Cecil, Singa yang ditembak untuk Olahraga Berburu Kucing Liar. Brutal!
30/07/2015 2566 Views

Cecil, Singa yang ditembak untuk Olahraga Berburu Kucing Liar. Brutal!

Catlovers, perburuan ilegal memang telah menjadi kebusukan yang mewabah ditiap negara yang memiliki satwa unik ataupun langka seperti singa, jaguar, atau kucing liar lainnya. Seperti yang terjadi di Zimbabwe belum lama ini. Seekor singa bernama Cecil ditembak mati oleh seorang dokter gigi hanya untuk olahraga berburu. Kali ini cattery.co.id akan mengulas hal ini untuk catlovers semuanya.

1Cecil si Singa

Singa merupakan saudara jauh dari kucing disekitar kita. Meskipun berbeda iklim dan habitat, Singa tetap saja kucing yang memiliki banyak kesamaan seperti kucing. Mereka sangat berpotensi untuk dijinakkan oleh manusia. Khususnya singa-singa yang berada di satu penangkaran yang memiliki pawangnya masing-masing. Singa memang agresif, tetapi jika mereka tidak terganggu dengan keberadaan kita dan kita juga sebagai manusia tidak mengganggu mereka, singa tidak akan pernah menyerang.

4Cecil dengan betinanya

calico-250-250 kotak-250x250

Cecil (13), singa yang ada di Taman Nasional Hwange, Zimbabwe ini merupakan singa yang menjadi objek penelitian Universitas Oxford di Inggris. Pihak peneliti memberinya set GPS agar terlihat dimana keberadaan Cecil setiap saat. Naasnya Cecil tidak sengaja ditemukan oleh sekelompok pemburu liar yang beranggotakan 2 orang Zimbabwe dan 1 orang Amerika.

5Cecil semasa hidupnya adalah singa yang menjadi favorit para turis di Taman Nasional Hwange

Theo Bronchorst seorang pemburu profesional dan Honest Trymore Ndlovu si pemilik lahan adalah 2 orang berkebangsaan Zimbabwe yang membantu Walter James Palmer seorang dokter gigi berkebangsaan Amerika Serikat dalam berburu satwa liar di Zimbabwe, termasuk dalam memburu Cecil. Menurut Johnny Rodriguez (KepalaTugas Konservasi di Zimbabwe), Bronchorst membawa Palmer ke Taman Nasional Hwange pada tanggal 6 Juli, mereka berburu dimalam hari dengan menggunakan lampu diatas mobil untuk menerangi jalanan, dan disaat itulah mereka menemukan Cecil yang malang. Awalnya Palmer memanah Cecil dengan anak panah dengan harapan Cecil langsung meregang nyawa, tetapi percobaan itu gagal.

3Cecil diburu oleh Walter James Palmer, seorang Dokter Gigi di Minnesota

Lalu Bronchorst dan Ndlovu membantu Palmer untuk mendapatkan Cecil. Setelah kurang lebih 40 jam pencarian, mereka menemukan keberadaan Cecil. Disaat itulah Cecil ditembak mati, lalu kepalanya dipenggal dan dikuliti. Mereka baru menyadari bahwa Cecil adalah hewan penelitian untuk sebuah instansi karena adanya GPS di leher Cecil. Mereka mencoba untuk menghancurkan GPS itu tetapi mereka sudah terlacak oleh pihak berwenang dari Zimbabwe atas perburuan liar ini.

2Palmer (kiri) dengan Cecil yang berhasil ia tembak mati

Atas perilaku tidak manusiawi ini Theo Bronchorst dan Honest Trymore Ndlovu diberikan hukuman 10 tahun penjara (yang masih dapat dinaikkan hukumannya), begitu pula hukuman yang berlaku untuk otak dari perburuan ini Walter James Palmer. Palmer dikenakan sanksi dengan nominal paling kecil sebesar $50.000 atas perburuan liar yang ia lakukan. Palmer tetapi mengajukan pembelaan dan pengelakan dengan menyalahkan pemandunya di Zimbabwe bahwa ia telah meminta kepada pemandunya untuk melakukan perburuan yang legal.

