Kucing Bisa Memiliki Penyakit yang sama dengan Anjing
12/09/2016 3182 Views

Kucing Bisa Memiliki Penyakit yang sama dengan Anjing

Memiliki kucing dan anjing sekaligus sangat mengasyikan tentunya. Tapi ternyata banyak kesamaan penyakit antara kucing dan anjing. Apakah kucing bisa tertular penyakit dari anjing? Atau bisa tertular dari penyakit kamu? Jawabannya adalah iya untuk kedua pertanyaan tersebut. Contohnya, tahukah kamu kalau kucing juga dapat terinfeksi penyakit flu anjing? Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Winsconsin  baru-baru ini melaporkan bahwa kedua spesies tersebut dapat terinfeksi virus yang baru-baru ini diidentifikasi sebagai turunan dari virus flu anjing, H3N2.

kucing

kucing dan anjing

Bahkan kucing juga bisa tertular dari kita: H1N1, virus flu pada manusia yang dapat membuat kucing sakit parah bahkan dapat menyebabkan kematian. Kucing dan anjing, juga manusia dapat terinfeksi bakteri leptospirosis. Sama hal nya dengan rabies, satu jenis virus yang dapat menginfeksi mamalia.

Terkadang satu-satunya hubungan dari penyakit kucing dan anjing adalah namanya: canine distemper (distemper pada anjing) tidak mempengaruhi kucing rumahan (sayangnya hal ini tidak berlaku untuk kucing besar) dan virus ini berbeda dengan virus yang menyebabkan panleukopenia pada kucing, biasanya disebut feline distemper (distemper pada kucing).

Kucing memiliki resiko yang sama dengan anjing, tapi pada kebanyakan kasus, perawatan yang diberikan untuk gangguan distemper pada kucing berbeda dengan anjing.

calico-250-250 kotak-250x250

Berikut ini adalah beberapa kesamaan penyakit pada anjing dan kucing, spesial dari Cattery.co.id

Penyakit Cacingan Heartworm

Menurut Lembaga Heartworm America, penyakit cacingan pada kucing sangat berbeda dengan penyakit cacingan pada anjing. Tubuh kucing adalah tempat hidup yang tidak cocok untuk cacing ini, dan kebanyakan cacing pada kucing tidak dapat hidup sampai tahap dewasa. Cacing dewasa yang dapat hidup dalam tubuh kucing biasanya hanya berjumlah satu sampai tiga cacing saja, jadi kebanyakan kucing terinfeksi heartworms tetapi bukan berupa cacing dewasa.

Hal ini membuat penyakit heartworm sering tidak bisa terdiagnosis pada kucing; bagaimanapun, cacing yang belum dewasa dapat menyebabkan kerusakan nyata yang menyebabkan beberapa penyakit yang berhubungan dengan pernapasan yang dikenal dengan heartworm associated respiratory disease (HARD). Lebih lanjut lagi, pengobatan dalam infeksi heartworm pada anjing tidak dapat di aplikasikan pada kucing, jadi tindakan pencegahan adalah satu-satunya cara melindungi kucing dari infeksi penyakit heartworm.

heartwormsCat-cyclicimage

Penyakit Gigi

Lebih dari setengah populasi kucing berumur lebih dari tiga tahun mengalami gangguan pada gigi yang berupa kerusakan gigi akibat mekanisme sistem pada mulut (resorption). Dimana beberapa gigi menjadi rapuh. Gejala penyakit ini biasanya dapat di diagnosa dan diobati oleh dokter hewan. Sayangnya, kita tidak mengetahui penyebab dan bagaimana cara mencegah terjadinya resorption pada kucing.

Kucing juga dapat terkena penyakit sekitar gigi yang disebabkan karena tidak gosok gigi. Tetapi kamu dapat membantu mencegah penyakit gusi dengan mecelupkan cotton bud ke dalam jus tuna dan gosok lah dengan lembut bagian luar gigi yang berbatasan dengan gusi untuk membersihkan plak.

4-rsz

Radang Sendi

Kebanyakan pemilik kucing berpikir bahwa radang sendi adalah penyakit yang hanya bisa terjadi pada anjing. Salah banget!

Pemilik anjing cenderung lebih awal bisa mengenali radang sendi pada anjingnya saat mereka melihat anjingnya berjalan pincang, kesulitan mengangkat kakinya, berhenti menaiki tangga, atau tidak lagi melompat dari satu tempat ke tempat lain. Sebaliknya dengan pemilik kucing yang jarang menyadari kondisi ini sebagai gejala radang sendi.

Dalam ruang pemeriksaan, biasanya saya memperlihatkan kepada pemilik kucing bahwa kucing mereka kehilangan otot pada tungkainya (kamu dapat merasakan ototnya dibawah bulu-bulunya), dan biasanya para pemilik kucing tidak begitu saja menerimanya sebagai gejala radang sendi. Mereka lebih mudah percaya pada gejala radang sendi lainnya seperti saat kucing tidak dapat memanjat dengan mudah seperti sebelumnya, tidak grooming dirinya sendiri, tidak menggunakan litter box nya dikarenakan rasa yang sangat sakit saat memanjat litter box nya (sangat mudah bila buang air kecil pada pot tanaman atau TV). Radang sendi pada kucing sering terjadi dan membutuhkan perhatian khusus karena rasa sakit yang berat dan membuat kucing tidak dapat bergerak bebas.

Feline-Arthritis-in-Cats-Cannabidiol-CBD-Treatment-Pets

Obesitas

Dalam serial kartun kucing akan terlihat lucu karena gemuk. Namun dalam kehidupan nyata hal ini ibarat bom waktu yang akan mencuri kesehatan dan vitalitasnya. Menurut Dr. Ernie Ward dan Asosiasi Pencegahan Obesitas pada Hewan (petobesityprevention.org), sekitar 58 persen kucing memiliki tubuh yang terlalu gemuk.

fatcat3

“Setiap kenaikan beberapa pound dapat meningkatkan resiko diabetes yang mematikan, tekanan darah tinggi, radang sendi, penyakit ginjal dan kanker.” Dr. Ward mengatakan “saat perut kucing kamu mulai membuncit, mintalah saran dokter hewan untuk menurunkan kelebihan berat badannya. Yang terpenting dilakukan setiap hari untuk kucing kamu adalah berikan makanan secara bijaksana berdasarkan apa yang dimakan dan berapa besar porsi makanannya.

Semoga peliharaan kita di rumah dalam kondisi sehat selalu ya catlovers!

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Penyakit Kucing

Bagaimana Cara Merawat Flu Kucing (Cat Flu)?

Pada pembahasan sebelumnya, cattery.co.id telah membahas tentang apa flu kucing itu dan bagaimana gejala serta penyebab flu kucing (lihat: Apakah Flu Kucing (Cat Flu)?). Kali ini cattery.co.id akan membahas mengenai

Penyakit Kucing

10 Cara Mudah Basmi Jamur/Ringworm Pada Kucing

Indonesia adalah negara yang beriklim tropis dengan tingkat kadar kelembapan yang cukup tinggi. Hal ini memicu sering ditemukannya kasus jamur/ringworm pada kucing. Terlebih lagi pada anak kucing/ kitten. Jamur/ringworm pada

Penyakit Kucing

Alasan Mengapa Bulu Kucing Rontok?

Apakah ada kucing catlovers yang rontok bulunya? Beberapa jenis kucing wajar jika ia merontokkan bulu musim dinginnya. Namun jika bulu kucing rontok sangat banyak dan hampir menjadi botak di beberapa

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!