Kucing di Usia Golden Age, Ini yang Harus Anda Lakukan
05/02/2017 6156 Views

Kucing di Usia Golden Age, Ini yang Harus Anda Lakukan

Usia ini adalah waktu terbaik untuk perkembangan fisik dan karakter kucing lho. Mungkin belum banyak keterangan tentang golden age untuk kucing, nah kali ini cattery.co.id mau berbagi pengalaman dari pemilik situs prabucattery.com (Mita Prabu) mengenai golden age. Yuk kita simak ulasannya, agar Catlovers tahu apa saja yang bisa dilakukan agar golden age pada kucing lebih optimum

Penulis: Paramita Suri, SH

Sharing lagi…

Berdasarkan pengamatan kami yg masih newbie ini, ternyata kucing hampir sama dengan manusia ya. Ada masa usia emas pertumbuhannya juga. Baik dari segi fisik maupun mental. Kucing yang sejak bayi diajak interaksi, misal diajak ngomong, dielus-elus, dimandiin langsung oleh ownernya sambil dipangku (plus diajak ngomong juga) akan tumbuh menjadi kucing yang memiliki karakter sweet dan friendly ke manusia (walaupun faktor karakter indukan juga memiliki pengaruh).

calico-250-250 kotak-250x250

exo2

Dari segi fisik, di usia 0-1 tahun juga masa emas. Ketika makanan dan nutrisi masuk maksimal, pertumbuhan badan dan tulang juga optimal (dan tentunya faktor genetika indukan tetap memiliki pengaruh). Penting untuk kita sebagai cat owner untuk tahu perlakuan apa yg disukai kucing-kucing kita, agar mereka “doyan” makan. Tiap kucing bisa berbeda treatment nya lho.

12107954_1720722774814044_7142017734555216389_n

Kami sangat menghindari force feeding. Karena kalau kucing senang, pasti makannya lahap (sama seperti anak kecil juga kan). Tugas kita emang mencari tahu apa yg membuat mereka happy, juga makanan apa yang menjadi favoritnya, vitamin suplemen yang cocok, atau treatment apa yg membuat dia banyak makan (misalnya diajak bermain dengan bonus suapan makanan dan lainnya). Semua harus maksimal ya pada usia 0-1 tahun (spesifiknya sih pada usia sapih sampai 8-9 bulan). Karena ketika sudah lewat usia itu, tubuh kucing tidak berkembang banyak, bahkan sudah stagnan pada kucing betina.

fat

Penggunaan AC menjadi wajib, karena hal ini membuat kucing jadi lebih gampang lapar 😅 hehe. Pertanyaannya, haruskah kucing dikurung biar gemuk? Saya juga tidak tahu, tapi kucing-kucing di prabu (yang sering dibilang gemuk, lepet, dan juga kaya lontong), adalah kucing-kucing yang tidak dikandangkan. Malah kitten aktif bermain bebas di ruangan.

Apakah penggunaan daging wajib? Daging memang bagus buat tambahan, tapi juga bukan segala-segalanya. Justru berdasarkan pengalaman kami, kucing-kucing yang gemuk badannya adalah yg makan dryfood lebih banyak, tentunya dryfood yang berkualitas ya.

Silakan teman-teman yang lebih berpengalaman untuk dikoreksi atau ditambahkan. Tidak terima tanya jawab ya karena saya bukan ahli (hehehe😜), nanti yg ahli juga bakal muncul di komentar dibawah hehe. Semoga berguna dan happy weekend teman-teman.

Ini saya sertakan kucing prabu yang doyan dryfood, makannya sambil tiduran 😅 yg begini insya Allah bakal gede badannya nanti.


Oke Catlovers, itulah sharing dari pemilik prabucattery.com. Makin tambah penasaran ya sama kucing kita. Dan pastinya selalu sayang dengan kucing ya Catlovers.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cara Merawat Kucing

Kenali Gejala Penyakit si Kucing Sebelum Terlambat!

Kucing merupakan hewan perliharaan paling menyenangkan di dunia, dan kita semua pasti setuju dengan hal itu bukan? Meongan mereka, tingkah laku mereka, cara mereka tertidur, cara mereka meminta makan dan

Cara Merawat Kucing

8 Alasan Penting Mengapa Catlovers Harus Grooming Kucing Secara Rutin

Seperti yang kita tahu, kucing adalah hewan yang sering melakukan self-grooming. Kucing seringkali menggunakan kakinya untuk menjangkau bagian yang tidak bisa dicapai langsung oleh lidahnya. Mereka akan menjilat kakinya, lalu

Cara Merawat Kucing

10 Tips Mengurangi Bau Kucing di Rumah

Kucing para catlovers mungkin dapat dipastikan bersih, tapi bak pasir seringkali menimbulkan masalah bau. Berikut cattery.co.id beri 10 tips mengurangi bau yang berasal dari bak pasir. 1. Ganti Jenis Pasir

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!