‘Birmingham Zoo’ Menyambut datangnya 2 Kucing Langka!
31/03/2016 1986 Views

‘Birmingham Zoo’ Menyambut datangnya 2 Kucing Langka!

Hallo catlovers dan readers setia dari cattery.co.id! Kembali lagi bersama kami tentunya yang akan selalu memberikan catlovers seluruh artikel seputar dunia sahabat menggemaskan kita, si kucing! Kami tidak habis-habisnya membahas segalanya tentang kucing mulai dari cara perawatan si kucing, kesehatan si kucing sampai kehidupan kucing-kucing terkenal seperti lil bub, tardar sauce (grumpy cat) dan juga kucing milik taylor swift hanya untuk catlovers! Lalu kali ini kita akan membahas tentang kucing yang langka dan tentunya dengan keunikan yang mereka miliki dan sangat berbeda dari kucing-kucing normal lainnya. Kedua kucing ini merupakan kucing yang dapat berburu ikan, akan tetapi bukan ikan-ikan segar yang sudah mati dan dijejerkan di pasar tradisional ataupun tersedia diatas meja makan dirumahan, melainkan berburu ikan segar langsung dari sungai atau perairan dengan cara berenang di dalam air! Tidakkah itu hal yang sangat tidak lazim untuk kucing yang kita tahu bahwa sangat takut dengan air? Lalu, kira-kira apa ya yang membuat mereka dapat melakukan hal tersebut? Apa karena sangat merasa lapar sehingga mereka dapat melakukan hal tersebut? Dilansir juga oleh beberapa media di luar negeri bahwasannya ada sebuah kebun binatang di Birmingham yang menampung keberadaan kedua kucing ini! Bagaimanakah kelanjutannya? Daripada mengira-ngira, akan lebih baik jika kita membahasnya secara langsung hanya di cattery.co.id!

14456949712_600913e590_bKucing Pemancing (Fishing Cats) merupakan spesies kucing yang sangat langka hingga masuk ‘Red List’ dalam IUCN

Kebun Binatang Nasional Birmingham (Birmingham Zoo) sekarang telah memiliki ‘koleksi’ binatang baru di dalamnya, yakni 2 ekor kucing langka yang dapat berenang di air untuk berburu mangsaannya yang berupa ikan hidup. Jenis dari kedua kucing ini disebut sebagai Kucing Pemancing (Fishing Cat) dan diberi nama oleh pihak Kebun Binatang Nasional Birmingham dengan panggilan ‘Hunter’ dan ‘Malikai’. Hunter dan Malikai baru saja didatangkan ke Kebun Binatang Nasional Birmingham minggu ini dan dikatakan bahwa kedatangan mereka ke sana jauh lebih cepat dari yang diperkirakan oleh pihak kebun binatang itu sendiri dan pada hari Sabtu kemarin Hunter dan Malikai secara resmi diperkenalkan ke publik oleh pihak Kebun Binatang Nasional Birmingham. Hunter yang merupakan seekor Fishing Cat pejantan dikirim dari jauh dari tempatnya di rawat sebelumnya, yakni dari sebuah kebun binatang sekaligus tempat penelitian binatang yang dinamakan Smithsonian National Zoological Park di Washington D.C. sementara Malikai, seekor Fishing Cat betina dikirim via udara dari sebuah tempat perkembangbiakan hewan dan juga tempat pelestarian kucing langka di Rosamond, California-Amerika Serikat yang dinamakan Exotic Feline Breeding Compound.

