Kebutuhan Nutrisi Khusus pada Kucing
20/11/2016 404 Views

Kebutuhan Nutrisi Khusus pada Kucing

Kucing tentunya memerlukan makanan khusus pada kondisi tertentu, misalnya ketika sakit atau usia lanjut. Untungnya sekarang ini sudah banyak produk makanan khusus untuk kondisi khusus pula. Beberapa diantaranya adalah makanan untuk kucing berpenyakit jantung, gangguan pencernaan, penyakit saluran kemih bagian bawah, dan penderita obesitas. Tentunya jika catlovers merasa kucingnya membutuhkan pola makan khusus, mintalah saran dokter hewan. Mereka biasanya akan memberikan resep mengenai pola makan sesuai. Kali ini Cattery.co.id akan menjelaskan kondisi-kondisi khusus yang mana kamu harus lebih memperhatikan makanan mpus mu.

Kucing Tua

Pada tingkat anak-anak dan dewasa, kucing membutuhkan protein untuk pertumbuhan, memperbaiki jaringan yang rusak, dan juga sebagai sumber energy yang penting. Saat kucing beranjak tua, si mpus akan menjadi kurang aktif, organ vital mulai memburuk, dan kebutuhan akan protein pun akan berkurang.

calico-250-250 kotak-250x250

Jika kamu tetap diberikan pola makan yang sama dengan ketika mereka muda dan aktif, maka akan terjadi kelebihan protein dalam tubuh. Kelebihan protein ini akan disaring oleh ginjal dan hati, karena protein harus dikeluarkan dari tubuh. Ginjal sudah tidak berfungsi optimal pada kucing berusia tua sehingga ginjal membutuhkan lebih banyak air untuk mengeluarkan zat yang tidak diperlukan dalam tubuh. Akibatnya tubuh akan berusaha meningkatkan rasa haus dan kucing akan berkemih lebih banyak. Cara ini efektif untuk membuat racun keluar dari tubuh, tetapi pada saat bersamaan vitamin dan mineral penting ikut keluar.

Kucing tua umumnya membutuhkan protein yang lebih sedikit, dari 40 persen berat kering (berat protein dalam makanan tanpa adanya unsur cairan di dalamnya) menjadi 30 persen. Dibutuhkan juga peningkatan jumlah lemak untuk memastikan cukup tersedianya energi. Karbohidrat (seperti tepung dan gula) harus dihindari, karena sulit dicerna oleh kucing tua serta dapat menyebabkan diare dan beberapa masalah lain. Terkadang penurunan berat badan biasa ditemukan pada kucing tua walaupun nafsu makan tidak berkurang bahkan bertambah. Jika kucing tua memang mengalami penurunan berat badan maka konsultasikanlah dengan dokter hewan. Hal ini juga mungkin disebabkan oleh kondisi seperti hipertiroid yang dapat diobati.

Metabolisme kucing tua berbeda dengan yang masih muda

Metabolisme kucing tua berbeda dengan yang masih muda

Kehamilan

Tanda pertama dari kehamilan kucing mungkin tidak dapat dilihat melaui ukuran perutnya yang membesar, tetapi dapat dilihat dari tuntutannya untuk meminta makanan yang lebih banyak. Saat ini yang menjadi fokus adalah perkembangan rahim, jadi kucing membutuhkan makanan yang sedikit dan sering, bisa sampai empat kali dalam sehari. Jumlah total makanan yang diberikan tidak boleh melebihi dari sepertiga jumlah makanan sebelumnya. Selalu sediakan makanan kualitas terbaik. Makanan bergizi sangat penting pada periode ini.

Masa Menyusui

Untuk mempertahankan jumlah susu yang diperlukan anak-anaknya, induk betina harus makan minimal dua kali lipat dari biasanya. Dalam masa ini, asupan makanan harus berkualitas tinggi, yaitu makanan walau dalam volume sedikit tetapi kaya akan energi dan nutrisi. Produk makanan kucing untuk masa menyusui sangat mudah ditemukan di petshop. Sebagai alternatif, dapat juga menggunakan makanan anak kucing.

Masa menyusui adalah salah satu masa di mana induk kucing memerlukan asupan gizi yang berkali lipat dari kondisi normal.

Masa menyusui adalah salah satu masa di mana induk kucing memerlukan asupan gizi yang berkali lipat dari kondisi normal.

