Kucing British Shorthair (2)| Jenis Kucing
03/10/2016 3047 Views

Kucing British Shorthair (2)| Jenis Kucing

Puss British red

Kucing British Shorthair mungkin terdengar tidak asing buat kamu Catlovers, tapi bisa jadi kalian belum menyadarinya bahwa cerita mereka tumbuh dalam kehidupan kita. Jika Catlovers tahu cerita kucing pintar yang hadir dalam cerita Puss in Boots ataupun karakter Cheshire Cat yang selalu menyeringai di cerita Alice in Wonderland, kedua karakter tersebut diperankan oleh kucing jenis British Shorthair lho. Kucing Ini adalah salah satu warisan dari Inggris.

379

Penampilan umum British Shorthair memiliki pipi yang lebar dan penuh (chubby). British Shorthair dengan tempramen yang santai dan setia sangat cocok menjadi pendamping keluarga. Mereka seperti diciptakan hanya untuk duduk di pangkuan pemiliknya atau berjalan mengitari makanan yang sudah disediakan, bahkan kucing ini terkenal sopan dan tidak membuat kekacauan. Dengan ukuran tubuh yang besar dan kokoh, terkadang British Shorthair dijuluki Winston Churchill di dunia kucing karena sikapnya yang bersahaja.

calico-250-250 kotak-250x250

Sesuai dengan tradisi Inggris, bulunya selalu terlihat rapi, membuatnya sebagai pilihan tepat sebagai teman keluarga. Berikut beberapa cerita lain British Shorthair dari cattery.co.id (baca juga: Kucing British Shorthair| Jenis Kucing)

 

Hidup dengan British Shorthair

635882364350005009-1849425826_13986725_l

  • British Shorthair adalah kucing yang tenang dan lebih memilih untuk tetap berjalan diatas lantai. Mereka tidak suka melompat ke meja atau memanjat gordyn, bahkan mereka terkenal sebagai kucing yang lamban.
  • British Shorthair sangat bersahabat dan mudah berbaur dengan hewan lain seperti sesama kucing, anjing, kelinci dan burung.
  • British Shorthair sangat menyukai saat dipangku, namun tidak suka digendong / angkat. Anak-anak yang ingin bepergian dengannya sebaiknya meletakannya di kereta bayi.
  • British Shorthair dewasa akan tidur saat kamu tidak di rumah, tapi dia suka berada didekat pemiliknya saat pulang ke rumah.

 

Yang harus kamu ketahui

british-shorthair-bleu

  • British Shorthair adalah kucing berukuran sedang-besar. Rata-rata kucing jantan memiliki berat 6 sampai 10 kg, sedangkan kucing betina sedikit lebih kecil yaitu 4 sampai 7 kg. Catlovers, sangat mudah membuat kucing ini gemuk khususnya setelah masa kanak-kanaknya berakhir. Walau begitu jangan biarkan berat badannya berlebih ya, bahkan hingga menjadi obesitas.
  • British Shorthair menjadi dewasa secara perlahan dan hanya akan mencapai ukuran normal kucing dewasa saat berumur 3 tahun. Dengan perawatan yang baik mereka dapat hidup selama 14 sampai 20 tahun.
  • Kucing ini tidak memerlukan perawatan yang sulit. Bulunya yang pendek dan tebal membuatnya tidak mudah kusut, cukup disikat sekali atau dua kali seminggu. Seperti kebanyakan kucing, dia pun mengalami pergantian bulu terutama saat musim semi dan musim gugur. Lakukanlah perawatan/ grooming lebih sering pada waktu tadi untuk mengangkat kelebihan bulunya.
  • Secara umum British Shorthair adalah kucing yang sehat, tapi lebih baik jika sebelum mengadopsi kucing ini kamu bertanya kepada breeder-nya apakah kucing-kucing dalam program pembiakannya sudah bebas dari hipertrofi kardiomiopati, sekumpulan penyakit jantung yang biasa terjadi pada kucing sama halnya dengan penyakit ginjal polikistik.

 

Sejarah

Puss British England

  • Bangsa Romawi banyak memberikan kontribusi dalam pembangunan Negara Inggris, termasuk kucing-kucingnya. Para tentara bepergian dengan membawa kucing-kucing tersebut untuk menghalau tikus dan bangsa Romawi dengan kucing Egypt-nya menyumbang gen mereka kepada kucing domestik Inggris.
  • Pada zaman Victoria, salah satu hasil dari kegemaran terhadap hewan ras adalah berkembangnya kucing Inggris domestik menjadi apa yang kita sebut British Shorthair. Mereka ikut dipamerkan pada Cat Show pertama kali tahun 1871 bersama dengan kucing peranakan lainnya.
  • Cat Fanciers’ Association mengakui British Shorthair pada tahun 1980 dan ras nya diakui oleh International Cat Association pada tahun 1979.

 

Apakah kamu tahu?

913128

  • Warna yang paling dikagumi dari ras ini adalah biru, dan seringkali disebut British Blue, walaupun mereka memiliki warna dan pola berbeda, diantaranya solid, shaded, smoke, tabby, tortoishell, calico, dan bi-color.
  • Sementara British Shorthair adalah bukti bahwa mereka telah disilangkan dengan ras lain sehingga memiliki beragam warna, seperti shades coklat dan lavender atau pola Himalaya yang tidak ada pada barisan warna.
  • Tergantung dari warna bulunya, mata British Shorthair kemungkinan biru safir, emas, hijau, biru-hijau, hazel atau warna tembaga. Kucing putih odd-eyed memiliki satu mata berwarna biru safir dan satu mata berwarna emas.
  • British Shorthair memiliki tubuh yang padat dan dada yang lebar didukung oleh kaki-kaki yang pendek dan kuat. Bagian atas adalah kepala yang bulat dengan hidung pendek dan pipi penuh. Mata bulat dan besar seolah menatap dunia dengan gagah. Bulu yang cantik seolah menyempurnakan kemenangannya.

Jika Catlovers sedang mencari kucing peliharaan, tapi tidak membutuhkan perawatan khusus yang berkala, British Shorthair bisa jadi pilihan tepat buat kamu. Jadi bagimana, apakah catlovers semakin tertarik untuk memelihara kucing lucu berpipi chubby ini?

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Jenis Kucing

Kucing Anggora | Jenis Kucing

Masih banyak catlovers di Indonesia yang belum bisa membedakan antara kucing anggora dan kucing Persia. Rata-rata catlovers Indonesia menyebut semua kucing bulu panjang (longhair) sebagai kucing Anggora, padahal belum tentu

Jenis Kucing

Turkish Van: Jenis Kucing yang Suka Berenang

Pada umumnya kucing tidak suka tubuhnya basah, tapi tahukah cat lovers bahwa ada kucing yang menyukai basah-basahan? Perkenalkan kucing Turkish Van yang mempunyai hobi kontroversial bagi kucing, yaitu berenang! Kebanyakan kucing

Jenis Kucing

Kucing Ragdoll | Jenis Kucing

Berdasarkan sejarah, Kucing Ragdoll dikembangkan oleh Ann Baker di California tahun 1963. Pada awalnya kucing ini dinamakan Cherubim, sedangkan varian lainnya dinamakan Ragamuffins. Walaupun breeder aslinya menyatakan bahwa kucing ini

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!