Kenapa Sih si Kucing Senang Menjatuhkan Barang ke Lantai?
19/10/2016 1853 Views

Kenapa Sih si Kucing Senang Menjatuhkan Barang ke Lantai?

Kucing merupakan hewan yang penuh dengan rasa penasaran dan pasti kita sebagai pemelihara kucing seringkali melihat kelakuan aneh si kucing yang seperti apapun itu. Seperti berguling-guling sendiri di karpet, mencari sesuatu ke tempat yang gelap atau ke dalam kardus, berlari-lari kemana-mana dengan kecepatan yang super cepat namun entah maksudnya apa dan tentunya, menjatuhkan barang yang sebenarnya bisa saja tidak mereka jatuhkan (ya! Mereka terlihat seperti menjatuhkan barang tersebut dengan sengaja! Bukan tertabrak atau tersenggol, tapi dijatuhkan!). Mungkin kita terkadang merasa geram kepada si kucing, namun berkali-kali dan sampai kapanpun pasti kita akan memaklumi dan memaafkan mereka bukan? Lalu, sebenarnya apa ya motivasi mereka menjatuhkan barang yang ada di depan mata mereka seperti itu? Ok, kali ini kita akan membahas hal tersebut hanya di cattery.co.id!

Jika kita memelihara seekor kucing, kemungkinan besar si kucing dirumah telah menjatuhkan gelas, pajangan dan barang-barang lainnya yang ada di rak, pinggir meja ataupun di atas lemari kamar. Mungkin kita melihat si kucing yang melakukan hal itu seperti sedang mengganggu kita atau sekedar ingin membuat kita kesal, tapi benarkah itu? Bagaimana jika sebenarnya si kucing melakukan ini karena sebenarnya kita-lah alasan si kucing menjatuh-jatuhkan barang seperti itu?

cats-pushing-things-over-ftrSebenarnya apa ya alasan si kucing melakukan penjatuhan barang seperti itu?

Hal pertama yang paling mungkin adalah insting si kucing yang cukup tajam untuk menganalisa segala hal yang ada sekitarnya (yang terkadang terlalu men-detail…) Kembali kepada jati diri kucing yang merupakan hewan pemangsa dan merupakan salah satu hewan yang sebenarnya berada pada puncak rantai makanan. Kucing melakukan penjatuhan barang seperti itu karena sebenarnya mereka hanya ingin memeriksa apakah benda tersebut jika ia sentuh, cakar, dorong dengan tangannya akan memberikan reaksi tersendiri yang ternyata berbahaya untuk dirinya. Sebenarnya, ini merupakan bentuk antisipasi si kucing dari segala hal yang mungkin saja dapat menjadi mangsaannya atau menjadi musuhnya. Mereka tidak pernah berniat untuk menjatuhkan pajangan, pecah belah dan sebagainya dengan sengaja. Ini merupakan perilaku defensif yang wajar pada kucing.

calico-250-250 kotak-250x250

tfvhbIni merupakan perilaku antisipasi dan defensif yang wajar untuk si kucing agar dapat memeriksa apakah itu berbahaya atau tidak bagi dirinya.

“Ketika si kucing menyenggol atau berhadapan dengan sesuatu apalagi jika objek tersebut lebih kecil darinya, ia akan menyentuh / menyenggol hal itu dengan kaki atau tangannya, ini merupakan perilaku yang sama dan wajar pada tiap kucing” tukas dokter hewan Ellen Whiteley. “Naluri si kucing memberitahu bahwa objek yang tadi ia sentuh/ senggol tadi bisa saja merupakan seekor tikus atau mangsaan lainnya dimana mereka akan mulai memasang kuda-kuda untuk menerkam dan akan memulai ‘permainan’ yang baik (atau mungkin dapat dijadikan makanannya)” tambahDr Ellen Whiteley.

wdnfowsdfu“Apa ini tikus? Coba sini aku senggol

Namun ingat bahwa sebenarnya kucing merupakan seekor hewan yang dapat mengambil kesimpulan yang baik. Mereka sebenarnya tahu bahwa objek-objek yang berada di rak atau lemari kita yang bisa ia jatuhkan sama sekali bukan-lah tikus atau mangsaan lainnya. Lalu kenapa mereka terus menjatuhkan barang-barang dirumah? Simple. Karena pada saat menjatuhkan barang-barang dirumah, mereka akan segera mendapatkan atensi kita.

sZQnzuAKucing juga menjatuhkan baran-barang di rumah bisa jadi karena kurangnya perhatian atau sudah merasa lapar dan ia tidak mendapatkan yang ia inginkan.

