Hachi : Kucing ‘Maneki Neko’ Pembawa Keberuntungan yang Hidup di Jepang!
23/02/2016 1798 Views

Hachi : Kucing ‘Maneki Neko’ Pembawa Keberuntungan yang Hidup di Jepang!

Hallo catlovers! Wah sepertinya tidak ada habisnya ya kita untuk membicarakan tentang kucing, dan memang selalu saja ada sisi terbaik dari kucing yang dapat kita bahas. Dari fisiknya yang lucu, keaktifannya yang seringkali membuat kita gemas, raut wajahnya yang seringkali ekspresif dan juga sifatnya yang terkadang linglung membuat kita terhibur. Kita saja pasti sudah bahagia dengan 1 atau 2 kucing yang kita pelihara dirumah, tapi di Jepang seluruh kucing adalah milik semua orang! Tidak, ini bukan berarti Jepang mengambil hak kita untuk memelihara kucing disana, akan tetapi ini adalah kiasan dari rasa cinta orang Jepang kepada kucing yang amat sangat tinggi karena seluruh kucing disana (terutama yang ada di jalanan) pasti akan mereka beri makan dan ajak bermain ditiap kesempatan! Tentu antusiasme masyarakat Jepang terhadap kucing amat sangat terlihat dan mereka selalu menggunakan kucing sebagai lambang keberuntungan, kebaikan dan banyak lagi hal positif lainnya. Sama halnya seperti seekor kucing di Jepang yang dianggap sebagai ‘Maneki-Neko’ yang hidup karena dipercaya dapat membawa keberuntungan apabila melihat dan memegangnya! Wah ada-ada saja ya orang Jepang? Tapi benarkah hal itu? Dan darimana mereka dapat menyimpulkan bahwa kucing ini dapat membawa keberuntungan? Penasaran kan? Maka dari itu ayo disimak terus artikel cattery.co.id kali ini!

hachi7Dikatakan bahwa ada ‘Maneki-Neko’ hidup di Jepang!

Mungkin ya, tahun ini adalah ‘Tahun Monyet Emas’ bagi sebagian orang Jepang dan Cina. Pada tahun-tahun sebelumnya banyak sekali turis yang mungkin ingin ikut merayakan imlek datang ke Jepang untuk menyemarakkan perayaan Imlek, khususnya bagi mereka yang mungkin lahir di tahun kelahiran Shio mereka. Akan tetapi pada tahun ini Jepang kedatangan turis dari sekian banyak negara di bulan Imlek bukan untuk merayakannya, akan tetapi para turis berbondong-bondong datang ke Jepang untuk ‘mampir’ ke sebuah toko tembakau kecil di bagian utara Tokyo untuk bertemu dengan seekor kucing yang memiliki ‘alis keberuntungan’ yang konon memang mendatangkan keberuntungan bagi mereka yang melihat dan juga memegangnya!

hachi2Hachi sang ‘Maneki Neko’ yang hidup!

calico-250-250 kotak-250x250

Kucing ini bernama Hachi. Dijelaskan dalam sebuah surat kabar lokal di Jepang yang bernama Manichi bahwasannya Hachi adalah seekor kucing yang berbulu putih dan memiliki dua garis hitam di atas matanya dan menyerupai karakter huruf Kanji di Jepang. Namun dua garis hitam tadi tidak main-main, melainkan memiliki kemiripan dengan karakter huruf Kanji di Jepang yang memiliki arti ‘keberuntungan’ sehingga masyarakat Jepang meyakini bahwa ini pertanda keberuntungan bagi semua orang yang melihat Hachi si kucing pembawa keberuntungan. Hal tadi dijelaskan kepada surat kabar Manichi oleh seorang karyawan di toko tembakau kecil tersebut yang bernama Mito. Sekarang wisatawan telah bergabung dan menjadi pelanggan dari toko tembakau kecil Mito tersebut untuk membeli tembakau kualitas terbaik sekaligus melihat Hachi si kucing pembawa keberuntungan tersebut. Hachi yang namanya berarti ‘delapan’ dalam bahasa Jepang lahir satu bulan setelah gempa yang berkekuatan 9 skala richter yang melanda bagian utara hingga timur Jepang pada 11 Maret 2011 lalu. Tentu kita tahu bahwa gempa ini pula yang pada akhirnya mendatangkan bencana tsunami yang mematikan dan juga meledaknya 3 pembangkit listrik tenaga nuklir dari perusahaan Fukushima Daiichi di Fukushima. Bahkan hingga sekarang dikatakan bahwa efek dari nuklir tersebut masih tersebar dan tidak tahu hingga kapan berakhirnya.

hachi4Hachi selalu stand-by di loket pembayaran toko tembakau di Mito, Prefektur Ibaraki, Jepang karena ia merupakan seekor kucing titipan seorang editor surat kabar lokal yang juga seorang pelanggan dari toko tembakau tersebut.