11669540945_3f513b8e73_zIlustrasi dari bentuk fishing cats

calico-250-250 kotak-250x250

“Saya amat sangat berharap bahwa publik (terutama para pengunjung Kebun Binatang Nasional Birmingham) akan secara cepat mengenali Hunter dan juga Malika dan langsung jatuh hati kepada mereka melihat karakter mereka yang sangat lincah dan cerdik. Selain itu mereka juga merupakan 2 ekor kucing langka yang sangat senang bermain dengan satu sama lain” tukas ketua pengurus Kebun Binatang Nasional Birmingham yang bernama Nancy Kitchen. Fishing Cats sendiri merupakan kucing langka yang dipercaya berasal dari bagian selatan Asia dan dinamakan seperti itu memang karena melihat metode penyelaman para kucing tersebut ke dalam air (tanpa ragu-ragu) dan berenang dengan sangat lihai hanya untuk memangsa ikan segar dan juga udang atau kepiting. Akan tetapi di Kebun Binatang Nasional Birmingham mereka kelak akan diberikan tikus yang masih hidup untuk dimangsanya dan tentunya juga sebuah kolam yang berisi ikan segar seperti ikan haring dan juga ikan capelin (barakuda / tenggiri yang masih kecil). Dalam hal ukuran, Fishing Cat memang lebih besar dari kucing peliharaan kita di rumah, akan tetapi masih jauh lebih kecil dari ‘kucing-kucing’ yang sudah ada di Kebun Binatang Nasional Birmingham seperto macan tutul (Amur Leopard), cougar danb juga macan tutul salju.

toz01368lKini telah datang 2 ekor Fishing Cat di Birmingham Zoo dengan tujuan untuk dilestarikan dan terus berkembang biak.

Fishing Cat memang dikenal sudah termasuk dalam daftar spesies hewan yang terancam punah, sehingga pihak Kebun Binatang Nasional Birmingham berharap untuk bisa melestarikan Fishing Cat dan terus membuatnya berkembang biak disana. Hunter dan Malikai merupakan 2 Fishing Cats yang masih sangat muda sehingga diyakini akan dapat terus berkembang biak dalam frekuensi yang sering. Namun sekarang Hunter dan Malikai masih ada di dalam kandang yang terpisah agar mereka masing-masing dapat mengenali ruang lingkup-nya yang baru di Kebun Binatang Nasional Birmingham meski dalam waktu dekat mereka akan dimasukkan ke dalam kandang yang sama agar dapat saling mengenal satu sama lain sehingga mereka kelak akan kawin dan memperbanyak keturunannya seperti yang sudah diharapkan. “Hunter dan Malikai adalah pasangan hewan yang spesiesnya sejenis dimana kami sangat berharap atas perkembang biakkan yang akan terjadi atas hasil perkawinan mereka di Kebun Binatang Nasional Birmingham ini. Nyatanya jika ada pasangan hewan spesies lain yang berkembang biak disini, kami mungkin akan menyumbangkannya ke kebun binatang lain” tukas Nancy.

toz01364lUsia kedua Fishing Cat di Birmingham Zoo ini masih sangat muda dan belia sehingga butuh penanganan khusus agar mereka tetap akur dan terjaga sehingga dapat berkembang biak dikemudian hari.

Hunter secara rutin terus berjalan mondar-mandir berkeliling ‘rumah baru’-nya di Kebun Binatang Nasional Birmingham pada Jumat pagi kemarin. Malikai terlihat lebih tenang dan mengawasi keadaan sekitarnya dengan duduk terdiam di tengah kandangnya. Hunter terlihat lebih aktif terliha dari cctv yang telah dipasang oleh pihak Kebun Binatang Nasional Birmingham di dalam kandangnya. Terlihat kucing yang bertubuh ramping seperti cheetah dan berwarna cokelat muda dan memiliki tutul-tutul hitam ini terus melompat ke pohon dan tergelincir dengan perlahan sebelum akhirnya berguling-guling ke bagian ujung kandang dan terus mengulangi hal tersebut. “Pada kebun binatang sebelum ini ia (Hunter) di tempatkan di dalam sebuah kandang dimana tidak dapat terlihat oleh pengunjung karena behavioristik dari HUnter yang masih didalam pengawasan dan juga penelitian para ahli behavioristik hewan, sehingga ia melakukan keaktifan tadi juga merupakan sebuah kegiatan untuk mengenal lingkungannya yang jauh lebih ramai agar dikemudian hari ia akan terbiasa seperti yang kami semua harapkan”. Tukas Nancy. “Ia ters melakukan tingkah laku yang menunjukkan keaktifan dirinya kepada para penjaga dari kandangnya sekaligus perawatnya hingga para pengunjung, tapi kami yakin ini juga karena dirinya yang masih sangat muda sehinga ia merasa sangat senang dan juga aktif di Kebun Binatang Nasional Birmingham ini. Kami sangat senang melihat Hunter dan Malikai yang senang dengan keadaan disini dan juga tidak adanya aura stress yang mereka munculkan semenjak datang kesini” tutup Nancy.

