Kenapa ya Kucing Menengok Jika Dipanggil Puss?
24/07/2015 12705 Views

Kenapa ya Kucing Menengok Jika Dipanggil Puss?

Halo catlovers! Pasti anda semua punya nama panggilan masing-masing bukan? Mungkin nama panggilan dari anda bayi atau nama panggilan yang mewakili sifat anda? Nah sepertinya hal ini berbeda untuk si kucing. Mereka semua memiliki satu panggilan yang sama hampir diseluruh negara yakni mpus, puss atau pussy. Pernahkah terlintas dipikiran catlovers, kenapa kucing lucu selalu menengok jika dipanggil dengan panggilan tersebut? Nah kali ini cattery.co.id akan coba mengulas tentang animo ini.

Kucing dan manusia memang sudah hidup berdampingan sejak 5.000 tahun yang lalu dan berawal dari Mesir yang memang menganggap kucing sebagai hewan yang suci bahkan titisan dewa. Lalu di Cina juga meyakini bahwa mereka telah hidup berdampingan dengan kucing semenjak 5.300 tahun yang lalu dan kucing juga merupakan simbol keberuntungan bagi mereka. Banyak yang meyakini bahwa panggilan puss atau pussy kepada si kucing berawal dari kedua tempat ini, apakah benar? Ternyata tidak.

Kata”puss” ata “pussy” diyakini berasal dari kata “poe” (bahasa Belanda) dan “puuskatte” (bahasa Klasik Jerman), “katepus” (bahasa Swedia) dan “pus” dan “pusekatt” (bahasa Norwegia) yang memiliki kesamaan arti dalam memanggil wanita yang cantik ataupun kucing betina. Kata “puss” juga merupakan nama lain dari kucing pada tahun 1530.8-Benefits-of-Running-5-Minutes-7

Pasca era itu, “puss” juga menjadi kata yang sering digunakan oleh Jerman untuk memanggil kucing, diikuti oleh “puse” di Norwegia dan “poes” di Belanda. Pada tahun 1605 “pussy” mulai menjadi kata yang sering digunakan seluruh negara jika ingin memanggil kucing. Lalu kata “pussycat” menjadi kata terakhir yang digunakan untuk memanggil kucing dimulai pada tahun 1805 disaat ada lagu anak-anak tentang kucing yang menggunakan kata “pussycat” sebagai lirik utamanya.

calico-250-250 kotak-250x250

Tetapi diluar sejarah tersebut, ternyata tidak semua kucing menengok jika dipanggil “puss” atau “pussycat”. Kenapa begitu? Ternyata ada riset yang dilakukan perihal animo ini dan hasilnya adalah : tidak semua kucing akan menengok jika dipanggil “puss”, “pussy” atau “pussycat”, ini tergantung pada pemeliharanya sejak kecil memanggil si kucing dengan panggilan apa disaat ingin memberi makan si kucing.

cat_running-1920x1080

Ternyata catlovers, jika dipandang dari sudut pandang ilmiah tentang kucing yang selalu menengok jika dipanggil “puss” atau “pussy” hanyalah karena manusia sejak dulu memanggil kucing dengan kedua sebutan tadi jika ingin memberi makan si kucing. Jadi, karena memori kucing sangat baik, si kucing merasa bahwa jika ada suara “puss” atau “pussy” ia akan menghampiri karena disitu pasti ada makanan.

Nyatanya sekarang tidak semua negara memanggil kucing dengan sebutan “puss” atau “pussy”, banyak juga yang memanggil kucing dengan sebutan “kitty, kitty” (berasal dari kata kitten yang berarti anak kucing), “catty, catty”, atau bahkan nama yang diberikan oleh pemelihara si kucing. Karena mungkin sebutan-sebutan lain tadi telah dibiasakan sejak si kucing masih kecil, ia terbiasa dengan panggilan tersebut dan selalu menghampiri pemeliharanya.

fuga

Jadi catlovers, tidak ada salahnya jika kita menganggap kata “puss” atau “pussy” sebagai sebutan yang digunakan untuk memanggil kucing. Tapi jangan heran jika suatu saat di jalanan kita melihat kucing dan kita iseng memanggilnya dengan sebutan “puss” tetapi ia tidak menengok. Mungkin saja ia memiliki panggilan lain sejak kecil.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

Kucing di Dalam Kehidupan Winston Churchill, Perdana Menteri Inggris Semasa Perang Dunia 2

Kucing memang sudah berada sejak dulu ya catlovers, bahkan mereka telah ada sebelum generasi kita sekarang terlahir ke dunia. Lalu, apakah dapat dikatakan bahwa kucing juga merupakan saksi dari sejarah

Dunia Kucing

Kucing Hitam Tidaklah Membawa Sial! Ayo Kita Peduli Kucing Hitam!

Kita semua sebagai pemelihara kucing pasti memiliki jenis kucing terfavorit. Mungkin dari ragdoll, exotic shorthair, persia, maine coon dan yang lainnya. Pastinya tiap jenis kucing juga memiliki warnanya masing-masing, ada

Cat News

Steve dan Sahabat-Sahabat Domba-nya!

Kucing merupakan hewan peliharaan yang dapat dikategorikan sebagai hewan yang soliter. Mereka mungkin lebih sering menghabiskan waktunya berdiam diri, tidur dan bersantai. Mereka mungkin hanya akan bermain dengan kita sebagai

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!