Kenapa Kucing Senang Sekali Menjatuhkan Barang-Barang Dirumah?
06/12/2015 5961 Views

Kenapa Kucing Senang Sekali Menjatuhkan Barang-Barang Dirumah?

Kita sebagai carlovers pasti sering melihat kelakuan si kucing yang sangat lucu dan mungkin terkadang membuat kesal tetapi selalu kita maklumi karena rasa sayang kita sangat besar kepada si kucing. Mungkin si kucing sedang berjalan dirak pajangan rumah kita lalu menyentuh salah satu pajangan yang ada di rak tersebut perlahan-lahan dan akhirnya? Menjatuhkannya. Mungkin banyak dari kita yang menganggap hal ini secara wajar karena kucing adalah hewan yang penuh dengan rasa penasaran, namun ada juga beberapa dari kita yang menganggapnya hal ini tidak dapat dibiarkan. Tetapi, apabila dibahas lebih mendetail, sebenarnya perilaku kucing yang senang sekali menyentuh dan menjatuhkan barang yang ada didepannya dikarenakan apa ya catovers? Apakah benar karena si kucing penuh dengan rasa penasaran atau karena si kucing memang ingin menjatuhkan seluruh barang yang ada dirumah kita dan melenyapkannya? Kali ini cattery.co.id akan membahasnya hanya untuk catlovers!

18714590-20867757-thumbnailMengapa si kucing seringkali menjatuhkan barang-barang kecil yang ada di meja atau rak pajangan?

Merunut kepada HowStuffWorks perilaku kucing yang selalu menjatuhkan dan menyentuh barang pecah belah yang ada dirumah kita bukanlah semata-mata karena mereka ingin menghancurkannya. HowStuffWorks mengatakan bahwasannya hewan yang berupa kucing dan berinsting sebagai hewan pemburu (termasuk si kucing lucu yang kita pelihara) memiliki rasa ingin mempermainkan mangsanya terlebih dahulu dan dengan menyentuh atau menjatuhkan barang-barang dirumah kita si kucing menjadikan ini sebagai ajang mereka berlatih sebelum bertemu mangsa yang sebenarnya. Dr. H. Ellen Whiteley mengatakan “Insting kucing kita mengatakan kepada dirinya bahwa pemberat tumpukan kertas atau pajangan yang ada dirumah kita dapat menjadi tikus kecil mangsaannya. Cakar si kucing akan dengan spontan melayang dan menyentuh barang-barang tadi lalu mempermainkannya sebagai mangsaannya, maka dari itu tidak jarang si kucing menjilati atau menggigit barang yang telah ia jatuhkan ke lantai”

istock_000079064093_smallKeimutan si kucing seringkali membuat kita tidak tega untuk menghentikannya menjatuhkan barang-barang kecil yang ada

calico-250-250 kotak-250x250

Tetapi kucing sebenarnya jauh lebih pintar dari ini karena pada akhirnya ia juga akan mengetahui dan menyadari sendiri bahwasannya barang-barang kecil dan pajangan yang ia jatuhkan bukanlah mangsa yang sebenarnya. Lalu, mengapa mereka tetap terus menjatuhkan barang-barang kecil dan pajangan yang ada dirumah kita kalau mereka telah mengetahui bahwa barang-barang kecil yang ia jatuhkan tadi bukanlah mangsa yang sebenarnya? Dr. Whiteley kembali menjelaskan “Disaat ia menyadari bahwa barang-barang kecil yang ia jatuhkan tadi bukanlah tikus, ia pun akan menyadari disaat ia menjatuhkan barang-barang kecil tadi pemeliharanya akan datang sesegera mungkin. Lalu kenapa si kucing terus melakukan hal itu pada akhirnya semata-mata karena ia ingin mendapatkan perhatian kita, apalagi disaat ia belum diberikan makanan atau diajak bermain oleh kita”. Jadi dapat disimpulkan bahwa si kucing hanya ingin mencari perhatian kita disaat ia terus menjatuhkan barang-barang kecil yang ada dirumah kita.

Jackson Galaxy yang pasti telah kita kenal sebagai seorang ahli behaviorisme kucing juga memiliki pendapat tersendiri tentang mengapa si kucing terus menyentuh dan menjatuhkan barang-barang kecil yang ada diatas meja atau rak pajangan dirumah kita. Jackson Galaxy menjelaskan “Kucing kita merupakan hewan yang sangat penuh dengan rasa penasaran dan ia menjatuhkan barang bukanlah karena ia ingin menghancurkan barang-barang dirumah kita atau memperburuk hari kira. Sebenarnya kesimpulan dari hal ini bergantung dari bagaimana kita berfikir tentang si kucing. Saya beri sebuah analogi, bayangkan ada seorang batita atau balita yang kita berikan crayon akan tetapi tidak kita berikan secarik kertas untuk ia menggambar. Voila! Tembok kamar anda akan menjadi tempat ia menorehkan “mahakarya”-nya. Jadi, renungkan kembali, apakah kita sebagai pemelihara kucing telah membelikan mainan kucing yang cukup untuknya? Jika kita telah merasa cukup dan si kucing tetap melakukan kebiasaannya untuk menjatuhkan barang-barang kecl tadi, itulah saatnya kita membelikannya mainan yang baru!”

cats-pushing-things-over-ftrSebenarnya ada beberapa cara untuk menghentikan kebiasaan si kucing yang sering menjatuhkan barang-barang dirumah!