Tetapi pembelaan dari Palmer ini sepertinya tidak akan bertahan lama atas tindak kriminalnya dalam dunia binatang beberapa tahun lalu di Wisconsin. Ia secara ilegal telah memburu Beruang Hitam dan menurut dokumen yang ada di pengadilan setempat, Palmer telah memberikan pembelaan dan banding yang salah sehingga ia dijatuhkan hukuman penahanan sselama 1 tahun dan sebesar $3000 Amerika Serikat.

Perburuan liar ini juga memberikan dampak yang buruk atas karir Palmer sebagai dokter gigi. Klinik tempat ia melakukan praktek-nya sebagai dokter gigi telah ditutup di Bloomington, Minnesota. Begitu pula tanggapan para pengguna sosial media atas tindak tidak manusiawi ini. Banyak dari mereka mengirimkan banyak hujatan kepada Palmer bahkan istri dari Izzy Osbourne, Sharon Osbourne dari akun twitternya @MrsSOsbourne menanggapi hal ini dengan tweet-nya: “I hope that #WalterPalmer loses his home, his practice & his money,” “He has already lost his soul.” (“Saya harap #WalterPalmer kehilangan rumahnya, tempat prakteknya dan uangnya, ia bahkan telah kehilangan nuraninya”. Website Palmer dalam menjalankan praktek dokter giginya “River Bluff Dental” telah ditutup.

6

7Beberapa tanggapan orang di sosial media perihal aksi perburuan liar yang dilakukan Palmer terhadap Cecil

Wah catlovers, perburuan liar seperti yang dilakukan Palmer terhadap Cecil si singa memang harus ditindak lanjuti hingga tuntas. Perburuan liar seperti ini akan terus menjadi benalu dalam dunia binatang. Bayangkan saja jika satu spesies akan terus diburu dan punah. Itu akan sangan mempengaruhi rantai makanan dari binatang liar loh catlovers. Perburuan Cecil pun tidak hanya merugikan 1 aspek, melainkan akan terus berkepanjangan. Cecil sebagai ketua dari grupnya telah memilki anak-anak dari para betinanya dan dalam hukum rimba anak-anak itu akan dibunuh oleh singa jantan yang lain sehingga singa jantan ini memutuskan garis darah Cecil untuk selama-lamanya dan mengawini para betina dari kelompok Cecil.

Mungkin Cecil kini telah berhenti mengaum. Kini giliran kita yang akan mengaum untuk membela Cecil! Tanda tangani petisi ini! Sebarkan artikel ini!!

https://www.change.org/p/president-of-the-united-states-help-us-ban-big-game-trophies?recruiter=33098724&utm_source=share_petition&utm_medium=twitter&utm_campaign=share_twitter_responsive&rp_sharecordion_checklist=control

 

10

11

9Palmer dan beberapa hasil buruannya semasa ia berburu. Sangat tidak manusiawi dan tidak patut ditiru

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

(Video) Dua Kucing Berkonspirasi untuk Mencuri Roti Manusia

Kucing adalah hewan yang sangat pintar, jika mereka mengingingkan sesuatu, maka ia akan mendapatkannya. Terkadang, jika dibutuhkan, mereka akan bekerja sama dengan partner-nya untuk meraih apa yang diinginkannya, seperti kucing

Cat News

Blake si Kucing yang Menyelamatkan Pengadopsinya Setelah Baru Beberapa Hari di Adopsi

Catlovers, kita sebagai pemelihara kucing pernahkah mengharapkan pamrih kepada mereka? Mungkin kita mengharapkan mereka untuk bekerja lebih keras dalam mencari tikus di sekitar rumah atau bahkan menjadi penjaga rumah kita

Cat News

Kisah Tama, Kucing Lucu yang Menjabat sebagai Kepala Stasiun Pertama di Dunia

Tama adalah seekor kucing lucu yang memiliki jabatan khusus sebagai kepala stasiun sekaligus pejabat eksekutif Wakayama Electric Railway di Stasiun Kishi, Jepang. Saat ini Tama sudah tiada, Tama mati karena

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!