“Cats” Drama Musikal Klasik Bertema Kucing yang Diangkat kembali ke Broadway!
10/02/2016 2061 Views

“Cats” Drama Musikal Klasik Bertema Kucing yang Diangkat kembali ke Broadway!

Kucing. Mereka seringkali diangkat menjadi sebuah topik dalam berbagai bidang. Banyak sekali contohnya, seperti tema film, tema lagu, tema fotografi bahkan drama musikal klasik pun menggunakan kucing sebagai dasar idenya. Apakah terlalu sempit? Tidak! Kita coba analogikan dengan kehidupan mereka yang amat penuh dengan petualangan. Jangan dikira si kucing yang kita pelihara dirumah tidak pernah melakukan satu halpun disaat kita tidak disampingnya ya catlovers! Mereka mungkin saja memanjat pohon, berkeliing disekitar taman lalu menemukan hal baru atau bahkan memperluas teritorialnya sampai kerumah tetangga kita! Dan dari beberapa hal tadi bisa saja kita kembangkan menjadi sebuah cerita yang menarik dan menjadikannya sebuah drama musikal atau film. Seperti yang akan kita bahas kali ini, yakni sebuah drama musikal klasik yang berjudul “Cats”. Dikatakan bahwa “Cats” adalah sebuah drama musikal Broadway yang paling terkenal dan lama dimainkan dalam sejarah Broadway sendiri. Tentunya drama musikal ini amat penuh dengan esensi kucing. Lalu, dilansir oleh sebuah media luar negeri yang mengatakan bahwa setelah sekian lama pertunjukan drama musikal “Cats” tiada, kini akan dimulai lagi dengan kemasan yang lebih fresh dan menyenangkan, dan tentunya diadakan di Broadway. Wah, seperti apa ya kira-kira pertunjukan drama musikal ini? Well, ayo kita bahas di artikel cattery.co.id kali ini!

CatsOriginalLondonCastCats (Original 1981)

“Cats”. Merupakan drama musikal yang dimainkan secara terus menerus dan selalu menjadi hits dalam sejarah pertunjukkan Broadway akan kembali diperunjukkan kepada audience Amerika Serikat semenjak telah berhenti pada September tahun 2000 silam. Pembuat naskah dan juga ide dari Cats sendiri adalah Andrew Lloyd Webber. Ia menjadikan Cats setelah terinspirasi dari Book of Practical Cats yang ditulis oleh T.S. Elliot dan di produseri oleh Cameron Macintosh. Secara singkat, Cats adalah sebuah drama musikal yang menceritakan sebuah suku kucing yang memiliki nama The Jellicles and the night yang dikenal juga dengan nama the Jellicle choice dan sedang dalam situasi pemilihan kucing mana diantara mereka yang akan kembali ke sebuah kehidupan baru melalui satu lapisan alam yang dinamakan Heaviside Layer. Cats sendiri memiliki sebuah theme song atau lagu standar yang selalu akan didengar oleh para audiens-nya selama pertunjukkan yang berjudul “Memory”. Cats pertama kali dipertunjukkan di West End pada tahun 1981 dan disutradarai oleh Trevor Nunn dan koreografi dari Gillian Lynne. Drama musikal Cats lalu mulai di pertunjukkan oleh sutradara dan koregrafer yang sama pada tahun 1982 di Broadway. Drama musikal ini kemudian mulai memenangkan beberapa penghargaan bergengsi, dan itu termasuk Best Musical Awards pada perhelatan Laurence Olivier Awards dan juga Tony Awards. Drama musikal yang berasal dari London ini kemudian terus berjalan selama 21 tahun (totalnya, yang mana 18 tahun dijalankan di Broadway, New York). Aktris-aktris klasik seperti Elaine Paige dan Betty Buckley merupakan orang-orang yang tergabung di dalam pertunjukkan ini. Lalu aktris Marlene Danielle-lah yang bergabung selama jenjang tahun 1982 hingga 2000 dengan drama musikal Cats ini.

Koty_musicalCats (Original 1982)

calico-250-250 kotak-250x250

Lalu mereka akan memulai lagi pertunjukan drama musikal Cats (dengan orang-orang baru dan juga koreografer baru tentunya) pada tanggal 2Agustus tahun ini di Neil Simon Theatre, New York. Karya dari Andrew Lloyd Webber tentang drama musikal kucing yang sekarang telah menjadi drama musikal yang terlama menduduki pertunjukkan Broadway (pada era 1982 – 2006 Cats merupakan yang pertama sebagai drama musikal yang duduk terlama di kancah pertunjukkan Broadway) ini akan di sutradarai oleh Trevor Nunn, lalu bagian koreografer Trevor mempercayakannya kepada Andy Blankenbuehler (yang pernah menjadi koreografer pada Hamilton). “Saya tidak akan merubah sama sekali kekukuhan dan keindahan alur cerita ats yang amat terkenang dan juga terkenal. Cats merupakan drama musikal terhebat sepanjang masa bagi saya, dan generasi muda sekarang harus mengetahui Cats juga seperti orang tua mereka dulu! Sebenarnya saya disini hanya benar-benar mensutradarai naskah yang sudah ada, hanya saja saya terus memberi penguatan kepada para pemain baru yang sebelumnya tidak begitu ‘luwes’ dengan alur cerita Cats” tukas Trevor. “Saya disini juga tidak akan merubah koreografi dasar Cats yang sudah amat sangat hebat dan penuh dengan pesan. Bagaimana mungkin saya merubah satu hal yang sudah menjadi bagian dari sejarah? Biarkan mereka terus tahu dengan Cats yang amat klasik dan vintage” tukas Andy selaku koreografer dari Cats.

