Kucing Dijadikan “Umpan” Penarik Turis Kembali ke Brussel Belgia Pasca Ancaman Teroris
02/12/2015 1880 Views

Kucing Dijadikan “Umpan” Penarik Turis Kembali ke Brussel Belgia Pasca Ancaman Teroris

Ya, kita semua pasti tau sedikit banyak, secara harfiah ataupun tidak akan tentang “terorisme”. Dan kita pun tahu bahwasannya terorisme merupakan ancaman secara internal ataupun eksternal tiap-tiap negara di dunia. Sekarang pun aksi terorisme sedang marak ditiap negara, seperti yang belum lama terjadi di Paris. Kumpulan teroris yang menamai diri mereka sebagai ISIS merupakan pelaku daripada pengeboman dan penembakan membabi buta yang terjadi di Paris. Entah apa maksud dan tujun mereka menjadikan negara-negara yang tidak “macam-macam” malah menjadi target utamanya, dan terutama negara-negara yang sudah sangat maju secara pesat. Banyak sekali korban berjatuhan, entah itu anak muda, bapak-bapak bahkan seorang wanita yang sedang hamil dan juga anak kecil. Sangat-sangat tega memang kejahatan yang dilakukan oleh kelompok teroris tersebut. Lalu, pasca pengeboman dan penembakan di Paris, pihak ISIS kembali menteror sebuah negara. Negara ini dapat dikatakan terkenal juga dengan cokelatnya, ya, Belgia. Belgia belum lama ini mendapatkan sebuah video amatir yang memperlihatkan seseorang yang sedang berbicara penuh ancaman terhadap sebuah kota di Belgia yang disebut Brussels. Dengan ciri khas penampilan teroris yang “tertutup” orang ini terus berbicara akan sesuatu yang buruk akan segera terjadi disana, orang ini mengatakan “Hal yang terjadi di Paris akan terulang di kota kalian Brussels, Belgia”. Namun, sebagai negara yang kota-kotanya merupakan surga untuk turis dunia, pihak Belgia tidak menganggap ini sebuah ancaman. Meskipun mereka memperketat penjagaannya, pihak Belgia tidak ingin video ancaman ini menjadi sebuah tembok ketakutan yang besar dan membuat turis-turisnya enggan mengunjungi Belgia. Dan Belgia menggunakan kucing sebagai media penarik para turis-turisnya agar tetap mengunjungi Brussels, Belgia. Tetapi, cara seperti apa ya yang dilakukan oleh Belgia? Kenapa mereka menggunakan kucnig sebagai media penarik turis-turisnya? Ayo, cattery.co.id akan membahasnya pada artikel ini khusus untuk catlovers semua!

web_full_949597693794Penjagaan di Belgia menjadi super-ketat dikarenakan adanya ancaman video pasca penyerangan ISIS di Paris

Setelah 5 hari tidak beroperasi dan dalam situasi siaga 1 karena video ancaman tentang akan adanya terorisme disana, Brussels, Belgia akhirnya secara resmi membuka kembali kota-kotanya yang telah tertutup untuk umum dan para turis menjadi enggan datang dikarenakan video ancaman teroris terebut. Pada video tersebut pihak ISIS menampakkan seorang “panglima” teroris yang berbicara didepan barisan tentaranya yang bersenjatakan senapan mesin dan berposisi di sebuah gurun pasir. Untuk menarik turisnya kembali, pihak Brussels, Belgia juga memiliki senjata yang sangat rahasia dan juga ampuh. Apa itu? Kucing.

brussels3Sebuah gambar edit-an yang dipost seorang penduduk di paris yang menunjukkan seekor kucing bermain skateboard di depan sebuah museum terkenal di Brussels

calico-250-250 kotak-250x250

Pada awalnya kota Brussels menon-aktifkan seluruh transportasi umum dan meminta semua penduduknya untuk menghindari tempat-tempat umum seperti mall, cafe, taman bermain dan yang lainnya, karena mungkin saja pihak ekstrimis ISIS melalu video ancaman tersebut berrmaksud untuk menargetkan serangan mereka ke tempat-tempat tersebut di Brussels mengingat peristiwa yang terjadi di Paris yang terserang ISIS pada tempat-tempat umum dan menelan banyak korban jiwa.

