Kenapa Kucing Suka Menggigit Disaat Kita Mengelus Mereka?
12/12/2015 56318 Views

Kenapa Kucing Suka Menggigit Disaat Kita Mengelus Mereka?

Catlovers semua pasti sangat menyayangi kucing-kucingnya bukan? Berbagai cara telah kita lakukan untuk si kucing agar si kucing tau dan sadar bahwasannya kita menyayangi mereka, seperti disaat kita membelikan mainan untuk mereka, meberikannya makanan terbaik, memandikannya, mengajaknya berjalan-jalan (terkadang hal ini sangat ajaib terjadi), dan pastinya bermain secara langsung dengannya. Pada saat bermain, hal pertama yang kita lakukan pasti adalah mengelusnya. Entah dibagian manapun kita mengelus (tempat terbaik adalah bagian atas dan bawah leher si kucing) pasti mereka akan mendengkur dan seringkali menggeliat disekitar kita sekaligus terus menghampiri kita. Tetapi, pernahkah catlovers digigit si kucing pada saat catlovers mengelus mereka? Entah gigitan yang pelan ataupun yang kencang dari sikucing, sehingga catlovers terbersit berfikir “apa ada yang salah? Apa kucing saya tidak menyukai saya?”. Pasti banyak pertanyaan muncul di benak catlovers pada saat itu, apalagi jika hal tersebut berlanjut. Sebenarnya apa ya penjelasan ilmiah perihal kucing yang suka menggigiti kita? Apakah itu tanda keakraban? Atau malah tanda kebencian? Kali ini cattery.co.id akan membahas seputar hal tersebut hanya untuk catlovers!

maxresdefaultKenapa kucing menggigit disaat kita mengelus mereka?

Ya, pasti kita langsung terheran-heran ya catlovers pada saat kita sedang nyaman mengelus si kucing dan kita tahu benar bahwasannya si kucing juga nyaman dengan kita elus namun mendadak ia berbalik dan malah menggigit jari kita. Akan tetapi jangan panik, catlovers dirumah bukanlah satu-satunya yang merasakan hal ini, karena hampir seluruh pecinta kucing di dunia telah merasakan hal dan kebingungan yang sama. Banyak dari pecinta kucing yang telah merasakan hal yang sama menyebutnya sebagai “Love Bite” atau “Love Biting” (Gigitan karena rasa sayang si kucing kepada kita) dan para behaviorist kucing menyebutnya sebagai “Petting – induced aggression” yang berarti kita digigit si kucing karena kita mengelusnya hingga memicu rasa tidak nyaman pada si kucing. Memang benar bahwasannya si kucing peliharaan terus mencari perhatian pemeliharanya hanya disaat mereka kesepian dan sudah jarang pemeliharanya ajak untuk bermain. Namun selalu saja terjadi kesalah pahaman rasa sayang yang dilakukan oleh pemelihara kepada kucing-kucingnya sehingga si kucing ini yang sebelumnya adalah kucing yang bersahabat mendadak menjadi liar layaknya kita menyalakan lampu di ruang yang gelap.

Black-and-white-cat-biting-human-handIni merupakan tanda disaat si kucing mulai merasa tidak nyaman dengan elusan kita

calico-250-250 kotak-250x250

Lalu sehubungan dengan hal ini para peneliti behavioristik kucing di Colorado melakukan sebuah penelitian kecil perihal mengapa kucing suka mendadak menggigit tangan kita disaat kita sedang mengelus, dan penelitian ini melahirkan 3 kesimpulan:

  • Kucing melakukan hal tersebut mungkin mereka merasa jika mereka sedang dibawah pengaruh makhluk hidup lain dan ia berusaha untuk “mengambil alih” kendali atas dirinya dengan menggigit siapapun yang mengelus dirinya.
  • Kemungkinan lain adalah adanya stimulus negatif dibenak si kucing bahwasannya ia akan dimangsa atau dilukai dengan dibuat nyaman terlebih dahulu (diperdaya) sehingga apabila kita mengelusnya terlalu lama, si kucing akan merespon elusan kita dengan gigitan.
  • Kemungkinan terakhir adalah si kucing hanya ingin memberitahu kepada manusianya bahwa mereka tidak lagi nyaman dielus oleh pemeliharanya, mungkin karena pada bagian tersebut terdapat luka atau karena bosan sehingga si kucing menggigit tangan pemeliharanya yang mengelus sebagai penanda bahwa ia merasa tidak senang.

