Berkat Teknologi 3D Printing, Kucing ini Bisa Berjalan Kembali
13/10/2015 2613 Views

Berkat Teknologi 3D Printing, Kucing ini Bisa Berjalan Kembali

Kita semua pasti sangat senang disaat melihat kucing peliharaan kita berlari memburu sesuatu, berguling-guling dengan memainkan mainan yang kita belikan, melompat kesana kemari mengikuti tali yang kita pegang atau disaat mereka terus mengikuti kemanapun kita pergi disekitar rumah. Hal-hal tadi dapat dilakukan si kucing karena organ tubuh penting yang ia miliki, yakni 2 pasang kaki. Tetapi, tidak semua kucing seberuntung kucing peliharaan kita loh catlovers. Banyak juga kucing diluar sana yang memiliki keterbatasan fisik, dan beberapa dari mereka memiliki keterbatasan pada kaki mereka. Dan kali ini ada kisah yang sangat memotivasi dan juga menyentuh loh dari seekor kucing yang memiliki keterbatasan fisik, disimak ya!

Cassidy, kucing kecil yang malang ini adalah kucing yang memiliki keterbatasan fisik karena ia hanya memiliki sepasang kaki depan. Kaki bagian belakangnya tidak ada karena infeksi yang akut dan sama sekali tidak dapat disembuhkan. Ia merupakan kucing yang hidup di Langley, British Columbia, Canada. Kurang lebih, selama 9 minggu ia harus berjuang dengan menyeret tubuhnya dengan kaki depannya agar bertahan hidup dan mencari makan. Cassidy pada saat itu merupakan kucing yang sama sekali tidak diperdulikan oleh orang-orang yang lewat. Hingga akhirnya ia ditemukan oleh seorang penduduk.

1443731025684Cerita singkat tentang Cassidy yang tertera pada halaman awal tinykittens.com

Lalu, orang yang menemukan Cassidy segera menelpon sebuah organisasi yang bertugas merawat kucing-kucing terlantar yang dinamakan Tiny Kittens. Shelly Roche, selaku penanggap dari laporan penduduk tersebut tentang Cassidy segera menjemput Cassidy dan membawanya ke rumah sakit hewan terdekat, hanya saja dokter hewan dari rumah sakit tersebut tidak menyanggupi dikarenakan bakteri E. Coli yang ada dikedua kaki belakang Cassidy telah mengganas dan tidak ada lagi kesempatan hidup untuk Cassidy.

calico-250-250 kotak-250x250

11820488_901925139915357_1521103706_nYang membuat Cassidy kehilangan kakinya adalah karena infeksi yang terjadi oleh bakteri E. Coli dan kutu.

Namun Roche tidak menyerah, ia menyambangi dokter hewan lainnya. Dokter hewan ini bernama Dr. Renee Ferguson yang praktik di Mountain View Veterinary Hospital. Dr. Renee secara tulus merawat Cassidy dan membersihkan luka dan bakteri yang ada di kaki belakang Cassidy sehingga akhirnya bersih. Tetapi memang, kaki belakang Cassidy tidak dapat diselamatkan karena bakteri E. Coli tersebut dan hal ini pun masih menyulitkan Cassdy untuk hidup sebagai kucing jalanan. Lalu Roche memutuskan untuk membawa Cassidy ke Tiny Kittens untuk diberikan perawatan yang lebih lanjut.

“Kalian bisa merasakan seluruh tulang kecilnya (tulang kecil Cassidy)” tukas Roche. “Ia benar-benar kucing yang malang, namun saya berusaha untuk menghentikan kemalangan yang dialami diri-nya. Seluruh dokter hewan sangat bekerja keras untuk memulihkan keadaan Cassidy” tambah Roche. Nama Cassidy sendiri sebenarnya merupakan nama pemberian dari Roche kepada kucing malang tersebut, dan nama ini terilhami dari seorang koboy yang ada dari cerita fiksi yang bernama Hopalong Cassidy.

enhanced-2663-1443525866-4Cassidy disaat masih menginap dirumah sakit hewan tempat praktik Dr. Renee

“Ia sangat memerlukan banyak jenis obat-obatan, makanan dan vitamin. Ia harus diberi makan setiap waktunya selama seminggu awal perawatan. Saya juga harus selalu membantunya untuk mencapai kamar mandi disaat ia menunjukkan tanda-tanda bahwa ia ingin buang air” kata Roche kepada wartawan BuzzFeed. “Dan sekarang setelah 22 hari masa pemulihan dirinya, Cassidy menjadi kucing yang senang dan periang, Orang yang melihatnya bahkan tidak menyadari bahwa ia adalah kucing yang memiliki keterbatasan fisik” tambah Cassidy.

