Cat Linguistics : Memahami Berbagai Arti Suara Meong pada Kucing
02/09/2016 11160 Views

Cat Linguistics : Memahami Berbagai Arti Suara Meong pada Kucing

Seperti kita ketahui, kucing dapat mengeluarkan berbagai macam nada dalam suara meong nya. Hal ini merupakan naluri alamiah yang dimiliki kucing sejak dia dilahirkan. Kucing mengeluarkan suara karena mendapatkan respon dari induk atau pemiliknya. Biasanya kucing mengeong ketika meminta makan, ketakutan atau bahkan kesakitan. Sebagai pemilik, kita harus dapat membedakan nada dari meongannya, agar dapat mengantisipasi jika memang kucing kesayangan kita berada dalam masalah.

Kriteria dan intensitas meongan berbeda jelas antara kucing kecil (kitten), kucing dewasa (adult), dan kucing yang telah tua (senior). Baiknya kita bahas secara terpisah satu demi satu.

Kucing Kecil (Kitten)

Kitten

Kitten

Kitten lebih sering menggunakan meongan-nya. Jika diperhatikan kitten dapat mengeluarkan berbagai macam nada suara untuk berkomunikasi dengan induknya, atau para penyayang nya. Meongan kitten biasa dipakai untuk memberitahu kondisi ketika dirinya lapar, kedinginan, atau tidak nyaman dengan kondisi sekitarnya.

calico-250-250 kotak-250x250

Contoh kasus : Kitten kerap kali mengeong sepanjang malam kecuali jika ditemani oleh owner/ induknya sehingga dia merasa nyaman.

Jangan cemas : Semakin kitten dewasa dia akan belajar menyesuaikan diri dengan kondisi sekitarnya. Kitten mengeong biasanya karena dia cemas ditinggal sendiri, dan akan nyaman jika didampingi sosok yang dia kenal dekat.

Perlu diperhatikan jika : Suaranya nyaring, bergetar, naik turun tidak beraturan, tidak terdengar seperti biasanya, bisa jadi karena dia kesakitan. Bawa segera ke dokter hewan.

Kucing dewasa (Adult)

Cat with an open mouth

Berdasarkan riset dan juga pengamatan cattery.co.id, kucing dewasa cenderung akan lebih cerdik dan lebih kaya perbendaharaan nada dalam menggunakan menggunakan suara meongannya. Mereka tidak akan se-cerewet ketika kitten, akan tetapi akan mengeluarkan suara yang berlainan untuk setiap kepentingan yang berbeda. Suara yang dikeluarkan untuk meminta makan, akan berbeda ketika dia minta dibukakan pintu atau meminta kawin.

Beberapa kucing dewasa biasanya merespon dengan mengeluarkan suara ketika dipanggil namanya. Dan ketika mereka merasa senang atau nyaman mereka berusaha memberitahu suasana hatinya dengan mengeong pelan dan suara dengkuran sambil bergetar.

Contoh kasus : Ada beberapa kucing yang cukup pendiam seperti kucing ras persia, akan tetapi mereka tetap akan mencoba bersuara untuk mengutarakan maksudnya yang biasanya dibutuhkan bantuan dari kita pemilik nya.

Jangan cemas : Jika kucing di rumah bukan jenis kucing yang hobi mengeong / talkative, bahkan seperti tidak bersuara seharian. Selama mereka tetap dalam kondisi normal dalam aktivitas hariannya hal itu bukan hal yang perlu dicemaskan.

Perlu diperhatikan : Jika kucing mengubah perilakunya, seperti kucing yang pendiam tiba-tiba menjadi bersuara seharian atau kucing yang aktif bersuara tiba-tiba menjadi murung pendiam. Mereka yang kondisi nya seperti itu perlu diperhatikan, mungkin sakit perlu segera dicek ke dokter hewan.

Kucing Tua (Senior)

oldcat

Kadang kala, meongan yang keras dari kucing tua merupakan tanda atau gejala disorientation. Pada Kucing yang telah tua,biasanya sudah mengalami penurunan dalam fungsi tubuh nya. Selain itu kasus dementia atau gejala kepikunan juga kerap ditemui pada kucing tua, yang akan memancing mereka untuk mengeong keras karena kebingungan dan gelisah.

Contoh kasus : Kucing tua sangat rentan terhadap stres, yang memicunya untuk mengeluarkan meongan yang keras. Kerap kali para pemilik kucing tua tidak menyadarinya, hingga ditemukan bahwa hal tersebut merupakan suatu tanda atau gejala hipertensi dan hiperteroid, yang biasa dikenal istilah medisnya sebagai cognitive dysfunction syndrome (CDS)

Jangan cemas : Kucing yag telah tua sangat normal jika fungsi indra-nya mulai mengalami penurunan. Biasanya mereka mulai kehilangan sebagian penglihatan, dan pendengaran yang menjadikan mereka akan lebih cerewat dari masa mudanya. Tetap jaga mereka dan berikan ruangan yang lebih memungkinkan kucing tua untuk bergerak leluasa dan bebas.

Perlu diperhatikan : Meongan keras dari kucing tua bisa diartikan sebagai indikasi penyakit kronis yang mulai muncul dalam tubuhnya. Konsultasikan hal ini kepada dokter hewan.

Bagaimana catlovers, sudah jelas dong sekarang maksud bunyi meong dari kucing kamu?

^MJ

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Perilaku Kucing

Cara Mengatasi Kucing yang Hobi Menggaruk Perabotan Rumah

Garuk sana, garuk sini Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan ke Cattery.co.id adalah dari para pemilik kucing yang marah perihal cakar kucing yang merusak benda-benda dirumah. Mungkin dalam pikiran

Perilaku Kucing

7 Alasan Mengapa Kucing Sangat Suka Membersihkan Dirinya (Self Grooming)?

Kucing adalah salah satu hewan yang sangat menjaga kebersihan dirinya. Salah satu cara kucing membersihkan dirinya adalah dengan cara menjilat-jilat badannya atau self grooming. Namun, pernahkah terlintas di benak catlovers

Perilaku Kucing

Sikap Agresif Diantara Kucing

Sulit bagi kita untuk memperkirakan sebarapa baik sikap toleran diantara kucing dalam satu kelompok. Beberapa kucing ada yang tidak bersikap teritorial dan tidak memiliki masalah menyesuaikan diri dengan berbagi rumah

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!