“Catatonic Cat” : Apakah Suatu Sindrom? Atau Memang Hal Lumrah Pada Kucing?
25/04/2016 6106 Views

“Catatonic Cat” : Apakah Suatu Sindrom? Atau Memang Hal Lumrah Pada Kucing?

Apa catlovers pernah melamun? Duduk berjam-jam tanpa melakukan apapun atau menatap sesuatu tanpa alasan yang jelas selama berjam-jam (melamun)? Tidak makan selama beberapa hari lamanya karena terkonsentrasi atas seusuatu? Well, kami yakin catlovers tidak mungkin melakukan hal tersebut karena pastinya kita memiliki banyak sekali hal yang harus dilakukan dan melakukan hal-hal diatas seperti tadi tidaklah berguna sama sekali. Namun, ternyata seekor kucing seringkali melakukan hal seperti itu tanpa alasan yang jelas dan seperti terkonsentrasi pada satu hal. Pertanyaannya adalah apakah kita menyadari hal tersebut atas si kucing? Mungkin iya dan mungkin tidak. Lalu apa sekiranya yang harus kita lakukan apabila si kucing melakukan hal-hal yang telah disebutkan diatas seperti tadi? Daripada mengira-ngira, kami akan membantu catlovers untuk menemukan jawabannya beserta memberikan beberapa video dan gambar contoh dari catatonic!

staring kittyCatatonic Cat

Selama beberapa jam si kucing duduk di pojok rumah, menatap secara terbelalak dan sunyi ke satu sudut, pupil matanya melebar, jantungnya berdetak cepat diiringi dengan deru nafas yang mulai sesak. Dia dijauhi oleh teman-teman kucingnya yang sebelumnya sering bermain dengannya, menolak untuk makan selama berhari-hari pada satu waktu. Kadang kemudian ia selalu merasa gelisah, paranoid, sangat manja dan selalu mencari perhatian. Tapi sering pula ia mendadak hanya melamun, seperti sedang pingsan namun dalam keadaan sadar dan mata terbelalak, merenung kesepian dan tenang. Hal-hal tadi dikatakan merupakan sebuah fase dimana si kucing sedang mengalami catatonic.

cdbae0debbd78d585bc198d515c5628d_viewCatatonic tidak berarti si kucing terus melotot, melainkan mereka juga dapat mengalami catatonic dengan berlaku aneh (abnormal)

calico-250-250 kotak-250x250

Ternyata catatonic itu sendiri merupakan sebuah fase dimana satu makhluk hidup mendadak menjadi tenang, melamun berkepanjangan, tidak nafsu makan, tidak melakukan satu kegiatan apapun dan benar-benar menjadi pasif layaknya pingsan hanya saja ini dalam keadaan sadar dan mata terbuka (jadi dapat juga terjadi pada manusia, hanya saja sangat jarang ditemui). Hingga saat ini masih banyak silang pendapat diantara ahli mengenai penyebab dari catatonic (schyzoprenia). Banyak yang mengatakan bahwa itu adalah sebuah syndrome. Ada juga yang mengatakan bahwa itu adalah penyakit turunan sehingga tidak akan ada pencegah daripada catatonic itu sendiri. Banyak juga yang mengatakan bahwa catatonic merupakan salah satu jenis dari berhalusinasi dan melamun berkepanjangan.

Tidak ada yang bisa memecahkan konsentrasi kucing ini terhadap apa yang ia lihat.

Hingga saat ini makhluk hidup (termasuk kucing) yang mengalami catatonic dikatakan bahwasannya adalah mereka yang dari awal merupakan makhluk hidup yang pasif sehinga lebih banyak menghabiskan waktunya untuk melamun, berdiam diri dan terdiam sehingga catatonic merupakan hasil daripada kebiasaan mereka yang tidak pernah melakukan hal apapun. Banyak ahli yang mengatakan bahwa hal yang dapat membantu kucing ataupun makhluk hidup lainnya yang terserang catatonic adalah dengan mengajaknya lebih sering menggerakkan tubuhnya, beraktivitas yang bersifat rutin setiap hari dan juga tidak membawanya ke tempat yang mendukung dirinya untuk melamun seperti tempat yang sepi, tenang dan tidak banyak terjadi interaksi. Hal ini kemudian (jika tidak diperhatikan) dapat berkembang menjadi lebih buruk dan mendukung makhluk hidup tersebut untuk bertingkah abnormal bahkan bipolar sampai memiliki kepribadian ganda. Cukup fatal kan catlovers?

Kucing yang mengalami catatonic

Jadi mulai sekarang mulailah luangkan waktu kita untuk berinteraksi dengan si kucing karena itu akan membantu mereka untuk menjadi lebih aktif dan tidak berdiam diri. Bak sebuah mobil tua yang berada di garasi. Jika kita tidak pernah melakukan servis rutin, memanaskan mobil tersebut dan menjalankannya untuk sekedar berkeliling di sekitar rumah hasilnya akan membuat mobil tersebut susah untuk menyala dan mengunci rem-nya. Sehingga mobil tersebut akan diam total dan rusak secara total sampai tidak akan berjalan.

Kucing ini tidak memperdulikan apapun dan tidak terpecah konsentrasinya karena catatonic

Catatonic juga dapat terjadi saat si kucing sedang tertidur.

 

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

3 Cara yang Bermanfaat dikala Mengenang si Kucing yang Telah Tiada

Kucing yang selalu menemani kita di setiap harinya pasti tidak pernah kita inginkan sedikitpun untuk meninggalkan sisi kita. Dirinya yang sangat menggemaskan dan lucu itu pasti tidak akan mudah untuk

Dunia Kucing

(Video) Melihat Kucing ‘Ngulet’ Merupakan hal yang Menyenangkan!

Kami mengawali artikel ini dengan sebuah pertanyaan ya catlovers, pertanyaannya adalah : hal pertama apa yang catlovers lakukan setelah atau sebelum tidur? Mungkin beberapa dari kita ada yang tidak melakukan

Dunia Kucing

Pria Sejati adalah Penyayang Kucing!

Siapa kah pria sejati?? Yaps, dia adalah cowok yang sayang pada kucing! Seperti cowok pada video berikut ini. Ia menghabiskan waktu santainya untuk cuddle dengan kucing hitam bernama Cole. Cole

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!