Kucing Memiliki Mindset layaknya Singa!
08/11/2015 6637 Views

Kucing Memiliki Mindset layaknya Singa!

Catlovers semua pasti menyadari bukan bahwasannya kucing masih satu keluarga dengan singa. Tanpa dijelaskan lebih detailnya, kedua mamalia ini memang sudah memiliki banyak kemiripan. Dari fisiknya saja, kucing dan singa memiliki banyak kesamaan: bagian wajah yang memoncong kedepan (bagian hidungnya), memiliki struktur gigi yang sama, cara berjalan yang sama, cakar yang sama dan hanya dibedakan oleh 2 hal, yakni corak bulunya dan ukuran tubuh dimana singa hanya memiliki warna tubuh yang sama seluruhnya (cokelat keemasan) dan kucing memiliki banyak sekali warna bulu dan itu tergantung jenisnya, ditambah lagi yang paling mencolok adalah ukuran singa yang besar sedangkan kucing sangat kecil. Namun apabila dibahas lebih mendetail apalagi ya sebenarnya yang sama dari kedua mamalia ini? Ayo dibaca terus artikel cattery.co.id kali ini agar kita lebih tahu!

lion-and-cat-splitTernyata kucing dan singa memiliki mindset yang sama!

Sebelumnya, banyak sekali berita atau wacana yang mengatakan bahwa kucing memiliki niat untuk membunuh kita sebagai pemeliharanya. Mungkin sebagian dari catlovers telah membaca sedikit banyak tentang hal tersebut bukan? Namun banyak pula yang kontra terhadap anggapan tersebut dan menganggap bahwasannya si kucing tidak juga memiliki niat untuk menjebak dan membunuh pemeliharanya hanya karena mereka memiliki “satu darah” dengan singa.

Sekarang coba kita mengacu ke sebuah studi di Bronx Zoo dan University of Edinburgh yang telah membandingkan karakter personal dari kucing peliharaan dan beberapa macam peranakan kucing liar / kucing besar. Penelitian mengatakan bahwa mereka telah mengobservasi 4 jenis dari kucing liar yakni macan tutul tropis, macan tutul salju, kucing liar Scottish dan singa Afrika dan 100 kucing peliharaan yang ada di beberapa penangkaran kucing. Melalui observasi tadi, para peneliti mencoba untuk memberlakukan ke tiap spesies 5 hal yang sekiranya dapat dimiliki oleh tiap spesies teradap pemeliharanya, yakni: sikap kepedulian, ketelitian / kecermatan, keramahan, neurotisme dan keterbukaan dalam merasakan sesuatu.

calico-250-250 kotak-250x250

Hasilnya adalah tiap spesies memiliki kecendurungan dari sikap-sikap tadi, dan untuk kucing peliharaan, khususnya mereka memiliki 2 karakter personal yang menonjol yakni impulsif dan neurotis. Menurut penelitian yang telah dilakukan kecenderungan kucing dalam sikap neurotisnya adalah karena mereka memiliki rasa cemas yang tinggi, selalu tidak merasa aman, tegang, curiga dan takut terhadap keramaian orang-orang. Faktanya, sikap-sikap ini juga dimiliki oleh singa Afrika yang juga jadi objek penelitian mereka. Para peneliti akhirnya sedikit menyimpulkan bahwa kucing tidak memiliki niat untuk menerkam, menjebak bahkan membunuh pemeliharanya begitupun dengan singa Afrika, hanya saja singa Afrika berani menyerang manusianya hanya karena mereka melihat manusia berukuran lebih kecil dari mereka.

Cat-Lion-CutKucing sama sekali tidak memiliki keinginan untuk membunuh pemeliharanya

“Mereka (para kucing peliharaan) merupakan hewan yang sangatlah berbulu dan sangat memungkinkan untuk terus dipeluk, tetapi sangat perlu diingat oleh kita bahwa jika kita memelihara kucing didalam rumah, itu sama saja kita memelihara seekor predator didalam rumah” tukas seorang psikologis yang bernama Dr. Max Watchel yang tergabung juga dalam penelitian tersebut, dan Marieke Gartner salah satu peneliti yang juga ikut tergabung sangat menganggap bahwa hasil dari penelitiannya membuktikan bahwa kucing sama sekali tidak memiliki niat untuk membunuh pemeliharanya. “Kucing tidak ingin menyingkirkan kita sebagai pemelihara” tukas Marieke. “Tetapi sayangnya banyak orang yang memelihara kucing tidak mengerti bagaimana memperlakukan kucingnya dengan baik, sehingga disaat si kucing salah diperlakukan oleh pemeliharanya, para pemeliharanya terkejut dengan respon kucing yang meledak-ledak. Ini hanyalah kesalahpahaman” tambah Marieke.

