Kucing Akan Mengalami Obesitas jika Terlalu Disayang
19/09/2016 7838 Views

Kucing Akan Mengalami Obesitas jika Terlalu Disayang

Solusi untuk mengatasi obesitas adalah pemikiran yang kreatif. Ahli tingkah laku Jon Bowen menjelaskan semuanya. Para ahli fitness akan dengan senang hati memberitahu kamu bahwa obesitas disebabkan oleh terlalu banyak makan dan kurang berolahraga. Berat badan berlebih dapat dikatakan apabila berat badan melebihi 15 persen dari berat optimal, dan dikatakan obesitas apabila melebihi 30 persen dari berat optimal.

Menurunkan berat badan dapat dengan mudah dilakukan dengan kebalikannya, sering berolahraga dan makan sedikit. Dikarenakan kita yang dapat mengontrol makannya hewan peliharaan kita, akan sangat mudah bagi kita untuk menurunkan berat badannya bukan?

Tidak mengherankan, mengatasi obesitas tidak semudah itu. Karena itu, obesitas pada kucing meningkat di seluruh dunia, dengan rentang angka 12 sampai 25 persen tergantung dari negaranya. Maka penting bagi Cattery.co.id untuk membahas topik obesitas ini

fat-face-cat

calico-250-250 kotak-250x250

Mengapa begitu mudahnya berat badan naik?

Bagi manusia untuk menambah 1 kg berat badan kita harus makan 7.000 ekstra kalori setiap makan dalam satu tahun. Itu setara dengan satu gelas ekstra wine dalam seminggu, atau sekotak coklat dalam dua minggu. Lakukan itu selama satu dekade dan kamu dapat melihat “middle-aged spread” atau berkembangnya lemak disekitar perut dan bagian belakang terjadi.

Obesitas juga menjadi masalah pada kucing agak tua, puncaknya saat beumur enam atau tujuh tahun. Buat seekor kucing biasa untuk menaikan 30 persen berat badan dari 3kg menjadi 4kg selama tujuh tahun membutuhkan empat persen peningkatan jumlah makanan yang dimakan, yang setara dengan penambahan 10 keping makanan kering (dry food) per hari. Jumlah yang sedikit ini adalah musuh kita sebenarnya tanpa kita sadari.

cat_obesity_rates_pie

Apa saja factor-faktor yang menyababkan obesitas pada kucing?
Faktor resiko obesitas termasuk diantaranya:

  • Berjenis kelamin jantan, telah dikebiri, dan moggy
  • Memakan makanan berupa daging atau ikan segar (berpotensi makan lebih banyak)
  • Selalu berada didalam ruangan (akan mengurangi kesempatan untuk olahraga)
  • Pemilik yang meremehkan kondisi tubuh kucing

Daerah jelajah seekor kucing akan menyusut dramatis setelah dikebiri, jadi tidak heran jika kucing yang telah dikebiri bertambah berat badannya, dan lebih sering terjadi pada kucing jantan.

Ada beberapa silang pendapat pada penelitian tentang efek dari pola pemberian makan. Beberapa mengindikasikan bahwa pemberian makan secara bebas tidak terjadwal dapat menyebabkan berat badan naik, tetapi yang lainnya menunjukkan bahwa pemberian makan dengan terjadwal bahkan lebih buruk.

Beberapa memberi saran bahwa makanan kering (dry food) adalah satu faktor yang mempengaruhi kenaikan berat badan, tetapi yang lainnya mengatakan sebaliknya. Penemuan secara umum adalah jika kucing diberikan pola makan yang terdiri dari banyak pilihan, rasa yang kuat dan tekstur yang bervariasi mereka cenderung akan makan melebihi kebutuhannya.

Kepadatan energi dari makanan sangat penting. Makanan padat energi yang dikemas dalam bentuk kecil dan ringan, akan lebih mudah bagi kucing untuk memakan kalori dalam jumlah yang banyak secara cepat. Ini menyebabkan konsumsi yang berlebihan.

Bagaimanapun, pengaruh pola makan, kebiri, dan aktivitas tidak lebih besar dari factor yang paling utama yaitu pemiliknya. Kita-lah akar penyebab mengapa kucing kita gemuk.

