Hal yang Harus Diketahui Sebelum Menjadi Breeder Kucing
18/08/2015 7959 Views

Hal yang Harus Diketahui Sebelum Menjadi Breeder Kucing

Kucing memang hewan yang lucu yang membuat kita bisa jatuh cinta. Kucing memiliki bulu yang cantik dan lembut, mata yang jernih, dan mungkin ia telah memenangkan show. Mungkin diantara catlovers ada yang tertarik menjadi breeder kucing, khususnya menjadi cattery yang melakukan breeding kucing-kucing pedigree. Kita mulai memikirkan bahwa hewan ini akan laku dijual dan akan sangat menguntungkan bagi jika kita melakukan breeding sendiri. Namun sebelum berkhayal lebih jauh lagi, cattery.co.id akan memberikan hal-hal yang harus kita ketahui sebelum menjadi breeder kucing.

Kita Tidak Akan Kaya dengan Melakukan Breeding Kucing

Menjadi breeder kucing adalah karena alasan hobi, bukan merupakan langkah karir untuk menjadi kaya. Karena semua uang yang dihasilkan dari adopsi kucing, semuanya akan habis untuk biaya operasional cattery dan perawatan kucing-kucing kita, seperti biaya medis, makanan, dan biaya breeding kucing lainnya. Dan sepertinya semua biaya yang dikeluarkan ini belum termasuk gaji breeder kucing.

Bahkan, sebagian besar breeder kucing tidak pernah impas. Kita seharusnya jangan pernah mengandalkan breeding kucing sebagai pendapatan yang dapat diandalkan untuk bertahan hidup. Secara teoritis, kita masih tetap menunjang segala kebutuhan kucing dan kegiatan cat shiw lainnya dengan cara menjual anak-anak kucing, tapi jangan terlalu mengandalkannya. Itu lah sebabnya kebanyakan breeder kucing adalah sekedar hobi. Dan tentu saja hobi menjadi breeder kucing adalah mahal!

calico-250-250 kotak-250x250

photo

Menjadi Ahli dalam Jenis Kucing yang Dipilih

Kita bisa saja mengetahui segala hal tentang kucing kita: apa yang ia suka, apa yang ia benci, apa mainan kesukaannya, dan sebagainya. Namun lebih jauh dari itu, kita harus mengetahui sifat jenis kucing tersebut, masalah kesehatan yang akan dihadapi, dan temperamen jenis kucing tersebut secara keseluruhan adalah hal yang sangat penting untuk menjadi breeder terkemuka dengan banyak pengetahuan

Penting bagi kita untuk mempelajari sebanyak mungkin tentang jenis kucing yang akan kita breeding sebelum kita membuka cattery resmi. Kita harus mengetahui bagaimana memilih parent stock sebagai landasan dasar kucing yang akan kita breeding. Hal-hal tersebut meliputi struktur tulang, mantel bulu dan sejarah genetika. Kita harus memiliki pengetahuan tentang bloodline yang akan kita cari atau yang kita harapkan. Menghubungi sebanyak mungkin para breeder dan memintanya untuk memberikan tips tentang breeding akan sangat bermanfaat. Selain itu selalu bangun networking dengan breeder-breeder terkemuka yang dapat kita andalkan untuk meminta bantuan dan nasihat dalam tahun-tahun yang akan datang.

Saran bagi para catlovers yang ingin menjadi breeder adalah adopsi kucing pedigree show quality dan ikutkan kucing itu cat show. Ini adalah pengalaman yang sangat berharga karena kita akan merasakan bagaimana rasanya berada di acara cat show, menyiapkan persiapan bagi si kucing dan grooming-nya agar menjadi lebih baik.

Ketika kita ingin mengadopsi kucing dengan show quality, jangan harap kita dapat mendapatkannya dengan mudah dari para breeder. Tidak akan ada yang mau memberikan salah satu kucing terbaiknya pada orang tak dikenal yang bahkan tidak muncul dalam acara cat show sebelumnya. Selain itu sangat sulit bagi kita untuk menemukan breeder yang bersedia menjadi mentor kita yang masih awam tentang bagaimana melakukan sesuatu dengan benar, apalagi bersedia memberikan tips-tipsnya. Ini sangat penting bagi kita untuk berbicara dengan orang-orang yang sudah dahulu menjadi breeder kucing. Tunjukkan pada mereka bahwa kita bersungguh-sungguh ingin belajar, berikan pada mereka alasan kita ingin menjadi breeder, bersediakah ia menjawab banyak pertanyaan dari kita, dan lain lain. Selalu memiliki pikiran terbuka tentang dunia perkucingan dan cat show.

