mereka mulai sakit-sakitan, lemas, lemah dan pasif, namun sebenarnya kucing dapat dikatakan memasuki masa Senior pada rentang umur 11 – 14 tahun. Berikut merupakan rentang usia kucing senior yang mencapai beberapa fase berdasarkan American Association of Feline Practitioners (AAFP):

  • Puber / Remaja / Setengah Baya: 7 tahun – 10 tahun
  • Senior / Dewasa: 11 tahun – 14 tahun
  • Geriatric / Tua Renta: 15 tahun

Hindarilah Penyakit yang Akan Muncul pada Kucing Geriatrik /  Tua.

SeniorCatSlider1Ketahuilah beberapa penyakit umum yang sering terjadi pada kucing yang sudah memasuki usia senior atau geriatrik.

Semakin tua makhluk hidup, pasti akan semakin nyata satu sisi lemahnya dan tentunya hal itu semakin terlihat. Begitu juga dengan si kucing, karena system kekebalan tubuh si kucing tidak akan lagi setangguh dulu. Penting bagi kita sebagai pemelihara si kucing agar lebih teliti dan terus mengawasi mereka terutama dalam hal kesehatannya.Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang umumnya muncul pada kucing senior dan tua:

  • Radang sendi
  • Kanker
  • Gangguan Kognitif
  • Sembelit / Susah Buang Air
  • Tuli
  • Sakit Gigi
  • Diabetes Mellitus
  • Penyakit Jantung
  • Hipertiroidisme
  • Radang Usus
  • Penyakit / Gangguan pada Ginjal
  • Penyakit Mata / Gangguan Penglihatan (Retina)

Jadwal Check-Up Biasa dan Laboratorium yang Berkala

seniorcatnutritionSemakin tua si kucing, semakin khusus penanganan kesehatannya!

Sama halnya dengan kita manusia. Semakin tua kita otomatis kita harus semakin sering melakukan medical check-up ke rumah sakit untuk mencegah adanya penyakit yang datang. Si kucing juga harus mendapatkan perlakuan yang sama. Jadwal check-up mereka juga harus lebih rutin mungkin yang tadinya hanya setahun sekali menjadi 6 bulan sekali dan check-up berkala seperti ini pun sangat dianjurkan oleh para ahli. Tujuannya adalah untuk mencapai tujuan berikut:

  • Agar si kucing tetap selalu sehat di masa senior hingga tua mereka.
  • Mengenali dan mencegah lebih awal resiko penyakit yang akan datang kepada si kucing, khususnya pada kucing yang sudah memasuki usia tua.
  • Mendeteksi lebih awal tanda-tanda penyakit pada si kucing sehingga si kucing tidak menderita penyakit yang membahayakan hidupnya.

Selama pemeriksaan kesehatan rutin, dokter hewan si kucing mungkin akan mengajukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kesehatan si kucing kepada kita karena pastinya dokter hewan mencoba untuk memahami dan mengetahui riwayat medis lengkap si kucing. Pertanyaan-pertanyaan ini tentu meliputi dan terfokus pada adanya perubahan perilaku dan mood si kucing pada saat-saat ini atau mungkin si kucing pernah memiliki riwayat penyakit sebelumnya. Jawablah dengan gambling karena tentunya dokter hewan pasti akan lebih tahu apa yang harus dilakukan agar si kucing jauh dari penyakit-penyakit membahayakan yang akan datang.

minoltacamera6-2010_574Ini semata-mata agar kucing tetap merasa bahagia dan sehat di masa tuanya!

Dokter hewan si kucing juga akan memeriksa kesehatan si kucing secara menyeluruh sekaligus juga dengan kondisi tubuh si kucing. Seperti dokter pada umumnya, dokter hewan juga akan mendengarkan detak jantung si kucing, deru nafas si kucing, ketegangan otot dan terutama pemeriksaan disekitar leher atau perut karena itu merupakan areal rawan kucing untuk menderita tumor dan kelainan lainnya. Selain itu, dokter hewan juga biasanya akan melihat / mengintip ke bagian dalam telinga si kucing, mata dan juga mulut untuk setiap tanda-tanda penyakit pada si kucing. Pemertiksaan rutin si kucing juga harus mencakup beberapa tes berikut untuk memeriksa beberapa tanda penyakit:

  • Cek Tekanan darah
  • CBC (Cek darah lengkap dan menyeluruh)
  • Screening CHEM (mengecek fungsi hati dan ginjal)
  • Urinalisis (mengecek saluran urin)
  • T4 (fungsi tiroid)

Kebanyakan dokter hewan menganjurkan bahwa pengujian laboratorium lebih awal pada si kucing harus dilakukan setidaknya setahun sekali pada saat si kucing sudah menginjak masa dewasa / senior (usia 7 tahun hingga 10 tahun) dan lebih sering lagi jika si kucing sudah menginjak masa tua / geriatric.Tes tambahan juga direkomendasikan bergantung kepada hasil tes screening yang rutin dilakukan. Akan ada juga beberapa pengecekkan organ dalam si kucing sebagai tambahan untuk beberapa kucing yang telah memiliki isu kesehatan yang menurun. Tentu tujuannya adalah agar si kucing dapat lebih lama hidup dan sehat di sepanjang hari kita kan catlovers?

