Di Jepang ada Kuil Kucing dengan Ribuan Patung Maneki-Neko!
13/02/2016 1226 Views

Di Jepang ada Kuil Kucing dengan Ribuan Patung Maneki-Neko!

Catlovers! Kembali lagi bersama dengan cattery.co.id Portal Kucing no. 1 di Indonesia! Tentunya kali ini kita juga akan memberikan artikel tentang si kucing yang terhangat dan up-to-date. Kali ini kita akan kembali ke salah satu kota yang terkenal dengan kucing-kucingnya, ya Jepang! Sepertina kisah Jepang dan kucing-kucingnya tidak akan pernah habis ya catlovers? Bagaimana tidak, tiap warganya amat sangat menghargai kucing dan mereka sangat senang memelihara kucing atau sekedar memberi makan kucing di jalanan. Konon katanya, kucing bagi warga negeri nippon ini adalah simbol kemakmuran dan juga rezeki. Sebagian juga ada yang menganggap bahwa kucing adalah utusan salah satu dewa disana yang tidak segan untuk memberikan rezeki dalam jumlah banyak apabila kita menyayangi kucing dan saling membantu terhadap kucing. Hari ini pembahasan kita akan terfokus pada sebuah kuil yang katanya merupakan tempat tinggal untuk ribuan kucing! Wah, kira-kira yang dimaksud dengan ribuan kucing ini apa ya catlovers? Dan apa alasan mereka untuk menempatkan ribuan ‘kucing’ tadi di satu kuil? Penasaran kan? So, simak terus ya artikel cattery.co.id ini biar tidak ketinggalan!

gotokuji-temple-maneki-2Goutoku Temple dan ribuan Maneki-Neko di dalamnya!

Sebuah kuil di Jepang yang dinamakan Goutoku Temple (Kuil Goutoku) merupakan ‘tempat tinggal’ untuk ribuan ‘kucing’. Namun kucing disini bukanlah kucing seperti yang kita pelihara, melainkan patung kucing khas Jepang yang dinamakan Maneki Neko. Maneki Neko sering juga disebut ‘kucing pemanggil’ dalam bahasa Jepang yang berarti Maneki Neko adalah patung kucing yang akan memanggil kemakmuran dan kebahagiaan datang dari segala penjuru. Dan rezeki disini bagi orang Jepang sendiri tidak hanya berarti sebagai harta, melainkan teman baru, kerabat baru dan juga rasa senang yang kunjung datang. Maneki Neko ini seringkali dijumpai oleh tiap orang ditempat-tempat dagang seperti restoran ataupun toko-toko kelontong di sekitar Asia terutama Asia Tengara. Para pemilik tempat dagang tadi pun meyakini bahwa Maneki Neko amat berjasa dalam mendatangkan kemakmuran dan pertumbuhan ekonomi mereka.

uiyc4abk9vpsjoksyjobPatung Maneki Neko yang ‘berjaga’ didepan makam petinggi kuil Goutoku

calico-250-250 kotak-250x250

Lalu pada tanngal 26 Januari lalu Goutoku Temple telah dipenuhi dengan patung Maneki Neko. Selain dipercaya mendatangkan kemakmuran, ini juga merupakan cara Jepang untuk menarik turis sebagai salah satu negara yang turis luar negerinya cukup banyak berkunjung. Sebenarnya sejak dulu kuil Goutoku ini memang telah dipenuhi dengan patung Maneki Neko dan memang itu mengapa kuil Goutoku sangat terkenal dimata orang Jepang dan juga turis-turisnya. Ditambah lagi dengan desain arsitekturnya yang membuat kuil ini sangat menarik, penuh seni namun tetap terlihat sebagai tempat ibadah yang khidmat untuk orang Jepang. Maneki Neko sendiri biasanya merupakan patung kucing yang bermaterial keramik. Mereka memang sangat terkenal dengan ‘kucing keberuntungan’ yang berpose duduk dan salah satu tangan si kucing (biasanya kanan) terangkat keatas dan ber-gesture seperti mengajak orang (bahkan ada juga yang menggunakan baterai sehingga tangan yang terangkat dari patung Maneki Neko ini bergerak keatas dan kebawah dan terlihat seperti benar-benar memanggil). Sejak dulu Maneki Neko memang terkenal dengan citra patung kucing yang membawa kebahgiaan dan kemakmuran bagi siapa saja yang memilikinya di rumah /toko dan meletakannya di tempat yang terlihat oleh orang banyak.

12269837_541979135984148_1678528642_nCatlovers pasti pernah melihat Maneki Neko pada saat sedang belanja ke sebuah toko atau restoran bukan?

