Kucing Pasir Langka Melahirkan 3 Anak Kucing  di Kebun Binatang Israel
27/08/2015 4433 Views

Kucing Pasir Langka Melahirkan 3 Anak Kucing di Kebun Binatang Israel

Setiap barang pasti memiliki nilainya masing-masing. Entah itu tidak berharga ataupun sangat berharga, mahal ataupun murah bahkan langka ataupun tidak langka. Begitu pula dengan kucing, ada banyak jenis kucing yang mudah ditemukan, dan adapula yang sangat sukar ditemukan (langka), salah satu jenis kucing ini adalah kucing pasir atau yang dikenal sand cat. Tetapi, kabar baik datang dari sebuah kebun binatang di Israel, kabarnya kucing pasir yang mereka pelihara disana telah melahirkan 3 ekor anak kucing! Ingin tahu kelanjutannya? Ayo dilanjut bacanya.

ShowImage.ashxKucing pasir di Rahmat Gan Safari Park telah melahirkan 3 anak!

Kucing pasir (Felis Margarita) adalah satu-satunya jenis kucing kecil dengan bobot 1,5 kg hingga 3kg yang hidup pada gurun pasir. Kucing pasir tersebar hanya pada gurun pasir di sekitar Afrika Utara, Barat Daya dan Asia bagian Tengah. Tetapi sejak tahun 2002 kucing ini dinyatakan sebagai satwa langka di dunia menurut IUCN (International Union for Conservation of Nature) karena populasinya yang mulai menipis karena perubahan iklim yang tidak menentu, keadaan gurun pasir yang tidak lagi stabil serta banyaknya perburuan liar.

Cincinnati ZooPerburuan liar juga merupakan salah satu alasan kenapa kucing pasir menjadi sangat langka

calico-250-250 kotak-250x250

Diluar gurun pasir, kucing pasir juga terkadang ditemukan pada gurun yang berbatu, jauh sekali dari areal yang memiliki air. Memiliki kaki yang berbulu sangat lebat, itu memungkinkan mereka untuk beradaptasi dengan iklim gurun yang terbilang ekstrim.

hietakissaKucing pasir merupakan salah satu kucing terkuat dan sangat mudah beradaptasi denan lingkungan sekitar

Karakteristik dari kucing ini tidak berbeda jauh dengan kucing rumahan yang kita miliki, hanya saja kakinya lebih pendek (juga berbulu tebal) dan berbuntut lebih panjang. Warna bulu mereka persis seperti warna pasir yang pucat dan memiliki corak hitam bergaris, berbintik atau bergaris dan berbintik sekaligus. Mereka juga memiliki buntut yang bercorak hitam seperti cincin yang melingkari buntut mereka.

&MaxW=640&imageVersion=default&AR-307219973Warnanya yang menyerupai warna pasir merupakan salah satu ciri khas kucing pasir

Belum lama ini, kucing sejenis telah melahirkan 3 anak kucing di sebuah kebun binatang di Israel yang bernama Ramat Gan Safari Park. Sebelumnya, Rotem si kucing pasir betina tidak lagi dapat hamil karena kucing pasir pejantannya telah mati setahun yang lalu, tetapi pada September lalu seekor kucing pasir pejantan diimpor dari Swedia untukk menggantikan posisi pejantan yang telah mati tadi, dan kucing ini bernama Kalahari.

Sand_Cat_areaBeberapa wilayah habitat kucing pasir diseluruh dunia (yang diwarnai hijau lumut)

Tetapi pada bulan pertama Kalahari sampai ke Rahmat Gan Safari Park, ia terlihat tidak akur dengan Rotem. Seringkali mereka berselisih dan saling berjauhan. Hal ini pastinya membuat cemas para penjaga kebun binatang terutama mereka yang mengawasi Rotem sejak dulu. “Kami sangat cemas” tukas Sigal Horowitz, seorang juru bicara dari Rahmat Gan Safari Park yang juga diakui sebagai Zoological Center of Tel Aviv. “Kami telah berusaha semaksimal mungkin untuk membawa pasangan untuk Rotem dan disaat Kalahari datang, tidak ada berita baik yang datang. Dan ini merupakan masa-masa yang sulit untuk kucing pasir karena mereka tetaplah makhluk hidup yang tidak dapat hidup selamanya” tambahnya.

