“Cheshire Cat”, Kucing dari Alice in Wonderland Tertangkap oleh NASA di Ruang Angkasa!
27/11/2015 2536 Views

“Cheshire Cat”, Kucing dari Alice in Wonderland Tertangkap oleh NASA di Ruang Angkasa!

Catlovers semua pasti telah melalui sebuah masa yang paling indah dan tidak dapat terlupakan yang dinamakan “masa kecil”. Masa ini merupakan masa dimana kehidupan hanya penuh dengan permainan dan bersantai. Kala kita bersantai, pasti ada suatu kegiatan yang tidak akan terlewatkan, yakni menonton atau membaca dongeng, dan mungkin salah satu film kartun yang kita tonton atau buku dongeng yang kita baca adalah “Alice in Wonderland”. Ya, ini merupakan kisah dimana seorang gadis yang masuk ke dimensi lain saat ia sedang bermain dan memasuki sebuah lubang besar di satu pohon yang juga sangat besar. Pada dimensi lain itu ia bertemu banyak karakter yang sangat imajinatif seperti “The Mad Hatter” yang dengan ciri khasnya selau mengenakan topi (karena ia juga merupakan seorang pembuat topi), “Tweedle Dee & Tweedle Dum” yang merupakan 2 anak kembar troll yang sangat tambun, “White Rabbit” yang mencitrakan seekor kelinci pengatur jadwal dan tidak lain dan tidak bukan “Cheshire Cat” seekor kucing yang sangat lucu dengan senyuman yang selalu terpampang di wajahnya. Namun kali ini senyuman khas ala “Cheshire Cat” tidak hanya muncul pada film “Alice in Wonderland”, akan tetapi di ruang angkasa! Bagaimana hal itu bisa terjadi? Kali ini cattery.co.id akan membahas hal tersebut!

2ECAC62600000578-3333235-image-a-3_1448446127135Cheshire Cat terlihat di ruang angkasa!

“Cheshire Cat”, karakter dari Alice in Wonderland yang berupa kucing yang selalu tersenyum yang selalu muncul disaat Alice kebingungan dalam mengambil sebuah keputusan dan disaat Alice tersesat dan bingung dalam mengambil jalan yang akan dilanjutkan. Namun kemunculannya dalam tiap kesulitan yang dialami Alice bukanlan suatu gangguan untuk Alice, malah lebih membantu Alice dalam mengambil sebuah keputusan. Cheshire Cat selalu memberikan sebuah solusi dan sedikit hiburan kepada Alice pada saat Alice kesulitan dengan memberikan kalimat-kalimat bijak seperti “no matter which way you take, every path will take you to ‘there’” yang berarti “tidak masalah jalan manapun yang kau ambil, tiap arah akan mengantarkanmu ‘kesana’”. Dan setelah ia memberikan kalimat bijak seperti itu ia akan menghilang dengan tiba-tiba.

Lalu, NASA digemparkan dengan kemunculannya yang tertangkap oleh kamera NASA sendiri yang ada di ruang angkasa. Namun kemunculan dirinya pada kamera NASA kali ini hanya berupa mimik wajahnya yang sangat khas dengan senyumannya yang menyeringai yang seringkali membingungkan apakah Cheshire Cat ini protagonis atau antagonis (ingat! Cheshire Cat itu karakter protagonis!). Wajah bulat yang muncul dan senyuman menyeringai ini seketika menggemparkan NASA dari tiap tim astronomi yang ada disana. Setelah ditelaah lebih lagi, sebenarnya wajah bulat yang muncul itu merupakan gabungan dari dua galaksi yang jauhnya 4.6 milyar tahun cahaya jauhnya dari bumi dan telah terpecah karena efek dari gravitasi yang ada pada cahaya yang dimunculkan oleh galaksi itu sendiri. Kedua matanya yang berbentuk bulat sempurna dan sangat terang ditengahnya merupakan galaksi yang sangat besar dan sedang berputar pada rotasinya dengan kecepatan yang sangat-sangat-sangat cepat (pihak NASA mengatakan bahwa kecepatannya mencapai 300.000 mil per jam atau setara dengan 482,803 kilometer per jam), dan benda langit yang tertangkap kamera NASA ini diperkirakan akan bertabrakan pada sekitar 1 milyar tahun kedepan (dikarenakan galaksi-galaksi ini memiliki rotasi perputaran yang sangat dekat satu sama lain dalam kecepatan yang fluktuatif).

calico-250-250 kotak-250x250

Fenomena ini secara ilmiah dinamankan “gravitational lensing” (perbesaran yang terjadi karena gravitasi), dan merupakan salah satu bukti kebenaran dari teori Albert Einstein tentang relativitas umum yang menyebutkan bahwasannya ruang dan waktu dapat mengalami perubahan yang berbeda-beda. Objek langit / benda langit yang sangat besar seperti galaksi dan lubang hitam yang sangat besar (dan dikatakan bahwa lubang hitam dapat menghisap seluruh hal yang ada didekatnya) dapat berpindah ruang dan waktu secara cepat sehingga mereka memunculkan cahaya terang yang ada pada bagian bawah benda langit itu sendiri. Sekarang para ilmuwan menggunakan efek ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang galaksi-galaksi yang ada di kumpulan galaksi Cheshire Cat dengan bantuan sinar X-ray Chandra yang dimiliki NASA dan sebuah teleskop khusus ruang angkasa yang dinamakan Hubble Space.