Mengacu kepada catster bahwa ternyata ‘kucing kecil’ pembawa keberuntungan ini pertama kali muncul pada zaman Edo (salah satu fase zaman di Jepang yang terbentang antara tahun 1603 – 1868) dan memiliki beberapa legenda yang menjadi saksi keaslian dari Maneki Neko sendiri.

aflo_gxta010942Mengacu kepada catster.com Maneki Neko pertama kali ada di Jepang pada zaman Edo (terbentang antara tahun 1603 – 1868)

Legenda dari banyaknya patung kucing Maneki Neko yang ada di dalam kuil Goutoku berawal dari adanya seorang raja yang amat sangat kaya berteduh di sebuah pohon pada masa lalu. Lalu tiba-tiba ia melihat seekor kucing yang lebih terlihat seperti petinggi dari sebuah kuil dan kucing ini meminta sang raja yang berteduh tadi untuk mengikutinya, dengan segera sang raja pun mengikuti kucing tadi tanpa alasan yang jelas. Namun sesat setelah sang raja meninggalkan pohon tempatnya berteduh, tiba-tiba petir yang besar menyambar pohon tempat ia berteduh tadi sehingga sang raja selamat. Hingga pada akhirnya sang raja yang kaya tadi berteman dekat dengan kucing petinggi kuil yang telah menyelamatkan hidupnya, dan ketika kucing tadi meninggal terlebih dahulu, sang raja pun membuat sebuah patung Maneki Neko pertama yang ditempatkan di kuil tempat kucing tadi tinggal untuk menghormati dan memastikan kuil itu terus berada ditengah kemakmuran dan juga keberuntungan. Dan kuil inilah yang sekarang dikenal sebagai Kuil Goutoku.

gotokuji-templeHingga saat ini kuil Goutoku terus ramai dengan pengunjung entah dari penduduk lokal atau turis luar negeri.

Maneki Neko juga amat khas dengan bel yang melekat pada bagian collar yang ada di leher mereka dan biasanya tali dari bel ini berwarna putih dan juga merah. Maneki Neko sendiri juga ada yang berwarna emas berkilau, dan patung Maneki Neko yang seperti ini dipercaya dapat mendatangkan kekayaan kepada pemiliknya. Ada juga yang berwarna seperti bulu kucing calico dan sifat dari patung Maneki Neko yang sperti ini adalah yang katanya akan membawa keberuntungan paling besar. Maneki Neko yang berwarna putih polos adalah Maneki Neko yang akan cenderung mendatangkan kesenangan, kesucian dan seluruh hal positif untuk datang ke pemiliknya. Maneki Neko yang berwarna hitam adalah Maneki Neko yang bersifat mengusir roh jahat dan juga keburukan disekitar pemiliknya. Maneki Neko yang berwarna merah adalah Maneki Neko yang akan membawa kesuksesan di bidang cinta dan hubungan terhadap pemiliknya. Yang terakhir adalah Maneki Neko yang berwarna hijau dan Maneki Neko ini akan membawa pemiliknya selalu dalam kesehatan yang melimpah. (dan ingat ya catlovers, ini menurut orang Jepang karena ini memang tradisi mereka sejak dulu).

Thousands Of Lucky Cats At Gotoku TempleManeki Neko juga dikenal dengan bel yang menempel pada lehernya

Nah catlovers, sudah cukup runut kan penjelasannya tentang sejarah kuil Goutoku dan Maneki Neko-nya? Memang ya Jepang adalah negara yang dapat dikatakan memiliki sejuta tradisi dan hingga sekarang tiap-tiap warganya terus memegang teguh tradisi tersebut meskipun telah memasuki era globalisasi dan modern. Bahkan hingga cerita kuil Goutoku dan Maneki Neko-nya tersebar ke seluruh dunia dan mungkin sekarang seluruh dunia telah tahu apa itu Maneki Neko dan apa itu kuil Goutoku. Lalu, jika kembali kepada aspek Maneki Neko yang ada di dalam kuil tersebut tetaplah menjadi tradisi rakyat Jepang.

retina_d81a74b6-0f8c-4289-94cc-fc77d0308c1eManeki Neko! Oh bukan… Ternyata si kucing yang sedang meniru pose Maneki Neko.

(ibr)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Kucing Sphynx Lucu ini Bermain-main di Kasur (Video)

Kucing Sphynx adalah salah satu jenis kucing ras yang unik, mereka hampir tidak memiliki bulu (hairless) di tubuhnya. Walaupun mereka tidak memiliki bulu seperti kucing pada umumnya, kucing sphynx sangat

Cat News

Kucing ini Memperlihatkan Rasa Cinta pada Pemiliknya dengan Hatinya

Bagaimana cara kucing catlovers menunjukkan rasa cinta pada kita? Ada banyak cara kucing menunjukkan rasa cinta pada pemeliharanya, misalnya dengan cara mendengkur, menjilatinya dan sebagainya. Namun ada yang cara yang

Cat News

Kucing Pun Bisa Menjadi Pasangan Pesta Dansa Sekolah Lho!

Beberapa orang yang belum memiliki pasangan terkadang suka bingung jika harus menghadiri acara khusus seperti pesta. Begitu juga hal yang dialami oleh pria muda ini yang tidak bisa mencari pasangan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!