catsCats yang akan dipertunjukkan lagi di beberapa negara, khususnya Broadway

Lalu pada bagian kostum dan juga latar scene panggung dipercayakan kepada seorang desainer kenamaan, John Napier. John juga merupakan orang yang tergabung dengan Cats semenjak Cats mulai dimainkan di Broadway pada tahun 1982 dan ia juga merupakan orang yang memenangkan Tony Awards sebagai desainer kostum dan latar panggung terbaik dengan Cats-nya. Tentu ini merupakan sebuah penghormatan kepada John yg dipercayakan kembali untuk designing kembali Cats pada saat sekarang. John akan mengisi desain pada kostum Rum Tum Tugger, Old Deuteronomy, Bustopher Jones dan juga Grizabella. “Dulu saya mengerjakan desain kostum untuk karakter-karakter dalam Cats dengan beberapa orang hebat dalam sebuah tim kreatif yang amat luar biasa seperti Natasha Katz yang merupakan penerima penghargaan 5 kali berturut-turut dalam Tony Awards dalam kategory desain pencahayaan terbaik dan juga sahabat Webber, Mick Potter yang merupakan seorang penata suara dalam banyak drama musikal terkenal” tukas John.

image_058Cats’ cast (2015)

Berdasarkan buku karangan T.S. Eliiot yang dijadikan acuan film Cats dan berjudul Old Possum’s Book of Practical Cats, Webber berhasil menjadikan Cats sebagai pertunjukkan yang hebat, terkenal dan juga dikenang dengan lagu-lagu yang sering digunakan dalam Cats, seperti Memory dan juga lagu opening dari Cats sendiri yang berjudul Jellicle Songs for Jellicle Cats” yang mana hingga saat ini masih menjadi topik argumen orang-orang di Broadway sebagai lagu terbaik yang dapat menginterpretasikan sebuah kisah dari kucing-kucing Jellicle sendiri. Pada tahun 2015 Cats juga telah dipertunjukkan kembali di teater pertunjukkan yang menjadi tempat kelahiran Cats, yakni di West End. Salah seorang karakter dari Cats pada saat itu adalah Nicole Scherzinger (penyanyi yang juga tergabung dalam Pussycat Dolls) dan masuk dalam nominasi Olivier. Disini Nicole berperan sebagai Grizabella, dan ia sangat dapat mencitrakan Grizabella sebagai kucing yang berperan antagonis. Lalu tentu saja akan banyak kucing yang masuk didalam pertunjukkan Cats dan terus ada dihampir seluruh scene-nya, jenis-jenis kucing itu antara lain Norwegian Forest, Siamese dan juga Chantilly Tiffany.

Nicole-Scherzinger-Grizabella-Cats-546535Nicole Scherzinger sebagai Grizabella untuk Cats tahun 2015

Nah bagaimana catlovers? Pastinya penasaran kan dengan alur cerita yang akan dimainkan pada drama musikal Cats ini? Sayangnya pertunjukkan drama musikal klasik ini akan sering dipertunjukkan di New York karena memang New York merupakan tempat lahirnya banyak drama musikal hebat dan juga penuh dengan audiens yang masih sangat sadar akan karya seni musikal klasik berbentuk drama. Selain itu, beberapa negara juga akan dipertunjukkan drama musikal Cats ini, antara lain Jepang, Perancis, Australia dan juga beberapa negara di Eropa. Tapi ada rumor juga yang mengatakan bahwa Cats akan diformasikan kedalam bentuk film atau sekedar live show yang direkam dan disajikan dalam bentuk DVD BluRay yang akan dipublikasikan diseluruh dunia. Ya, semoga saja Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi target publikasi DVD Cats itu ya catlovers?

Jellicle Song, Cats :

(ibr)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Seorang Sopir Menyelamatkan Anak Kucing di Tengah Jalan dan Mendapati Bahwa Itu Bukan Kucing Biasa

Seekor anak kucing ditemukan meringkuk di jalan ketika seorang yang baik hati melihatnya dan segera menghentikan mobilnya. Sopir itu pun berlari ke tengah jalan, dengan harapan untuk menyelamatkan hidupnya, namun

Cat News

Seorang Guru Mendapatkan Kejutan Mengharukan Setelah Kucingnya Meninggal

Beberapa siswa memutuskan untuk memberikan guru mereka kejutan mengharukan setelah kucingnya kemarin meninggal. Ketika Rachel Hanhart dan teman-teman sekelasnya mengetahui betapa sedih dan bingungnya guru mereka, Bu Andrews, ketika kucingnya

Cat News

(Video) Kucing Dalam Kostum Monyet

Pada tanggal 8 Februari adalah Tahun Baru Cina. Pada tahun 2016 ini merupakan tahun monyet berdasarkan zodiak Cina. Untuk memperingatinya, sebuah akun youtube 10 Cats memakaikan salah satu kucingnya di

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!