Jadi, dari hasil penelitian kecil para peneliti tadi kita dapat menyimpulkan bahwasannya si kucing memberikan “Love Bite” tadi dikarenakan rasa tidak nyaman yang mulai timbul disaat mereka terus dielus oleh kita, dan ini juga merupakan tanda bahwa si kucing memang benar-benar memiliki insting pemburu dimana ia akan mengantisipasi secara langsung dan mendadak apabila ia merasa dirinya sedang dibawah kendali / diperdaya makhluk hidup lain. Pada kasus ini antisipasinya adalah berupa gigitan yang tentunya kita merasakan hal ini juga sebagai pemelihara kucing. Lalu, adakah peneliti lain yang meneliti sikap kucing yang seperti ini? Pada SmartLivingNetwork bahwasannya “Love Bite” merupakan tanda bahwa si kucing benar-benar mencintai dan menyayangi kita, hanya saja jika disaat ia menggigit kita tidak terlalu keras dan terkesan sebagai gigitan yang lembut dan sangat pelan. Namun apabila gigitan yang tadinya pantas dikatakan sebagai “Love Bite” berubah menjadi “Hurt Bite” dimana gigitan si kucing dapat menjadi lebih keras dan mungkin akan terasa sakit oleh kita, disitulah sebenarnya si kucing mencoba untuk berinteraksi kepada kita untuk satu hal yang sangat penting.

cats-bite-fingers-closeupHanya kucing sensitif yang mungkin memberikan “Love Bite”

Sebenarnya tidak semua kucing akan memberikan “Love Bite” sehubungan dengan tingkat sensitifitas kucing yang berbeda-beda. Sama halnya seperti manusia yang mungkin ada yang lebih peka dengan lingkungannya dan adapula yang tidak. Dalam hal ini, gigitan keras si kucing tadi merupakan tanda bahwa si kucing merupakan kucing yang sangat bisa berinteraksi dengan kita pemeliharanya. Beberapa kemungkinan dapat ditarik dari hal ini. Kemungkinan pertama adalah si kucing merasa bahwa ruangan tempat ia sedang bermain dengan kita sangatlah penuh dengan orang-orang (ramai) atau terlalu berisik. Sebagai pemelihara dari si kucing, ia akan berusaha untuk memberitahu kita untuk mengeluarkan dia dari tempat tersebut ke tempat yang mungkin lebih tenang dan lowong. Kemungkinan kedua adalah terlalu banyak perhatian kepada dirinya atau juga terlalu banyak orang yang mengajaknya bermain. Contoh, kucing yang sedang bermain dengan 2 anak kecil, mungkin pada awalnya si kucing merasa nyaman dengan hal tersebut sehingga ia tetap diam disaat dielus oleh kedua anak kecil ini, tetapi mendadak si kucing berbalik dan menggigit tangan dari salah satu anak kecil tadi. Ini dikarenakan si kucing merasakan fokusnya terpecah sehingga fokus yang tadinya hanya terpusat pada kenyamanan mendadak terpecah karena terlalu banyak tangan yang mengelusnya dan malah membuatnya terganggu.

Favim.com-21760“Love Bite’ is coming!

Jackson Galaxy juga memiliki pendapat sendiri terhadap hal ini, pertanyaan serupa telah datang memenuhi email pribadinya sehingga ia menjawab secara singkat :”kenapa kucing saya terus mengigiti saya? Sebenarnya pertanyaan ini sangat “abstrak” untuk dijawab dengan jawaban yang “solid” akan tetapi kita coba seperti ini. Mungkin saja si kucing benar merasa tidak suka terhadap sesuatu yang berada di sekitarnya (terutama dengan sesuatu yang mengelusnya, dalam hal ini itu adalah tangan kita). Si kucing merasa dibawah kendali sesuatu, agresi-nya meningkat dan merupakan isyarat yang berbunyi ‘hentikan itu! Aku tidak suka hal itu!’. Akan tetapi banyak sekali pecinta kucing yang merasakan hal serupa perihal kucing yang menggigit kita disaat kita mengelusnya dan disaat ia ditanya dengan pertanyaan yang sama, mereka menjawab : “sekali digigit oleh si kucing, lalu apa ada masalah dengan 40 gigitan berikutnya?”. Ya jawaban dari Jackson memiliki perspektif yang berbeda karena ia secara singkat mengatakan bahwasannya kucing yang menggigit tadi adalah karena mereka sudah merasa tidak nyaman dengan elusan yang mereka terima, mungkin tempatnya yang salah atau mungkin elusan kita terlalu keras. Namun, Jackson juga mengatakan secara implisit bahwasannya sebagai pecinta kucing, apakah gigitan si kucing bermasalah untuk kita? Tentu tidak bukan.