cat_1485167c

Bersiaplah untuk Mencurahkan Banyak Waktu dan Uang

Untuk menjadi breeder kucing terkemuka, maka kita harus mencurahkan seluruh waktu bagi cattery kita. Tugas sehari-hari seperti membersihkan, grooming dan memberikan makanan bukan lah sebuah pilihan, namun kewajiban kita untuk selalu menjaga kucing dan lingkungan kita tetap sehat. Selain itu, kita harus mempertimbangkan kemungkinan bahwa kita tidak dapat mengambil liburan jalan-jalan. Masalah kesehatan yang muncul secara tiba-tiba, memiliki induk kucing hamil atau melahirkan anak yang terlalu muda, mungkin akan merusak rencana program breeding kita.

Biaya untuk memulai breeding kucing juga tidak murah, ini lah faktor yang menyebabkan hanya sedikit orang yang ingin menjadi breeder dan memiliki cattery sendiri. Kita harus memiliki investasi awal untuk mengadopsi kucing dengan hak untuk melakukan breeding, serta kita harus menyiapkan ruang cattery yang tepat. Selain itu kita harus menyediakan biaya perawatan kesehatan kucing kita untuk datang ke dokter hewan. Belum lagi biaya yang berkaitan dengan makanan dan grooming sehari-hari. Semua ini bisa menghabiskan puluhan hingga ratusan juta.

cat-woman1_620_1659976a

Siapkan Diri Kita Secara Emosional

Banyak calon breeder yang bisa memenuhi syarat waktu dan uang, namun hanya sedikit yang bisa menangani masalah emosional. Kita harus siap secara emosional ketika melihat kucing kita mati akibat komplikasi saat melahirkan, karena seringkali anak kucing mati atau sudah mati ketika dilahirkan. Ini adalah masalah yang sering dihadapi para cattery.

Kesulitan emosional lainnya saat menjadi breeder adalah mencari tahu apa yang harus kita lakukan pada anak-anak kucing yang tidak dapat diadopsi. Kita harus siap untuk menjaga anak kucing ini sendiri atau mencarikan rumah baru bagi mereka.

Hobi yang Mahal

Pada dasarnya breeding kucing adalah soal kepuasan, walaupun itu adalah hobi yang mahal. Menjadi breeder kucing bukan lah sumber yang bagus untuk mencari keuntungan, dan juga bukanlah pekerjaan yang mudah. Menjadi breeder kucing juga menghabiskan banyak waktu dan uang dan sepertinya tidak akan memberikan return of investment selama beberapa tahun ke depan, jika pernah untung.

cat

Namun, menjadi breeder kucing adalah suatu kesenangan dan penghargaan. Kita dapat menikmati melihat para kucing yang cantik, berbagi dengan orang lain dan kebanggaan memiliki kucing yang menang dalam cat show (dengan pita cantiknya) adalah sesuatu yang tidak bisa dijelaskan tanpa kita mengalaminya sendiri. Itu lah beberapa hal yang harus catlovers ketahui ketika ingin menjadi breeder kucing. Semoga bermanfaat!

 

(rbb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cara Merawat Kucing

Cara Membuat Kucing Tetap Bahagia ketika Kita Tinggal Pergi

Ceritanya kita mau berpergian lama, jangan-jangan kucing kita cuma bersembunyi dibawah karpet rumah seharian, bahkan pup disana… Mitos lama bahwa kucing adalah hewan penyendiri memang masih ada, padahal faktanya adalah

Pemula

Kucing di Usia Golden Age, Ini yang Harus Anda Lakukan

Usia ini adalah waktu terbaik untuk perkembangan fisik dan karakter kucing lho. Mungkin belum banyak keterangan tentang golden age untuk kucing, nah kali ini cattery.co.id mau berbagi pengalaman dari pemilik situs prabucattery.com (Mita Prabu) mengenai

Cara Merawat Kucing

Kenali Gejala Penyakit si Kucing Sebelum Terlambat!

Kucing merupakan hewan perliharaan paling menyenangkan di dunia, dan kita semua pasti setuju dengan hal itu bukan? Meongan mereka, tingkah laku mereka, cara mereka tertidur, cara mereka meminta makan dan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!