Screen-shot-2015-11-29-at-6.19.23-PM-950x534Papan billboard yang sebelumnya merupakan sebuah iklan diganti menjadi gambar seekor kucing yang sedang bermain piano

Lalu pada saat inilah kucing menjadi maskot dari bangkitnya Brussels dari kejatuhannya. Banyak sekali pendudul Brussels yang pada akhirnya membanjiri sosial media dengan ratusan bahkan ribuan foto kucing kecil minggu ini disaat polisi berusaha untuk membungkam operasi mereka dalam terus memburu pihak teroris yang mungkin saja telah tersebar di Brussels. Dan daripada mem-posting kegiatan operasi polisi Brussels, penduduknya lebih memilih untuk mem-posting gambar-gambar kucing yang sangat lucu yang berpose seperti mengangkat cakarnya seakan itu adalah senapan dari seorang polisi atau bahkan menggunakan topi khas Charlie Chaplin (bowler hat) yang merupakan trademark dari seorang pelukis surrealist asli Belgia, Rene Magritte. Tidak lain dan tidak bukan alasan penduduk Belgia melakukan hal ini benar-benar untuk menarik kembali turis-turis negara asing untuk tetap datang ke Belgia dengan menyingkirkan rasa takut dari teror dari ISIS terhadap Belgia, khususnya Brussels, dan juga para penduduk memposting foto ini sebagai dukungan terhadap para polisi dan tentara yang siap sedia menjaga keamanan kota Brussels selama 24 jam berturut-turut.

brussels2Salah satu scene dari sebuah video promosi dari dinas wisata dan turis Brussels yang mencitrakan beberapa kucing sedang membentuk marching band untuk menyambut turis. Terlihat juga seekor kucing menggunakan bowler hat khas dari seorang pelukis aliran surreal asli Belgia yang bernama Rene Magritte.

Sebagai rasa terima kasih kepada penduduk yang terus mendukung kegiatan para polisi, akun resmi polisi Belgia juga mem-posting sebuah gambar di sosial media twitter yang menunjukkan gambar semangkuk penuh makanan kucing untuk mereka dan juga pihak resmi kepengurusan wisata dan budaya di Belgia juga memakai gambar tampilannya di twitter dengan gambar seekor kucing yang berada di landmarks dari Brussels sebagai penarik turis luar negeri untuk tetap datang tanpa harus memikirkan adanya ancaman dari teroris. Pada Brussels’ Atomium yang merupakan sebuah mahakarya terkenal yang terbuat dari besi kristal dan merupakan salah satu daya tarik para turis untuk datang ke Brussels. Seorang juru bicara mengatakan bahwasannya : “tidak akan ada alasan untuk mereka meniadakan atraksi dan kunjungan di Brussels Atomium berkenaan dengan ancaman terorisme dari ISIS, dan kami meminta “bantuan” kucing untuk menari kembali turis kami. Kami yakin, kucing-kucing merupakan pertolongan besar untuk kegaduhan ini”. Memang, Brussels Atomium ini diedit pada sebuah gambar yang menunjukan tiap titik dari kesembilan tumpuan pada maha karya ini seperti digantikan dengan kepala-kepala kucing yang lucu.

630x355Gambar yang dipost secara resmi pada akun sosial media oleh pihak kepolisian Belgia sebagai rasa terima kasih kepada penduduk atas dukungannya.

