Cara Mengambil Foto si Kucing yang Sempurna menurut Andy Stolarek & Joy Nash!
30/09/2016 2201 Views

Cara Mengambil Foto si Kucing yang Sempurna menurut Andy Stolarek & Joy Nash!

Hallo catlovers! Kembali lagi bersama cattery.co.id yang selalu memberikan kabar terhangat seputar dunia kucing mulai dari perawatan si kucing, berita tentang si kucing sampai kisah lucu dari seekor kucing. Nah, kali ini bahasan cattery.co.id sudah pasti tidak kalah menarik dengan bahasan-bahasan sebelumnya. Fotografer dan catlovers yang senang mengambil gambar si kucing pasti akan senang membaca artikel kali ini karena cattery.co.id akan membahas bagaimana cara terbaik untuk melakukan fotografi untuk si kucing! Hayo? Menarik kan? Ayo dibaca artikel-nya sampai tuntas!

uhiHasil foto-nya bagus ya catlovers? Dan terlihat si kucing benar-benar siap untuk difoto!

Cattery.co.id kali ini mengulas cara mengambil foto kucing dari seorang fotografer bernama Andy Stolarek dan bagaimana tata gaya si kucing menurut Joy Nash yang merupakan seorang handler hewan peliharaan. Mereka memulai karirnya di Furtoghraphs’ Studio yang berlokasi di Los Angeles. Banyak sekali kucing-kucing cantik dan tampan yang menurut untuk duduk diam selama beberapa jepretan Andy di Furtographs’ Studio. Tetapi tetap saja banyak pula kucing yang seakan mengatakan “Aku keluar dari sini!” dan melesat keluar dari area pemotretan karena merasa bosan.

12809549_10153241081361467_7968699892913070661_nAndy Stolarek sudah terbiasa di dalam dunia fotografi hewan, khususnya hewan peliharaan seperti kucing.

calico-250-250 kotak-250x250

Akan tetapi dengan adanya kucing yang seperti itu Joy dan Andy tidak terpengaruh. Mereka yakin bahwa setiap kucing pasti bisa di’taklukkan’ untuk berpose didepan kamera, dan tentunya tidak melalu jalan kekerasan. Hingga akhirnya semua kucing yang mereka foto pasti menurut dengan apa yang mereka instruksikan dan juga sama dengan hasil yang mereka harapkan. Meskipun tetap si kucing mulai hilang kesabaran, Joy dan Andy tetap berusaha mencari pose, perilaku dan angle terbaik dari si kucing untuk di foto, tentunya juga dengan kesabaran yang tak terbatas.

MV5BMTQ2MTUyNDI5MF5BMl5BanBnXkFtZTgwMzM2NTU2ODE@._V1_SY999_SX999_AL_Joy Nash merupakan animal handler yang cukup terkenal di Amerika dan ia selalu membantu Andy Stolarek di dalam tiap sesi pemotretan kucingnya di Furtoghraphy Pet Portraiture.

“Masing-masing dari makhluk kecil (para kucing) ini memiliki sikap yang sangat individual dan ‘spesial’, seperti kepingan salju yang sangat indah namun mudah hancur hanya dengan kita sentuh. Sebagai seorang seniman dan fotografer, saya berharap untuk tetap mengagungkan mereka dan menjadikan mereka bak model ternama, menceritakan kisah yang unik antara mereka dan pemilik mereka”, kata Andy.

stanleyAndy selalu menganggap kucing yang ia foto adalah model profesional yang memiliki mood tidak tertebak sehingga pemotretan harus dilakukan secara sempurna.

Andy juga tidak melupakan untuk tetap menggunakan mainan kucing sebagai ‘asisten’-nya, dan tentu saja jangan ketinggalan mainan interaktif seperti bola bulu yang sudah pasti menjadi favorit untuk semua kucing, makanan ringan, dan suara yang kita buat agar atensi si kucing terpusat kepada kita seperti mengetuk meja, memanggilnya, membunyikan sesuatu dan sebagainya. Tim Furtographs mampu mengarahkan hampir seluruh kucing yang menjadi modelnya ke berbagai pose yang mencolok dan tentunya layaknya model profesional.

sleeping1Hampir seluruh kucing dapat diarahkan pose-nya oleh Andy dan Joy dalam tiap sesi pemotretan mereka!

Melihat aksi Andy sebagai pendiri, pemilik, dan fotografer di dalam Furtographs Pet Portraiture, seperti menonton drama mencekam yang memiliki misteri yang belum terungkap ditengah cerita: Akankah si kucing mengubah pandangannya ditengah-tengah pemotretan? Akankah si kucing memberikan pose terbaiknya? Akankah Joy bisa keluar dari area pemotretan tepat sebelum Andy mengambil gambar si kucing? Akankah Andy memngambil gambar dengan sempurna?

rexAndy selalu memberikan hasil yang memuaskan kepada konsumennya yang merupakan para pemelihara dari kucing-kucing yang Andy foto. Ia tidak ingin hanya memberikan hasil sekedar foto kucing, tetapi juga seni yang beresensi kuat di dalam foto kucing tersebut.