Hachi pada awalnya dipelihara oleh seorang editor yang bernama Yoichi Maeda dan bekerja untuk sebuah surat kabar lokal di Tokyo, Jepang. Yoichi sendiri secara pribadi memang meminta tolong kepada pemilik toko tembakau di prefektur Ibaraki (Utara Tokyo) ini agar menjaganya setiap kali Yoichi sedang bekerja pada siang harinya atau menginap di kantor. Yoichi juga merupakan seorang pelanggan daripada toko tembakau Mito tersebut sehingga ia percaya kepada sang pemilik toko tembakau Mito, Kaori Hasegawa. Ia juga berharap Hachi yang ia titipkan kepada Kaori akan membawa keberuntungan untuk tiap-tiap pebisnis lokal yang ada disekitar lokasi bencana gempa yang telah lalu. “Jujur saja, banyak yang mengatakan kepada saya bahwa banyak sekali kebruntungan dan hal-hal positif yang orang-orang rasakan setelah melihat wajah Hachi ini” tukas Kaori. “Saya pribadi hanya menganggapnya sebagai animo, akan tetapi kalau memang hal itu benar saya hanya bisa bersyukur dan menerima yang akan terjadi di kemudian hari. Lalu jika dikatakan bagaimana sifat daripada Hachi, ia adalah kucing yang seperti kucing kebanyakan. Manja, menggemaskan dan seringkali terdiam di atas meja diluar toko saya” tambah Kaori. Hachi sendiri dapat dilihat di depan toko tembakau Mito, prefektur Ibaraki – Utara Tokyo setiap hari kerja dari mulai jam 1 siang hingga jam 6 sore karena biasanya Hachi baru diantarkan oleh sang pemeliharanya, Yoichi (59 tahun) pada siang hari setiap hari kerja (Senin – Jumat), lalu pada akhir minggu Hachi ada dirumah Yoichi.

lucky-eyebrows-cat-doesnt-judgeHachi memiliki 2 garis hitam dibagian atas matanya yang menyerupai salah satu karakter Kanji Jepang yang berarti ‘delapan’ / ‘keberuntungan’.

Lalu kenapa dinamaan ‘Hachi’ yang berarti ‘delapan’? Ya, mungkin sudah banyak dari kita tahu bahwa angka 8 dianggap oleh beberapa negara di Asia khususnya sebagai angka pembawa keberuntungan yang memiliki karakteristik tidak terputus dan selalu beralur (infinity).

Kanji-EightNah, mirip kan dengan corak 2 garis yang ada di atas mata Hachi? Ini merupakan Kanji Jepang yang berarti ‘delapan’ / ‘keberuntungan’.

Well, catlovers. Sepertinya Hachi juga merupakan satu dari sekian banyak kucing yang amat menghebohkan dari Jepang ya catlovers mengingat antusiasme orang Jepang yang sangat tinggi terhadap kucing. Jika dilihat kembali Jepang memang sangat identik dengan hewan berkaki empat dan berbulu nan menggemaskan ini, bahkan kita tahu beberapa karakter kucing dari Jepang yang amat mendunia seperti Doraemon, Maneki Neko, Hello Kitty (meskipun ada yang mengatakan bahwa Hello Kitty bukan kucing, nyatanya hingga sekarang ia dianggap sebagai kucing) sampai kucing yang memiliki jabatan tinggi seperti Tara dan Tama. Mungkin benar ya catlovers, kesadaran masyarakat Jepang akan pemeliharaan kucing dan hewan peliharaan lainnya dapat dicontoh dan diambil hal positifnya oleh kita sebagai pemelihara kucing. Lalu, bagaimana dengan Hachi si pembawa keberuntungan? Wah percaya tidak percaya ya catlovers! Lagipula kita juga telah melihat wajah jelas dari Hachi bukan? Ya meskipun liat foto siapa tahu kita juga menjadi beruntung!

(ibr)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Anak Autis Berusia 9 Tahun Menangis Ketika Bertemu Lagi dengan Kucing Sahabat Terbaiknya

Seorang anak dengan penderita autis akhirnya menangis haru setelah ia bertemu kembali dengan kucingnya. Bagi Austen, kucingnya yang bernama Autumn ini sangat lah berharga. Keduanya diperkenalkan ketika ibu Austen, Angela,

Cat News

(Video) Kucing Pemberani Ini Menjaga Rumahnya dari Beruang Hitam

Kucing yang luar biasa ini mengejutkan teman manusianya ketika ia menyerbu beruang dalam upaya untuk melindungi rumahnya. Yuk kenalan dengan Nani si Kucing! Darlis Elliott menjelaskan bahwa Nani adalah kucing

Cat News

Seekor Kucing Bernama Bubba Menjadi Mahasiswa Disebuah Sekolah Tinggi di San Jose-California

Seekor kucing melakukan hal yang menggemaskan dan lucu? Itu hal biasa. Mengeong dengan suara aneh? Itu sudah biasa. Kalau kucing ikut bersekolah? Ini baru luar biasa! Seperti yang terjadi di

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!