11669548835_016aea64c3_zMalikai merupakan kucing yang sangat tenang dan melihat sekeliling dari dalam kandang kecil di Birmingham Zoo

Sebagai kucing yang sudah berada di dalam daftar hewan terancam punah dan juga termasuk di dalam ‘Red List’ versi IUCN, pihak Kebun Binatang Nasional Birmingham juga merasa bahwa ini kesempatan dan amanat besar untuk mereka dapat melestarikan spesies hewan yang sangat langka ini. Hunter lahir pada bulan April 2014 lalu dan Malikai lahir pada bulan September 2014 lalu. Hingga saat ini pun keberadaan Fishing Cat masih terus dijelajah di India, Sri Lanka, Malaysia, Thailand, Indonesia dan juga Pakistan. Kebun Binantang Nasional yang bertempatan di 60 Morgan Road, Binghamton ini dijadwalkan akan mulai memperlihatkan keberadaan Fishing Cat kepada para pengunjungnya mulai Sabtu kemarin dan kemungkinan pada tanggal 23 bulan Maret ini pihak IUCN akan datang untuk mulai mengecek kesehatan dari Fishing Cat.

11669556505_4debaa0dbc_zHunter jauh lebih aktif dibanding Malikai

Nah, catlovers? Bagaimana sekiranya sedikit banyak tentang Fishing Cat yang kita bahas kali ini? Tentunya menambah wawasan kita cukup banyak, terutama untuk mengetahui bahwa keberadaan jenis kucing yang masih berburu ikan segar di dalam air dengan menyelam dan juga berenang dengan lihai memang benar adanya. Selain itu juga ini merupakan pesan untuk seluruh pihak bahwa adanya jenis kucing langka disekitar kita yang harus dilestarikan dan kita jaga eksistensinya yang sudah masuk ke dalam angka minoritas. Tentu, kita juga sangat bangga apabila keberadaan Fishing Cat ini masih eksis di Indonesia karena kita negara kita sangat termasuk dalam habitat Fishing Cat. Jadi apakah mungkin kita kemudian dapat melihat keberadaan Fishing Cat di tanah air tercinta kita ini? Semoga saja bisa karena pasti kita sangat penasaran bagaimana secara jelas fisik dari Fishing Cat ini!

Fishing Cat

 

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Anak Kecil yang Sembuh dari Kanker Memelihara Seekor Kucing Berkaki Tiga

Catlovers, bagaimana kabar catlovers dan si kucing hari ini? Pasti semakin dekat dan hangat bukan? Ya kami juga selalu mengharapkan yang terbaik tentunya! Seperti yang akan kami bahas hari ini

Cat News

Kucing Ini Membawa Pulang Seekor Kucing Kecil yang Terlantar

Kucing adalah hewan paling menggemaskan dan menyenangkan yang telah terlahir di dunia ini. Setuju kan catlovers? Mereka adalah hewan peliharaan terbaik yang sangat setia dan sangat penurut dengan para pemeliharanya.

Cat News

Induk Kucing yang Lumpuh ini Menyeret Dirinya ke Tempat Bayinya Berada

Pasti catlovers pernah mendengar peribahasa “Kasih Ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang galah”. Tapi tahu kah catlovers bahwa ini berlaku tidak hanya untuk manusia saja lho. Seekor induk kucing yang

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!