Kenyataannya, Andy selalu melakukannya dengan baik setiap kali. Lalu Joy juga selalu tepat waktu untuk meninggalkan area pemotretan sesaat sebelum Andy mengambil gambar si kucing. Andy membidik dan mengambil foto si kucing dengan cepat, lembut, dan selalu mengambil gambar dari berbagai angle melalui kameranya. Andy tampaknya memiliki indra keenam perihal bagaimana cara ia mengambil angle yang sangat tepat dan kapan harus mengambil gambar si kucing agar sempurna.

penny4Dari hasil-hasil fotonya Andy seperti memiliki indra keenam yang dapat mengerti kucing ya catlovers?

“Saya menatap mata makhluk yang tidak dapat berbicara bahasa manusia tersebut (si kucing) selama setidaknya satu jam;. Itu sangat penting bagi saya untuk mengenal kepribadian sejati mereka, sejarah mereka. Lalu saya berharap untuk menciptakan sesuatu yang pemelihara si kucing tersebut akan menghargainya, sebuah karya seni yang lebih dari sekedar foto si kucing berada di dinding rumah di dalam figura”. Tukas Andy. “Kami selalu memiliki momen istimewa bersama kucing”, kata Joy. “Kami berharap untuk mengangkat mereka dari segala sisi dan mengekspos keistimewaan yang para kucing tersebut miliki di dalam atau luar dirinya” tambah Joy.

peeker“Kami berharap untuk mengangkat mereka (si kucing) dari segala sisi dan mengekspos keistimewaan yang kucing tersebut miliki di dalam atau luar dirinya” – Joy Nash

Tapi bagaimana saran Andy dan Joy untuk para catlovers agar dapat mengambil foto besar dari kucing sendiri di rumah? “Amati mata si kucing dan kita pasti bisa melihat kapan si kucing merasa nyaman hanya dari matanya”, Tukas Andy, sarannya mungkin terlihat sedikit, tapi maknanya meluas dan sangat berguna. “Bayangkan kita di tempat tidur, mungkin menunggu untuk makan malam, kita bisa melakukan ‘trik’ kepada si kucing dengan membuka sekaleng makanan dekat dinding kosong dirumah atau di salah satu sekat kosong dalam lemari . Bahkan angle yang kita ambil dari lantai yang bersih dan memiliki pantulan si kucing dapat memberikan hasil yang sempurna.  Kita tidak perlu untuk mengambil foto dengan pakem yang kaku, inti dari mengambil foto adalah hasil yang bersih “.

o.jpgMenurut Andy kita tidak perlu menganut pakem dan teori kaku untuk mengambil foto yang bagus dan sempurna. Semua adalah tentang ketepatan waktu mengambil gambar, momen yang tepat dan hasil yang jelas.

Bagaimana dengan pencahayaan-nya? “Pilih waktu di pagi-siang hari di mana pencahayaan bagus dan alami. Hindarilah penggunaan flash. Terutama dengan kucing yang sudah senior (tua), kita pasti akan mulai melihat kejenuhan di mata mereka. Jika kita harus menggunakan flash, cobalah untuk mengubah foto menjadi warna hitam dan putih, itu pasti akan memberikan tampilan yang bagus “.

oHindari penggunaan flash. Bergantunglah pada pencahayaan alami untuk hasil yang pasti lebih natural. Maka dari itu pemotretan kucing lebih dianjurkan untuk dilakukan di pagi – siang hari dimana pencahayaan pasti sangat cukup.

Pada dasarnya ini adalah tentang pemotretan si kucing agar mereka terlihat menjadi versi yang paling otentik dari dirinya sendiri, dan tentunya dengan cara yang paling menawan. Kadang-kadang juga si kucing melakukan ‘pekerjaannya’ sendiri untuk kita. “Kucing yang sedang berada di ‘tempat aneh’ sebenarnya adalah saat yang paling menyenangkan untuk diabadikan”, tukas Andy, “Di wastafel, didalam mangkuk, di dalam toples, atau si kucing melakukan yang aneh dan kucing banget sebenarnya amat sangat disayangkan apabila kita tidak sempat abadikan. Ini juga merupakan alih-alih mengejar si kucing kesana kemari dengan membawa kamera kita, sebenarnya kita hanya perlu melihat di mana dan kemana mereka pergi, disitulah pemotretan akan terjadi”. Setelah si kucing berada di tempat yang bagus untuk difoto, Andy merekomendasikan untuk memposisikan kamera di atas mata si kucing (dimana saja yang penting berada diatas mata si kucing, tidak sejajar atau dibawah). “Itu akan mengurangi bahkan menghilangkan distorsi yang akan dimunculkan pada hasil foto dari bulu tubuh mereka. Kita juga bisa melihat apa yang mereka lihat, bekerja dengan kepribadian mereka yang sangat spesial” tukas Joy. “Sungguhm ini perspektif yang menarik”, tambahnya.

