Konsultasi Vet: Scabies pada Kucing dan Cara Mengobatinya
16/09/2015 21617 Views

Konsultasi Vet: Scabies pada Kucing dan Cara Mengobatinya

Q: Apakah scabies itu?

Jadi scabies itu adalah sejenis serangga (atau mites) yang hidup di lapisan permukaan kulit terluar, dan membuat terowongan di dalamnya sehingga menjadi infeksi yang bersifat patologis. Gejala kucing yang terkena scabies, akan terjadi penebalan pada kulit, korengan, bulu menjadi rontok dan gatal-gatal.

Scabies berbeda dengan parasit lainnya seperti earmites, ia adalah spesies yang berbeda. Jika earmites hanya menyerang kuping kucing, maka scabies akan menyerang seluruh tubuh kucing.

Scabies biasanya akan menyerang kuping kucing terlebih dahulu, terutama di bagian pinggiran daun telinga kucing. Karena gatal, biasanya kucing akan menggaruk bagian kuping tersebut dan mites tersebut akan berpindah ke bagian kaki kucing, dari kaki ini lah scabies akan menyebar ke seluruh tubuh.

calico-250-250 kotak-250x250

Q: Bagaimana cara penyebaran scabies pada kucing?

Biasanya kucing terkena scabies akibat berkontak dengan kucing yang sudah terinfeksi scabies, contohnya dengan jilatan dan headbutt. Selain itu, kandang dan lingkungan yang sudah tercemar scabies juga bisa menjadi sarana penyebaran penyakit ini.

Q: Jika kucing kita sudah terinfeksi scabies, lalu langkah-langkah apa saja yang bisa kita lakukan?

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah pengobatan dahulu, kita bisa membawanya ke dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan. Biasanya dokter akan melakukan pengerukan kulit di bagian yang diduga terkena scabies sebagai sampel. Selanjutnya sampel tersebut akan diperiksa melalu mikroskop dengan menambahkan KOH 3% untuk menghancurkan jaringan kulitnya. Dari pemeriksaan tersebut akan terlihat jelas apakah terdapat scabies pada kulit kucing. Namun biasanya dokter hewan yang sudah terlatih, sudah bisa mendiagnosa penyakit scabies dengan melihat gejalanya saja tanpa perlu bantuan mikroskop.

Jika kucing sudah terkena scabies, biasanya dokter akan melakukan penyuntikan ivermectin. Penyuntikan akan dilakukan dua kali dengan selang waktu 2 minggu, agar kucing kita bisa sembuh total.

Setelah si kucing sembuh, selalu jaga kucing kita agar tidak terkena scabies lagi. Karena obat scabies kucing, ivermectin, ini bersifat toxic atau racun. Penggunaan secara berlebihan akan mengakibatkan efek samping pada kucing, dan bersifat hepatotoxic yang akan merusak hati.

Q: Bagaimana cara mencegah scabies pada kucing?

Cara pencegahan scabies pada kucing adalah hindari kontak langsung dengan kucing yang terkena scabies dan hindari tempat-tempat yang terinfeksi scabies.

Q: Apakah scabies bisa menular ke manusia?

Bisa. Scabies termasuk penyakit Zoonosis, infeksi yang ditularkan antara hewan vertebrata dan manusia.

drh. Husnul Hamdi

drh. Hamdidrh. Husnul Hamdi (Praktisi Dokter Hewan)

Tempat, Tgl Lahir:
– Padang, 17 Maret 1967
Pendidikan:
– SMA 2 Padang
– Dokter Hewan di Fakultas Kedokteran Hewan IPB 1986-1992
Organisasi:
– Ketua Bidang PDHI (Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia) cabang Jakarta
Tempat Praktik:
– Rumah Sakit Hewan Jakarta
– Jl. Haji Naman No. 10, Pondok Kelapa. (Bisa masuk dari arah Raden Inten atau dari Jl. Kalimalang, di Jakarta Timur)
– Kelapa Dua Petcare

Kontak appointment:
0818 711 721

 

Untuk catlovers yang ingin mengajukan pertanyaan, silakan kirim melalui catterycoid@gmail.com dengan subjek “KONSULTASI”

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Konsultasi

Pengasuh Konsultasi

Paramita Suri, SH (owner Prabu Cattery) Pendidikan: S1 Fakultas Hukum UI Pelihara kucing sejak tahun 2002. Cattery ICA dan CFA sejak 2011 Co-Founder cattery.co.id Aktifitas: – Pendiri beberapa perusahaan dan aktif di

Konsultasi

Konsultasi Vet: Bagaimana cara menyembuhkan kutu pada kucing?

Dok, saya baru adopsi kucing, namun saya tidak tahu apakah kucingnya berkutu. Apakah saya harus beri obat kutu walaupun belum tentu kucing saya berkutu? Selanjutnya, jika kucing saya positif terkena

Konsultasi

Apakah Boleh Memberikan Nasi Pada Kucing?

Dear Cattery.co.id, saya mau tanya apa makanan yang ideal untuk kucing? Selama ini saya hanya memberikan nasi dan lauk sisa di rumah (ikan). Apakah itu sudah betul? Trims Veren, Depok

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!