2ECAC61C00000578-3333235-image-a-13_1448446923431Kedua mata yang terlihat ini merupakan 2 galaksi yang sangat besar dan bercahaya yang siap bertabrakan.

Hasil gambar X-ray dari Chandra membuktikan bahwasannya kedua mata yang ada pada wajah Cheshire Cat di ruang angkasa itu terjadi karena adanya gas panas yang mencapai jutaan derajat. Hal ini pada akhirnya membuat para ilmuwan yang meneliti Cheshire Cat ruang angkasa ini memprediksi bahwasannya kedua galaksi terang (kedua mata Cheshire Cat ruang angkasa) dan juga benda-benda langit yang ada dibelakang mereka pada akhirnya akan saling bertabrakan satu sama lain dan pada akhirnya akan menjadi sebuah kumpulan benda langit yang dinamakan “kumpulan fosil” (dikarenakan setelah bertabrakan, benda-benda langit tadi tidak akan lagi memiliki sisa energi dan hanya menjadi benda langit yang mati namun tetap berotasi) yang mana bagian galaksi terbesar akan dikelilingi oleh pecahan-pecahan kecilnya. Peneliti juga menemukan bahwasannya mata kiri Cheshire Cat ruang angkasa ini mengandung lubang hitam yang aktif pada tengah-tengah galaksinya.

Jimmy Irwin yang merupakan seorang astronomis dari Unviersity of Alabama yang merupakan anggota dari NASA juga bersama seorang rekannya mengatakan: “Cheshire Cat ruang angkasa itu merupakan sebuah kumpulan yang relatif terhitung sebagai kumpulan kecil dari galaksi yang di dominasi oleh 2 galaksi yang sangat bercahaya dan dikelilingi sekurang-kurangnya oleh 4 benda langit lainnya yang mengakibatkan perbesaran karena adanya gravitasi disekelilingnya sehingga muncul sebagai satu hal yang sangat unik dan terlihat lucu”. “Dua galaksi yang menginterpretasikan dua buah mata itu terlihat paling terang dan bercahaya pada galaksi lainnya sebelum mereka pada akhirnya akan bertabrakan. Ya, Cheshire Cat ruang angkasa ini munkin merupakan tawaran kesempatan ruang angkasa kepada kami untuk meneliti tentang kumpulan fosil benda langit yang sebelumnya hidup untuk pertama kalinya dalam sejarah NASA. Setelah mereka bertabrakan menjadi kumpulang fosil benda langit, mereka mungkin akan disebut sebagai grup ‘Cyclops’”.

2ECAC60400000578-3333235-Images_beamed_back_by_Nasa_s_Chandra_space_telescope_have_reveal-m-6_1448446852717Mata kiri-nya merupakan sebuah galaksi terbesar dari kumpulan galaksi lainnya yang berada pada rotasi yang sama, sehingga inilah yang menimbulkan cahara yang sangat terang

Wah catlovers, hebat ya kumpulan galaksi Cheshire Cat ini. Fenomena ini mungkin saja akan menjadi sejarah besar untuk NASA dan organisasi lainnya yang juga meneliti tentang ruang angkasa untuk pertama kalinya. Wajah lucu dari Cheshire Cat ini ternyata merupakan kumpulan galaksi yang dikatakan sangat besar massa-nya sehingga mereka terlihat sangat mencolok diantara benda langit lainnya. Atau mungkin saja kemunculan Cheshire Cat ini merupakan sebuah tanda akan adanya sebuah solusi untuk NASA memecahkan misteri-misteri ruang angkasa lainnya yang belum terpecahkan mengingat kemunculan Cheshire Cat pada film Alice in Wonderland yang selalu ada disaat Alice kesulitan akan suatu hal? Who knows!

(ibr)

 

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Di Jepang, Kucing Lucu yang Berada di Bawah ‘Kotatsu’ Ternyata Dapat Kita Makan!!

Hallo catlovers! Pastinya selalu dalam keadaan sehat dan berbahagia kan dengan si kucing? Tentunya iya! Jangan lupa juga untuk memberi mereka makanan yang cukup dan bernutrisi cukup agar tidak jatuh

Cat News

(Video) 8 Tanda Kucing Kamu adalah Alien

Pernah kah catlovers merasa bahwa kucing kita adalah hewan yang aneh? Mungkin tidak akurat 100%, namun video ini bisa memberi tahu kita bahwa mungkin saja kucing kita adalah alien. Yuk

Cat News

Ekspresi Kucing yang Viral setelah Mencium ‘Kentut’ Teman Kucing-nya!

Kucing merupakan salah satu dari sekian banyak hewan peliharaan yang raut wajahnya / ekspresi wajahnya tidak bisa kita baca secara kasat mata.  Ini karena memang mereka tidak menggunakan raut wajah

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!