mainePengambilan gambar si kucing tidak harus selalu serius dan tematik, cukup dengan momen yang tepat hasil-nya pasti akan memuaskan dan terkadang di luar perkiraan!

Lalu, bagaimana mengarahkan pandangan mereka agar sadar dengan adanya kamera? “Kita bisa membuat suara, membuka makanan kaleng dan juga memperlihatkan mainan favoritnya untuk mendapatkan atensi”, tukas Joy. “Berjalanlah kearah si kucing dan melewatinya, dan ketika kita menemukan satu view yang sekiranya sempurnah, tahan posisi badan kita untuk beberapa saat agar si kucing juga terpaku melihat kita yang terdiam. Lalu, jika si kucing kemudian merasa bosan melihat kea rah kita, mulailah pindah posisi. Memegang makanan atau mainan di balik atau apapun yang kita ingin agar si kucing terfokus kepada hal itu adalah kunci agar si kucing terkunci pandangannya ke kamera”. Tambah Joy.

kitten_1Buatlah si kucing terfokus terhadap kamera dan sang fotografer!

“Memiliki asisten yang membuat suara atau menempelkan mainan di belakang kepala mereka sehingga si kucing akan mencari dimana sumber suara atau mainan itu akan pergi. Dari situlah kita akan membuat mata si kucing dan mimic wajah si kucing penuh dengan rasa ingin tahu dan penasaran, yang mana akan  membuat hasil foto kita jadi lebih menarik”, kata Andy. “Akan ada kekhususan untuk membuat pandangan si kucing tetap terfokus. Kadang-kadang saya dan Joy harus membuka pintu benar-benar perlahan sehingga si kucing akan benar-benar terfokus dengan suara dencitan pintu sekaligus juga dengan pintu yang bergerak”. Tutup Andy.

june21Sudah siap untuk melakukan pemotretan terhadap si kucing belum nih catlovers? Tidak ada salahnya untuk dicoba!

Nah catlovers, jika kita menarik satu kesimpulan dari begitu banyaknya saran dan rekomendasi Andy dan Joy untuk pemotretan kucing yang sempurna, adalah semua tentang menangkap mata si kucing ke depan kamera kita dengan fokus, jelas dan bermakna. Si kucing tentu tidak bisa dipaksa, mereka tidak dapat terganggu, sehingga kita harus bekerja sama dengan si kucing dengan aturan main si kucing.

Tips inti untuk mengambil foto si kucing dengan hasil yang sempurna:

amy_stare-2

  1. Fotolah si kucing di tempat favoritnya, di tempat yang paling membuatnya nyaman.
  2. Peganglah mainan atau makanan ringan di belakang kita dimana harapan kita agar si kucing terfokus terhadap apa yang kita pegang.
  3. Posisikan kamera kita di atas tingkat mata si kucing untuk mengurangi distorsi (mengambil gambar dari atas, jangan sejajar atau dibawah tingkat mata si kucing).
  4. Cahaya alami adalah yang terbaik. Hindari penggunaan flash.
  5. Candid si kucing di ‘tempat aneh’ yang pastinya akan menjadi momen yang luar biasa untuk diabadikan.

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

6 Mitos yang Akan Dipatahkan Kucing Jika Mereka Bisa Bicara

Bagi siapapun yang seringkali menghabiskan banyak waktu berada di dekat kucing pasti mengerti bahwa kucing adalah hewan yang menarik karena kepribadian mereka. Semakin kita berusaha memahami kucing, justru misteri kucing

Dunia Kucing

Alasan Ilmiah Kenapa Kita Merasa ‘Gregetan’ Dengan Kucing!

Kita pasti sering melihat segerombolan anak kucing di jalan, di rumah teman / saudara kita atau bahkan dirumah kita sendiri. Lalu disaat mereka berjalan melewati kita, pasti kita akan merasakan

Dunia Kucing

Kucing Lebih Senang Berada di Dekat Orang yang Tidak Menyukainya. Benarkah itu?

Catlovers semua tidak perlu diragukan lagi ya atas kesenangannya terhadap kucing. Kita semua pasti akan melakukan apapun agar si kucing terus berada di dekat kita. Tetapi pasti ada saatnya kita

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!