Kucing di Dalam Kehidupan Winston Churchill, Perdana Menteri Inggris Semasa Perang Dunia 2
24/01/2016 2455 Views

Kucing di Dalam Kehidupan Winston Churchill, Perdana Menteri Inggris Semasa Perang Dunia 2

Kucing memang sudah berada sejak dulu ya catlovers, bahkan mereka telah ada sebelum generasi kita sekarang terlahir ke dunia. Lalu, apakah dapat dikatakan bahwa kucing juga merupakan saksi dari sejarah peradaban dunia? Tentu saja iya! Salah satu contohnya adalah ada seekor kucing yang bahkan turut serta dalam perang dunia 2 loh catlovers! Salah satunya mungkin catlovers pernah tahu tentang Unsinkable Sam yang konon katanya adalah kucing yang selalu lolos dari kapal karam yang selalu ia tumpangi (Baca artikel cattery.co.id dengan judul : “ ‘Unsinkable Sam’, Kucing yang Selamat dari 3 Kapal Karam pada Perang Dunia 2“), dan ada pula kucing yang bertugas sebagai messenger (kurir pembawa pesan antar kompi di tengah peperangan) pada masa perang dunia 2 (Baca artikel cattery.co.id dengan judul : “5 Kucing Lucu ini Ikut Serta Dalam Perang Dunia 2“). Nah kali ini kita juga akan membahas sedikit tentang sejarah kucing nih catlovers! Kita tepatnya akan membahas kucing-kucing yang pernah ada di dalam kehidupan Winston Churchill. Ternyata, Winston Churchill benar-benar seorang catlovers loh seperti kita. Ia tidak hanya memiliki 1 atau 2 kucing dalam rumahnya! Nah, penasaran kan catlovers? Maka dari itu jangan beranjak dari layar laptop / smartphone dan terus simak artikel cattery.co.id berikut ini!

2637928Winston Churchill benarkah seorang catlovers?

Winston Churchill, atau lebih tepatnya Sir Winston Spencer Churchill amat sangat meninggalkan kenangan dan alur hidup ditengah masyarakat dunia, khususnya Inggris, dan kenangan tersebut selalu ada didalam benak dan hati masyarakatnya hingga saat ini. Ia bukanlah seseorang yang sukses di bidang pendidikan, namun kegigihannya dan keramahannya menimbulkan banyak orang yang ingin menemaninya dan terus mendorongnya hingga ia sukses. Sebagai seorang mantan Perdana Menteri Inggris di masa jabatannya yang terbentang ditengah-tengah masa Perang Dunia 2, ternyata banyak sekali cerita-cerita yang cukup mencengangkan atas dirinya, dan salah satu contohnya adalah kecintaan dan ketulusan hati Sir Winston sebagai seorang pecinta kucing!

Ayunan Koran dan Ketulusan Hati Sir Winston Churchill

winston_churchillSir Winston Churchill yang sedang mengelus salah seekor kucing peliharaannya disaat kedatangannya di Chartwell

calico-250-250 kotak-250x250

Kucing telah menjadi bagian dari Sir Winston sejak ia masih menjadi rakyat sipil Inggris hingga ia menjabat sebagai Perdana Menteri pada masanya. Grace Hamblin yang merupakan seorang sekretaris pribadinya sekaligus istrinya semasa Sir Winston masih di Chartwell pada rentang tahun 1932-1965 mengemukakan sebuah sudut pandang berbeda tentang kehidupan Sir Winston Churchill pada sebuah konferensi internasional Inggris yang dinamakan International Churchill Conference dan diadakan pada tahun 1987 :

