Inilah Kenapa Kucing Calico Adalah Kucing yang Keren!
25/12/2015 39918 Views

Inilah Kenapa Kucing Calico Adalah Kucing yang Keren!

Catlovers memelihara berapa kucing dirumah? Kalau lebih dari 2, apakah jenis kucing catlovers seluruhnya sama? Atau mungkin berbeda-beda? Jika berbeda-beda apa saja jenis kucing catlovers? Mungkin yang sering dimiliki oleh catlovers di Indonesia adalah persian, anggora, maine-coon, exotic-shorthair atau mungkin sphynx. Akan tetapi, adakah dari catlovers yang mencoba untuk memelihara kucing berpola “Calico”? Kami percaya bahwa beberapa atau mungkin banyak dari catlovers memelihara kucing yang memiliki pola warna calico. Mungkin kucing ini tidak begitu ‘booming’ seperti kucing jenis lainnya. Tapi sebenarnya calico menyimpan banyak kelebihan dan hal yang keren loh catlovers! Apalagi jika kita menengok ke sejarah kucing calico itu sendiri! Kami yakin, catlovers yang telah memiliki kucing calico dirumahnya kelak akan setuju dengan alasan-alasan yang cattery.co.id ulas dan merupakan hal yang keren dari kucing calico kali ini. Dibaca terus ya artikelnya!

Calico adalah jenis kucing yang tidak memiliki hal yang spesial dari lebat atau tidak bulunya, melainkan lebih ke warna bulu mereka. Mereka merupakan kucing yang memiliki warna bulu yang sangat bercorak, dan biasanya corak mereka ini berwarna putih, hitam dan oranye tabby (dan biasanya putih merupakan warna dasar dan warna yang dominan diantara hitam dan oranye tabby yang mereka miliki). Calico sering juga disebut sebagai tri-colour cat yang berarti kucing 3 warna, karena itu merupakan ciri khas utama dari Calico sendiri atau juga sering disebut Caliby, akan tetapi Caliby merupakan kucing Calico yang warna tabby­-nya juga dominan.

kucing calicoCalico bukanlah jenis kucing akan tetapi pola warna kucing!

Tapi perlu untuk diingat nih catlovers. “Calico” bukanlah jenis kucing (breeds) melainkan sebutan “Calico” lebih kepada warna bulu si kucing yang memiliki 3 warna, yakni putih, hitam dan orange dan putih. Pola warna Calico sendiri dapat terdapat pada beberapa jenis kucing, antara lain : American Shorthair, British Shorthair, Manx, Persian, Japanese Bobtail, Exotic Shorthair, Siberian dan Turkish Van. Lalu, dikarenakan determinasi (kecondongan) genetik daripada pola warna kucing Calico adalah kromosom X, hampir seluruh kucing calico merupakan kucing betina . Ya, sebab itu pula kenapa kucing Calico yang jantan sangatlah rare / uncommon. Kalaupun ada, kucing jantan Calico merupakan kucing jantan yang sudah steril secara alami (mandul).

calico-250-250 kotak-250x250

kucing calicoKucing Calico yang masih kecil sangat menggemaskan ya catlovers!

Ya, sekarang kita bahas kenapa kucing Calico merupakan kucing yang keren nih catlovers!

1. Kucing Calico mayoritasnya adalah kucing betina!

kucing calicoKucing Calico rata-rata adalah kucing betina

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada memiliki banyak kucing dirumah bukan catlovers? Dengan memiliki kucing betina dirumah, kita sudah dipastikan memiliki banyak anak kucing dirumah. Tidakkah hal itu sangat menggemaskan? Lalu, seperti yang telah dijelaskan diatas secara singkat. Alasan mengapa kucing Calico rata-rata merupakan kucing betina adalah karena warna dari kucing Calico itu sendiri merupakan warna yang disebabkan dominannya kromosom X (betina) pada genetikanya. Kita sudah tahu bahwasannya Calico bukanlah jenis kucing, melainkan pola warna pada kucing kan catlovers?

genetik kucing calicoTidak akan pernah ada yang bisa mengawin-silangkan kucing sehingga terlahir kucing Calico. Ini benar-benar merupakan faktor alam!

Warna hitam dan orange pada kucing terlahir dari determinasi genetik pada kromosom variabel X (sedangkan warna putih memiliki kode variabel berbeda, tidak memiliki kecondongan antara warna kucing betina atau jantan secara identik). Lalu, dikarenakan kucing betina pasti memiliki 2 kromosom variabel X, kucing betina dapat memunculkan warna oranye dan hitam tadi secara bersamaan pada warna bulunya. Sedangkan kucing jantan hanya memiliki 1 kromosom variabel X sehingga rata-rata kucing jantan yang keturunan Calico hanya dapat menuruni warna oranye atau hitam secara keseluruhan. (lihat: Pola Warna Tortoiseshell (Tortie) dan Calico pada Kucing)

2. Menurut mitos, kucing calico merupakan kucing pembawa keberuntungan!

kucing calicoCalico merupakan kucing pembawa keberuntungan menurut mitos di Jepang, Inggris dan Amerika Serikat!

