Kenapa Kucing Suka Bersantai di Tempat yang “Aneh”?
11/08/2015 12685 Views

Kenapa Kucing Suka Bersantai di Tempat yang “Aneh”?

Hallo catlovers! Masih ingat tidak dengan artikel cattery.co.id tentang kucing sangat menyukai kardus? (Lihat : 5 Alasan Mengapa Kucing Sangat Suka di Dalam Kardus) Nah ternyata bukan Cuma kardus loh tempat yang sangat disukai kucing. Kadang mereka bisa merasa nyaman dengan melingkarkan badannya di aquarium, toples atau bahkan di kepala kita disaat kita sedang tidur! Hmmm, dasar ya kucing ada-ada saja!

Cat-facing-out-of-boxshutterstock_139593383Kenapa ya kucing suka bersantai ditempat aneh?

Ternyata banyak alasan yang masuk akal kenapa kucing menyukai tempat-tempat yang tidak lumrah untuk dijadikan bersantai sebagai tempatnya beristirahat. Dan alasan inipun diverifikasi oleh seorang dokter hewan dan behaviorist kucing Marilyn Krieger.

Cat-in-sink-shutterstock_181016582Wastafel bisa menjadi tempat ternyaman untuk si kucing!

calico-250-250 kotak-250x250

Kucing memang pada dasarnya dapat menjadikan seluruh tempat menjadi nyaman untuk dirinya, bahkan tempat yang paling aneh pun jika itu nyaman baginya, ia akan bersantai disitu. Seperti contoh, toples, kardus, keyboard komputer, sesuatu yang memiliki permukaan keras ataupun lembut sampai dengan kepala manusia. Mungkin tempat-tempat tadi sangat-sangat tidak masuk akal untuk dijadikan tempat bersantai atau beristirahat, tetapi kucing sangat memiliki kemampuan agar tubuhnya muat di segala tempat karena tubuh kucing sangatlah fleksibel. Lalu setelah mereka merasa muat di tempat tersebut, mereka akan merasa nyaman bahkan tertidur dengan posisi yang terlihat tidak nyaman sekalipun. Sebenarnya ada beberapa alasan kuat kenapa kucing dapat merasa nyaman dengan keanehan tadi.

Menjaga Suhu Tubuh

Salah satu alasan terkuat kenapa kucing dapat merasa nyaman ditempat-tempat seperti toples kecil, kardus dan lainnya adalah untuk menjaga suhu tubuhnya.

Di hari yang dingin, tidak ada yang lebih baik dibanding mencari tempat yang sangat hangat untuk bersantai, bahkan untuk kita sebagai manusia pun pasti akan melakukan hal itu kan catlovers? Tetapi kucing tidak seperti kita yang berada di dekat pemanas ruangan untuk menghangatkan tubuh disaat kedinginan, melainkan berada di kasur yang kita tiduri atau bahkan kepala kita. Kenapa begitu? Hal ini dikarenakan kucing selalu senang berada di area yang beraroma orang-orang terdekatnya (pemeliharanya) sekaligus mencari kehangatan. Dan kenapa kepala manusia? Itu karena kepala kita disaat tidur mengeluarkan hawa yang hangat dari atas kepala sehingga si kucing akan melingkarkan tubuhnya di kepala kita disaat kita tertidur. Lucu ya!

6088281594_e07b9ed95b_oKarena kepala kita mengeluarkan hawa yang hangat, si kucing dapat menjadikan kepala kita sebagai tempat favoritnya

Keamanan dan Kenyamanan

Ya jika berbicara kucing, tidak lain kita akan selalu bersangkutan dengan hewan yang sangat menggunakan instingnya dalam segala hal. Keamanan dan Kenyamanan merupakan prioritas utama bagi si kucing dalam keadaan apapun, sekalipun disaat si kucing sedang beristirahat. Pada dasarnya kucing memang hewan yang individual dan selalu berpatokan dengan teritori dimana ia berasal dan dibesarkan. Jadi ia akan memiliki tematnya sendiri untuk beristirahat dengan aman dan nyaman sekalipun tempat itu sangat tidak wajar seperti dalam lemari, tumpukan handuk atau bahkan rak buku. Bahkan pernah ada studi akan hal ini disebuah penangkaran kucing di Belanda. Mereka menyediakan banyak kardus kosong disana dan sengaja melepaskan kucing-kucing mereka dengan maksud agar para kucing memasuki kardus itu masing masing dan voila! Semua kucing menempati kardusnya masing-masing dan bersantai.