Saat kamu melihat kondisi tubuh kucing kamu, apakah dia terlihat terlalu kurus, kelebihan berat badan atau normal? Pendapat kamu sebenarnya cukup lemah, dan pemilik yang salah menilai, biasanya melihat kucing mereka 20 persen lebih kurus daripada sebenarnya. Ini seperti melihat diri kamu sendiri sebagai baju dengan tiga ukuran lebih kecil!

Pemilik kucing yang selalu melihat kucingnya selalu kurus, adalah salah satu faktor penyebab peningkatan resiko obesitas sebesar 10 sampai 20 kali lipat pada kucing, dimana faktor ini ternyata lebih besar daripada resiko dari pola makan kuving, jenis kelamin dan tindakan kebiri yang bahkan jika semua dilakukan secara bersamaan. Pemilik yang tidak dapat melihat bahwa kucingnya kelebihan berat badan kemungkinan tidak akan mengambil tindakan apa-apa sebelum kucing menjadi obesitas.

Tidakkah dokter hewan mengatakan bahwa kucing kamu gemuk? Kamu harap begitu, tetapi pemiliknya seringkali marah.

FCFD_BodyConditioning_Chart_1210_FINAL_Page_2

Apa yang membuat kucing istimewa?

Kami menemukan bahwa berat badan berlebih pada kucing diartikan oleh pemiliknya sebagai sifat menuntut dan rakus terhadap makanan, dan riset terbaru menunjukkan bahwa manusia sangat sulit menolak tuntutan kucingnya. Kita secara naluri ter-program untuk merespon terhadap suara bayi dan anak kecil. Tangisan dan tawa bayi akan menarik perhatian kita daripada yang lainnya, dan ini membangkitkan respon emosional yang hampir tidak bisa diabaikan. Hal ini sudah teruji dengan melihat bagaimana otak manusia bereaksi terhadap suara suara yang berbeda.

Selanjutnya, sebuah penelitian di University of Sussex menunjukkan bahwa kucing dapat belajar mengambil keuntungan dari sensitifitas kita terhadap suara bayi. Saat mereka menginginkan sesuatu, kucing-kucing ini mengubah intonasi dengkurannya dengan menambahkan frekuensi yang sama dengan tangisan bayi. Bahkan bukan pemilik kucing pun akan merasa bahwa suara kucing ini begitu menuntut dan mendesak.

Kesimpulannya adalah kucing dengan obesitas biasanya memiliki hal-hal berikut:

  • Minat berlebih pada makanan (atau makanan enak yang disajikan)
  • Watak kucing yang menuntut dan ambisius
  • Kemampuan bersuara untuk memanipulasi pemiliknya
  • Pemilik yang mudah terpengaruh yang akan selalu memberikan apa yang kucing inginkan.

kucing gemuk

Apa solusinya?

Jangan buang waktu, segera bertindak sekarang! Kucing berumur 4 tahun yang sedikit berat biasanya akan terus bertambah berat dan menjadi obesitas saat berumur 7 tahun. Akan jauh lebih mudah untuk menghentikan dan mengembalikan berat badannya sebelum kucing mencapai tahap obesitas. Kalau kamu berpikir kucing kamu memiliki berat badan berlebih, konsultasikan dengan dokter hewan terlebih dahulu sebelum memulai diet.

Konsistensi dalam program penurunan berat badan sangat sulit dan membutuhkan motivasi. Angka, seperti 30 persen penurunan berat badan, tidak dapat memotivasi kebanyakan dari kita. Lebih baik, cobalah mengingat saat kucing kamu suka bermain dan melakukan hal-hal konyol saat masih muda. Pikirkan apa yang akan kamu rasakan apabila kucing kamu terkena penyakit yang berhubungan dengan obesitas yang sebenarnya dapat dicegah seperti diabetes, radang sendi dan kanker. Sekarang bayangkan, dengan konsisten melakukan diet, dalam enam sampai 12 bulan, kucing kamu akan terlihat seperti berumur dua tahun dan terlihat akan terus hidup sampai umur 20 tahun. Tetaplah pada pemikiran itu, karena kamu butuh pemikiran-pemikiran seperti itu untuk bisa sukses!

Memulai diet

diet-cat

Untuk kucing yang terobsesi dengan makanan, pola makan khusus dapat membantu. Pola makan dengan kepadatan energi yang rendah, jumlah protein dan serat yang lebih banyak akan membuat kucing lebih cepat kenyang dan tahan lebih lama. Mengurangi jumlah kalori yang masuk, pada satu penelitian, kenaikan berat badan kucing lebih lambat dengan menambahkan 40 persen air kedalam pola makannya.