Mengacu kepada legenda jaman dulu, kucing calico merupakan lambang keberuntungan. Kembali pada waktu dulu di Jepang, seorang pelaut yang berasal dari negeri nippon ini bertualang dan berjelajah berkeliling dunia dengan membawa banyak kucing calico di kapalnya untuk meyakinkan bahwa pelayaran yang ia lakukan akan selalu aman terkendali dan juga agar kapalnya bebas dari karam. Di inggris dan juga Amerika Serikat, kucing Calico juga merupakan lambang keberuntungan, namun disini sepertinya merupakan sebuah kesalah pahaman yang dikarenakan keterbatasan pengetahuan pada masa itu.Pada waktu dulu Amerika Serikat dan Inggris memanggil kucing Calico jantan dengan panggilan “money cats” yang berarti bahwa kucing Calico yang berpola 3 warna berbeda pada bulunya ini dapat dijual dengan jumlah dollar yang sangat tinggi melihat langkanya kucing Calico jantan. Padahal nyatanya kucing Calico jantan merupakan kucing yang sudah steril secara alami sehingga tidak dapat membuahi sel telur kucing betina manapun dan bagaimanapun caranya sehingga pada akhirnya anggapan kucing Calico jantan sebagai “money cats’ di Inggris dan Amerika Serikat telah hilang.

maneki neko kucing calicoManeki-Neko rata-rata diinterpretasikan sebagai kucing Calico!

Lalu, ingatkah calovers tentang legenda Maneki-Neko di Jepang? (lihat: Maneki Neko: Fakta Menarik tentang Si Kucing Pembawa Keberuntungan) Ya, Maneki-Neko merupakan lambang kucing sebagai pembawa keberuntungan. Sekarang Maneki-Neko adalah berupa sebuah boneka, patung atau talisman yang bergerak (biasanya menggunakan baterai) ataupun tidak bergerak. Maneki-Neko juga dapat kita lihat di beberapa restoran, toko kelontong ataupun toko baju di Indonesia khususnya di Jakarta. Biasanya Maneki-Neko ini diletakan di meja kasir tempat para pelanggan / konsumen membayar apa yang telah dibeli. Tangan kanan yang mejulang keatas dan mengayun-ngayun seperti memanggil berarti memanggil rezeki / pelanggan ke toko tersebut sedangkan tangan yang kiri yang terletak di bagian perut Maneki-Neko diartikan sebagai ucapan semoga beruntung dan kesejahteraan untuk seluruh manusia. Lalu, Maneki-Neko ini rata-rata (terutama di jepang) digambarkan sebagai kucing Calico yang mengenakan beberapa atribut seperti kalung, kain bercahaya dan sebagainya.

3. Kucing calico telah menjadi model untuk dilukis sejak dulu!

Ini merupakan salah satu kehebatan dan fakta tentang kucing Calico yang juga mencengangkan. Ternyata kucing Calico telah dijadikan model untuk dilukis sejak dulu! Tidak main-main, yang menjadikan kucing Calico sebagai model lukisannya bukanlah orang-orang yang tidak diperhitungkan dalam dunia melukis. Mungkin kita cukup asing dengan nama mereka, akan tetapi mereka menjadi pakem untuk para pelukis setelah mereka di negaranya masing-masing!

lukisan kucing calicoLukisan gaya ‘ukiyo-e’ karya Utagawa Kuniyoshi yang melukiskan kucing Calico di Dalamnya

Yang pertama adalah pelukis Jepang yang bernama Utagawa Kuniyoshi (1 Januari 1797 – 14 April 1861) yang merupakan salah satu pencetus gaya melukis ‘ukiyo-e’ di Jepang (Lukisan Jepang yang beralaskan kayu dan gaya melukis yang sangat kental dengan gaya kerajaan). Ia memang seorang pelukis yang sangat terkenal dengan ‘ukiyo-e’-nya dan salah satu objek yang sering ia lukis memang kucing (jangan-jangan ia juga seorang catlovers sama halnya seperti kita ya?)

kucing calicoLukisan karya Jean-Baptiste-Simeon Chardin yang melukiskan kucing Calico didalamnya

Tidak hanya Utagawa Kuniyoshi dari Jepang yang menjadikan kucing Calico dalam torehan kuas diatas kanvasnya. Seorang pelukis Perancis yang bernama Jean-Baptiste-Simeon Chardin (2 November 1699 – 6 Desember 1779) juga melukiskan kucing Calico didalam lukisannya. Sama halnya dengan Utagawa di Jepang, Chardin di Perancis juga merupakan seorang pelukis besar yang menjadi pioneer. Gaya melukisnya merupakan real-life painting dimana ia selalu melukiskan aktivitas manusia di dalam kehidupan nyata termasuk juga hal-hal yang biasa terjadi dalam kehidupan nyata, dan kucing merupakan salah satu objek lukisannya.

