Khasiat Labu untuk Kucing?
18/09/2016 5060 Views

Khasiat Labu untuk Kucing?

Kucing kamu sedang sakit? Frustasi dengan segala macam pengobatan kucing yang tidak membuatnya sembuh? Kali ini Cattery.co.id akan mengupas makanan kucing alternatif yang konon membantu penyembuhan berbagai penyakit kucing.

Black-Cat-On-Pumpkin

Satu jenis makanan yang sudah pasti tersimpan di dalam lemari dapur adalah sekaleng labu yang siap di konsumsi saat terlihat tanda-tanda tidak nyaman pada pencernaan kucing beberapa pecinta kucing di Amerika Serikat. Menurut mereka, labu yang dikemas dalam kaleng dapat langsung dikonsumsi untuk meringankan konstipasi dan diare ringan. Silakan cari hasil penelitian ilmiah pada jurnal kedokteran hewan yang membenarkan bahwa labu dibutuhkan untuk kesehatan kucing.

“Saya tidak bisa menemukan satupun penelitian yang dilakukan oleh individu yang berkompeten dalam karya ilmiah kedokteran hewan tentang penggunaan labu pada kucing dalam segala kondisi.” Kata Tony Buffington.

calico-250-250 kotak-250x250

black-cat-pumpkin

Bagaimana dengan pendapat bahwa mengkonsumsi labu dalam kaleng dapat mencegah hairballs? “Lagi, saya tidak bisa menemukan penelitian resmi dari pernyataan ini,” kata Dr. Buffington. “ Tetapi, labu dalam kaleng yang diberikan kepada kucing sejauh yang saya bisa ceritakan selama beberapa tahun. Saat seekor kucing mengalami disfungsi Gastrointestinal (masalah pencernaan), pemiliknya (atau dokter hewan) membaca internet tentang kemugkinan labu dapat membantu. Mereka mencoba memberikan kepada kucingnya dan sembuh, jadi mereka berkesimpulan bahwa labu berperan dalam penyembuhan.”

Berikut adalah fakta-fakta tentang labu :

whatsinapumpkin

Labu adalah buah bukan sayur, terdiri dari serat (larut dan tidak larut) begitu juga vitamin C (dikenal sebagai antioksidan yang akan meningkatkan system imun), potassium (kandungannya lebih tinggi daripada pisang) dan karoten (khususnya beta karoten) yang menurut National Institutes of Health memberikan efek anti kanker yang lebih baik daripada yang berbentuk suplemen.

Satu sendok teh labu kalengan mengandung 20 kalori, 94 persen air dan 1 persen serat total, menurut Dr. Buffington. “Makanan kucing kalengan mengandung sekitar 80 persen air dan kurang dari 1 persen serat,” katanya.

pumpkin-power-2

Popularitas labu sebagai makanan dan suplemen meningkat baru-baru ini. Weruva, berbasis di Natick, Massachusetts, produsen Pumpkin Patch Up! Suplemen yang terkenal dengan serat sehat untuk kucing dan anjing. Labu kami dikemas dalam kantong, berbentuk puree dan tekstur seperti berkuah tidak seperti labu kalengan yang biasanya memiliki tekstur seperti bubur,” kata David Forman, co-owner dari Weruva.

catsitk-pumpkin-jack-lg

Dipasarkan sebagai pilihan yang lebih sehat daripada labu kalengan, Castor & Pollux (sekarang bagian dari Merick dan Nestle Purina) menawarkan Ultramix Real Pumpkin Ultrablend.

“Produk kami lebih seimbang dan dibuat khusus untuk kucing,” kata Betsy Berger, Manager Komunikasi Merick. Produk ini tidak terlalu membebani sistem pencernaan hewan, dan nasi coklat, pisang, wortel, kacang polong, dan cranberry semua dalam bentuk puree.

75824._AC_SL1500_V1460478783_

Seperti biasa,  sayangnya produk-produk ini belum masuk Indonesia ataupun Asia Tenggara.

Untuk memisahkan mitos dan fakta tentang labu, apa kesimpulan anda Dr. Buffington? “Berdasarkan ini semua, saya sarankan untuk menambahkan tanda tanya pada judul artikel ini: Khasiat Labu untuk Kucing?”

Bagaimana catlovers? tertarik untuk mencoba labu sebagai terapi pengobatan kucing kita?

Jangan lupa untuk selalu konsultasikan ke dokter hewan!

(nes)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Nutrisi dan Makanan Kucing

Kini Hadir Minuman Spesial Khusus untuk Kucing!

Kucing, kucing dan kucing. Kita pasti tidak akan pernah merasa jengah untuk membahas mereka ya catlovers, dan memang tidak akan pernah ada habis-nya topik yang akan terlahir dari tingkah laku

Nutrisi dan Makanan Kucing

Bolehkah Kucing Memakan Coklat?

Siapa diantara catlovers yang suka dengan coklat? Pasti hampir seluruh catlovers suka dengan coklat. Pernakah catlovers memberikan coklat pada kucingnya? Jika pernah, coba hentikan mulai dari sekarang. Coklat tidak baik

Nutrisi dan Makanan Kucing

Apakah Cara Kita Memberi Makan Kucing Sudah Benar? Perhatikan 7 Hal Berikut

Memberi makan kucing memang susah-susah gampang. Terkadang teman kucing kita sedikit pemilih makanan dan mungkin juga ia memiliki kebiasaan makan yang aneh. Atau mungkin sebaliknya, kucing kita sangat rakus makannya

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!