Ketika Lukisan Monalisa Menjadi Meow-Nalisa, Cats Galore oleh Susan Herbert
14/09/2015 2317 Views

Ketika Lukisan Monalisa Menjadi Meow-Nalisa, Cats Galore oleh Susan Herbert

Catlovers mungkin pernah sesekali menggambar si kucing diatas kertas atau bahkan diatas kanvas karena ‘iseng’ atau bahkan memuaskan hasrat emosional yang ingin kita tumpahkan ke dalam seni. Seperti yang dilakukan oleh pelukis khusus kucing legendaris Louis Wain (pernah juga dibahas oleh cattery.co.id dalam artikel : Louis Wain, Pelukis yang Selalu Bertemakan Kucing) menjadi terkenal karena karya-karya lukisannya yang selalu mencitrakan kucing. Nah, kali ini ada seorang pelukis kontemporer yang juga khusus melukis kucing dalam tiap lukisannya, dan ia membuat reka ulang lukisan Monalisa karya Leonardo Da Vinci menjadi Meow-nalissa yakni Monalisa yang diganti menjadi seekor kucing yang lucu. Penasaran kan? Ayo dilanjut bacanya!

da-vinchi-mona-liza-originalReinterpretasi dari lukisan terkenal karya Leonardo Da Vinci yang sangat fenomenal “Mona Lisa” menjadi “Meow-na Lisa”

Susan Herbert, seorang pelukis kelahiran tahun 1945 ini menjadikan kucing sebagai titik fokus dalam lukisannya dan selalu konsisten dengan titik fokus tersebut. Meskipun ia sesekali melukis hewan selain kucing seperti musang, racoon dan rubah, mayoritas lukisannya tetap bertemakan kucing.

THE-GREAT-DICTATOR-1-c27191Lukisan Susan Herbert yang menginterpretasikan seorang “Adolf Hitler” dalam sesosok kucing, lukisan ini diberi judul “The Great Dictator”

calico-250-250 kotak-250x250

Sama seperti Louis Wain yang melukiskan citra kucing layaknya manusia dalam torehan kuasnya diatas kanvas, Susan Herbert juga menggambarkan sosok kucing yang berperilaku seperti manusia. Parodi dari karakter film terkenal pun dibesut dalam lukisannya seperti aktris legend Julie Andrews dalam film klasik tahun 60-an yang berjudul The Sound of Music diubahnya menjadi sesosok kucing yang juga cantik dan mengenakan baju bercorak sama di suasana yang sama.

2BF93E1800000578-3222637-image-m-40_1441385091106Pose Julie Andrews dalam film The Sound of Music yang di re-interpretasi oleh Susan Herbert dalam sesosok kucing.

Salah satu karyanya yang sangat ramai dibicarakan dan dibanggakan adalah reinterpretasi dari lukisan Leonardo Da Vinci yang sangat terkenal dan berjudul Monalisa. Ya, kali ini Susan Herbert membuat re-imajinasi dari sesosok Monalisa yang merupakan seorang wanita cantik dengan senyum-nya yang sangat misterius menjadi sesosok kucing dengan baju, pose, suasana dan senyum yang sama dengan Monalisa. Semua orang yang melihat lukisan itu membuat sebutan baru untuk lukisan tersebut menjadi “Meowna Lisa”, cukup mirip dengan “Mona Lisa” ya catlovers?

2BF93E3200000578-3222637-image-m-37_1441384996012karya Susan Herbert yang sering disebut orang berjudul “Meowna Llisa”

Buku bergambar yang dirilis oleh Susan sudah sangat banyak dan memiliki seri yang berbeda. Tentunya buku bergambar ini berisi seluruh lukisannya yang melukiskan kucing dan ternyata karya-karyanya merupakan reinterpretasi dari karya lukis, film dan drama terkenal dunia hanya saja seluruh manusia yang ada didalamnya diganti menjadi sosok kucing. Fenomena unik yang dibuat oleh Susan ini serentak menyeruak ke khalayak ramai dan bukunya laris dibeli. Bahkan lukisannya juga telah banyak yang dilelang dengan harga yang sangat fantastis!

ON-THE-THRESHOLD-OF-ETERNITY--VAN-GOGH-1-c29544Re-interpretasi salah satu lukisan Van Gogh yang akan segera dilelang

Beberapa buku bergambar yang dirilis oleh Susan adalah Movie Cats, Medieval Cats, Shakespeare Cats, The Cats History of Western Art dan masih banyak lagi. Seperti yang digambarkan dalam bukunya yang berjudul Movie Cats. Buku ini tidak berisi gambar kucing yang sedang bermain film, akan tetapi reka ulang film terkenal dalam bentuk lukisan yang tentunya mengganti seluruh aktor dan aktrisnya menjadi sosok kucing secara keseluruhan. Dalam buku bergambar ‘Opera Cat’ besutan Susan juga tentunya merupakan reinterpretasi dari drama-drama klasik terkenal dunia yang bertemakan kucing. Salah satu judul drama yang di reka ulang dalam ‘Opera ‘Cat’ adalah “The End of The Song” yang merupakan karya Edmund Blair Leighton pada zamannya.