Jadi, jika si kucing merasa bosan dengan sekitarnya, merasa tidak diperhatikan dan apalagi jika itu merupakan waktunya makan dan kita lupa memberikannya makan, jangan kaget jika si kucing ternyata mengingat beberapa trick yang bisa mereka lakukan pada masa lalu dan terbukti dapat mendapatkan perhatian kita.Ya, mereka mungkin saja menjatuhkan toples atau yang terburuk, vas bunga di ruang tamu.

cats-knocking-stuff-on-the-floorYa bahkan kucing kecil pun melakukan kegiatan seperti ini.

Penanggulangannya? Sebenarnya cukup simple tapi seringkali disepelekan. Kita tentu menyayangi si kucing dan berharap bahwa si kucing tidak memiliki sedikitpun perilaku destruktif sehingga barang-barang dirumah aman bukan? So, mulailah untuk menetapkan jadwal rutin pemberian makan kepada si kucing dan pastikan juga si kucing mendapatkan banyak stimulasi langsung dari kita untuk berinteraksi dengan baik dan juga memiliki waktu bermain yang cukup dengan kita. Itu cukup bekerja agar si kucing tidak lagi caper dengan cara menjatuhkan sesuatu di dalam rumah.

Cr8a3hvVYAEoDfK.jpg large“Apa yang kau lakukan didepanku? Menghadang? Coba saja kalau berani!

Ingat, tidak hanya makanan dan mainan, akan tetapi yang terpenting adalah perhatian langsung dari kita sebagai pemelihara kepada si kucing. Jangan lupa belikan si kucingg scratching post agar sofa, gordyn dan ujung kasur dirumah tidak menjadi korban cakaran mereka, jika memungkinkan belikan juga si kucing arena untuk memanjat (ya, kucing senang melihat territorial-nya dari ketinggian) lalu tentu usahakan agar ruangan si kucing dekat dengan jendela karena si kucing sebenarnya senang sekali mengamati dunia luar melewati jendela rumah!

02-13-things-you-didnt-know-about-cats-digesting-foodJangan lupa memberikan makanan kepada si kucing secara rutin dan terjadwal karena kurangnya makanan juga dapat menjadi pemicu si kucing melakukan hal seperti tadi dirumah!

Intinya adalah, jika si kucing sudah merasa cukup dari segi makanan, minum, kesehatan, kebersihan dan terutama terhibur dan juga kasih sayang dari pemeliharanya, mereka pasti akan anteng dan terus menjadi penurut. Lain halnya jika kita tidak memperdulikan si kucing. Jangan salahkan jika mereka meminta atensi kita dengan cara mereka yang mungkin tidak selalu sejalan dengan kita, ya contohnya menjatuhkan barang seperti tadi.

968fbaaed9083d2ea7d2442504b538d2Ya, mereka pasti akan lebih tenang dan menyenangkan jika apa yang mereka perlukan sudah terpenuhi!

Lalu cara lainnya untuk menjaga barang-barang dirumah agar lebih aman dari jangkauan si kucing adalah tentu dengan menjauhkannya dari jangkauan si kucing dan buatlah si kucing tidak begitu penasaran dengan benda tersebut. Ya jika kita tetap ingin memajang pajangan dirumah dan tetap ingin meletakannya pada tempat yang mudah dijangkau si kucing, bisa juga menempatkan pajangan tersebut ke dalam kotak berbahan acrylic yang pasti aman jika terjatuh karena senggolan cakar si kucing.

aca“Adakah yang bisa aku jatuhkan diatas meja ini?”

All is love!

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Perilaku Kucing

9 Cara Membangun Kepercayaan Pada Kucing Pemalu

Banyak penyebab kucing menjadi pemalu atau takut pada manusia. Entah apakah kucing itu hasil rescue dari situasi dimana ia diperlakukan dengan buruk oleh manusia, tidak pernah berinteraksi dengan manusia sebelumnya,

Perilaku Kucing

10 Hal yang Paling Disukai Kucing untuk Dilakukan

Ada banyak kegiatan yang sangat tidak disukai oleh kucing, seperti mandi, mengunjungi dokter hewan, dan minum obat. Tetapi sangat menyenangkan jika kita mengetahui bahwa kucing kita yang rewel ini sangat

Perilaku Kucing

7 Alasan Mengapa Kucing Sangat Suka Membersihkan Dirinya (Self Grooming)?

Kucing adalah salah satu hewan yang sangat menjaga kebersihan dirinya. Salah satu cara kucing membersihkan dirinya adalah dengan cara menjilat-jilat badannya atau self grooming. Namun, pernahkah terlintas di benak catlovers

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!