cat-biteAda beberapa sinyal yang si kucing berikan agar kita dapat menghindari gigitannya

Lalu, apabila kita tetap ingin menghindari gigitan kucing tadi, adakah caranya? Mungkin secara jelas kita tidak akan tahu ia akan menggigit kita kemudian atau tidak, akan tetapi ada beberapa “sinyal” yang si kucing berikan apabila ia mulai merasa tidak nyaman dengan elusan kita dan siap untuk menggigit, dan sinyal tadi dapat kita lihat dari beberapa bagian tubuhnya, antara lain:

  • Ekor

Ekor kucing merupakan bagian tubuh yang sangat penuh dengan isyarat. Disaat ia tidak nyaman dengan sesuatu didekatnya, buntutnya akan bergerak ke atas dan kebawah secara cepat dan menegang. Lalu rambut di buntutnya akan meninggi disaat yang sama. Nah, jika catlovers melihat sinyal ini pada ekor si kucing, ini waktunya kita beristirahat sejenak dari waktu bermain!

  • Kulit

Tidak secara harfiah kita dapat melihat pergerakan kulit si kucing (tentu saja ini karena tertutupi bulu!) akan tetapi pergerakan dari kulit si kucing dapat kita rasakan disaat kita mengelus si kucing. Tiap kita mengelus si kucing (terutama dari bagian punduk hingga hampir ke ekor) kita akan merasakan bahwa kulit si kucing seperti ikut bergerak melawan arah gerakan tangan kita yang mengelus si kucing. Apabila kulit si kucing mulai seperti menegang dan gerakannya semakin cepat, itu merupakan tanda bahwa si kucing merasa stimulasi kita terhadapnya terlalu banyak. Ini saatnya kita menghentikan elusan kita terhadap si kucing!

  • Mata

Mata si kucing juga dapat menjadi penanda disaat mereka mengisyaratkan sesuatu. Dalam hal ini, mata si kucing akan terbelalak dan terpejam apabila ia dengan senang hati mengajak kita bermain dan memang sedang ingin bermain. Akan tetapi apabila mata dan kepala si kucing benar-benar lurus melihat ke arah kita sambil sesekali menengok ke arah lain dan kembali lagi kepada kita, ini merupakan bahasa si kucing yang sedang mengatakan: “Hey, tidakkah kau mengerti? Kita sudah cukup bermain hari ini!”. Jadi, kita kita tahu harus seperti apa bukan?

bite-the-hand-that-feeds-you-literally_lNomNomNomNom!

So, banyak sekali ya arti daripada “Love Bite” si kucing. Mungkin benar itu merupakan tanda bahwa si kucing mulai merasa tidak nyaman untuk bermain dengan kita, tapi bukan berarti bahwa si kucnig membenci kita ya catlovers! Kita sebagai manusia pun tidak akan merasa senang kan dengan bermain sepanjang hari? Ya, begitupula hewan berbulu yang kita sayangi ini! Namun, apabila gigitan mereka masih terasa lembut dan penuh dengan rasa sayang, tidak ada salahnya untuk terus mebiarkan si kucing menggigiti tangan kita bukan?

Cute Cat Biting Hand (video)

(ibr)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Perilaku Kucing

Apa yang Kucing Lakukan Setiap Harinya Ketika Sendirian di Rumah?

Pernahkah catlovers bertanya-tanya apakah yang kucing indoor kita lakukan setiap harinya di rumah ketika sendirian? Apakah si kucing hanya tidur seharian? Apakah kerjaannya hanya melihat keluar jendela? Atau ia sedang

Perilaku Kucing

Apa Arti Dengkuran, Meongan atau Usapan Badan Kucing pada Kita?

Video kucing berikut berasal dari serial Science of Us New York Magazine, yang menjelaskan secara ilmiah, apa maksud si kucing ketika ia mendengkur, mengeong atau mengusap-usap pada kita. Mungkin kita

Perilaku Kucing

Ketika Kucing Mempermainkan Kita

Ketika kucing melatih cara berperilaku yang baik kepada pemiliknya.. Saat kita mengatakan kepada orang-orang bahwa kucing-kucing kita berperilaku baik dan terlatih, mereka mengangguk dan senyum dengan sopan, dan berusaha untuk tidak memutar matanya.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!