Kucing dan Singa Dievakuasi di California karena Kebakaran Besar
12/09/2015 1498 Views

Kucing dan Singa Dievakuasi di California karena Kebakaran Besar

Kebakaran memang musibah yang sangat mengerikan dan juga merugikan banyak pihak. Bagaimana tidak, jika api dari kebakaran telah melahap sebuah bangunan, pasti api tersebut akan menjalar kebangunan sebelahnya dan terus seperti itu hingga harus ada satu bangunan yang dihancurkan agar rantai api tersebut putus dan dapat dipadamkan. Bayangkan jika kebakaran tersebut terjadi di hutan, pastinya akan terus menjalar kemana-mana bukan? Seperti yang terjadi di California, tepatnya kebakaran ini terjadi disebuah hutan yang terlindungi. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

dt.common.streams.StreamServer.clsSebuah kebakaran besar terjadi di utara California tepatnya di kawasan Fresno

Awalnya kebakaran ini terjadi pada tanggal 31 July di Kings Canyon National Park bagian timur Fresno, California. Kebakaran ini disebabkan karena petir yang menyambar sebuah pohon besar disitus tersebut dan langsung menyebar seluas 172 mil persegi. Karena hal tersebut pun pemadam kebakaran setempat tidak memiliki kesempatan untuk menanggulangi si jago merah, mereka tetapi terus menempuh segala cara untuk memadamkannya.

la-me-ln-wildfire-grows-cost-reaches-67-million-20150906Kebakaran telah terjadi selama 6 minggu hingga sekarang dan para tim pemadam kebakaran telah berusaha sekuat tenaga agar si jago merah tidak terus meluas

calico-250-250 kotak-250x250

Hingga hari ini kebakaran tersebut terus meluas hingga mencapai kawasan Fresno, California. Sekarang telah 41.6 hektar areal di sekitar Fresno terlalap si jago merah sehingga pemadam kebakaran semakin kewalahan karenanya. Mereka sekarang sangat memfokuskan untuk menjaga sebuah areal di Clovis yang terdapat pohon purba bernama Sequoias, mereka menyebarkan penjagaan disekeliling areal tersebut dengan ketat karena titik api hanya berjarak 5 mil dari Grant’s Grove yakni salah satu situs terbesar dari banyak pohon sequoias, salah satunya mencapai tinggi 268 kaki.

la-vast-stubborn-california-fire-expected-to-r-001Peristiwa kebakaran hutan ini merupakan kebakaran hutan yang terbesar yang terjadi di Fresno, California

Sementara itu Cat Haven yang juga terdapat di kawasan Fresno mulai ditutup sementara secara resmi karena api juga mulai merambat ke daerah tersebut. Tentu saja singa, harimau dan kucing-kucing hutan lainnya mulai dievakuasi secara besar-besaran oleh pihak pemadam kebakaran setempat dan juga oleh penjaga hutan setempat. Tentu saja ini juga merupakan prioritas utama bagi mereka untuk menyelamatkan mamalia tersebut karena itu juga merupakan icon dari Fresno, California yang sangat terkenal di dunia.

10092035206_57d5d439ee_bPohon Sequoias merupakan salah satu icon untuk California karena ini merupakan pohon purba

“Saya pikir hal terbaik yang dapat dilakukan sekarang adalah menutup Cat Haven untuk sementara dan menunggu hingga api mulai mereda. Saya berharap seluruh kucing besar dan kecil ini kembali ke habitatnya di Cat Haven” tukas Dale Anderson sebagai founder Cat Haven. Para penghuni di kaki bukit Dunlap, Miramonte dan Pinehurst sudah mulai diperingatkan bahwa mereka akan segera dievakuasi dari tempat tinggalnya sehubung tempat tinggal mereka juga dekat dari kebakaran yang terjadi. Pemadam kebakaran juga telah meminta mereka untuk menyiapkan seluruh barang-barang mereka agar dapat dievakuasi dengan segera.

635774846307210082-leopardKucing hutan di Fresno, California juga merupakan prioritas utama yang dievakuasi oleh tim penyelamat setempat

Seorang opsir pemadam kebakaran setempat, Andy Isolano sangat menegaskan bahwa penghuni setempat yang berupa manusia ataupun binatang harus dievakuasi dengan segera. Meskipun bagi seluruh tim penyelamat sangat dihantui dengan resiko yang sangat besar dalam usaha penyelamatan dan pengevakuasian, mereka akan terus berusaha sekuat tenaga agar semuanya dapat diselamatkan. Hingga saat ini sedikitnya 34 kucing liar telah setengah jalan menuruni bukit menuju tempat yang lebih aman untuk mereka.

1025550322-Northern-California-Wildfire-Forces-Cat-EvacuationSeluruh media terus memberikan kabar terakhir dalam penanggulangan kebakaran ini. Kali ini sebuah media sedang memfokuskan liputan mereka untuk meliput penyelamatan kucing-kucing besar di sana.

“Kami telah mengalami hal buruk serupa waktu dulu, dan kami yakin kali ini kami juga akan berhasil mengatasinya” tukas Isolano. “Ini bagaikan pukulan keras ditengah ketenangan disaat kita tertidur, tetapi kita harus terus melawan pukulan tersebut hingga akhirnya menang. Kami yakin kami akan menang” tambahnya. Isolano juga mendapatkan banyak bala bantuan dari teman-temannya yang merupakan penjaga kebun binatang setempat, salah satunya adalah seorang penjaga kebun binatang Chaffe di Fresno, ia telah ikut membantu dalam mengevakuasi banyak kucing liar dikawasan yang mulai dilalap si jago merah.

2048Harimau, singa, dan kucing hutan lainnya juga merupakan icon untuk California, sehingga mereka juga terus berusaha sekuat tenaga dalam pengevakuasian mamalia-mamalia ini.

Nah catlovers, banyak sekali kejadian serupa yang juga terjadi di Indonesia, jika kita melihat penanggulangan kebakaran hutan di Indonesia terkadang masih sangat kurang ditimbang dengan penanggulangan kebakaran hutan seperti di California ini. Mereka sangat cepat tanggap dan melakukan segala daya agar situs-situs terpenting disana tetap terjaga dan terhindar dari kebakaran yang melanda. Terutama kucing-kucing liar yang mereka selamatkan adalah merupakan makhluk hidup yang juga berhak dan sangat perlu dievakuasi. Semoga saja Indonesia juga memprioritaskan kucing liar jika terjadi hal serupa dihutan Indonesia. Ingat, kucing-kucing besar dan kecil di Indonesia juga merupakan icon untuk Indonesia.

(ibr)

 

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Kucing Hilang Selama 19 Bulan, Akhirnya Bertemu dengan Pemiliknya

Semua orang pasti pernah merasa kehilangan ya catlovers. Entah kehilangan itu berupa barang ataupun makhluk hidup. Kehilangan itupun dapat disebabkan oleh keteledoran kita sendiri ataupun tidak sama sekali. Dan kali

Cat News

Kisah Olive si Kucing penderita “Wobbly Kitten Syndrome”

Hallo Catlovers! Bagaimana kegiatan catlovers hari ini? Kami harap tetap lancar dan terus semangat ya catlovers! Oiya, tidak lupa juga titipkan salam kami kepada para kucing catlovers dirumah ya! Anyway,

Cat News

Seorang Perempuan Berjuang Untuk Hak Hidup Kucing di Israel

Dikala semua orang berfikir tentang Israel, pasti semua orang selalu berfikir tentang bom yang memborbardir di Tel Aviv dan sekitarnya. Perang yang merugikan banyak pihak dengan duduk persoalan yang sejak

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!