Indra Kucing atau Indra Anjing, Siapakah yang Lebih Unggul Secara Ilmiah?
23/12/2015 5765 Views

Indra Kucing atau Indra Anjing, Siapakah yang Lebih Unggul Secara Ilmiah?

Alat indra sangat penting bagi hewan, karena indra ini lah yang akan membantu hewan tersebut dalam bertahan hidup, mencari makan dan bertahan dari serangan predator. Pada artikel sebelumnya, Cattery.co.id telah membahas Siapa yang Lebih Unggul, Indra Kucing atau Indra Manusia? Maka kali ini Cattery.co.id akan membandingkan dua hewan yang sangat disayang oleh manusia, yaitu kucing dan anjing. Sebelum didomestifikasi oleh manusia ribuan tahun lalu, anjing dan kucing adalah hewan predator yang sangat mengandalkan alat indranya. Jadi siapakah yang lebih unggul diantara kedua hewan ini, apakah indra kucing atau indra anjing? Yuk disimak!

1. Indra Penciuman

Dog_Picture_316

Indra penciuman sangat penting bagi kucing dan anjing, karena dengan penciumannya kedua hewan ini bisa mencari makanannya. Dari kedua hewan ini siapakah yang lebih unggul? Rata-rata kucing memiliki 200 juta reseptor aroma di hidung mereka, yang membantu kucing menemukan mangsa dan petunjuk bau yang ditinggalkan oleh kucing lainnya dalam bentuk urin dan feromon. Pada anjing, seperti Bloodhounds anjing pelacak misalnya, yang telah kembangiakkan secara khusus ini bisa memiliki indra penciuman yang luar biasa dengan 300 juta reseptor aroma! Wow! Namun secara rata-rata indra penciuman kucing sedikit lebih tajam dibandingkan dengan penciuman rata-rata anjing. Jadi pemenangnya adalah Kucing!

Kucing: 1 dan Anjing: 0

calico-250-250 kotak-250x250

2. Indra Pengecap

Can-Dogs-Eat-Cat-Food

Indra perasa ditentukan oleh seberapa banyak jumlah tastebuds yang ada di lidah mereka. Baik kucing maupun anjing keduanya memiliki indra pengecap yang cukup payah. Sebagai perbandingan, manusia memiliki 9.000 tastebuds, sedangkan anjing memiliki 1.700 tastebuds dan kucing hanya memiliki 473 tastebuds. Dalam hal ini kucing kalah dengan anjing. Tidak heran jika kucing tidak keberatan untuk memakan makanan yang sama setiap harinya.

Kucing: 1 dan Anjing: 1

3. Indra Pendengaran

cat-and-dogqwqw

Dalam hal pendengaran, kucing dan anjing lebih superior dibandingkan dengan manusia. Kucing dan anjing keduanya memiliki banyak otot di telinga mereka yang memungkinkan telinganya berputar, sehingga mereka bisa mendengar suara yang jauh dengan lebih jelas. Anjing bisa mendengar suara lebih baik dibandingkan manusia, namun kucing bisa mendengar lebih baik lagi! Rata-rata anjing dapat mendengar frekuensi hingga 45.000 hertz, dan rata-rata kucing mampu mendengar hingga 100.000 hertz! Kali ini kucing adalah pemenangnya.

Kucing: 2 dan Anjing: 1

4. Indra Peraba

cat&dog-wallpaper-121124-1600x900

Kucing dan anjing memiliki indra peraba yang sebanding kemampuannya. Selain itu, kucing dan anjing juga memiliki kumis yang dapat mereka gunakan untuk menganalisa lingkungan sekitarnya. Kumis mereka semua sangat sensitif terhadap perubahan di lingkungannya seperti gerakan dan aliran udara, ini dapat membantu kucing dan anjing dalam merasakan predator dan bahaya lainnya. Pada kali ini bisa dikatakan indra peraba anjing dan kucing seimbang.

Kucing: 2 dan Anjing: 1 

5. Indra Penglihatan

Dog & Cat

Ketika kita membahas soal penglihatan diantara anjing dan kucing, sepertinya kita sudah tahu siapa pemenangnya. Yups, jelas penglihatan kucing pemenangnya, apalagi jika kita pernah melihat bagaimana kucing sedang berburu. Kucing dapat melihat dalam jangkauan yang lebih luas dan lebih berwarna dibandingkan dengan anjing. Mata kucing dapat melihat lebih baik lagi dalam jarak dekat, selain itu mata kucing bisa melihat lebih baik dalam cahaya yang redup (hal ini berkat insting berburu nokturnal mereka).

Kucing: 3 dan Anjing: 1

Pemenangnya adalah Kucing!

Jika kita bandingkan secara ilmiah dalam alat indra, kucing adalah pemenangnya. Kucing telah dirancang oleh alam sebagai salah satu predator berbakat dalam mencari mangsa dan bertahan hidup. Namun hal ini bukan berarti bahwa anjing lebih buruk dibandingkan dengan kucing. Baik kucing dan anjing tentu memiliki kelebihan masing-masing, misalnya dalam hal loyalitas, pekerja keras dan stamina anjing tentu lebih baik dibandingkan kucing. Yuk kita sayangi anjing dan kucing di sekitar kita. :)

(rbb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

Kucing Bermain Balon Air

Seekor kucing bernama munchkin Khan penasaran dengan balon berisi air yang berwarna-warni. Terlihat ia berusaha untuk menggigit dan memukul balon air tersebut. Namun si kucing kaget ketika balon tersebut meletus

Dunia Kucing

Keuntungan Sterilisasi pada Kucing

Catlovers pasti sadar dengan semakin banyaknya jumlah kucing disekitar kita. Tidak harus berjalan beberapa langkah pasti ada nada 2-3 ekor kucing yang seliweran didepan kita. Mungkin bagi kita yang notabene-nya

Dunia Kucing

17 Akun Instagram Kucing yang Wajib Di Follow oleh catlovers!

Halo catlovers! Siapa sih yang tidak pernah terpikir untuk menjadi seseorang yang terkenal? Mungkin karena kecantikannya, ketampanannya, kepandaiannya dalam berbusana, kecerdasannya atau bakatnya? Ternyata bukan hanya kita loh yang ingin

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!