Seorang turis dari Syria yang bernama Douri Zaharwi mengatakan pada awalnya ia merasa takut dan ragu untuk datang ke Brussels setelah melihat keamanan yang semakin diperketat pasca datangnya ancaman yang berupa video dari ISIS walaupun pada akhirnya ia memutuskan untuk tetap berkunjung ke Brussels. Pada masa berliburnya di Brussels, Douri menanggapi ancaman tersebut : “Saya merasa sangat sedih dan syok, negara ini sama sekali tidak pantas untuk diancam oleh hal seperti itu”.

Belgium-tourist-board-reacts-to-terror-threat-by-uploading-cat-videoSebuah gambar yang diedit oleh seorang penduduk Brussels yang memperlihatkan seekor kucing yang terlihat sebagai pengaman dari salah satu gedung perkantoran terkenal di Brussels

Patrick Bontick, pimpinan daripada kantor kepengurusan wisata dan turis di Brussels mengatakan bahwasannya ia terus berharap kepada turis untuk terus percaya kepada pihak Brussels agar tetap merasa aman ditengah hal seperti ini, dan memang nyatanya seluruh polisi, tentara dan jajarannya telah benar-benar dikerahkan untuk mengamankan keseluruhan Belgia terutama kota Brussels agar para turis tetap merasa aman. Dan dalam hal ini Patrick setuju kepada Van Eycken yang merupakan kepala dari kepengurusan dari Brussels’ Atomium yang berpendapat bahwasannya “kucing merupakan solusi dari semuanya”. “Bahkan dalam situasi terburuk-pun Brussels masih memiliki rasa humor didalamnya” tukas Patrick. “Kami merupakan negara surrealistic” tambah Patrick dengan sedikit menambahkan kembali tentang kucing akan menjadi citra yang sangat baik dan bersahabat sebagai wajah kota Brussels.

“Kami telah melalui hari-hari kami yang sangat sulit dengan ancaman video ISIS yang datang, tetapi sekarang semua berakhir. Kehidupan kami yang normal telah dimulai kembali” tambah Patrick.

Wah catlovers, tidak main-main ya dengan citra kucing yang sekarang dijadikan pesan penarik turis dan dukungan anti terorisme di Brussels, Belgia dapat kita katakan bahwasannya kucing juga telah menjadi lambang pesan damai! Memang benar ya dilihat dari karakteristik kucing sendiri, ia merupakan hewan yang sangat lembut, menenangkan dan lebih senang menghindari perkelahian daripada memulainya. Kita sebagai manusia alangkah baiknya untuk mengambil ini sebagai sebuah filosofi bahwasannya segalahal tidak akan menjadi baik apabila kita masih saling berbicara melalui peluru yang keluar dari senjata, semua akan terjalin baik apabila dirundingkan baik-baik tanpa harus memandang negatif terhadap sesama manusia.

Video resmi dari dinas wisata dan turis Brussels guna menarik perhatian para turis dunia untuk tetap mengunjungi Belgia, terutama Brusels:

(ibr)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Surga Kucing di Pulau Hawaii Ini Didatangi Wisatawan Dari Seluruh Penjuru Dunia

Ada sebuah surga kucing di sebuah pulau yang indah di Hawaii. Sekitar 500 kucing hidup bahagia di sana dan bisa berkeliaran bebas dengan banyak makanan serta perawatan seumur hidup. Yang

Cat News

Lykoi: Kucing yang Memiliki DNA Werewolves!

Jenis kucing memang sudah banyak sejak dulu, dan tidak berarti tidak akan ada lagi jenis kucing yang baru! Hampir setiap tahunnya jenis kucing baru ditemukan, entah karena faktor alam, rekayasa

Cat News

Kucing dan Singa Dievakuasi di California karena Kebakaran Besar

Kebakaran memang musibah yang sangat mengerikan dan juga merugikan banyak pihak. Bagaimana tidak, jika api dari kebakaran telah melahap sebuah bangunan, pasti api tersebut akan menjalar kebangunan sebelahnya dan terus

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!