Pantaulah Kesehatan si Kucing dirumah!

las_vegas_senior_cat_careKita sebagai pemelihara harus sadar beberapa gejala penyakit yang muncul pada si kucing.

Sebagian besar kucing amat sangat pandai untuk menyembunyikan gejala-gejala penyakit yang dideritanya. Tentu ini salah satu cara mereka agar tidak terlihat lemah didepan mangsaan mereka dan juga musuh mereka, dan ini merupakan insting mendasar di dalam diri si kucing. Tapi ini juga yang pada akhirnya mereka mendadak jatuh sakit dalam keadaan yang sangat fatal sehingga resiko mereka disembuhkan sudah sangat kecil. Tentu, si kucing juga memiliki batasan untuk merasakan rasa sakit yang diderita. Lalu, kita memiliki tugas ekstra dalam hal ini, yakni mengenali beberapa gejala yang bisa saja sedikit-sedikit terbaca dari perilaku si kucing.

senior-blog-old-cat-sleeping-gingerPerubahan sikap atau perilaku si kucing juga dapat menjadi tanda adanya isu kesehatan dalam diri si kucing. Saatnya ke dokter hewan!

Bisa melalui penurunan berat badan yang cukup drastis atau malah penaikkan berat badan yang juga drastis. Ini dapat menjadi potensi bahwa si kucing menderita penyakit, bahkan ini merupakan masalah kesehatan utama si kucing yang jarang sekali diperdulikan oleh pemeliharanya. Kucing yang obesitas / kelebihan berat badan biasanya berakhir pada diabetes, osteoarthritis dan kondisi membahayakan lainnya.

health-issues-common-to-older-cats-535a22b793fe5Kucing yang terlalu gendut juga tidak baik untuk kesehatannya!

Selain itu, meongan si kucing yang semakin sering juga dapat menjadi tanda awal si kucing menderita suatu penyakit. Lalu, lupa-nya si kucing untuk ke litterbox untuk poop atau kencing. Selain itu, perilaku yang berubah juga dapat menjadi pertanda awal si kucing memiliki masalah kesehatan.

Perawatan Mendasar sangat Penting!

bigstock-Yellow-kitten-is-trying-to-cat-25891133Jangan pernah melupakan perawatan mendasat pada si kucing!

Jangan pernah melupakan perawatan rutin seperti perawatan gigi, pemberian suplemen, pembersihan kutu, perawatan gigi, manajemen nutrisi, vaksinasi dan hal-hal lainnya. Langkah-langkah ini akan berpengaruh besar dan positif pada kehidupan si kucing di masa mendatang.

Buatlah si Kucing terus Merasa Nyaman

Senior-cat-with-foodPastikan tempat makanan dan minuman si kucing tetap dengan mudah dijangkau oleh si kucing bahkan pada masa tuanya!

Pastikan si kucing masih dapat dengan mudah menjangkau tempat makan dan minumnya, masih nyaman dengan tempatnya tidur dan terutama dengan litterbox tempat mereka poop dan juga pipis. Jika si kucing mulai tampak kesulitan menjangkau tempat-tempat tersebut, mungkin sudah saatnya kita mengatur ulang tempat-tempat tadi agar dapat lebih mudah dijangkau oleh si kucing! Pokoknya, jangan sampai lupa untuk semakin menyayangi dan perduli kepada para kucing senior dan tua kita dirumah!

the-cat-at-wimpole-hall-cambsAll love!

Sources:

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cara Merawat Kucing

Cara Membuat Kucing Tetap Bahagia ketika Kita Tinggal Pergi

Ceritanya kita mau berpergian lama, jangan-jangan kucing kita cuma bersembunyi dibawah karpet rumah seharian, bahkan pup disana… Mitos lama bahwa kucing adalah hewan penyendiri memang masih ada, padahal faktanya adalah

Cara Merawat Kucing

Tips Memilih Kucing yang Sehat

Bagi kamu yang berencana untuk mengadopsi kucing, kamu dihadapi resiko mendapatkan kucing sakit. Seekor anak kucing yang diadopsi dari breeder yang bertanggung jawab biasanya telah diberikan vaksin pencegahan flu, infeksi

Cara Merawat Kucing

Pada Usia Berapakah si Kucing Seharusnya di Sterilisasi? Adakah Pengaruhnya?

Kucing yang terlantar di jalanan memang banyak sekali jumlahnya ya catlovers. Kita setiap kali melihat kucing yang terlantar dijalan pasti seringkali terbersit untuk menampung mereka dirumah. Namun pastinya banyak sekali

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!