Sangat sulit untuk menolak manipulasi kucing. Contohnya, kita akan merasakan sebagai sebuah penolakan dari kucing saat kucing hanya mengendus makanan yang kita sajikan. Hal ini akan membuat kucing bersikeras untuk mencari makanan enak yang dapat dengan cepat dia habiskan. Faktanya, secara alamiah kucing memakan 10 kali atau lebih makanan kecil setiap hari. Jadi normal bagi mereka memakan makanan yang bervariasi. Kami menyarankan untuk mengubah pola makan yang terjadwal menjadi bebas tidak terjadwal, memberikan sebuah makanan dengan menggunakan activity feeder. Campur tangan kita dalam proses pemberian makan hanyalah mengisi lagi tempat makanannya dengan jumlah makanan yang tepat setiap hari.

Activity feeder tidak bekerja dengan membuat kucing berlari-larian, mereka bekerja dengan mengurangi jumlah makanan yang masuk. Tubuh kita mendeteksi makanan saat kita makan, dan perasaan kenyang akan dirasakan saat kita sudah makan dengan cukup. Memakan makanan dengan cepat akan menipu sistem ini. Sebuah activity feeder akan memaksa kucing untuk makan lebih lambat, jadi perasaan kenyang akan cepat didapat sebelum makan terlalu banyak. Memakan secara perlahan dan mengunyah secara seksama akan membantu mengurangi berat badan kita juga.

Dimulai dengan meletakkan makanan di setiap pinggiran puzzle feeder (pernah kami bahas disini http://www.cattery.co.id/cukup-lakukan-ini-catlovers-kucing-kamu-semakin-sehat-dan-bahagia/ )sekali kucing kamu telah menemukannya, kamu bisa memindahkan sebagian makanan ke bagian puzzle feeder yang lebih sulit, atau perkenalkan dengan puzzle feeder yang lebih kompleks dan sulit. Jika kamu memulainya dengan puzzle feeder yang sulit, kebanyakan kucing akan menolak menggunakannya. Boleh saja kamu berikan bonus kepada kucing tetapi tidak setiap saat kamu berikan ketika kucing kamu minta dan selalu berikan melalui activity feeder.

Butuh waktu dua sampai tiga minggu untuk kucing membiasakan diri dengan pola makan ini, dan selama melakukan pola makan ini biasanya kucing tetap akan meminta macam-macam. Kita tidak ingin mengabaikan kucing kita, tetapi kita juga tidak ingin memberikan makanan ekstra. Jadi saat kucing menghampiri kita untuk meminta sesuatu, sebaiknya kita memberikan respon dengan perhatian dan ajaklah bermain, daripada memberikannya makanan. Kebanyakan kucing akan menyukai ini karena kita mampu memahami kebutuhan mereka yang beragam.

pumas-new-plus-size-logo

Target maksimum untuk menurunkan berat badan adalah satu persen dari keseluruhan berat badan per minggu (40gr untuk kucing berbobot 4kg). Pada perhitungan ini, akan membutuhkan waktu enam bulan untuk menurunkan 1kg. Nyatanya, kebanyakan kucing turun berat badan hanya setengahnya, itulah sebabnya motivasi dan keinginan yang kuat sangatlah penting.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cara Merawat Kucing

Seberapa Sering Kucing Boleh Dikawinkan?

Pertanyaan ini yang juga sering dilontarkan oleh para breeder, “seberapa sering kucing boleh dikawinkan?”. Terkadang kita sering kebingungan ketika si induk kucing baru melahirkan beberapa minggu namun ia sudah birahi

Cara Merawat Kucing

Bagaimana Cara Mengetahui Jika Kucing Sakit? (Bag 1)

Pernakah catlovers menyadari bahwa kucingnya sedang sakit? Apa tanda-tanda jika kucing kita sedang sakit? Pada artikel kali ini Cattery.co.id akan membahas bagaimana mengetahui bahwa kucing kita sedang sakit (bagian 1)

Cara Merawat Kucing

10 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Pemilik Kucing kepada Kucingnya

Sebagai catlovers pastinya kita hanya ingin yang terbaik untuk si kucing. Tidak ada satupun dari kita yang ingin memperlakukan si kucing dengan cara yang salah. Tetapi meskipun begitu, ternyata kadang

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!