Ear Mites (Kutu Kuping) pada Kucing
12/05/2015 12877 Views

Ear Mites (Kutu Kuping) pada Kucing

Ear Mites atau “Otodectes cynotis” adalah penyebab umum peradangan telinga pada kucing. Karena sistem imun kucing belum sepenuhnya berkembang, anak kucing biasanya yang sering terkena parasit ini.

Biasanya ear mites menghabiskan seluruh hidupnya di saluran telinga, namun mereka juga bisa pindah ke daerah tubuh lainnya, terutama di kaki, muka, leher dan ujung ekor yang dekat dengan badan.

Perpindahan
Ear Mites mudah untuk menular dan biasanya mengenai seluruh kucing di rumah. Ear mites dapat dengan mudah berpindah antar kucing dan juga dari anjing ke kucing dan juga sebaliknya.

Gejala
Ear Mites hidup pada permukaan kulit di dalam saluran telinga, dimana mereka makan lapisan lilin dan cairan di telinga. Ear mites tidak menembus ke dalam kulit atau menghisap darah kucing atau anjing, namun ear mites mendorong kelenjar dalam telinga untuk menghasilkan lapisan lilin lebih banyak.

calico-250-250 kotak-250x250

NYCFCIPhoto-MedicatingFeralCats02
Gejala kucing kita terkena ear mites adalah:

  • Penumpukan lapisan lilin di telinga kucing menjadi coklat gelap hingga hitam, seperti permukaan kopi.
  • Menggaruk-garuk telinga
  • Mengguncang-guncangkan kepala
  • Memegang satu atau kedua telinganya agar turun atau berada dalam sudut rendah
  • Bau yang tidak enak pada telinganya
  • Atau mungkin tidak ada tanda eksternal sama sekali

Diagnosa
Dokter hewan dapat mengkonfirmasi diagnosa ear mites dengan melihat:

  • Penumpukan lapisan lilin di telinga seperti warna kopi
  • Earmites di dalam telinga menggunakan otoscope
  • Earmites di lapisan lilin telinga ketika memeriksanya menggunakan mikroskop

Perawatan
Pertama, bersihkan lapisan lilin dan kotoran telinga kucing: Untuk membersihkan bagian luar telinga kucing, basahkan cotton ball dengan pembersih telinga. Seka bagian telinga yang dapat kamu lihat. Jangan menyodok bagian dalam telinga kucing dengan cotton bud, karena jika menyodok terlalu jauh dapat merusak telinga kucing. Lebih aman jika menggunakan kapas dan ujung jari kita.

maxresdefault (1)
Jika telinga kucing sudah bersih, baru bisa kita obati dengan obat pembunuh ear mites. Ada beberapa obat yang tersedia untuk menghilangkan earmites, untuk pilihan merk, bisa hubungi cattery tempat kita adopt kucing, atau vet dan petshop yang bisa dipercaya. Contoh produk yang mengobati earmites yang tersedia di Indonesia ada disini http://www.calico.co.id/index.php?route=product/category&path=99_123
Seluruh hewan dirumah harus diobati, tanpa memperhatikan kucing itu menunjukkan gejala terkena ear mites atau pun tidak (karena beberapa kucing dapat terkena earmites tanpa menunjukkan gejalanya).

Infeksi lebih lanjut
Jika kucing kamu dibiarkan terkena ear mites tanpa segera diobati, maka dapat menyebabkan infeksi bakteri dan jamur di telinga. Dokter hewan kamu dapat memberikan resep antibiotik.

Hematoma pada Telinga
Di beberapa kasus, kucing akan sering menggaruk telinganya sehingga terluka pada telinga, pipi dan lehernya hanya untuk meringankan rasa gatalnya. Cakarannya dapat merobek sedikit jaringan pembuluh darah di lipatan telinga, sehingga dapat menyebabkan pembengkakan pada lipatan telingan yang disebut aural hematoma.

Gendang Telinga
Infeksi yang disebabkan earmites juga dapat merusak gendang telinga pada kucing dan masuk ke dalam saluran telinga yang lebih dalam. ketika ini terjadi, dapat menyebabkan gangguan parah pada telinga. Kucing akan kehilangan keseimbangannya dan menjadi linglung. Hal ini sangat serius dan dapat menyebabkan masalah pada kucing secara fisik dan permanen.

Akhir Kata
Beberapa kucing tidak merasa terganggu bahkan dengan earmites dalam jumlah yang besar, sedangkan beberapa kucing akan merasa gatal bahkan hanya dengan sedikit earmites. Jadi sangat penting bagi catlovers untuk mengecek secara rutin telinga si kucing, terutama setelah kucing kamu mengikuti show. Jika terlihat gejalanya, segera ambil tindakan penyembuhan.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Penyakit Kucing

Kesulitan Memberikan Obat pada Kucing? Ini Solusinya!

  Semua yang mempunyai kucing di rumah pasti setuju, bahwa sebagai pemilik, kita di tuntut harus mengusai berbagai pofesi. Seperti baby sitter, ahli gizi, groomer, bidan, bahkan tenaga ahli medis.

Penyakit Kucing

Apakah Flu Kucing (Cat Flu)?

Flu Kucing (cat flu) adalah penyakit umum pada kucing yang mempengaruhi saluran pernapasan atas kucing. Ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti bakteri dan virus dan dapat mengancam jiwa si

Penyakit Kucing

Bagaimana Cara Merawat Flu Kucing (Cat Flu)?

Pada pembahasan sebelumnya, cattery.co.id telah membahas tentang apa flu kucing itu dan bagaimana gejala serta penyebab flu kucing (lihat: Apakah Flu Kucing (Cat Flu)?). Kali ini cattery.co.id akan membahas mengenai

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!