THE-END-OF-THE-SONG-EDMUND-BLAIR-LEIGHTON-1-SH053Drama klasik yang terkenal di dunia berjudul “The End of The Song” karya Edmund Blair Leighton juga telah di re-interpretasikan oleh Susan dalam lukisannya, dan ini merupakan salah satu mahakarya yang masuk dalam salah satu buku bergambar rilisannya yang berjudul ‘Opera Cat’

Tetapi sayangnya pada tahun 2014 Susan Herbert meninggal dunia. Banyak yang sangat menyayangkan hal itu karena ia merupakan salah satu “harta berharga” diantara pelukis kontemporer yang terkenal dan sempat menorehkan kuasnya pada dunia lukis modern dengan tetap menjaga ciri khas dan konsistensinya dalam melukis kucing. Lalu pada tahun 2015 ini sebuah perusahaan yang bergerak dalam publisher buku yang cukup terkenal merilis ulang dan mengkompilasikan karya-karya Susan Herbert kedalam satu buku yang berjudul “Cats Galore : A Compendium of Cultured Cats”

2BF93E3D00000578-3222637-image-a-38_1441385021270Cover depan dari “Cats Galore : A Copendium of Cultured Cats” adalah lukisan Susan Herbert yang merupakan rei-interpretasi dari lukisan terkenal dunia yang berjudul “Girl With A Pearl Earring” karya Jan Vermeer (1665)

Nama publisher tersebut adalah Thames and Hudson. Mereka mengkompilasikan beberapa masterpiece dari buku-buku bergambar yang telah dirilis oleh Susan Herbert sebelumnya. Dalam “Cats Galore : A Compendium of Cultured Cats” karya lukis Susan Herbert tidak semuanya disertakan, akan tetapi beberapa karya terbaiknya dan yang paling terkenal saja yang disertakan. Seperti beberapa lukisannya yang ada dalam buku ‘Movie Cats’, ‘Opera Cats’, ‘Shakespeare Cats’ dan “The Cats History of Western Art”.

2BF93E6700000578-3222637-image-a-49_1441385376379Ya, tentu saja ini re-interpretasi dari sosok Shakespeare dalam “Macbeth”-nya dalam sesosok kucing yang juga karya Susan

Ya, peluncuran buku oleh Thames and Hudson ini tentu merupakan salah satu apresiasi besar terhadap Susan Herbert yang telah menyumbangkan karya-karya indahnya dalam dunia lukis dunia. Meskipun terkesan ‘nyeleneh’, karya-karya dari Susan Herbert tetap memperhatikan esensi penting dari sebuah lukisan yang layak dinilai indah dan cantik. Dalam teknik melukisnya, pemilihan warnanya, suasana lukisannya hingga ekspresi kucing yang digambarkannya memiliki keindahan dan keunikan tersendiri dari karya Susan Herbert.

2BF93E0B00000578-3222637-image-a-48_1441385369325Charlie Chaplin in The Tramp (1915) dalam re-interpretasi sesosok kucing besutan Susan Herbert

Wah catlovers, kita memang harus ‘mengangkat topi’ ya atas karya-karya yang telah dilahirkan oleh Susan Herbert dalam dunia lukisan. Selain indah, ia juga mencitrakan hewan yang sangat kita cintai menjadi lebih ekspresif dan hidup dalam lukisannya. Tentu saja, tidak semua orang dapat melakukan hal yang serupa dengan yang telah dilakukan oleh Susan. Akan tetapi pasti masih ada pelukis kontemporer khusus kucing yang sangat hebat, hanya saja karyanya belum terekspos. Well said!

 JULIUS-CAESAR-1-c29517Ya ini dia “Julius Catsar”! ooops… “Julius Caesar”!

(ibr)

 

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Lynea Lattanzio: Wanita Pemelihara 1.000 Kucing!

Kita semua pasti senang apabila melihat banyak kucing dirumah kita meski terkadang merasa “repot” apabila terlalu banyak. Sebenarnya bagi catlovers sendiri, berapa batas banyaknnya kucing yang dapat dipelihara dirumah? Dua?

Cat News

Tertangkap Kamera, Video Kucing sedang Menaiki Badak Afrika

Siapakah “kucing” yang sedang menaiki badak dalam video tersebut? Ia adalah genet, kerabat dekat musang  dan kucing yang memiliki moncong panjang, telinga besar, tubuh seperti kucing, dan berekor panjang, namun

Cat News

Seekor Kucing Hilang dari Rumahnya, 8 Tahun Kemudian Ia Ditemukan di Negara Lain

Seekor kucing hasil rescue hilang dari rumahnya di London suatu hari, 8 tahun kemudian ia ditemukan di Paris, Prancis – 450 km jarak dari rumahnya. Yuk kenalan dengan Moon Unit

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!