“Ia (Sir Winston Churchill) amat menyayangi kucing. Begitu juga saya dan saya sudah sadar akan hal itu sejak lama. Ia selalu memiliki seekor kucing, bahkan bisa lebih banyak dari 2. Saya harus menceritakan sebuah cerita tentang Sir Winston dengan seekor kucingnya yang amat penuh dengan kasih sayang. Kita kembali pada tahun 30-an. Ia (Sir Winston Churchill) masuk ke dalam kamarnya di suatu pagi dengan koran yang telah ia pegang. Ternyata didalam kamarnya duduk seekor kucing di bibir jendela. Ia lalu menyapanya dengan mengucapkan ‘selamat pagi, kucing’ kepada si kucing dengan harapan si kucing akan menanggapinya atau mendekatinya. Namun si kucing tidak menjawab atau bergeming sedikitpun. Lalu ia mencoba untuk menyapanya lagi dengan mengucapkan “selamat pagi, kucing”. Tetap saja, si kucing tidak bergerak sama sekali. Ia akhirnya mengayunkan koran tersebut ke arah si kucing sampai-sampai kucing tersebut kabur dari rumah”

“Kucing tersebut tidak lagi terlihat kembali ke rumah esok harinya. Lalu, pada satu hari pasca kejadian tersebut pada akhirnya Ia bertanya kepada saya, ‘apa itu karena saya memukul si kucing dengan koran maka ia tidak kembali lagi kesini?’. Lalu saya jawab ‘ya, tentu saja’. Sore hari pada hari yang sama saya sedang menghabiskan waktu kerja saya di Chartwell dan keluarga Sir Winston sedang menikmati malamnya di lantai bawah, lalu Sarah (anak dari Sir Winston Churchill) naik ke atas dan menghampiri saya dan mengatakan: ‘Hambone, saya memiliki pesan untukmu dari papa (Sir Winston Churchill). Beliau mengatakan kalau kau sudah boleh pulang kerumah, dan sebelum kau pulang, kau diminta untuk meletakkan sebuah kartu di jendela dan bertuliskan bahwa jika si kucing masih ingin kembali kerumah ini, semua kesalahannya dimaafkan”. Memang, pribadi Sir Winston Churchill adalah sangat gengsi untuk meminta maaf kepada semua pihak. Namun disinilah letak ketulusan hatinya muncul. Si kucing ternyata benar-benar kembali kerumah setelah beberapa hari saya meletakkan kartu yang sudah ditulis pada jendela rumah Sir Winston. Si kucing datang dengan luka karena kawat yang sedikit melilit di lehernya.Melihat hal tersebut Sir Winston segera membawanya masuk dan memberikannya perawatan kepada si kucing, seperti mengoleskan krim pada luka di lehernya dan juga memberikan ikan salmon terbaik sebagai makanan si kucing hingga akhirnya si kucing itupun sembuh. Saya amat senang melihat dan menjadi saksi hal tersebut.”

Cerita Pendek dari Mickey dan Tango

Chartwell-HDR8001Chartwell, kediaman Sir Winston Churchill

Dua kucing yang tinggal di Chartwell adalah Mickey yang merupakan seekor kucing tabby yang besar dan Tango yang juga merupakan seekor kucing tabby berwarna oranye. Wiliam Manchester, seorang biografer untuk Sir Winston Churchill menceritakan dan mengingat kembali sebuah “kecelakaan” yang amat sangat lucu untuk dikenang pada saat Sir Winston sedang berbicara via telepon dengan Lord Chancellor. Awalnya hubungan telepon baik-baik saja dan tidak ada gangguan, hingga Mickey salah satu kucing Sir Winston mulai bermain dengan tombol telepon yang sedang digunakan Sir Winston. Tentu saja hal itu sangat mengganggu komunikasi Sir Winston dengan Lord Chancellor mengingat itu adalah komunikasi yang pasti amat sangat penting dan bersifat rahasia. Sontak Sir Winston berteriak “Pergi sana, dasar bodoh!” dan akhirnya Mickey pun pergi. Namun, Sir Winston baru menyadari bahwa ia masih sedang bertelepon dengan Lord Chancellor dan ia berteriak seperti itu persis pada mulut telepon sehingga kemungkinan misinterpretasi tersebut dianggap cemoohan untuk Lord Chancellor sendir, dan karena itu ia langsung berkata “Bukan anda!” kepada Lord Chancellor.

