Bisakah Kucing dan Anjing Berteman?
23/07/2015 3419 Views

Bisakah Kucing dan Anjing Berteman?

“Kalian berdua seperti anjing dan kucing, selalu bermusuhan!” Ujaran itu pasti pernah kita dengar apabila seseorang menilai 2 orang temannya yang selalu bermusuhan dan berbeda pendapat. Tetapi kenapa harus anjing dan kucing yang menjadi analogi-nya? Apa benar itu semua karena anjing dan kucing selalu bermusuhan? Kali ini Cattery.co.id akan mengulas tentang kenapa anjing dan kucing lucu ini selalu bermusuhan.

Dari Joseph Terkel, seorang Profesor jurusan Zoology di Universitas Tel Aviv, ini juga merupakan tanda tanya besar sampai ia mengemukakan pertanyaan ini dan berusaha untuk menemukan jawaban yang ilmiah. Ia juga melakukan riset kepada 200 pemelihara kucing ataupun anjing menanyakan bagaimana sikap mereka jika saling bertemu?

calico-250-250 kotak-250x250

Kucing dan anjing bisa berteman

Alasan pertama, karena adanya kesalahpahaman yang mendasar antara kucing dan anjing. Bagi anjing, mengibaskan ekornya adalah tanda jika ia ingin menjadi teman. Tetapi, bagi kucing, mereka mengibaskan ekor hanya disaat ingin berkelahi. Jadi, disaat anjing menghampiri si kucing yang ingin dijadikan temannya, kucing malah berlari disaat itu.

Alasan kedua, anjing yang sangat aktif dan memiliki insting untuk selalu bermain dan mengejar hal-hal yang bergerak otomatis akan selalu mengejar kucing yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil daripada anjing. Anjing bermaksud untuk mengajak si kucing bermain, tetapi si kucing merasa ia dikejar sebagai mangsa dari si anjing.

dog and cats

Alasan ketiga, anjing mengendus disaat ia ingin mengajak bermain atau berteman. Tetapi kucing mengendus disaat ia ingin kawin dan berkelahi. Tetapi, karena anjing berbadan lebih besar daripada kucing, maka kucing merasa bahwa si anjing ingin mengajak berkelahi karena kucing selalu menganggap hewan ataupun sesamanya yang bertubuh lebih besar adalah musuhnya.

Alasan keempat, anjing merupakan hewan pemburu dan anjing memburu hewan yang lebih kecil daripada tubuhnya. Maka dari itu kucing seringkali dikejar oleh anjing karena itu merupakan insting dasarnya dalam berburu. Tetapi, anjing tidak pernah memburu kucing untuk dimangsanya melainkan hanya untuk diterkam lalu dibiarkan begitu saja karena anjing juga seringkali berhenti berburu jika hewan buruannya berhenti berlari. Tetapi ada juga beberapa saat kucing melawan dan mencakar anjing yang mengejarnya hingga akhirnya si anjing merasa takut untuk mengejar kucing.

catsdogs

Tetapi apa alasan-alasan diatas dapat menjadi penghalang untuk kucing dan anjing dapat berteman? Tidak sama sekali! Karena banyak juga kucing dan anjing yang sekarang dipelihara secara bersamaan dalam satu keluarga namun tidak ada perkelahian yang terjadi diantara kucing dan anjing tersebut. Mengapa begitu?

Dr. Terkel meyakini bahwa jika anjing dan kucing dipertemukan dan dibiarkan hidup bersamaan dalam satu rumah sejak kecil, mereka tidak akan mengalami kesalahpahaman seperti yang terjadi diatas, karena mereka pasti akan mempelajari sikap dasar satu sama lain dan mentolelir pula jika ada sedikit perbedaan dalam insting mereka. Bahkan jika catlovers melakukan hal ini, si anjing dan si kucing dapat memiliki hubungan yang sangat membutuhkan satu sama lain.

dog-cat-medications

Jadi catlovers, mungkin memang benar bahwa anjing dan kucing tidak dapat disatukan karena sikap dasar mereka yang berbeda satu sama lain dalam memberikan signal. Tetapi itu bukan penghalang untuk membuat kucing dan anjing dapat bersahabat selamanya! Ingin mencoba?

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Dunia Kucing

Mari Berlibur ke Pantai Kucing di Italia!

Kucing selalu menjadi topik terbaik untuk diperbincangkan dan kapanpun itu akan selalu menjadi waktu yang tepat! Tidak dipungkiri, banyak juga kok orang yang tidak memelihara kucing namun mereka selalu antusias

Dunia Kucing

10 Arti Meongan si Kucing

Kucing yang mengeong sudah pasti membuat kita merasa gemas dan ingin sekali menghampiri untuk mengelus dan memeluk mereka. Tapi tidak jarang juga saat kita hampiri si kucing yang sedang mengeong,

Dunia Kucing

10 Alasan Lebih Baik Memelihara Kucing daripada Anjing

Kucing versus Anjing Hal ini dapat memicu perang, perceraian atau rusaknya persahabatan. Faktanya, perdebatan tentang kucing vs anjing adalah perdebatan yang sangat panas, bahkan meskipun pecinta kucing tahu bahwa hewan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!