Kandang Kucing
07/12/2014 3808 Views

Kandang Kucing

Kucing adalah hewan yang menyenangkan, sehabat manusia. Perawatan, makanan, perhatian, tentunya berpengaruh besar terhadap kesehatan kucing. Termasuk dalam hal kandang.

Kandang kucing yang tidak sesuai standar kesehatan, tentunya berbahaya untuk kucing. Sebelum telat memilih, ada baiknya kita simak paparan tentang kandang dibawah ini.

calico-250-250 kotak-250x250

Bagaimana kandang kucing yang ideal?

Lebih mendasar lagi, perlu kah kucing di kandangkan? bukankah lebih baik dilepas di dalam rumah?

Atau perlu kah kucing di-rumah-kan? bukankah seharusnya mereka bebas?

 

Dirumah atau bebas?

indoorcat

Menurut hemat kami, kucing domestik sudah seharusnya dipelihara secara indoor. Gambar diatas menjelaskan bahaya kucing ketika dilepas diluar rumah. Risikonya banyak, tertabrak mobil, dicuri, menyasar, kelahi dengan hewan lain, dimangsa predator, jamur, kutu, tertular virus mematikan, risiko jadi korban tindakan abuse, dan lain-lain.

 

Oke kucingnya dirumah, dikandangkan atau dilepas dalam ruangan?

Hal ini menjadi perdebatan panjang diantara pecinta kucing. Masalah ini terkait budaya, bagi masyarakat Timur (Asia) pada umumnya, sangatlah wajar untuk memelihara kucing dalam kandang-kandang yang biasa kita lihat pada umumnya.

Tapi bagi masyarakat Barat (Amerika, Eropa), tindakan meng-kandang-kan kucing adalah tindakan abuse atau penyiksaan terhadap kucing. Seringkali pecinta kucing terlibat kesalahpahaman dalam hal ini.

Bagi masyarakat Barat, kandang-kandang besi/aluminium yang sering dipakai seperti di Indonesia, dinilai sangat kecil untuk ditempati seekor kucing. Bagi mereka, kandang-kandang tersebut hanya layak untuk burung.

Untuk standarisasi cattery yang sehat, tentunya konsepnya sudah catroom. Bisa kita lihat contohnya di Prabu Cattery

 

Kandang Kucing

Tulisan ini tidak ingin masuk ke perdebatan dan dialektika tentang kandang, tapi hanya mau mencoba untuk sharing jenis-jenis kandang kucing beserta kekurangan dan kelebihannya.

 

Catroom

Contoh di Prabu Cattery, salah satu cattery di jakarta, ada dua jenis catroom. Yaitu catroom dimana kucing dilepas di ruangan seperti dibawah ini.

1465326_461889107261692_2034671714_n

Ini adalah ruangan kucing paling ideal. Kucing akan cukup gerak, bersosialisasi, kandang mudah dibersihkan dan lain-lain. Tentunya kucing akan lebih sehat dan bahagia.

Kelemahannya : akan sangat boros tempat/space dan biaya. Karena tentunya kucing jantan dewasa harus menempati satu kamar sendirian. Kucing-kucing betina harus di satu kamar lagi, kucing-kucing hamil dan menyusui di kamar yang berbeda lagi, kitten-kitten juga berbeda.

Karena itu Prabu Cattery mengembangkan catroom yang berbeda untuk kucing persia nya, yang pertama di Indonesia, seperti gambar dibawah ini

kucing2kucing7kucing8

Catroom sistem tingkat yang sangat menghemat space untuk pecinta kucing yang tinggal di kota besar. Juga mudah dibersihkan karena alas beton. Menurut hemat kami, jenis catroom seperti ini yang ideal (ideal buat kucingnya, juga buat pemiliknya).

Kelemahannya : bagi sebagian orang, catroom jenis ini masih juga terlalu mahal, dan masih terlalu makan banyak space.

 

Kandang Kucing Aluminium tingkat

Jenis kandang lain yang umum ditemui di Indonesia adalah jenis kandang kucing aluminium. Biasanya bertingkat, dengan total ada 6 atau 4 kamar.

Untuk pecinta kucing yang mau ringkas, memang kandang jenis ini jadi pilihan. Tidak terlalu mahal, tidak makan tempat, terlihat masih pantas.

Kelemahannya :

– Space kamar per kucing masih terlalu kecil. Paling besar hanya 100cm x 80cm. Menurut hemat kami ini masih jauh dari ideal.

– Aluminium tidak awet. Memang tidak karat, tapi mudah untuk bengkok/penyok dan sebagainya

– Susah untuk dibersihkan. Butuh banyak waktu untuk membersihkan

– Tidak praktis. Susah untuk dijemur, tidak bisa dilipat.

– Kurang sehat. Banyak jamur, kutu membandel yang ngumpet di sela-sela kandang

 

Kandang Kucing Lipat Besi

Keunggulannya :

Kandang Kucing Murah

– Praktis karena knock down, bisa dilipat dan dibawa-bawa

– Lebih mudah dibersihkan dibanding kandang aluminium

– Hemat Space

Kelemahannya :

– Masih terlalu kecil untuk standar kucing sehat

Sebagai perbandingan, Harga Kandang Kucing bisa cek disini http://blog.calico.co.id/kandang-kucing/

 

So, sudah bisa menentukan jenis kandang kucing yang cocok untuk kucing kesayangan kita?

 

 

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Perlengkapan Kucing

Catio: Patio Tempat Kucing Indoor Bertualang

Kucing merupakan teman terbaik bagi seluruh pemeliharanya, tentu karena itupun kita selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk si kucing. Dari mulai memberikan makanan dengan nutrisi yang cukup, mainan yang

Perlengkapan Kucing

10 Tips Menghilangkan Bau dan Noda Urin Kucing

Sangat menyenangkan melihat tingkah laku kucing yang manja di rumah. Kehadirannya dipercaya sebagai penghilang rasa stres setelah kita beraktivitas seharian di kantor. Akan tetapi, bagaimana mungkin akan menjadi suasana nyaman

Perlengkapan Kucing

Memilih tempat tidur untuk kucing kesayangan

Memilih Tempat Tidur untuk Kucing Kucing tidak berbeda jauh dengan manusia, sama-sama suka mencari yang namanya kenikmatan. Bila manusia mencari kenikmatan yang tiada habisnya berbeda dengan kucing mencari kenikmatan yang

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!