HowStuffWorks juga memiliki pendapat serupa apabila kita ingin menghentikan kebiasaan si kucing yang sering menjatuhkan barang-barang kecil dirumah kita. “Tidakkah kita lelah membersihkan pecahan kaca atau membereskan seluruh barang-barang yang ia jatuhkan ke lantai lagi dan lagi? Pikirkanlah cara untuk menghentikan kebiasaan si kucing yang seperti itu. Mungkin inilah saatnya kita memberikan mainan baru untuk si kucing atau hal-hal lain yang dapat dilakukan oleh si kucing dengan senang hati. Kita juga dapat bermain dengan fantasinya yang selalu berkata bahwasannya barang yang lebih kecil darinya adalah mangsaannya. Internet merupakan salah satu sumber terbaik untuk kita mencari tahu hal lain untuk menghentikan kebiasaan si kucing ini” seperti yang tertulis di HowStuffWorks.

maxresdefaultBerikanlah mereka mainan agar lebih tenang dan tidak lagi menjatuhkan barang-barang kecil dirumah kita

Benar juga ya catlovers, mungkin saja kita dapat memberikan si kucing arena memanjat. Kita semua tahu bahwasannya kucing senang sekali memanjat dan berada di sebuah tempat yang tinggi untuk mengawasi teritorialnya (sama hal-nya seperti singa). Adapula cara lain seperti membawa si kucing pergi keluar rumah seperti ke taman. Akan tetapi jangan lupa dengan terus mengawasi si kucing agar tidak terlalu jauh dari kita sehingga ia tidak menghilang. Hal ini baik untuk mengasah instingnya sebagai hewan yang selalu antusias dengan daerah baru. Lalu, memperkenalkan si kucing dengan si kecil yang ada dirumah juga bukanlah hal yang buruk agar si kucing memiliki insting untuk menjaga sesuat dan menjadi kucing yang lebih tenang. Banyak sekali studi di Amerika mengatakan bahwasannya kucing dapat menjadi teman terbaik untuk si kecil apabila kita memperkenalkan si kucing dengan si kecil sejak dini sehingga ia akan menganggap si kecil sebagai teman terbaiknya!

Cats-Love-Knocking-Sh-t-OverStooop! Jangan lakukan itu!

Jadi, sebenarnya dapat dikatakan bahwa si kucing yang terus menyentuh dan menjatuhkan barang-barang dirumah kita bukanlah semata-mata karena mereka ingin menghancurkan barang-barang dirumah anda. Akan tetapi ini dapat menjadi sinyal bahwa si kucing telah merasa bosan dengan mainan yang kita belikan atau hanya sekedar mencari perhatian anda agar kita menghampirinya dan mengelusnya atau memberikannya makanan.Sebagai pemelihara kucing, kita diharuskan peka akan apa-apa yang si kucing butuhkan mengingat si kucing dapat membahasakan secara verbal apa yang inginkan pada saat-saat tertentu. Teruslah perhatikan dan berikan kasih sayang yang dalam kepada si kucing, kami rasa ini merupakan cara terbaik untuk si kucing dapat terus berada di dekat kita tanpa harus menjatuhkan barang-barang dirumah kita!

Video bagaimana kucing senang sekali menjatuhkan barang.

(ibr)

 

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Perilaku Kucing

Kenapa Kucing Mencakar dan Menggigit Ketika Dielus-elus?

Setiap kucing memiliki berbeda-beda sifat dalam hal berapa kali ia ingin dielus atau dipegang. Beberapa kucing sangat menyukainya, beberapa bersikap biasa saja, dan beberapa hanya suka dielus sebentar saja sebelum

Perilaku Kucing

6 Permainan Asah Otak untuk Kucing

Kita semua suka dengan permainan asah otak, seperti puzzle dan permainan kata, yang diharapkan bisa membuat mental kita tetap tajam. Ini adalah alasan yang bagus. Setiap kita belajar sesuatu yang baru, kita

Perilaku Kucing

Apa Arti Dengkuran, Meongan atau Usapan Badan Kucing pada Kita?

Video kucing berikut berasal dari serial Science of Us New York Magazine, yang menjelaskan secara ilmiah, apa maksud si kucing ketika ia mendengkur, mengeong atau mengusap-usap pada kita. Mungkin kita

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!