Cara Memilih Scratching Post & Cat Trees
05/05/2015 10566 Views

Cara Memilih Scratching Post & Cat Trees

Setiap kucing menginginkan dan membutuhkan scratching post yang bagus. Scratching (mencakar) adalah perilaku alami kucing yang harus dilakukan di suatu tempat. Mencakar bagi kucing akan meringankan stres, mengencangkan otot bagian atas, dan menandai wilayahnya. Setiap kucing membutuhkan tempat untuk mencakar, dan jika catlovers tidak ingin sofanya menjadi tempat cakar kucing, maka catlovers harus membeli scratching post.

Banyak sekali pilihan scratching post yang ada di pasaran saat ini. Tapi bagaimana kah cara memilih yang terbaik?

Setidaknya catlovers harus memperhatikan 4 hal sebelum membeli scratching post yaitu bahan, tinggi & lebar, dandesign

1. Bahan
Bermacam bahan dapat digunakan sebagai permukaan yang akan dicakar. Tiap kucing memiliki pilihan yang beda-beda. Scratching post dapat ditutupi dengan satu bahan saja, atau beberapa macam bahan yang dapat dipilih oleh kucing.

calico-250-250 kotak-250x250
Bahan karpet, kayu dan tambang

Bahan karpet, kayu dan tambang

– Karpet
Sebagian besar cat trees dan scratching post ditutupi oleh bahan karpet. Beberapa kucing memilih karpet Berber looped sedangkan yang lainnya memilih karpet plush cut loop. Makin lama kucing akan mencakar karpet, maka karpet akan semakin rusak. Sedikit benang nilon akan keluar dari tepi karpet. Selalu potong ujung benang yang keluar, karena dikhawatirkan kucing akan memakannya dalam jumlah yang besar sehingga dapat menimbulkan masalah pada kucing. Jika kamu bisa, sebaiknya diganti karpet tersebut dengan menggunakan staples dan lem. Bersihkan dengan hair hangat dan pembersih karpet. Untuk menghilangkan bulu yang menempel, dapat menggunakan sikat slicker.

Tali Tambang
Beberapa kucing memilih untuk mencakar scratching post yang ditutupi oleh tali tambang. Beberapa breeder kucing lebih suka mengajarkan anak kucingnya untuk menggunakan tali tambang dibandingkan pada karpet. Dengan begini, kucing tidak akan pernah menggunakan karpet sebagai tempat cakarannya di rumah yang baru nanti.

– Batang/cabang pohon
Kayu yang lembut sangat menarik bagi banyak kucing. Menggunakan batang pohon yang lembut juga bagus selama tidak pecah.

2. Tinggi dan lebar
Scratching post setidaknya harus setinggi kucing dewasa ketika merenggangkan badannya secara vertikal, sekitar setengah meter. Selain tinggi, cat trees ini harus lah stabil dan tidak mudah jatuh ketika kucing memainkannya. Ini berarti bagian bawahnya harus cukup lebar dan/atau berat agar tetap stabil. Bentuk seperti kerucut atau tabung sangat direkomendasikan. Penggunaan scratching post cukup mudah, cukup taruh di sekitar rumah. Jika kucing mulai mencakar di furnitur kamu, cukup taruh scratching post di depan area yang pernah dicakar. Sebagian besar kucing akan cepat mengerti dan menggunakan scratching post tersebut.

3. Desain
Hal ini tergantung pada ketersediaan tempat dan selera masing-masing, kamu dapat memilih scratching post yang simpel hingga yang berbentuk kompleks. Beberapa scratching post dilengkapi mainan yang menggantung, terowongan, dan papan tidur. Jika catlovers memiliki banyak kucing, cat tree dengan banyak papan tidur, terowongan dan mainan bisa menjadi pilihan yang bagus, karena kucing dapat memilih mainan yang disukainya.

Clawing_Post Crescent_Cat_Scratcher Denim_Arched_Playground Clawing_Platform

Sumber Gambar: www.calico.co.id

(rb)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Perlengkapan Kucing

Memilih Cat Litter yang Tepat

Media tempat kucing membuang kotorannya, atau cat litter,¬†diperkenalkan pertama kali dengan nama “kitty litter” oleh penemunya Edward Lowe pada tahun 1947. Kitty litter pada saat itu sebenarnya bukan merujuk ke

Perlengkapan Kucing

10 Tips Menghilangkan Bau dan Noda Urin Kucing

Sangat menyenangkan melihat tingkah laku kucing yang manja di rumah. Kehadirannya dipercaya sebagai penghilang rasa stres setelah kita beraktivitas seharian di kantor. Akan tetapi, bagaimana mungkin akan menjadi suasana nyaman

Perlengkapan Kucing

Memilih tempat tidur untuk kucing kesayangan

Memilih Tempat Tidur untuk Kucing Kucing tidak berbeda jauh dengan manusia, sama-sama suka mencari yang namanya kenikmatan. Bila manusia mencari kenikmatan yang tiada habisnya berbeda dengan kucing mencari kenikmatan yang

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!