grid-cell-23465-1443545709-9Dikarenakan kondisinya yang belum stabil, Cassidy masih memerlukan penanganan khusus dari tim dokter hewan

Lalu Cassidy sekarang disertai live cam disekitarnya sehingga setiap orang yang peduli akan Cassidy dapat melihat perkembangan Cassidy hingga saat ini sudah sejauh mana. Bagi catlovers yang ingin melihat dapat membuka link : http://www.tinykittens.com/ dan pilih live cam pada foto Cassidy. Banyak sekali orang-orang yang menyumbang dana kepada Cassidy seetelah melihat Cassidy dari live cam tersebut.

12038747_928158057259059_4321769853662999360_oCassidy sekarang telah menjadi artis dari tinykittens.com

Sekarang, 2 siswa asli Kanada turut andil dalam perkembangan Cassidy. Mereka membuat sebuah kursi roda kecil untuk Cassidy agar ia mudah untuk berjalan kemanapun yang ia mau. Menakjubkan ya? Nama kedua siswa itu adalah Josh Messmer dan Isaiah Walker. Mereka merupakan siswa dari Walnut Grove Secondary School yang membuatkan kursi roda kecil tersebut. Isaiah mengatakan bahwa kursi roda kecil tersebut telah mengalami banyak trial & error sebelum akhirnya benar-benar dapat dipakai oleh Cassidy sebagai alat bantu berjalannya. Isaiah juga mengatakan bahwa kursi roda kecil ini merupakan program yang berkelanjutan hingga Cassidy dewasa, karena tidak mungkin apabila kursi roda kecil itu tidak diperbesar mengikuti pertumbuhan Cassidy.

grid-cell-27984-1443546007-6Cassidy yang sedang berlatih mengenakan kursi roda kecil yang dibuat oleh Josh dan Isaiah

“saya sangat bangga penemuan saya dan Josh yang awalnya hanya coretan di papan tulis hitam hingga akhirnya benar-benar dapat digunakan oleh Cassidy langsung” tukas Isaiah. “Kursi roda kecil ini juga tidak terbuat dari bahan plastik seperti Lego atau besi seperti mainan dari Mattel. Kami membuat kursi roda kecil tersebut dengan tekhnik 3D Printing” tambah Isaiah. Lalu Roche menambahkan, “ia (Cassidy) memiliki semangat juang dan bertahan hidup yang sangat tinggi. Ia patut dibanggakan dan dijadikan contoh oleh kita”.

cat-wheelchairCassidy yang sedang dipasangkan kursi roda kecilnya. Ia terus berlatih mengenakannya tanpa menyerah loh catlovers!

Ternyata benar ya catlovers. Kisah dari Cassidy sangat-sangat menginspirasi! Awalnya ia hanyalah kucing terlantar yang sangat malang dengan keterbatasan fisiknya, dan sekarang ia dapat dikatakan telah menjadi seorang media darling di dunia kucing. Banyak sekali yang meliputnya dan mewawancarai Roche tentang Cassidy. Semangat Cassidy dalam berjuang dan bertahan hidup memang patut diakui dan dibanggakan ya catlovers!

Ini video Cassidy yang mencoba berjalan menggunakan kursi roda kecil:

 

(ibr)

Artikel ini disponsori oleh:
Plasa Emas Fancy Feast Advertise with us

You might also like

Cat News

Mengharukan! Tempat Penampungan kucing di Aleppo kembali Dibangun!

Kucing selalu saja dapat menjadi alasan terbesar para pemeliharanya atau para pecintanya untuk mem-prioritaskan diri mereka diatas segalanya. Tetapi sepertinya itu memang setimpal jika kita melihat sisi positif dari si

Cat News

Masha, Kucing yang Menyelamatkan Nyawa Seorang Bayi!

Kucing memang hewan peliharaan yang manja dan terkadang pasif. Tetapi mereka akan menjadi penolong pada waktu, tempat dan kesempatan yang sangat tidak terduga. Seperti aksi heroik kucing yang terjadi di

Cat News

Mengenal Kucing-Kucing 7 Selebritis Dunia

Kita sebelumnya pernah membahas kucing-kucing yang menjadi artis di sosial media (Lihat: 17 Akun Instagram Kucing yang Wajib Di Follow oleh catlovers!). Pastinya, mereka sangat lucu dan menggemaskannya ya catlovers!

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!