Kucing Exotic Shorthair | Jenis Kucing
12/07/2015 33208 Views

Kucing Exotic Shorthair | Jenis Kucing

Jenis kucing Exotic adalah jenis kucing yang dikembangkan untuk menjadi Kucing Persia versi bulu pendek. Exotic Shorthair sangat mirip dengan Kucing Persia, termasuk temperamen dan fisiknya, kecuali bulunya yang pendek.

Kucing Exotic Shorthair pertama kali dikembangkan secara rahasia oleh para breeder American Shorthair pada akhir tahun 1950an untuk ‘meningkatkan’ kualitas warna bulu ras kucing American Shorthair. Namun usaha tersebut gagal karena hasil tersebut membuat kucing American Shorthair menjadi bertulang besar, berkepala bulat, berhidung pendek dan bulunya lebih panjang. Para mayoritas breeder American Shorthair tidak suka dengan hasil persilangan tersebut dan langsung akan mendiskualifikasi kucing jika ditemukan tanda-tanda persilangan tersebut. Salah satu breeder yang melakukan persilangan Persia-American Shorthair bernama Jane Martinke melihat potensial kucing tersebut sebagai ras baru dan segera mendaftarkan jenis kucing tersebut ke CFA (Cat Fanciers’ Asociation). CFA akhirnya mengakui ras kucing baru ini pada tahun 1967, dengan nama Kucing Exotic Shorthair. Selanjutnya berbagai usaha untuk memperbaiki ras kucing ini dilakukan dengan menyilangkan dengan ras kucing lain seperti Kucing Russian Blu dan Burmese. Namun sejak tahun 1987 Kucing Exotic Shorthair hanya boleh disilangkan dengan Kucing Persia. FIFe (Fédération Internationale Féline) mengakui ras kucing ini pada tahun 1986.

Screenshot_2015-07-12-14-23-42

Karena seringnya dilakukan kawin silang dengan Kucing Persia, beberapa kucing Exotic Shorthair terkadang membawa gen resesif longhair. Ketika dua kucing Exotic Shorthair kawin, ada kemungkinan satu banding empat anak kucingnya akan memiliki bulu panjang. Ironisnya, Exotic Longhair bukan dianggap sebagai kucing Persia oleh CFA, walaupun beberapa asosiasi kucing seperti TICA (The International Cat Association) menganggap Exotic Longhair sebagai kucing Persia.

calico-250-250 kotak-250x250

Karakter Fisik
Karakter fisik kucing Exotic Shorthair sangat mirip dengan kucing persia. Kepala kucing Exotic Shorthair berbentuk oval dan padat, dengan hidung kecil dan pesek. Telinga kucing ini kecil dan bulat diujungnya. Jarak antar kuping lebar dan terdapat bulu-bulu di bagian dalamnya. Matanya besar dan bulat. Warna mata kucing Exotic Shorthair mengikuti warna bulunya (berwarna emas hingga tembaga pada hampir varietas warna bulu; bermata hijau pada chincilla dan emas; bermata biru pada putih dan colorpoint).

Badan kucing ini berukuran medium dan berbentuk cobby. Memiliki bahu yang padat, tulang besar dan otot yang kuat. Berat kucing ini antara 3,5 – 6 kilogram. Ekor kucing Exotic Shorthair pendek, tebal dan membulat diujungnya. Bulu kucing ini pendek dibandingkan dengan kucing persia, namun sedikit lebih panjang dibandingkan dengan ras shorthair lainnya. Jenis warna dan pola bulu kucing ini sama dengan yang dimiliki kucing persia, seperti solid, bicolours, tabbies, tortoiseshells, shaded, tipped, dan colourpointed.

exotic-shorthair-cat1

Karakter Sifat
Exotic Shorthair memiliki karakter yang mirip dengan kucing persia, lembut dan tenang. Namun kucing ini lebih aktif dibandingkan dengan kucing persia, leluhurnya. Memiliki sifat penasaran dan senang bermain, mereka juga mudah bersahabat dengan kucing dan anjing lainnya. Mereka tidak senang ditinggalkan sendirian, dan membutuhkan kehadiran pemiliknya (baik berupa suara maupun baunya, juga bisa hal lain yang berhubungan dengan pemiliknya, seperti radio). Kucing Exotic Shorthair cenderung menunjukkan rasa sukanya dan loyal kepada pemiliknya. Sifatnya yang tenang membuat kucing ini bisa hidup dengan pemiliknya di apartemen ataupun rumah-rumah perkotaan. Dikarenakan kucing ini memiliki sedikit darah American Shorthair, mereka sedikit lebih energetik dan ahli menjadi pemburu tikus.

Perawatan dan Grooming
Tidak seperti saudaranya kucing persia yang membutuhkan perawatan tinggi, kucing exotic shorthair hanya membutuhkan sedikit bantuan manusia agar bulunya tetap rapih. Penyisiran seminggu sekali sudah cukup bagi kucing ini untuk membuang bulu yang rontok dan mencegah terjadinya hairball. Sama seperti kucing persia yang bermuka pendek, Exotic Shorthair juga mengeluarkan air mata berlebih yang jika tidak sering dibersihkan akan meninggalkan noda. Air mata berlebih ini bisa dibersihkan dengan kain lembut dengan air hangat secara rutin agar tidak meninggalkan noda. Kucing exotic shorthair cocok bagi catlovers yang ingin memelihara kucing persia, namun tidak memiliki waktu untuk mengurus bulu kucing persia yang panjang. Jadi apakah catlovers berminat memelihara kucing exotic shorthair ini?

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Jenis Kucing

Kucing Manx

Kucing Manx adalah salah satu jenis kucing yang unik karena mereka tidak memiliki ekor. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, ekor pada kucing memiliki fungsi yang sangat penting untuk kucing sebagai alat

Jenis Kucing

Kucing Somali | Jenis Kucing

Sejarah asal mula kucing somali masih diselimuti oleh banyak misteri. Beberapa percaya bahwa kucing ras ini dihasilkan akibat mutasi genetik alamiah kucing abyssinian. Beberapa mengatakan bahwa kucing somali merupakan hasil

Jenis Kucing

Kucing Ragdoll | Jenis Kucing

Berdasarkan sejarah, Kucing Ragdoll dikembangkan oleh Ann Baker di California tahun 1963. Pada awalnya kucing ini dinamakan Cherubim, sedangkan varian lainnya dinamakan Ragamuffins. Walaupun breeder aslinya menyatakan bahwa kucing ini