Cara Mengetahui Jenis Kelamin Anak Kucing
03/08/2015 61886 Views

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Anak Kucing

Beberapa catlovers pasti sudah bisa membedakan jenis kelamin jantan atau betina pada kucing. Namun bagaimana membedakan jenis kelamin kucing yang baru lahir? Catlovers yang sudah berpengalaman pun terkadang terkecoh ketika membedakan kucing yang baru lahir. Memang membedakan jenis kelamin kucing yang baru lahir seringkali sulit, terutama jika umurnya belum sampai 8 minggu.

Salah satu cara yang mudah adalah membandingkannya. Jika anak kucing kita yang lahir memiliki jenis kelamin jantan dan betina sekaligus, ini dapat mempermudah kita untuk menentukan jenis kelamin si anak kucing. Namun sayangnya perbandingan ini tidak selalu ada, karena belum tentu si kucing melahirkan anak jantan dan betina secara berbarengan.

jenis kelamin kucingApakah catlovers bisa membedakan mana yang jantan dan betina?

Perbedaan
Alat kelamin bayi kucing jantan dan betina dapat dibedakan dengan dua cara utama:
1. Bentuk Lubang
2. Jarak lubang dari anus

calico-250-250 kotak-250x250

Bentuk Lubang
Salah satu cara untuk mengetahui jenis kelamin kucing adalah dengan melihat bentuk lubang. Bentuk lubang kelamin jantan dan betina pada anak kucing sedikit berbeda, jantan berbentuk lingkaran kecil, sedangkan betina lebih seperti belahan celah pendek. Dengan menggunakan lubang lingkaran anus sebagai titik referensinya, anus/alat kelamin jantan tampak seperti titik dua (:), sedangkan betina terlihat seperti tanda seru terbalik (¡).

kitten-sexing-diagram

Jarak Lubang dari Anus
Cara selanjutnya adalah dengan membedakan jarak antara anus dan alat kelamin. Biasanya ada jarak yang sedikit lebar antara anus dan alat kelamin anak kucing jantan daripada anak kucing betina. “Jarak ekstra” ini adalah tempat dimana testis akan tumbuh. Bahkan terkadang kita mungkin dapat merasakan testis kecil pada anak kucing jantan.

kucing jantanKucing Jantan

Anak Kucing Jantan

Pada anak kucing jantan, ujung penis akan tersembunyi di dalam lubang kecil, lubang bulat sekitar 1,5 sampai 2 cm dibawah lubang anus. Diantara dua lubang, kantung skrotum muncul namun hampir tak terlihat atau mungkin muncul seperti benjolan atau kadang-kadang sedikit gelap. Testis biasanya tidak terlihat jelas sampai berumur enam minggu atau lebih.

kucing betinaKucing Betina

Anak Kucing Betina

Pada anak kucing betina, anus dan vulva sangat dekat letaknya. Vulva terlihat seperti celah kecil.

Teknik Mengecek Kelamin Kucing
Kebanyakan para breeder akan memegang kucing di bawah perut dengan satu tangan dan tangan lainnya memegang ekornya. Kemudian dekatkan bagian belakang kucing ke depan wajah kita, lalu tiup pada area anus (jika kucing tersebut berbulu panjang), dan kita bisa melihatnya dengan lebih jelas.

Sexing a kitten; male (gingers are not always male)

Atau jika kita masih kesulitan mengetahui apakah anak kucing tersebut jantan atau betina, coba basahi dengan sedikit air di bagian kelamin kucing. Ini akan membuat lubang kelamin sedikit menonjol dan juga membantu agar bulu yang menutupinya tersibak.

Menentukan Jenis Kelamin dengan Warna Bulu Kucing
Ada beberapa warna pada kucing yang hanya dimiliki jenis kelamin tertentu, biasanya adalah betina. Jika kucing kita berwarna tortie, blue cream, calico, dilute calico atau patched tabby, kita tidak harus memeriksa bagian bawah ekor untuk mengetahui bahwa kucing tersebut adalah betina, benarkah? Belum tentu.

Terkadang, jika anak kucing lahir dengan kromosom ekstra, dia bisa jadi berjenis kelamin jantan – walaupun lahir dengan warna betina. Jadi selalu pastikan jenis kelamin kucingnya dengan pasti.

fafahgdrfKucing Calico (atau 3 warna) biasanya adalah betina

Penutup
Walaupun terdapat perbedaan secara individu bahkan pada anak kucing dengan jenis kelamin yang sama, pemeriksaan bentuk dan jarak lubang dari alat kelamin biasanya memungkinkan kita untuk menentukan jenis kelamin anak kucing dengan benar.

Namun jika kita masih ragu, tunggu saja … ketika anak kucing semakin dewasa, penentuan jenis kelamin akan semakin lebih mudah. Namun satu hal yang pasti, jika anak kucing mulai menjukkan bukti adanya testis yang terlihat, maka dapat dipastikan bahwa kucing tersebut adalah jantan.

(rbb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cara Merawat Kucing

Bagaimana Cara Mengangkat Kucing dengan Benar?

Kucing harus diajarkan untuk ditangani sejak kecil agar terbiasa dengan kita. Penanganan kucing seperti mengangkatnya, memotong kuku, dan juga memeriksa telinga dan mulut. Tidak bisa dihindari bahwa catlovers pasti akan

Cara Merawat Kucing

10 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Pemilik Kucing kepada Kucingnya

Sebagai catlovers pastinya kita hanya ingin yang terbaik untuk si kucing. Tidak ada satupun dari kita yang ingin memperlakukan si kucing dengan cara yang salah. Tetapi meskipun begitu, ternyata kadang

Cara Merawat Kucing

8 Alasan Penting Mengapa Catlovers Harus Grooming Kucing Secara Rutin

Seperti yang kita tahu, kucing adalah hewan yang sering melakukan self-grooming. Kucing seringkali menggunakan kakinya untuk menjangkau bagian yang tidak bisa dicapai langsung oleh lidahnya. Mereka akan menjilat kakinya, lalu

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!