Manchester menuliskan, “setelah ia menutup telepon, ia segera meminta maaf kepada Mickey si kucing karena telah membentaknya tadi, bahkan jarang sekali ia meminta maaf kepada manusia. Ia terus membujuk si kucing, mengelusnya dan menggendongnya. Namun si kucing tidak menghiraukan hal tersebut sampai-sampai Sir Winston berkata kepada Mickey, ‘apa kau tidak mencintaiku lagi?’. Akhirnya keesokan paginya dengan bangga ia mengatakan kepada pelayannya pada saat sarapan pagi, ‘Mickey-ku datang untuk melihat ku pagi ini. Semuanya dimaafkan olehnya’” (Mancherster, 1988)

Nelson, si Medan Perang

Admiral-NelsonSalah satu kucing kesayangan Sir Winston Churchill dinamai Nelson mengikuti nama salah satu pemimpin armada laut yang amat terkenang karena kegigihannya di laut yang bernama Horatio Lord Nelson

Meskipun banyak sekali kucing dalam kehidupan Sir Winston Churchill, ada seekor kucing yang berwarna biru dan bernama Nelson yang amat sangat terkenal pada tahun-tahun perang dunia ke-2. Sir Winston Churchill bahkan ikut menambahkan komentar pada saat Manchester menuliskan tentang Nelson pada biografi pribadi dirinya, “Nelson adalah kucing ter-berani yang pernah saya tahu. Saya pernah sekali melihatnya sedang mengejar seekor anjing yang amat besar hingga akhirnya anjing besar itu keluar dari Departemen Angkatan Laut Inggris. Sehingga saya memutuskan untuk mengadopsi Nelson dan mengapa saya namai Nelson adalah karena pemimpin dari Armada Laut Inggris yang amat berani juga pada dahulu kala memiliki nama yang sama, yakni Horatio Lord Nelson”. Disaat bercerita tentang hal itu, Sir Winston memotong sedikit salmon untuk Nelson yang ada di bawah meja. (Reynolds, 1964).

Blackie “Churchill”

storage.torontosun.comBlackie yang sedang melintas didepan Sri Winston segera dihadang olehnya dan dielusnya

Disaat menemui presiden Roosevelt pada bulan Agustus 1941 Sir Winston pergi menaiki kapal yang dinamakan HMS Prince of Wales. Disaat ia menuruni kapal melewati jembatan yang telah disediakan, seekor kucing mendadak menyeberang di depan Sir Winston dan segera Sir Winston seperti menghadang jalan si kucing dan mengelus kepalanya. Kejadian tersebut tentu membuat seluruh armada kapal yang merupakan anggota angkatan laut ikut tersenyum dan tercengang melihat hal itu. Seorang Sir Winston yang terkenal tegas dan gigih, mendadak luluh didepan kucing. Tentu saja, momen ini tidak luput dari kamera para wartawan yang ada dan segera tersebar luaskan ke seluruh Inggris. Namun tetap saja, sebagai seorang petinggi, pasti ada pihak yang merasa tidak menyukai kesuksesan dari Sir Winston Churchill, sehingga menimbulkan juga berbagai kritikan. Bahkan ada yang mengatakan “jadilah perdana menteri yang benar, bukan hanya mengelus kucing”. Tapi, jika dipikir ulang, anggap saja kita menjadi seorang perdana menteri, apakah tugasnya akan menjadi mudah?

Penutup: Sekranjang Kucing Putih dengan Pita Merah khusus untuk Anda!