Anak-anak

Anak kucing menyusu kepada induknya secara eksklusif pada tiga atau empat minggu pertama kehidupannya. Ketika mereka lebih perhatian pada sekelilingnya, mereka bisa saja mencicipi sedikit makanan induknya, ini merupakan tanda anak kucing sudah siap disapih. Induknya akan tetap melanjutkan merawat anak-anaknya sampai umur tiga bulan. Saat anak-anak kucing mencapai umur delapan minggu, bagian terbesar dari pola makannya biasanya disiapkan oleh pemiliknya. Dalam masa ini anak kucing akan makan dengan sangat lahap. Catlovers harus bisa mengendalikan pola makan mereka. Kalau tidak akan menyebabkan masalah pencernaan. Pastikan mereka makan secukupnya untuk menjaga pertumbuhannya tetap sehat.

Proses menyapih sebaiknya dilakukan secara perlahan dan anak kucing diberi makan dalam porsi kecil tetapi sering. Makanan yang disajikan adalah yang mempunyai kandungan protein yang tinggi dan dengan dipotong kecil-kecil agar lebih mudah dikonsumsi. Cara termudah dalam proses menyapih adalah dengan menggunakan makanan yang sudah siap tersedia, produk makanan kucing berkualitas tinggi, baik dalam bentuk kering atau dalam bentuk kemasan kaleng.

Selama proses penyapihan, makanan kemasan kaleng lebih disukai, karena anak kucing tertarik dengan aroma dagingnya. Bagaimanapun, makanan kering juga kaya akan nutrisi dan terbukti sukses. Rencanakan waktu makan secara cermat sehingga induk dan anak dapat makan dengan tenang, jauh dari gangguan hewan lain atau gangguan lain didalam rumah.

anak kucing

Berapa Banyak dan Seberapa sering?

Saat berumur sekitar delapan minggu, anak kucing sebaiknya diberi makan sedikit tetapi sering. Jika kamu memberikan makanan kering (yang dapat bertahan lebih lama dibanding makanan dalam kaleng), kamu dapat memberikannya secara terus menerus sepuasnya. Segera kurangi porsi dan frekuensi pemberian makan jika terlihat kecenderungan obesitas pada anak kucing. Normalnya, anak kucing diberi makan empat kali atau lebih. Secara perlahan kurangi menjadi tiga kali makan saat berumur tiga sampai empat bulan dan dua kali makan saat berumur enam bulan.

Kucing Dewasa Muda

Metode pemberian makan secara perlahan dapat dikurangi menjadi satu kali makan utama saat anak kucing beranjak dewasa berumur sembilan sampai dua belas bulan. Bagaimanapun kucing muda yang aktif akan menjadi sangat lapar jika harus menunggu 24 jam dari satu waktu makan ke waktu makan berikutnya. Oleh sebab itu beberapa pemilik memberikan snack di pagi hari, dengan makan utama di malam hari. Jika hal ini dilakukan, pastikan porsi makan utama dikurangi  setara dengan porsi snack paginya. Rata-rata ras kucing mencapai usia dewasa saat berumur satu tahun, walaupun beberapa ras longhair terus bertumbuh sampai usia lima tahun.

Jika kamu memiliki kucing dengan pertumbuhan yang lambat, sangat penting untuk memastikan cukupnya asupan makanan kualitas tinggi pada masa pertumbuhannya. Pemberian makan dua atau tiga kali makan secara rutin dalam sehari dengan kandungan berat kering protein lebih dari 30 persen sebaiknya tetap dilanjutkan setelah melewati masa pertumbuhannya untuk mendapatkan pertumbuhan yang optimal.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Nutrisi dan Makanan Kucing

8 Tips Penting Memberi Makan Kucing Persia

Kucing yang gemuk dan sehat adalah idaman bagi catlover, akan tetapi tidak jarang kita dihadapkan pada kondisi si kucing mogok makan. Hal ini tentu merupakan masalah yang serius, terlebih lagi

Nutrisi dan Makanan Kucing

4 Cara Hemat dan Cermat Memilih Makanan Kucing

Untuk mendapatkan makanan kucing (catfood) yang berkualitas, berapapun budget yang kita miliki, ikuti tips-tips keren yang akan dikupas cattery.co.id berikut ini. Makanan yang kita berikan merupakan hal terpenting dalam menunjang

Nutrisi dan Makanan Kucing

Apa yang Harus Kita Lakukan Ketika Kucing Sulit Makan?

Beberapa orang kadang sering bercanda tentang kebiasaan kucing mereka yang sangat pemilih dalam hal makanan, namun hal ini menjadi masalah serius jika kucing kita tidak mau makan. Meskipun tidak mau

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!