4. Kucing jantan Calico yang steril juga merupakan kelebihan dari kucing Calico!

kucing calicoKucing Calico jantan sangat sulit ditemukan

Sebagai perbandingan. Dari 3.000 kucing Calico yang terlahir, hanya 1 yang berpotensi terlahir sebagai kucing Jantan. Lalu, dari 10.000 kucing Calico jantan, hanya 1 kucing yang berpotensi sebagai kucing jantan yang subur. Untuk kucing jantan yang terlahir dari Calico, mereka sudah dipastikan memiliki sel kromosom variabel XXY dimana sel kromosom variabel X memiliki 2 sel lebih banyak dibanding sel kromosom variabel Y. Pada manusia hal ini juga dapat terjadi dan sama langkanya dengan fenomena kucing Calico jantan. Kondisi ini dinamakan Klinefelter’s Syndrome atau XXY Syndrome apabila terjadi pada manusia. Jadi, begitu kuatnya bukan kromosom betina pada kucing Calico? Lalu, apakah kita harus melihat kucing Calico jantan sebagai kucing yang tidak perlu dipelihara? Bukan begitu kesimpulannya catlovers! Ini merupakan sebuah kelangkaan dimana kucing jantan Calico dapat dipelihara dan ditemukan! Dan apabila salah satu dari catlovers memiliki kucing jantan Calico, ini merupakan hal yang sangat spesial bukan? Sudah jelas ini adalah kucing yang one of a kind telah dimiliki oleh catlovers!

5. Kucing Calico secara resmi dianggap sebagai Kucing Maryland, Amerika Serikat

kucing calicoKucing Calico resmi dianggap sebagai salah satu maskot dari  Maryland, Amerika Serikat

Sepertinya keberuntungan dari kucing Calico tidak hanya berpengaruh kepada pemeliharanya, akan tetapi juga terhadap dirinya sendiri. Ini adalah merupakan buktinya. Dikarenakan warna pola bulu kucing Calico sama dengan warna “Baltimore Oriole” yang merupakan jenis burung khas Maryland, Amerika Serikat yang berawarna hitam, putih dan orange. Tidak hanya itu, warna hitam dan oranye tabby dari Calico juga dianggap sama persis seperti warna dari bagian bendera Maryland. Dan sejak saat pemerintahan Maryland sadar akan hal itu, pada tanggal 1 Oktober 2001, kucing Calico secara resmi dianggap sebagai kucing Maryland.

Nah, catlovers. Bagaimana? Sudah tertarik untuk memelihara kucing Calico? Sebenarnya masih sangat banyak fakta-fakta kecil daripada kelebihan kucing Calico untuk dipelihara seperi genetik dari kucing Calico tidak dapat kita buat-buat bahkan dengan perkawinan silang. Contoh, catlovers mengawinkan kucing Calico betina dengan kucing berwarna tabby atau hitam exo-shorthair dengan harapan lahir dari salah satunya adalah kucing calico exo-shorthair (jantan ataupun betina). Kemungkinannya sangatlah kecil catlovers! Bahkan sudah pernah diadakan studi perihal perkawinan dari kucing yang sekiranya akan melahirkan kucing Calico, akan tetapi penelitian tersebut merupakan hal yang sia-sia dan tidak dapat ditentukan masa-nya. Well, diluar itu, silakan catlovers temukan sendiri fakta kelebihan daripada kucing Calico. Kami yakin, memelihara kucing Calico merupakan sebuah pengalaman yang menarik sebagai catlovers!

tama kucing calicoIngat Tama? Seekor kucing yang menjadi kepala stasiun kereta api di Jepang? Ya, dia adalah seekor kucing Calico!

Calico Cat with Catnip

(ibr)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

10 Rahasia Si Kucing yang Perlu Diketahui!

Kita pasti punya rahasia yang hanya boleh diketahui oleh orang-orang terdekat kita. Mungkin keluarga inti, sahabat terdekat atau pasangan kita. Mereka boleh mengetahui rahasia kita pastinya karena hanya merekalah yang

Dunia Kucing

12 Fakta tentang Si Kucing yang Belum Kita Tahu!

Kucing adalah hewan yang penuh dengan misteri di dalam dirinya. Bukan tentang supranatural atau hal yang berbau metafisis, melainkan ciri fisik dan psikis merekalah yang sebenarnya menyimpan banyak sekali hal-hal

Dunia Kucing

(Video) Melihat Kucing ‘Ngulet’ Merupakan hal yang Menyenangkan!

Kami mengawali artikel ini dengan sebuah pertanyaan ya catlovers, pertanyaannya adalah : hal pertama apa yang catlovers lakukan setelah atau sebelum tidur? Mungkin beberapa dari kita ada yang tidak melakukan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!