HamblinGrace Hamblin : “saya senang bahwa sebenarnya Sir Winston adalah seorang pecinta kucing seperti saya”

Kucing kecil memang selalu spesial dimata orang-orang, tukas Grace Hamblin. Suatu hari di Chartwell ada seorang tetangga yang membawa sekeranjang penuh kucing kecil yang semuanya berwarna putih dan tiap kucing putih tersebut memakai pita merah ke kediaman Sir Winston Churchill dengan harapan Sir Winston akan menerima kucing tersebut untuk dipelihara. Namun, Nyonya Hamblin memutuskan untuk tidak menerimanya karena sudah cukup banyak kucing di Chartwell. “Tidak ada alasan lagi bagi saya agar dapat menerima kedatangan satu lagi Lord Warden of the Cinque Mouseholes (sebutan tinggi untuk para kucing di Chartwell). Sudah cukup banyak disini” tukas Nyonya Hamblin. Namun, karena ini merupakan pesan dari si tetangga agar sebelumnya para kucing ini dipertemukan terlebih dahulu dengan Sir Winston Churchill, nyonya Hamblin pun membawakan keranjang yang penuh dengan kucing tersebut ke kamar Sir Winston Churchill dan erkata : “Sekarang kau tidak perlu memelihara kucing-kucing ini, mereka disini hanya untuk sekedar berkunjung”.

Sejam kemudian nyonya Hamblin kembali ke kamar Sir Winston dan tercengang. Ya, ia tercengang melihat para kucing kecil itu telah berada di tiap bagian di kamar Sir Winston, mengacak-acak koran Sir Winston, memanjat-manjat gordyn, bermain dengan piyama yang dikenakan Sir Winston. Disaat yang sama Sir Winston Churchil berkata : “Bawa kucing-kucing ini pergi!” dengan nada yang tegas, “Sebelum saya jatuh cinta terhadap mereka.”

chartwell-jockX-last-pic-of-churchill-with-original-jockDikatakan oleh sebuah media Inggris bahwasannya pada masa akhir hidupnya Sir Winston Churchill masih memiliki seekor kucing yang paling ia sayang dan ia beri nama Jock. Jock bagi Sir Winston Churchill adalah lambang keberuntungan karena kedatangannya yang tiba-tiba. Dan dipercaya pula bahwa Jock sampai sekarang keturunannya masih terjaga.

Catlovers, bahkan seorang yang gigih nan tangguh seperti Sir Winston Churchill pun luluh terhadap kucing. Memang ya, hewan kesayangan kita yang amat menggemaskan dan imut ini tidak luput dari perhatian tiap insan yang melihatnya. Tapi sebenarnya kucing pun tidak sepenuhnya hewan yang menggemaskan dan imut loh catlovers. Mereka juga makhluk yang penuh dengan strategi, cekatan dan juga pemberani. Seperti contoh banyak juga kucing yang menjadi penyelamat manusia, bahkan Sir Winston Churchill pun menjadi salah satu saksi keberanian seekor kucing yang pada akhirnya ia beri nama Nelson karena ia melihat kucing tersebut berlari-lari berkeliling untuk mengejar seekor anjing yang amat jauh lebih besar daripada dirinya sampai-sampai anjing besar tadi lari tunggang-langgang dan kabur dari wilayah Departemen Angkatan Laut Inggris. So, jangan juga kita pernah meremehkan kekuatan kucing ya catlovers!

Dikatakan bahwa kucing yang ada di video ini adalah Jock VI

(ibr)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

7 Alasan Mengapa Catlovers Harus Sering Bermain dengan si Kucing

1. Bermain dapat memperkuat ikatan catlovers dengan kucing Bermain dengan kucing adalah cara terbaik untuk membangun ikatan antara Catlovers dengan si kucing. Apakah catlovers ingin agar kita dianggap lebih dari

Dunia Kucing

Cerita tentang Ernest Hemingway dan Kucing di Florida

Apakah catlovers merupakan seorang pecinta novel? Jika ia mungkin ada beberapa nama yang langsung muncul di benak catlovers seperti Agatha Christie, Sidney Sheldon, J.K Rowling, Sir Cornen Doyle, dan novelis

Dunia Kucing

[Video] Kucing yang Mengerti Bahasa Manusia

Kucing putih ini membuktikan kalau mpus sebenarnya mengerti bahasa manusia… Well, setidaknya yang berhubungan dengan makanan. Apa mungkin selama ini kucing kamu mengerti apa yang kamu bicarakan, tapi karena kamu tidak sogok

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!