Kebosanan yang Melanda Kucing ternyata Berbahaya!
09/09/2016 8377 Views

Kebosanan yang Melanda Kucing ternyata Berbahaya!

Kucing yang kita pelihara, pada awalnya tentu akan sangat menyenangkan diajak bermain siang dan malam. Kita membanjirinya dengan perhatian, mengajaknya bermain dengan mainan-mainan interaktif, melempar bola-bola ringan kebawah melalui anak tangga jadi dia bisa melompat turun untuk mengambil bola-bola tersebut, dan meringkuk bersama di sofa. Bahkan kita terbiasa mengajaknya tidur di ranjang atau kasur, dan melihat dia berpindah-pindah tidurnya sesuai dengan keinginannya.

Ketika kesibukan penghuni rumah bertambah, orangtua dengan pekerjaannya yang semakin padat, anak-anak sekolah yang sibuk les ataupun kegiatan ekstrakurikuler, akhirnya hanya sedikit waktu tersisa untuk bermain dan memperhatikan kucing kesayangan di rumah. Beberapa kasus terjadi kepada kucing yang kurang perhatian seperti ini, kucing mulai menggaruk dengan tidak normal and lebih sering melakukan self-grooming atau menjilat-jilat tubuhnya, sehingga lebih banyak ditemukan hairballs di sekitar rumah.

cat-cleaning-itself

Ini adalah tanda-tanda klasik dimana kucing mulai mengalami kebosanan. “Kucing yang jarang di stimulasi beresiko mengalami kebosanan, yang akhirnya melakukan sesuatu yang berhubungan dengan perilaku melepaskan stres, seperti over-grooming, mengunyah benda-benda aneh, mengajak teman bermain, pergi ke tempat tersembunyi, makan terlalu banyak, melukai diri sendiri, bertingkah kompulsif, dan hilangnya nafsu makan,” jelas Pam Johnson-Bennett, ahli tingkah laku kucing yang bersertifikat dan pemilik Cat Behavior Associates.

calico-250-250 kotak-250x250

Pam mengatakan bahwa kucing diciptakan untuk menjadi aktif. Begitu banyak fakta tentang tubuh kucing yang memungkinkan mereka memiliki kecepatan yang luar biasa, berjalan dengan hati-hati, dan ketepatan, beliau mengatakan, “bayangkan mereka memiliki semua peralatan itu tetapi tidak pernah digunakan. Dan itulah yang terjadi pada banyak kucing.”

Apalagi berdasarkan pengamatan Cattery.co.id, banyak para pemilik kucing di Asia yang memelihara kucing dalam kandang yang kecil. Beda dengan kebiasaan pemilik kucing di Eropa atau Amerika yang biasanya lebih membebaskan kucing untuk berkeliaran di dalam rumah. Tentunya resiko kebosanan lebih besar menimpa kucing yang sering dikandangkan.

Pada beberapa kasus, salah satu solusinya adalah memberikan kucing lain sebagai teman bermain. “memiliki seorang teman dapat membuat perbedaan yang signifikan saat mereka datang dan membuat hidup kucing menjadi lebih baik,” jelas Pam.

Anak Kucing

Lonely-Kitten-Pictures-1024x692

Kebosanan ini juga bisa menimpa kucing dengan usia yang masih muda atau kitten. “Kamu harus memastikan suasana yang penuh dengan stimulasi, menyenangkan, dan rasa aman dan nyaman,” kata Pam. Ia menyarankan untuk mensosialisasikan anak kucing dengan banyak orang, suara, dan membantu anak kucing menghadapi perubahan dan perkenalan dengan orang baru saat besar nanti.

Jangan khawatir : kalau anak kucing kamu ragu-ragu dengan orang-orang baru atau situasi yang baru. Ini dikarenakan dia sedang menyesuaikan diri dengan semuanya, khususnya saat pertama kali kamu bawa ke rumah. “selalu ingat bahwa suasana rumah kamu tidak biasa dan besar (bagi anak kucing)” kata Pam. “butuh usaha besar bagi anak kucing untuk beradaptasi pada awalnya.”

Perhatikan : kalau anak kucing kamu terlihat lesu atau tidak tertarik dengan sekelilingnya, segera periksakan ke dokter hewan.

Kucing dewasa

funny-animal-cat-on-chair-445x490

Kehidupan begitu menyenangkan bagi anak kucing yang menemukan hal-hal baru setiap waktu. Kucing dewasa akan kehilangan rasa tertarik untuk menyelidiki sesuatu. Dan itulah saat kebosanan datang. Untungnya, banyak cara yang bisa membuat hidup lebih menarik untuk kucing dewasa selain menambahkan teman sesama kucing. Pam menyarankan waktu bermain interaktif secara teratur. Gunakan mainan yang memungkinkan kucing melatih insting dan keterampilan berburunya.