Cat-in-Closet-shutterstock_137493044Lemari handuk dapat menjadi tempat penuh kenyamanan dan keamanan untuk si kucing

Hierarki

Ya, layaknya tentara dan polisi. Hierarki dan kasta dalam dunia kucing memang terlihat jelas. Beberapa keluarga yang memiliki kucing lebih dari satu selalu mengalami banyak hal unik dari kucing-kucing mereka, salah satunya disaat mereka memilih tempat berdiam diri dan bersantai bersama-sama. Kucing-kucing ini pasti memilih tempat yang cenderung tinggi dan bertingkat secara bersamaan dan mereka akan menempati tiap tingkatan tempat itu berdasarkan “kekuasaan” atau hierarki diantara mereka. Jadi sangat mudah untuk anda jika ingin mengetahui kucing mana yang menjadi “bos” diantara semuanya, dia adalah kucing yang berada di tempat paling atas.

Tetapi dalam hierarki untuk kucing-kucing rumahan ini sangatlah bersifat fleksibel. Karena jarang bahkan tidak pernah kekuasaan ini diperebutkan melalui cara bertarung, tetapi melainkan dari tingkat kesehatan si kucing dan kucing manakah yang tersering berkeliling disekitar teritorinya maka ialah yang akan menempatkan tingkatan teratas.

OntheladderbyMkriegerYang teratas adalah “bos”-nya!

Mencari Perhatian

Yap! Ini juga sebenarnya merupakan alasan terkuat kenapa kucing suka bersantai ditempat-tempat yang terhitung “aneh”. Mungkin anda kurang memberi perhatian kepada kucing anda sehingga ia meminta perhatian anda dengan bersantai diruang kerja anda. Entah dikeyboard komputer, diatas monitor, printer bahkan rak buku. Tempat yang sangat aneh untuk bersantai bukan? Tetapi inilah yang akan dilakukan si kucing jika ia telah merasa nyaman dan mengharapkan sedikit perhatian anda kepadanya. Jadi jangan dikira si kucing mengganggu pekerjaan anda ya jika ia ada diruang kerja anda, karena kemungkinan terkuatnya adalah ia ingin mengajak anda untuk bermain dan memperhatikannya. Tetapi jaga juga kucing anda jika ia mulai mendekati port listrik atau benda-benda listrik yang menghantarkan panas seperti setrika atau pencatok rambut karena itu dapat membahayakan si kucing!

Sitting-on-keyboard-shutterstock_11619736Kucing yang berdiri di keyboard komputer anda bisa jadi sedang mencari perhatian anda

Nah catlovers, itu kurang lebih alasannya kenapa kucing suka bersantai di tempat yang terbilang “aneh”. Jangan dikira itu merupakan tanda bahwa si kucing mengalami kelainan atau penyakit. Itu merupakan insting dasar si kucing untuk mendapatkan tempat ternyaman dan teraman di teritorinya. Bahkan bisa jadi ia sedang mencari perhatian catlovers!

 

(ibr)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

Cerita tentang Ernest Hemingway dan Kucing di Florida

Apakah catlovers merupakan seorang pecinta novel? Jika ia mungkin ada beberapa nama yang langsung muncul di benak catlovers seperti Agatha Christie, Sidney Sheldon, J.K Rowling, Sir Cornen Doyle, dan novelis

Dunia Kucing

Pelukis-Pelukis Ini Mungkin Tidak Tahu Rupa Kucing yang Sebenarnya

Dengan melihat lukisan-lukisan ini, kamu mungkin akan bertanya-tanya apakah para seniman pada abad pertengahan tahu bagaimana rupa kucing. Banyak di kalangan pecinta binatang sangat sering mengambil gambar binatang peliharaannya. Hal inilah

Dunia Kucing

Kucing Memiliki Mindset layaknya Singa!

Catlovers semua pasti menyadari bukan bahwasannya kucing masih satu keluarga dengan singa. Tanpa dijelaskan lebih detailnya, kedua mamalia ini memang sudah memiliki banyak kemiripan. Dari fisiknya saja, kucing dan singa

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!