Kucing Sangat Ahli Menyembunyikan Rasa Sakit dan Penyakitnya. Mengapa?
16/08/2016 6299 Views

Kucing Sangat Ahli Menyembunyikan Rasa Sakit dan Penyakitnya. Mengapa?

Kucing peliharaan kebanyakan masih memiliki insting liar dan ini lah yang membuat mereka menjadi makhluk yang rumit. Banyak kucing yang telah tinggal secara nyaman di rumah, lengkap dengan tempat tidur, makanan dan minuman segar, serta pelukan sayang dari pemiliknya – bahkan beberpa kucing tidak pernah menginjakkan kakinya di luar. Namun, kucing masih memiliki naluri liar yang telah diwariskan turun temurun oleh leluhurnya. Salah satu naluri yang diwariskan oleh kucing liar adalah menyembunyikan rasa sakit dan penyakit yang dialaminya.

6672148025_c046b4e91c_z

Tak terhitung banyaknya para catlovers yang membawa kucing mereka ke dokter hewan untuk hal-hal yang agak konyol. Mungkin meongan kucing tersebut sedikit lebih tinggi nadanya atau dia “tampak tidak seperti dirinya” dengan alasan yang cukup sulit untuk dibuktikan. Kadang-kadang setelah dilakukan pemeriksaan dan tes, ternyata muncul dugaan kucing kita terkena penyakit ginjal atau diabetes, dan kita pun bertanya-tanya mengapa kucing kita tidak lebih bersuara tentang rasa sakit yang mereka alami.

Di alam liar, kucing adalah seekor predator sekaligus mangsa. Jika ia menunjukkan bahwa ia sedang terluka atau sakit maka ia segera akan menjadi target predator. Dalam benaknya, jika ia menunjukkan kelemahan maka berarti ia akan menjadi santapan predator. Satu-satunya cara bagi kucing liar yang sakit untuk tetap aman adalah dengan bersembunyi dan tetap tenang, itulah mengapa kucing rumahan kita yang sakit mungkin akan tidur di bawah tempat tidur di tempat yang jarang dilalui prang daripada bertengger di tempat biasa di ruang tamu.

calico-250-250 kotak-250x250

6297998606_e2312232aa_z

Hal ini juga bisa diingat bahwa kucing sejak dilahirkan bukan lah makhluk sosial seperti kita. Selain kawin dan membesarkan anak-anak, sebagian besar kucing liar hidup soliter. Itu berarti bahwa ketika mereka sakit, mereka tidak memiliki komunitas kucing lain untuk merawat dan mengobati hingga kembali sehat. Dengan menjadi vokal atau berisik tentang rasa sakit mereka tidak akan mendatangkan bantuan dan perlindungan, justru akan mendatangkan predator dan kematian.

14899728589_35684f0833_z

Cara terbaik untuk merawat kucing kita adalah dengan menggunakan naluri kita sendiri dan memperhatikan perubahan kecil dalam kebiasaan dan perilaku kucing kita. Ingatlah, tidak ada yang tahu kucing kita lebih baik daripada kita sendiri. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan.
– Perubahan tingkat aktivitas atau kebiasaan tidur
– Perubahan kebiasaan makan
– Perubahan perilaku sosial, baik dengan manusia dan hewan lainnya di rumah
– Perubahan asupan air
– Perubahan kebiasaan saat pup (buang kotoran)
– Penambahan atau penurunan berat badan yang tak dapat dijelaskan
– Perubahan kebiasaan grooming
– Perubahan vokal suara

Selain menjaga agar selalu memperhatikan perubahan kebiasaan atau perilaku, tetap selalu memeriksa kucing kita ke dokter hewan setiap tahun agar kita bisa mendeteksi masalah yang disembunyikan oleh kucing kita. Semoga informasi ini bermanfaat bagi catlovers. Yuk share dengan teman-teman mu!

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Perilaku Kucing

Kenapa Kucing Mencakar dan Menggigit Ketika Dielus-elus?

Setiap kucing memiliki berbeda-beda sifat dalam hal berapa kali ia ingin dielus atau dipegang. Beberapa kucing sangat menyukainya, beberapa bersikap biasa saja, dan beberapa hanya suka dielus sebentar saja sebelum

Perilaku Kucing

10 Cara Unik Kucing Menunjukkan Cinta Pada Kita

Seperti kita tahu bahwa kucing memiliki reputasi sebagai salah satu hewan yang terkenal penyendiri diantara binatang peliharaan lainnya. Mereka tidak mudah untuk menjadi antusias dan penuh kasih sayang seperti anjing,

Perilaku Kucing

Sikap Agresif Diantara Kucing

Sulit bagi kita untuk memperkirakan sebarapa baik sikap toleran diantara kucing dalam satu kelompok. Beberapa kucing ada yang tidak bersikap teritorial dan tidak memiliki masalah menyesuaikan diri dengan berbagi rumah

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!