Saat kamu tidak bisa bermain dengan kucing dirumah, Pam menyarankan untuk memberikan suasana yang dapat memungkinkan kucing kamu menjelajah, gunakan pohon kucing, tempat sembunyi seperti tenda atau boks, dan terowongan. “Kamu bisa membuat suasana lebih baik dengan menambahkan sesuatu yang berhubungan dengan makanan baik saat kamu dirumah ataupun tidak, seperti mainan menyerupai makanan kecil atau food puzzle” ia menambahkan.

Jangan khawatir : Membuat suasana yang lebih baik untuk kucing tidak harus dengan barang-barang yang mahal. Kucing kamu bisa merasa senang hanya dengan kotak karton dengan potongan berbentuk lubang disamping seperti cat-tree yang bertingkat-tingkat.

Perhatikan : cobalah untuk tidak mengandalkan metode eksternal untuk menghibur kucing kamu. Kucing kamu akan lebih menyukai perhatian dari kamu dan anggota keluarga lainnya. Sediakan waktu secara rutin untuk bermain dengan hewan peliharaan kamu.

Kucing Senior

bored-cat-animals-3840x2160-wallpaper494258

Bahkan kucing senior pun membutuhkan perbaikan suasana. “bahkan jika kucing senior kamu tidak terlalu aktif, kamu tetap dapat mengajaknya bermain dengan intensitas rendah.” Pam mengatakan, “apapun aktivitas yang dapat membuat hidupnya sedikit lebih ceria adalah bermanfaat.”

Dan saat kucing senior kamu tidak merasa bosan dengan lingkungannya, dia mulai menunjukkan tanda-tanda disorientasi atau gangguan kognitif. Pam menyarankan sedikit perubahan untuk membuat kucing senior kamu lebih nyaman dan enjoy, seperti memperbesar lokasi favoritnya untuk bertengger, menambahkan beberapa litter box di setiap sudut rumah, dan grooming secara berkala.
“Hampir semuanya membutuhkan kesabaran dan pengertian,” katanya. Tahun-tahun emas ini bisa jadi sangat berharga dan waktunya untuk kedekatan yang lebih intim antara kucing dan keluarga manusia.

Jangan khawatir : Kucing senior kamu mungkin tidak seaktif dulu, tetapi bukan berarti dia bosan.

Perhatikan : Perubahan tingkah laku kucing senior kamu bisa jadi merupakan tanda kondisi medis. “Jangan anggap bahwa itu adalah sesuatu yang normal terjadi pada umurnya tanpa diperiksa oleh dokter hewan terlebih dahulu,” kata Pam. “Jika kamu menyadari perubahan ini lebih awal, banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat hidup kucing senior kamu lebih nyaman.”

Bagaimana catlovers? sekarang sudah paham dong kalau kucing kita bisa bosan juga…
Jangan lupa luangkan waktu untuk kucing kesayangan kita dirumah ya!
Sering-sering kucingnya dilepas agar tidak melulu dikandangkan…
Atau kita bisa memeliharanya tanpa harus dikandangkan, biarkan bebas di rumah atau di kamar. Namun pastikan pintu dan jendela tertutup sempurna ya, karena kalau kucing kita kabur malah jadi repot deh

 

Cat-Say-Help-Me-Pweease-I-Am-Bored-Funny-Bored-Meme-Image

(nes)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Perilaku Kucing

10 Cara Unik Kucing Menunjukkan Cinta Pada Kita

Seperti kita tahu bahwa kucing memiliki reputasi sebagai salah satu hewan yang terkenal penyendiri diantara binatang peliharaan lainnya. Mereka tidak mudah untuk menjadi antusias dan penuh kasih sayang seperti anjing,

Perilaku Kucing

Tips Memperkenalkan Kucing kepada Keluarga Barunya

Salam perkenalan dari si kucing, anggota keluarga kita yang baru! Beberapa hal yang harus diperhatikan saat kamu memutuskan untuk adopsi anak kucing baru: Kucing biasanya dapat hidup harmonis dengan sesamanya,

Perilaku Kucing

9 Cara Membangun Kepercayaan Pada Kucing Pemalu

Banyak penyebab kucing menjadi pemalu atau takut pada manusia. Entah apakah kucing itu hasil rescue dari situasi dimana ia diperlakukan dengan buruk oleh manusia, tidak pernah berinteraksi dengan manusia sebelumnya,

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!