Meski telah diberlakukan penelitian sedemikian rupa tentang hal ini, faktanya adalah memang sangat sulit untuk mengambil kesimpulan konkrit dari semuanya. “Kucing, meskipun mereka seluruhnya sama satu dengan yang lainnya. Karakternya sangatlah berbeda-beda satu sama lain. Tetapi meskipun begitu, saya yakin bahwa kucing akan lebih memilih untuk tinggal dengan seorang pemelihara dibanding menjadi kucing liar karena ini akan mendatangkan banyak keuntungan bagi mereka” tukas Marieke. “Ada kucing yang sangat mandiri sehingga mereka tidak dapat kita pelihara dan sangat pasif sekaligus penyendiri jika kita pelihara. Ada kucing yang sangat-sangat penuh dengan kasih sayang sehingga sangat menyenangkan disaat kita pelihara. Ini kembali kepada tiap-tiap kucing itu sendiri. Dan ini bukan berarti seluruh kucing ingin menjadi pusat perhatian, justru ini karena kucing dapat menjadi soliter dan semi-soliter dengan lingkungannya” tambah Marieke.

Dan sebuah penelitian juga banyak yang telah menunjukan bahwasannya kucing merupakan hewan yang sangat mandiri bahkan lebih mandiri daripada anjing. Seperti penelitian yang telah dilakukan oleh seorang behaviorist binatang dari England’s University of Lincoln. Ini juga mendatangkan kabar baik bagi kita sebagai catlovers yang memiliki kucing-kucing yang sangat dekat terhadap kita karena kemungkinan terbesarnya adalah si kucing benar-benar membutuhkan kita tidak hanya sebagai pemberi makan, akan tetapi juga sebagai sahabat.

Well, meskipun banyak berita atau wacana yang masih terus memperdebatkan hal ini, kita sebagai catlovers harus bijak menyikapi tiap kabar yang tersebar. Mungkin benar adanya bahwa kucing merupakan satu keluarga dengan singa, harimau, lynx dan kucing besar / liar lainnya, akan tetapi karakter personal mereka pada dasarnya sama, mereka tidak akan merespon untuk menyerang jika tidak diserang. Ya,itulah yang dinamakan insting. Namun, cattery.co.id meyakini bahwa kucing memang berpotensi untuk membunuh kita sebagai pemeliharanya. Bukan membunuh dengan cakarnya atau giginya yang tajam, namun “membunuh” dengan keimutannya dan pribadinya yang menggemaskan!

cust4Kucing akan “membunuh” kita dengan keimutannya!

(ibr)

 

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

10 Hal yang Pasti Kamu Belum tahu Tentang si Kucing

Kita sebagai pecinta kucing tapi akan terus menggali apa saja yang perlu kita tahu tentang si kucing dari mulai mood-nya, bahasa tubuhnya, gejala-gelaja penyakitnya sampai makanan dan mainan favoritnya! Lalu

Dunia Kucing

Kucing Hitam Tidaklah Membawa Sial! Ayo Kita Peduli Kucing Hitam!

Kita semua sebagai pemelihara kucing pasti memiliki jenis kucing terfavorit. Mungkin dari ragdoll, exotic shorthair, persia, maine coon dan yang lainnya. Pastinya tiap jenis kucing juga memiliki warnanya masing-masing, ada

Dunia Kucing

5 Hal yang Dapat Dilakukan Kucing Lebih Baik dari Manusia

Manusia adalah makhluk yang mendekati sempurna. Namun tidak semua hal dapat dilakukan manusia, ada beberapa hal dimana manusia tidak dapat melakukannya sedangkan makhluk lain bisa melakukannya. Salah satu contohnya adalah

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!