Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemelihara Kucing Pemula
11/12/2016 4425 Views

Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemelihara Kucing Pemula

Kucing merupakan hewan yang paling cocok untuk dijadikan peliharaan oleh setiap orang. Sikap kucing yang setia, bersahabat dan juga mudah bersosialisasi menjadi alasan utama bagi orang-orang yang pada akhirnya menjadikan kucing sebagai peliharaan mereka. Namun dengan ‘laris’-nya kucing sebagai hewan peliharaan sejak dulu hingga sekarang, sebenarnya adakah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk kita para pemula dalam memelihara seekor kucing? Well, tentunya kucing bukanlah satu hal yang berupa barang dan dapat diberlakukan trial & error ya catlovers! Kucing adalah makhluk hidup yang memiliki hak untuk hidup nyaman dan juga tenang sejak mereka lahir ke dunia, apalagi jika kita memutuskan untuk memilih salah satu dari mereka untuk dipelihara, tentu kita sudah memiliki tanggung jawab penuh atas si kucing. Nah, sebenarnya ada nih beberapa kesalahan yang mungkin sering dilakukan oleh para pemula dalam dunia pemeliharaan kucing. Namun tidak ada kata terlambat kok untuk belajar! Maka dari itu baca artikel Cattery.co.id kali ini agar kesalahannya tidak terus terulang yuk catlovers!

13-cat-wants-to-tell-you-huggingAda beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh beginner dalam pemeliharaan kucing. Kira-kira apa saja ya?

Hal pertama yang sering menjadi kesalahan bagi para beginner dalam dunia pemeliharaan kucing adalah menganggap enteng kunjungan atau check-up rutin ke dokter hewan. Mungkin beberapa pertimbangan dan juga alasan yang klise menjadi  sampul dari ketidakinginan para pemelihara kucing untuk mengunjungi dokter hewan, seperti misalnya si kucing yang terlihat sehat dan selalu lincah di mata kita atau banyaknya orang-orang yang mengatakan bahwa binatang peliharaan tidak akan pernah betah untuk mengunjungi dokter hewan lalu menjadi stress. Ingat ya catlovers, kita saja manusia yang sesempurna ini tetap harus menjaga kesehatan dengan berbagai cara dari mulai olahraga, mengatur pola makan, istirahat yang cukup dan tidak lupa juga dengan periksa rutin ke dokter untuk mencegah penyakit yang datang. Nah, kucing pun juga sama loh! Mereka juga makhluk hidup yang harus teratur pola makannya, pola istirahatnya, tingkat tekanannya dilingkungan ia hidup dan juga check-up rutin ke dokter hewan untuk mencegah penyakit yang mungkin saja timbul sejak dini. Kembali lagi, kucing sangat pandai menyembunyikan penyakitnya dengan selalu lincah dan bermain sampai pada akhirnya di masa muda atau tua mereka penyakit yang mereka sembunyikan telah mengganas dan… semuanya telah terlambat untuk si kucing dan juga kita pemeliharanya. Tentu kita tidak ingin mimpi buruk ini terjadi bukan? Maka setidaknya luangkanlah waktu 6 bulan sekali untuk mengecek kesehatan si kucing ke dokter hewan. Lalu, jangan lupa juga dengan menyediakan anggaran untuk si kucing dapat check-up rutin ke dokter hewan ya catlovers! 

97787440-take-your-cat-to-the-vet-632x475Bawalah si kucing ke dokter hewan untuk check-up rutin setidaknya 6 bulan sekali!

calico-250-250 kotak-250x250

Berikutnya, sering kita melihat kucing yang diberikan baju dan atribut-atribut lainnya sehingga mereka terlihat bak manusia atau tokoh-tokoh lainnya yang bukan merupakan dirinya sendiri. Sebenarnya ini bukanlah hal yang baik untuk diperlakukan kepada si kucing. Hal yang seperti itu disebut sebagai Anthromorpize yang berarti sebagai menjadikan hal yang bukan manusia menjadi serupa dengan manusia. Ingatlah bahwa si kucing bukanlah manusia dan mereka tidak memiliki hasrat keinginan dan kebutuhan yang sama dengan kita sebagai manusia! Coba jika kita balikkan keadaannya, maukah kita memiliki sikap manja dan ‘bermalas-malasan’ seperti kucing? Tentu tidak kan catlovers? Apakah kamu ingin seluruh tubuhmu ditumbuhi bulu yang lebat dengan kuping yang panjang meruncing? It’s a big no!

halloween-inspiration-cats-costume--large-msg-131898704193Ya kucing yang diberikan kostum seperti ini mungkin memang terlihat menggemaskan dan semakin lucu bagi kita. Namun pernahkah kita berfikir tentang kenyamanan si kucing pada saat mengenakan kostum tersebut?

Lalu kita sampai kepada kesalahan yang sangat umum terjadi ditengah-tengah para pemula di dunia kucing. Ya, ini adalah permasalahan yang sangat menyangkut dengan litter box. Dokter hewan dan juga para ahli perilaku kucing merekomendasikan untuk memiliki litter box dengan jumlah lebih banyak daripada jumlah kucing yang kita pelihara. Misalnya jika kita memelihara satu ekor kucing dirumah maka kita harus memiliki setidaknya 2 buah litter box. Jika kita memelihara 2 ekor kucing dirumah maka setidaknya kita harus memiliki 3 buah litter box dan seterusnya. Ini mengantisipasi kebiasaan kucing yang selalu ingin memperluas teritorinya dan ingatlah bahwa salah satu si kucing menandai teritorinya adalah dengan  urin dan juga fesesnya. Jadi alih-alih si kucing ‘menandai’ teritorinya sembarangan, akan lebih baik jika kita menyediakan litter box yang tersebar di beberapa titik di dalam rumah kan catlovers? Oh iya! Jangan lupa juga untuk mengisi pasir di dalam litter box si kucing yang memiliki aroma wewangian ya catlovers, kita juga harus rutin untuk membersihkan litter box si kucing!

106887241-litter-box-etiquette-632x475Sediakan setidaknya 2 litter box untuk seekor kucing.

Well, catlovers mungkin memang terdengar dan terlihat seperti sedikit repot ya start-up dalam pemeliharaan seekor kucing, namun sebenarnya disinilah saat-sat di mana catlovers akan membangun ikatan yang semakin kuat dengan si kucing! Ingatlah bahwa si kucing akan setia kepada pemeliharanya yang selalu peduli dan perhatian terhadapnya!

Man in knitted sweater holding ginger cat.All love!

Source:

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Pemula

Cara Memilih Kucing yang Sehat

Setiap pecinta kucing tentu ingin memiliki kucing yang sehat. Namun beberapa catlovers yang ingin mulai mengadopsi kucing tentu masih bingung bagaimana memilih anak kucing yang sehat. Cattery.co.id akan sedikit memberikan

Pemula

7 Persiapan Wajib Sebelum Memutuskan Adopsi Kucing

Mungkin sebagian diantara kita sudah lama memelihara kucing. Namun tidak sedikit catlovers yang baru ingin memulai adopsi kucing. Ada beberapa faktor penting yang patut kita perhatikan sebelum terburu-buru mulai mengadopsi

Pemula

Adopsi Anak Kucing? Adopsi lah 2 Kucing!

Mengadopsi anak kucing adalah momen yang spesial dalam hidup kita. Jika catlovers berencana untuk mengadopsi anak kucing, adopsi lah dua kucing sekaligus! Ya, dua anak kucing sekaligus, bukan satu. Jika

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!