6a010535647bf3970b0154345accf4970c-500wiPada awalnya Rotem dan Kalahari tidaklah akur

Ya seperti yang telah diulas sedikit diatats oleh cattery.co.id, keberadaan kucing pasir saat ini memang sudah menipis dan sangat mengkhawatirkan karena terancam punah. Di Israel dan Jordan mereka merupakan kucing asli dari sana meskipun beberapa spesies campuran dari kucing pasir juga hidup dibeberapa negara, tetap saja itu bukan gen asli dari kucing pasir itu sendiri, sekurang-kurangnya sekarang hanya tinggal 200 kucing pasir yang masih hidup, dan itu tersebar di seluruh kebun binatang Eropa. Jelas saja hal ini juga menjadikan mereka sebagai salah satu jenis satwa yang sangat dilindungi oleh tiap kebun binatang di dunia.

402508Karena Rotem dan Kalahari merupakan jenis kucing pasir, mereka sangat diharapkan untuk bereproduksi

Tetapi keajaiban terjadi pada Rahmat Gan Safari Park. Rotem melahirkan 3 ekor anak kucing pusir yang sangat lucu dan menggemaskan! Para penjaga kebun binatang disana sempat kehilangan harapan bahwa Rotem dapat hamil karena ia dan Kalahari seringkali berselisih.

746164510Tidak ada yang mengira bahwa akhirnya Rotem dan Kalahari memiliki 3 anak

“Rotem telah melahirkan, dan ia sangat-sangat peduli terhadap anak-anaknya, ia adalah induk yang sangat baik” tukas pihak Rahmat Gan Safari Park. “Bayi-bayi kucing tersebut merupakan kejutan besar untuk kami. Kami tidak melihat adanya proses kawin bahkan interaksi yang menunjukkan bahwa mereka saling tertarik satu sama lain (interaksi antara Rotem dan Kalahari) sebelumnya” tambahnya.

2912246298Rotem merupakan induk yang penuh kasih sayang terhadap 3 anaknya!

Well, lagi-lagi kucing membuat kejutan yang sangat tidak disangka-sangka, dan kejutan kali ini benar-benar merupakan berita yang sangat baik perihal kelangkaan yang telah dialami oleh spesies kucing pasir tersebut. Maka dari itu, tidak salah jika kita senang untuk memelihara atau memiliki sesuatu yang langka, tetapi ingat kita juga harus memberi pengawasan ekstra dan lebih kepada hal itu ya catlovers!

 

(ibr)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Aplikasi Dari Jepang ini Bisa Membaca Suasana Hati Kucing

Apakah catlovers pernah sesekali mengira apa yang akan dilakukan oleh si kucing pada satu waktu? Seperti disaat ia sedang duduk terdiam dan seperti ingin melompat namun pada akhirnya tebakkan kita

Cat News

Socks: Kucing Terlantar yang Dipelihara Bill Clinton Selama Memimpin Amerika Serikat

Kucing memang hewan yang dapat menyihir orang didekatnya dengan keimutannya dan bulunya yang menggemaskan. ‘Sihir’ yang mereka miliki pun ternyata mampu menyihir pemimpin negara yang adikuasa di seantero dunia ini

Cat News

Biso, Kucing yang Terjebak di Dalam Dinding Selama 5 Tahun

Kucing adalah binatang yang penuh rasa ingin tahu. Terkadang rasa penasarannya bisa berakibat membahayakan dirinya sendiri. Seperti kisah Biso, kucing yang terperangkap selama 5 tahun di antara dinding stasiun kereta

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!